120 Komentar

MEMBEDAH SEJATINYA SABDO PALON – NOYO GENGONG

Syaiful Lupy Bahri edited a doc.

SIAPAKAH SABDO PALON?
SIAPAKAH NOYO GENGGONG?

(Benang Merah Sabdo Palon, Uga Wangsit Siliwangi, Ramalan Joyoboyo, Kalki Avatar, Jesus the Messiah, Imam Mahdi, Satrio Piningit-Ratu Adil dan cerita-cerita tentang Akhir Jaman).
Tafsir Kebangkitan Sundaland Nusantara di Tanah Jawi sesuai Uga Wangsit Siliwangi.
 
Untuk Mengetahui Sabdo Palon sejenak Kita akan membahas Grojogan Sewu terlebih dahulu.
Grojogan Sewu yang selama ini terkenal sebagai salah satu air terjun yang indah di Kecamatan Tawang Mangu Solo-Jawa tengah ternyata juga menjadi nama salah tokoh namanya Grojogan Sewu (Nama gelar) karena memang tempat itu menjadi lokasi Tapa Bratanya dalam rangka mencapai Ilmu Kesempurnaan.
Grojogan Sewu adalah seorang sais dokar, kisah awalnya dimulai ketika beliau berkenalan dengang seorang pengembara bernama “Rangga Seta” yang menumpangi dokarnya. Melihat pengembara itu menggunakan pakaian jubah & sorban di kepala yang berbeda dengan adat Jawa maka beliau bertanya kepada pengembara itu.
Dari mana anda berasal? Rangga Seta tidak menjawab dari mana ia berasal tetapi menjawab pertanyaan tersebut dengan “Saya Saudara Kamu, karena semua manusia bersaudara anak keturunan Adam”.
Mendengar jawaban tersebut Grojogan Sewu tersentuh karena orang yang baru dikenalnya menganggap saudara sekaligus penasaran dan kembali bertanya Siapa Adam? Adam adalah Nenek Moyang Saya, Anda dan semua Manusia. Mendengar jawaban seperti itu Grojogan Sewu semakin tertarik lebih Jauh dan meminta Rangga Seta untuk bersedia mengajarkan Ilmu Pengetahuan Kepadanya. Rangga Seta balik bertanya kepada Grojogan Sewu mengapa anda Ingin Belajar? “Karena saya ingin cerdas ingin pandai,” jawab Grojogan Sewu.
“Memang manusia harus pandai harus mau berpikir karena itu perintah Ilahi.”, tegas Rangga Seta. Melihat niat belajar dan sikap yang ingin tahu dan memang terlihat bakat kecerdasan dari Grojogan Sewu, maka Rangga Seta pun bersedia mengajarkan kepada Grojogan Sewu. Proses belajar pun dimulai dengan materi “Aji Kalimasada”.
Karena memang bakat kecerdasan dan niat yang bersungguh-sungguh maka proses belajar Grojogan Sewu pun berjalan dengan cepat. Pada Saat pelajaran ujian terakhir Grojogan Sewu di perintahkan untuk semedi di suatu tempat oleh Rangga Seta. Grojogan Sewu bertanya di manakah tempat semedi itu? Kemudian Rangga Seta mengarahkan tangannya menunjuk kesuatu tempat maka terlihatlah air terjun dari kejauhan, bersemedilah kamu di sana, di balik air terjun itu ada Goa, dan Goa itulah tempatnya.
Mendengar perintah dari Rangga Seta lalu Grojogan Sewu pun menyanggupinya. Perintah semedi ini sekaligus perpisahan antara Grojogan Sewu dengan Rangga Seta. Pada Saat itu Rangga Seta mengatakan suatu saat kita akan bertemu lagi dan beliau berpesan Jadilah Insan yang bermanfaat dan tegakkanlah keadilan.
Setelah perpisahan tersebut Grojogan Sewu kembali menoleh kearah di mana letak air terjun itu, namun air terjun itu tidak terlihat, dan Grojogan Sewu pun akhirnya menelusuri ke arah yang tadi ditunjukkan oleh Sang Guru.
Kisahj proses pencarian lokasi semedi yang dilakukan Grojogan Sewu ini sama halnya dengan Prabu Kian Santang ketika diperintahkan oleh Syaidina Ali untuk mencari sebuah bukit, yang akhirnya tiba di wilayah BUkit Godog Garut. Setelah semedi Grojogan Sewu selesai,  maka paripurnalah “Aji Kalimasada”-nya.
Hasil gambar untuk semar badranaya sundaSelain berguru kepada Rangga Seta, Grojogan Sewu pun belajar kepada Semar Badranaya dan, dari Semar Badranaya inilah beliau di berikan “Cemeti Amarasuli” yang bentuknya seperti gagang tongkat kurang lebih panjangnya 30 cm, jika senjata ini di gunakan maka akan terlihat cahaya atau menyala seperti pedang maupun cemeti (persis seperti pedang langit di Film mandarin “Tio Buki” yang diperankan oleh Jet Lee, atau Pedang pada Gambar Kalki Avatar).
Lalu siapakah Grojogan Sewu?
Grojogan Sewu adalah pembimbing raja-raja Nusantara dan para Wali, karena beliau diberikan semacam wewenang/mandat Dari Semar Badranaya untuk mengajarkan Hikmah dan Ilmu Kesempurnaan kepada para raja-raja & para wali di Nusantara, bahkan sampai masa sekarang ini.
Siapakah yang pernah belajar kepada beliau?
Hasil gambar untuk semar badranaya sundaHampir semua raja-raja nusantara dibimbing oleh beliau, dan salah satunya adalah Raja Brawijaya yang menghilang (moksa) di Puncak Gn. Lawu dan Prabu Siliwangi Raja Pajajaran, yang Tilem Ngahiyang (Fana fillah).

 

Nah dari sinilah tampak benang merah mengapa kisah Sabdo Palon dan Uga Wangsit Siliwangi seperti pinang dibelah dunia, ibarat kunci dengan gembok nya.

Apa hubungannya Kisaah Grojogan Sewu dengan Sabdo Palon?

GROJOGAN SEWU = SABDO PALON = NOYO GENGGONG

Grojogan Sewu adalah gelar seorang insan yang mampu mengajarkan Ilmu, mengucurkan ilmu, laksana air yang mengucur, Grojogan Sewu =  Seorang yang mengucurkan ilmu atau orang berilmu (menguasai ajaran/mumpuni/Pintu ilmu pengetahuan/ Bab al-Ilmi) sehingga dia mendapatkan mandat/wewenang untuk mendidik para raja Nusantara maupun para Wali.

Setiap ucapan Grojogan Sewu atau ketika Dia mencurahkan ilmu para muridnya, ucapan Grojogan Sewu itu di sebut Sabdo.

Ucapan Grojogan Sewu = Sabdo.

Lalu Palon nya apa? Palon artinya Filosopi (mengandung hikmah yang dalam) bahasanya “super bangetlah”, kalau kata MT (Mario Teguh) 🙂

Jadi pada saat Grojogan Sewu memberikan materi/pengajaran atau segala ucapan/sabdo yang mengandung hikmah yang amat dalam, para raja Nusantara maupun para wali menjulukinya ucapan Grojogan Sewu ini dengan Sabdo Palon.

Ucapan yang keluar dari Grojogan Sewu adalah Sabdo Palon (Sabda yang mengandung hikmah). Ucapan Grojogan Sewu = Sabdo Palon. Nah sekarang tinggal Noyo Genggong-nya.

Setiap Grojogan Sewu mengeluarkan sabda-sabdanya di hadapan raja-raja nusantara itu dilantunkan seperti tembang atau syair yang merdu, ada intonasinya dan di iringi oleh gerakan tubuh maupun tangannya (gaya mengajar multiple intelligent). Jadi nuansa pengajarannya itu enak didengar dan dilihat, sehingga mudah dingat dan dipahami.

Jadi “Noyo Genggong” itu adalah gaya mengajarnya Grojogan Sewu ketika mengucapkan sabdanya seperti melantunkan tembang dan dengan diiringi gerakan anggota tubuh, (pendekatan seni budaya).  Kurang lebih seperti gaya Konghucu ketika memberikan pengajaran.

Jadi kurang lebih ringkasannya seperti ini.

Hasil gambar untuk semar badranaya sunda

Grojogan Sewu = Orang yang menguasai/memiliki ilmu/berpandangan luas/bijak, memiliki Kunci Ilmu, dan mampu mencurahkan ilmu (Predikat Guru Besar/Syaidina Syech/Tuan Guru/Para Hyang).

Sabdo Palon = Ucapan/sabda yang penuh hikmah dari Grojogan Sewu.
Noyo Genggong = Gaya mengajar Grojogan Sewu. Selain subtansi materi yang di sampaikan penuh hikmah (Sabdo Palon) penyampaiannya pun enak didengar dan mudah dipahami, karena dikemas seperti tembang dan diiringi penguatan oleh gerakan-gerakan anggota tubuh.

Jadi, Sabdo Palon + Noyo Genggong = Grojogan Sewu.

Grojogan Sewu mempunyai Senjata Cemeti Amarasuli seperti yang Saya jelaskan di awal dari Kisah Semar Badranaya.

Grojogan Sewu juga memiliki Aji Kalimasada dari Rangga Seta.

Grojogan Sewu juga mengajarkan ilmu-ilmunya atau membimbing Raja Brawijaya yang menghilang moksa di Gunung Lawu. Beliau juga mengajarkan kepada Prabu Siliwangi yang membuat Wangsit, dan Prabu Siliwangi (ke-6: Prabu Suryakancana) pun menghilang seperti Raja Brawijaya V.

Grojogan Sewu = Guru dari Raja Brawijaya
Grojogan Sewu = Guru dari Prabu Siliwangi

Grojogan Sewu adalah gelar dari Syaidina Ali bin Abi Thalib (Rangga Seta /Penunggang Kuda Putih) yang juga bergelar Pintu Kota Ilmu. (“Ana Madinatul Ilm wa Aliyun Babbuha“, Hadits Nabi Muhammad Rasulullah SAW)

Kedua Raja tersebut dibimbing oleh Grojogan Sewu, kedua raja tersebut meninggalkan cerita atau kisah kepada generasi yang akan datang (akhir jaman) dan pesannya pun sama.

Nah sekarang Siapakah Sejatinya Rangga Seta?
Siapakah Sejatinya Semar Badranaya?

Untuk mengetahui benang merah antara Hadist tentang  Imam Mahdi, Cerita Uga Wangsit Siliwangi, Sabdo Palon, Jongko Joyoboyo, Kalki Avatar. Saya mencoba untuk membuat Silsilah ilmu terlebih dahulu dan kata kunci dari semua ciri dari cerita-cerita tersebut.

Silsilah Ilmu dan Kata Kunci.

Foto Ipin Aripin.

Rangga Seta = Guru  dari Syech Grojogan Sewu. Syech Grojogan Sewu = Guru dari Raja Brawijaya Majapahit dan Prabu Siliwangi Pajajaran Raja Brawijaya V (yang Moksa, menghilang di Gunung Lawu.)

Prabu Siliwangi = Menghilang di bagian Selatan Kerajaan Pajajaran.

Lalakon Raja Brawijaya = Meninggalkan Cerita tentang Sabdo Palon.

Lalakon Prabu Siliwangi = Meninggalkan Cerita Uga Wangsit Siliwangi.

Cerita Sabdo Palon:

Kelak dia (Syech Grojogan Sewu/Sabdo Palon Noyo Genggong) akan kembali mengasuh Pemimpin Nusantara. Cerita Uga Wangsit Siliwangi = Temui Ki Santang karena kelak dari keturunan-keturunan yang pergi ke Barat-lah yang akan mengingatkan saudara-saudara sedaerah dan yang sependirian.

Lalakon Brawijaya mempunyai tokoh kunci yaitu Sabdo Palon Naya Genggong (Syech Grojogan Sewu).

Lalakon Prabu Siliwangi mempunyai tokoh kunci Ki Santang (Syech Sunan Rohmat Suci Prabu Kian Santang).

https://ahmadsamantho.wordpress.com/2016/09/07/21993/

Tokoh Kunci 1: Syech Gojogan Sewu/Sabdo Palon Noyo Genggong Belajar kepada Rangga Seta, dan diperintahkan mencari Goa di belakang Air Terjun untuk bersemedhi, yang kelak air terjun itu bernama Grojogan Sewu.

Tokoh Kunci 2: Ki Santang (Syech Sunan Rohmat Suci Prabu Kian Santang [Abad 14 M], atau Rakean Sancang [abad ke 7 M], yamg belajar kepada Syaidina Ali Bin Abi Thalib, dan diperintahkan untuk mencari tempat untuk berdzikir dan bertafakur, yang akhirnya Ki Santang menemukan sebuah bukit yang di daerah Garut dan diberi Nama “Bukit Godog Suci”. “Godog” berarti “Proses pematangan ilmu”, Godog Ilmu/mengasah Ilmu, sedangkan Suci dinisbatkan kepada Nama Ki Santang sendiri (Syech Sunan Rohmat Suci Prabu Kian Santang)

Tokoh 1: Grojogan Sewu merujuk kepada Rangga Seta.

Tokoh 2: Ki Santang merujuk kepada Syaidina Ali Bin Abi Thalib.

Di Majapahit ada Syech Grojogan Sewu. Di Pajajaran ada Syech Sunan Rohmat Suci Prabu Kian Santang. Rangga Seta belajar kepada Semar Badranaya. Syaidina Ali belajar kepada Nabi Khidir Alaihi Salam Abi Abas Balya Bin Malkan. Semar Badranaya = selalu ada di setiap Jaman sampai saat ini, mengasuh, kalimat “menitis”, itu bukan sukma yang menitis tapi ilmu, yang membimbing dan ilmunya yang diturunkan atau dititiskan. Nabi Khidir Alaihi Salam Abi Abas Balya Bin Malkan = selalu ada di setiap jaman, mengasuh, membimbing sama seperti Semar Badranaya.

SABDO PALON BUKAN SEMAR

Penjabaran dari kata kunci di atas.

Kisah Sabdo Palon & Uga Wangsit Siliwangi tentang Pemimpin Nusantara di Akhir Jaman adalah Ciri dari Waskitanya Raja Brawijaya V dan Prabu Siliwangi VI. Kewaskitaan tersebut diajarkan oleh Syech Grojogan Sewu. Syech Grojogan Sewu diajar oleh Rangga Seta. Rangga Seta diajar oleh Semar Badranaya.

Cerita Sabdo Palon dan Uga Wangsit Siliwangi adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan. Satu naskah skenario dengan sumber yang sama walaupun dari tempat yang berbeda yaitu Majapahit dan Pajajaran. Kedua kisah itu bak gayung bersambut, seperti Madu dengan Manisnya, seperti kata pepatah “asam di gunung daram di laut akhirnya bertemu juga” yang berujung kepada dua tokoh Rangga Seta dan Semar Badranaya. Secara genealogis Prabu Siliwangi VI di Kemaharajaan Pajajaran dan Prabu Brawijaya V di Kemarajaan Purihita (Majapahit), sebenarnya juga masih saudara sepupu, satu keturunan dari Prabu Jaya Darma bin Prabu Darmasiksa dari kerajaan Sunda Galuh (cikal bakal Pakuan Pajajaran dan Majapahit).

Siapakah Rangga Seta yang memiliki Kuda Putih Dan Pedang Itu?

Hasil gambar untuk syaidina ali
Siapakah Semar Badranaya?

Rangga Seta = Syaidina Ali Bin Abi Thalib
Semar Badranaya = Nabi Khidir Alaihi Salam Abi Abas Balya Bin Malkan

Hasil gambar untuk semar badranaya sunda

Rangga Seta yang mengajarkan kepada Syech Grojogan Sewu sejatinya adalah Syaidina Ali Bin Abi Thalib.

Mengapa Prabu Siliwangi memerintahkan para pengikutnya yang pergi ke Barat untuk menemui Ki Santang, padahal konon katanya hilangnya Prabu Siliwangi karena terdesak oleh Ki Santang. Kenapa di kejar-kejar oleh Ki Santang tapi malah memerintahkan para pengikutnya yang pergi ke barat untuk menemui Ki Santang?? tidak masuk akal bukan??. (Menurut saya, Ahmad Y. Samantho, cerita pemaksaan agama Islam oleh Kean Santang kepada Bapaknya Prabu Siliwangi III (Sri Baduga Maharaja/ Raden Pamanah Rasa),adalah mitps yang sengaja diciptakan kolonial Belanda untuk kepentingan Devide et Impera-nya kepada Bangsa Nusantara.

Prabu Siliwangi memerintahkan kepada pengikutnya yang pergi ke arat Barat untuk menemui Ki Santang seperti petikan uga berikut ini “Kalian yang di sebelah barat! Carilah oleh kalian Ki Santang! Sebab nanti, keturunan kalian yang akan mengingatkan saudara kalian dan orang lain. Ke saudara sedaerah, ke saudara yang datang sependirian dan semua yang baik hatinya”…

Prabu Siliwangi dibimbing oleh Syech Grojogan Sewu/Sabdo Palon/Noyo Genggong, dan Syech Grojogan Sewu dididik oleh Rangga Seta/Syaidina Ali.

https://ahmadsamantho.wordpress.com/2016/09/07/21993/

Prabu Kean Santang juga dididik oleh Syaidina Ali bin Abi Thalib (Rangga Seta) di tanah Arab. Prabu Siliwangi dan Prabu Kian Santang (atau Rakean Sancang ?) satu silsilah ilmu, hanya bedanya Prabu Siliwangi belajar melalui Syech Grojogan Sewu sedangkan Prabu Kian Santang belajar langsung kepada Syaidina Ali. Untuk itu mengapa Prabu Siliwangi memerintahkan kepada pengikutnya yang pergi kebarat untuk menemui Ki Santang. Kalau kata pepatah “Saguru Saelmu Ulah Nganganggu”, apalagi beliau punya hubungan anak dan ayah mana mungkin berseteru, sudah se-ilmu, seguru, sekeluarga.

Benarlah menurut Prabu Siliwangi dalam petikan uga nya “Suatu saat nanti keturunan kita akan ada yang sadar, tapi sadar seperti terbangun dari mimpi. Dari yang hilang dulu semakin banyak yang terbongkar….”

Rangga Seta (Syaidina Ali) 7 kali mengelilingi Dunia, karena hasrat belajarnya yang tinggi. Sahabat sekaligus saudara dari Muhammad SAW ini merantau ke Nusantara karena beliaupun mengikuti Jejak Gurunya Semar Badranaya. Di Nusantara selain mengajarkan ilmu kesejatian kepada Grojogan Sewu, dia pun belajar tentang pengobatan herbal (jamu-jamuan) karena di Nusantara kaya akan tumbuhan obat dan melengkapi hasil belajarnya Rangga Seta/ Syaidina Ali di China yaitu metode totok belajar di China. Ke Nusantara rangkaian “tuntutlah Ilmu ke negeri china”, di China belajar Ilmu Totok (mirip akupuntur) di Nusantara belajar ramuan herbal.

Bukankah Ramalan Agung abad 21 mengatakan nanti pengobatan akan kembali Ke alam dan Spiritual? Siapakan yang membawanya?

Dialah “Budak Angon” dan “Pemuda Berjanggut” yang diasuh oleh Syech Grojogan Sewu/Sabdo Palon/Noyo Genggong dan Ki Santang (Syech Sunan Rohmat Suci Prabu Kian Santang) dan di belakangnya didampingi oleh Rangga Seta/Syaidina Ali Bin Abi Thalib Pemilik Kuda Putih dan Pedang (Simbol Kalki Avatar), serta didampingi Guru Besar Semar Badranaya/Nabiyullah Khidir Alaihi Salam Abi Abas Balya Bin Malkan (Gurunya Para Nabi).

Budak Angon, dan Pemuda Berjanggut adalah ujung dari semua kisah tentang akhir jaman di Nusantara ini, dialah tokoh kembar di akhir Jaman Laksana Nabi Musa Dan Nabi Harun. Siapakah yang mengajarkan Musa Dan Harun? Nabiyullah Khidir Bukan?

Hubungan Uga Wangsit Siliwangi, Kisah Sabdo Palon, Avatar dan Hadist Rosulullah Muhammad SAW.

Budak Angon Dan Pemuda Berjanggut menguasai 4 unsur (Api, Angin, Air dan Tanah) karena hakikatnya semua penciptaan itu berasal dari 4 unsur. Mengapa dia dapat menguasai 4 unsur itu? Karena ia-lah Pancernya, menemukan sejati dirinya. (“Sedulur papat, kelimo pancer.”)

Hakikatnya Api adalah Cahaya Merah, Angin adalah Cahaya Kuning, Air adalah Cahaya Putih, Tanah adalah Cahaya Hitam.

Merah hakikatnya Syaidina Abu Bakar, Kuning adalah Syaidina Umar, Putih adalah Syaidina Usman Dan Hitam adalah Syaidina Ali.

Hadist Tentang Akhir Zaman Menuju Kebangkitan Indonesia.

Sabda Nabi SAW.

“Akan datang dari Sulbi ini (Syaidina Ali Bin Abi Thalib) seorang Pemuda yang akan memenuhi bumi ini dengan keadilan. Maka apabila kamu meyakini yang demikian itu, hendaklah kamu turut menyertai Pemuda dari Bani Tamim itu. Sesungguhnya Dia datang dari sebelah Timur, dan dialah pemegang panji-panji Al-Mahdi”. (At-Tabrani)

“Dari Abdullah bin Mas’ud r.a. dia berkata, ketika kami berada di sisi Rasulullah SAW tiba-tiba datang sekelompok anak-anak muda dari kalangan Bani Hasyim. Apabila terlihat akan mereka, maka kedua mata Rasulullah SAW berlinang air mata dan wajah beliau berubah. Aku pun bertanya, “Mengapakah kami melihat pada wajahmu sesuatu yang tidak kami sukai?” Beliau menjawab, “Kami ahlul bait telah Allah SWT pilih untuk kami akhirat lebih utama dari dunia. Kaum kerabatku (Ahlul Bayt-ku akan menerima bencana dan penyingkiran sepeninggalku kelak, sampai datangnya suatu kaum dari sebelah Timur yang membawa bersama mereka panji-panji berwarna hitam. Mereka meminta kebaikan tetapi tidak diberikannya. Maka mereka pun berjuang dan memperoleh kemenangan lalu diberikanlah apa yang mereka minta itu, tetapi mereka tidak menerimanya, hingga mereka menyerahkannya kepada seorang lelaki dari kaum kerabatku yang memenuhi bumi dengan keadilan. Sebagaimana bumi dipenuhi dengan kedurjanaan. Siapa di antara kamu yang sempat menemuinya maka datangilah mereka walaupun merangkak di atas salju. Sesungguhnya dia adalah Al Mahdi.” (riwayat Abu Daud, Al Hakim At Tarmidzi, Ibnu Majjah, lbnu Hibban, Abu Nu’aim, lbnu ‘Asakir, Ibnu‘Adli, Adh Dhahabi, Abu Asy Syeikh)

Panji-Panji Hitam dari Timur bukan Bendera yang disablon yang beredar seperti saat ini, panji Hitam itu menjelaskan satu kaum yang belajar kepada Syaidina Ali bin Abi Thalib, yang di sebarkan oleh Budak Angon dan Pemuda Berjanggut. Karena hakikat warna Hitam adalah Syaidina Ali, Hitam juga hakikat bumi, Budak Angon dan Pemuda Berjanggut adalah Pancer Bumi, Khalifah fil Ardhi.

Mengapa Rasulullah mengatakan Sulbinya Ali Bin Abi Thalib? Kenapa tidak yang lain?
Mengapa Uga Wangsit Siliwangi mengatakan temui Ki Santang kepada para pengikutnya yang pergi ke Barat? Mengapa Prabus Siliwangi tidak mengatakan kepada yang pergi ke Barat untuk menemui anak-anak nya yang lain selain Ki Santang?

Itulah yang saya uraikan sebelumnya, Uga Wangsit Siliwangi, Kisah Sabdo Palon dan Hadist Rosululloh adalah satu kesatuan Skenario Jagat. Kisah ini bukan rekayasa, di luar jangkauan karangan manusia, karena kisah ini terjadi dalam ruang dan waktu yang berbeda. Inilah bukti kekuasaan Tuhan YME, bahwa Tuhan ingin menegaskan bahwa Ratu Adil ini dari Nusantara untuk Dunia.

Mungkin saja Syayidina Imam Ali bin Abi Thalib KW tak hanya sekedar secara intelektual dan spiritual pernah hadir di Nusantara (Sundaland-Tanah Jawi), tapi juga hadir dalam (dengan) seluruh kemanusiaan-ilahiyahnya. Wallahu alam bi shawab.

Kembali Ke kekuatan 4 Unsur (Api, Angin, Air dan Tanah) yang katanya jurus Kalki Avatar.
Hakikat Cahaya Merah = Unsur Api = Syaidina Abu Bakar = Huruf Alif
Hakikat Cahaya Kuning = Unsur Angin = Syaidina Umar = Huruf Lam Awal
Hakikat Cahaya Putih = Unsur Air = Syaidina Usman = Huruf Lam Akhir Hakikat Cahaya Hitam = Unsur Tanah = Syaidina Ali = Huruf Ha

Dari mana asal dari cahaya 4 rupa itu?

Dari Johar Awal inilah bibit semua ciptaan/materi termasuk Ruang Dan Waktu. Tasjid yang menjadi Pancernya.

Yang menguasainya Budak Angon dan Pemuda Berjanggut kepada 4 unsur tadi karena beliau sudah menemukan Tasjid Muhammad (Sajatining Syahadat) di dalam dirinya, Mengenal dirinya, Mengenal Tuhan-Nya. Ma’rifat, mengetahui awal dan akhir, mulih ka jati mulang ka asal.

Budak Angon dan Pemuda Berjanggut sudah menjadi pancer/pusat, tidak TERBATAS ruang dan waktu, apa yang ingin terkabul,

Hadits:
Dari Abdullah, Nabi S.A.W bersabda:
“Jika umur dunia tinggal sehari saja niscaya ALLAH SWT akan memanjangkan hari itu hingga bangkit padanya seorang lelaki dari keturunanku atau dari kaum keluargaku, yang namanya seperti namaku dan nama bapaknya menyerupai nama bapakku, dia akan memenuhi bumi dengan keadilan dan kesaksamaan sebagaimana sebelumnya bumi dipenuhi dengan kezaliman dan kekejaman”. (Hadits Riwayat Abu Daud dan Tarmizi)

Muhammad = Sifat yang terpuji
Abdullah = Hamba Allah

Singkatnya Budak Angon dan Pemuda berjanggut adalah Insan Kamil ,orang yang telah mengetahui hakikat dirinya, mengetahui Tasjid di dalam dirinya. Menjadi hamba Allah yang terpuji. Karena sudah mengetahui Sejatinya Syahadat dalam dirinya.

Menjadi pancer akan menebarkan rahmat ke delapan arah mata angin.
Bukankah lambang Majapahit siwha di tengah dan ada 8 batu merah delima di kedelapan arah.

sumber gambarHasil gambar untuk lambang Majapahit : aslimajapahit.blogspot.com

sumber gambar : kaskus.com

sumber gambar : gofurkhan.blogspot.com

Lambang Garuda ditengah dan 8 Bintang di delapan arah. baca Makna Bintang dalam NILAI-NILAI LUHUR NUSANTARA PRIBADI BANGSAKU.
http://satusatukosong.wordpress.com/2012/02/20/pribadi-bangsaku/

Delapan = DALAPAN (Bahasa Sunda)

Berdasarkan filosofi Aksara Jawa

DA» Dumadining dzat kang tanpa winangenan: (menerima hidup apa adanya.)
LA» Lir handaya paseban jati. ( mengalirkan hidup semata pada tuntunan Illahi .)
PA» Papan kang tanpa kiblat . (Hakekat Allah yang ada di segala arah.)
NA» Nur candra, gaib candra, warsitaning candara. (pengharapan manusia hanya selalu ke sinar/cahaya Illahi.)

DA = 6, LA = 10, PA = 11, NA = 2 (urutan aksara jawa)
6+10+11+2 = 29, 2+9 = 11, 1+1 = 2

Mustika  MERAH DELIMA = MARAHA DALAMA

MA» Madep mantep manembah mring Ilahi. (mantap dalam menyembah Ilahi.)
RA» Rasaingsun handulusih. (rasa cinta sejati muncul daricinta kasih nurani.)
HA» Hana hurip wening suci. (adanya hidup adalah kehendak dari yang Maha Suci)

DA» Dumadining dzat kang tanpa winangenan: (menerima hidup apa adanya.)
LA» Lir handaya paseban jati. ( mengalirkan hidup semata pada tuntunan Illahi .)
MA» Madep mantep manembah mring Ilahi. (mantap dalam menyembah Ilahi.)

(MA = 16, RA = 4, HA = 1, DA= 6, LA = 10, MA = 16) (urutan aksara jawa)

16+4+1+6+10+16 = 53, 5+3 = 8

Delapan/DALAPANA = 2
Merah Delima/MARAHA DALAMA = 8

2 = Simbol Dzat & Sifat
8 = Malaikat Penjaga Arsy

Dalam al-Qur’an, angka 8 merupakan jumlah malaikat, force, yang menjunjung ‘Arsy (Kursi, Singgasana), mengatur keseimbangan ‘Arsy, yang bermakna power and authority dominion, baik sebelum maupun saat Kiamat “Dan malaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru langit. Dan pada hari itu delapan orang malaikat menjunjung ‘Arsy Tuhanmu di atas (kepala) mereka” (al-Haqqah 69 : 17).

Delapan Merah Delima dalam Lambang Majapahit adalah menceritakan bahwa Gambar Shiwa adalah Lambang Pancer dalam diri manusia, sama seperti lambang bintang dalam dada Garuda Pancasila, dalam konsep Sunda adalah INGSUN yang menguasai 4 unsur tadi, merah delima di segala penjuru adalah kemana pun kamu menghadap harus mantap dalam menyembah ilahi (Madep mantep manembah mring Ilahi).

Pesan tersirat lambang delapan merah delima di mana Gambar Shiwa sebagai pusatnya menandakan mengenal Tuhan bisa Perjalanan Ke dalam (inner journey) atau Perjalanan luar.

Dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, maka kemanapun kamu menghadap di situlah wajah Allah. Sesungguhnya Allah Maha Luas (rahmat-Nya) lagi Maha Mengetahui. QS. al-Baqarah 2: 155)

Ke manapun kita melihat di situ Ada Tuhan, Ada Dzat dan Sifat-Nya, ke mana pun Kita melihat disitu Ada Arsy-Nya, Ada Singgasana-Nya.

Barang Siapa manusia yang mengenal dirinya Dia Akan mengenal  Tuhan-Nya baik Dzat-Nya, Sifat-Nya, Asma-Nya, Af’al-Nya (Ciptaannya/Perbuatannya/Kuasanya)

Budak Angon dan Pemuda Berjanggut senyata sejatinya adalah Aji Kalimasada/Dua Kalimat Syahadat, Senjata yang dapat menghancurkan gunung, yang dapat mensejahterakan ke penjuru alam, yang dapat memuliakan manusia tanpa membeda-bedakan agama, ras, maupun golongan, dua itu yang menjadikan dirinya dicintai semua orang bahkan seluruh mahluk, karena dua itulah yang menjadikannya welas asih, yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit baik dzohir maupun batin.
2 (Dua) itu ketentuan, saling berpasangan, hukum penciptaan. 2 (Dua) itulah yang di ajarkan oleh Rangga Seta/Syaidina Ali kepada Syech Grojogan Sewu/Sabdo Palon/Noyon Genggong Dan Prabu Kian Santang. 2 itulah yang di ajarkan Semar Badranaya/Nabi Khidir AS.

Kalimat Syahadat adalah Kun Fayakun, Awal dan Akhir Alam semesta, dibuka dengan Syahadat ditutup oleh Syahadat, Kalimat Yang Menjadikan.

Itulah Sejatinya Aji Kalimasada, Sakti Mandraguna Tanpa Ajimat, Sabda-nya Sabda mukti (Saucap Nyata Saciduh Metu) apa yang diinginkan terkabul, karena dari Aji Kalimasada itu akan menjadi 2 kembali yaitu Rahman & Rahim (welas asih), Rahman dan Rahiim itulah Given dari Tuhan-Nya.

Manusia yang mendapatkan Rohman Dan Rohim Dari Tuhan-Nya lah yang Akan memimpin Dunia ini Dan mewarisinya.

Sejatinya bukan Budak Angon Dan Pemuda Berjanggut yang Merubah Dunia, Tapi Tuhan YME-lah yang Menghendakinya, Tuhan YME-lah yang telah memilih Budak Angon Dan Pemuda Berjanggut yang memimpinnya.

Ini adalah lalakon Jagat, Tuhan-lah Maha Sutradaranya. perbedaan adalah ketentuan, karena perbedaan itulah cerita menjadi menarik, perbedaan bukan untuk bermusuhan, perbedaan adalah untuk supaya manusia mengenal Pencipta-Nya. Karena kebenaran adalah Tuhan Yang Memilikinya.

Wallahu’alam

Jika didalam Tulisan Ini terdapat kutipan Kitab Suci bukanlah untuk tendensius terhadap keyakinan tertentu, melainkan mencari kesamaan dari semua sejarah yang terekam di Nusantara ini.

JAYA SELALU INDONESIA Salam Bhineka Tunggal Ika.

Syaiful Bahri
24-02-2012

Unlike ·  · Follow Post · Saturday at 6:17pm
  • You, Wayan SandiSyaiful Lupy Bahri and 4 others like this.
    • Syaiful Lupy Bahri ‎Andi Baleandi; ini mah diskusi karuhun. Dulu ngebahas ini di Goa, sekarang Goa nya Pindah ke Kota, Badan boleh di Kota tapi hati Simpen di Goa. 🙂

      Saturday at 11:51pm · Like ·  2
    • Andi Baleandi Hehhe..,siipp siippp…
      Oia klo boleh ngasih saran kang syaiful bisa nglike Kalakay Jasinga, itu komunitas penggali sejarah juga, tadinya sy mau ajak gabung ke grup ini tapi tdk bisa karena bentuknya Page, inimah hny sekedar saran saja mudah2an dapat menyusun rangkaian puzle yg sudah ada. Terimakasih.

      Yesterday at 12:06am via mobile · Like ·  1
    • Andi Baleandi Kalakay Jasinga, pun pernah membahas/menafsirkan Uga Wangsit itu..,

      Yesterday at 12:15am via mobile · Like ·  1
    • ‎@Mas Syaiful,
      Mantap Mas Syaiful atas pembabaran ini..@Andi,
      Sebenarnya, semua permasalahan ini bermulai dari pribadi masing2. Adanya permusuhan dan pertikaian, sebenarnya bermuasal dari diri sendiri, karena keegoisan diri sendiri, padah…See More
      22 hours ago via mobile · Like ·  1
    • Fatihisa Tri Anataweda Ralat :
      Maksudnya “Tapi, pada kenyataannya, kondisi ini karena Dia (Tuhan), sudah memberikan pertanda.. Dst dst..”

      22 hours ago via mobile · Like
    • Andi Baleandi Saya sangat menghargai perbedaan, saya pun mencintai perbedaan..,ya terkadang perbedaan cara pandang yang diperkuat oleh keegoisan dapat menimbulkan primordialisme..,salah satu cara dengan mengendalikan keegoisan itu, karena akuu ingin hidup bersamamu dan mereka. 😀

      21 hours ago via mobile · Like ·  1
    • Vanrieta Windy Mas syaiful bs minta tlg diberikan juga keterangan rentan waktunya biar lbh akurat? Dari pertama nabi khidir smpe brpisahnya prabu siliwangi & brawijaya. Thxx…

      6 hours ago via mobile · Like
    • Syaiful Lupy Bahri

      Klo nabi Khidir di setiap jaman nabi selalu Ada, beliau julukannya guru para nabi, teman sharing para nabi. Ketika para nabi mendapatkan wahyu mengkajinya dengan nabi Khidir. Contohnya Nabi Yunus : ketika nabi Yunus di lempar di tengah LautDan di selamatan oleh Ikan Nun, sebetulnya di situ beliau bertemu dengan Nabi Khidir, Ikan Nun adalah kendaraannya Nabi Khidir. Nabi Khidir di Nusantara pra kedatangan wali songo menggunakan Nama Semar Badranaya. Klo di china namanya lain lagi, di Europa lain lagi, di yunani Nabi Khidir/Semar Badranaya di Kenal sebagai Poseidon, Kerajaan nabi Khidir ini Ada dimana-mana, di angin, di air, di kayu, di daratan dan lautan. Tanah yang di lewati/diinjak Nabi Khidir akan menjadi daerah yang subur seperti Nusantara. Nabi Khidir sampai sekarang masih eksis membimbing salah satu yang di bimbingnya adalah Budak Angon & Pemuda Berjanggut.Kalau perkiraan tahunnya sejaman dengan berdirinya Kerajaan Demak, karena Raden Patah awalnya adalah Bupati Demak yang di perintah kan oleh Ayahnya sendiri Prabu Kertadjaya Ratu Majapahit/ Brawijaya V.

120 comments on “MEMBEDAH SEJATINYA SABDO PALON – NOYO GENGONG

  1. Apa yang saudara benar dan hampir sempurna……memang demikianlah adanya skenario dari langit yang harus dan tinggal kita jalani bersama, amin !

  2. Apa yang saudara benar dan hampir sempurna……memang demikianlah adanya skenario dari langit yang harus dan tinggal kita jalani bersama, amin !

  3. thank’s n smoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.. amien

  4. timbang…turu sore sore , nyemak dongeng iki , yo…dadi referensi , suwun bro !!! lagek iki aku weruh dongeng Grojogan sewu…….. tapi iki opo sing diarani gothak gathuk…….he…..he…. wis wis bilieve or not …wae lah !!!

  5. […] Yanuana Samantho https://ahmadsamantho.wordpress.com/2012/02/27/membedah-sejatinya-sabdo-palon-full-version/ MEMBEDAH SEJATINYA SABDO PALON […]

  6. bro, salam kenal..u.nabi khidir mmg ada sepanjang masa krn tmasuk 4 yg ada smp akhir jaman (khidir, isa, imam mahdi, dajjal)..maaf jika salah krn dangkal ilmu saya..sayidina ali driwayatkn nabi adalah pintu penghulu ilmu Allah..dan tdk trmasuk di akhir jaman krn sdh wafat..jadi apa yg 4 itu khidir, isa, ali, dajjal?..bukankah ali adalah suami fatimah, jadi menantu nabi Muhammad, ayah dari cucu nabi Hasan dan Husein..apakah beliau/ali blm wafat, bs tahu riwayatnya? rakyat indonesia mmg hy tangan Allah yg bs mnolong..blm tampak pemimpin yg jadi panutan..tetap bharap yg baik meski harapan tampak sulit dr manusia/pemimpin yg tampak skg.tks

    • Asalamualaikum, Salam paseduluran
      Untuk orang” Istimewa tdak mengenal kata wafat
      Wafat(meninggal/mati) hanya wujud jasadnya
      Untuk yg lbh tahu monggo saget dijelasake

  7. Ali bin Abi Thalib (lahir sekitar 13 Rajab 23 Pra Hijriah/599 M– wafat 21 Ramadan 40 Hijriah/661 M) sedngkan prabu siliwangi berkuasa selama 39 tahun (1482-1521), kok bisa raden kian santang berguru ke sayidina ali padahal sayidina ali wafat 661 M.

    • P)ertemuan spiritual dan intelektual bung lintas zaman lintas tempat.

      • Assalamualaikum,
        Perbedaan waktu yg cukup jauh antara sayyidina Ali dengan prabu brawijaya sangat jauh.
        Yg kedua, nabi khidir seharusnya mengikuti Dan Akan berbaiat dengan rasul Muhammad karena Ada hadits yg mengatakan kalau Musa hidup dijamanku maka tidak halal selain berbaiat kepadaku. Maka Hal ini juga Akan mengurangi keagungan rasul Muhammad sebagai penutup para nabi Dan beliau diutus untuk seluruh Alam semesta. Maka diturunkanlah Al Quran Dan hadits untuk umat setelahnya. Dan Ada di kitab mumbariyah kalau ga salah dibahas mengenai nabi khidir. Kemudian Ada hadits yg mengatakan bahwa tidak Ada seorang pun manusia setelah seratus tahun setelahku tersisa artinya nabi khidir mngkn juga sudah tiada. Hanya Allah yg tahu. Semua ilmu datang dari Allah. Semoga Kita bisa memikirkan yg lebih baik lagi dan belajar dari Quran Dan hadits dari para ulama.amin.

      • Assalaamualaikum ww.
        Kang … saya mau tanya itu sayyidina Ali kw menjadi Rangga seta dan Nabi Khidir as menjadi semar ????
        Dasarnya dari mana ? Kok jadi mirip reinkarnasi padahal di dalam Islam gak ada tu yg namanya reinkarnasi
        Waktu Nabi Khidir bertemu Musa
        Waktu bertemu Sayyidina Ali KW ataupun waktu bertemu Ghousul Adzhom Syekh Abdul Qadir jailani
        Beliau tetap sebagai Nabi Khidir as
        Gak pernah ada dalam sejarahnya nyamar seperti itu ?

      • Kang Nabi Chidir mah tak pernah mati, hidup lama atas kehendak Allah SWT, begitlah dipercaya para ulama Islam.

  8. pake mesin waktu kali ya?

    • jasad dibatasi ruang dan waktu, jasad memiliki batas usia di bumi ini, namun jiwa Nabi Adam a.s., jiwa Nabi Khidir a.s. Jiwa imam Ali bin Abi Thalib kwj. jiwa Panembahan Senopati, sangat mungkin bersua, berinteraksi di alam jiwa, alam yang bisa melintasi ruang dan waktu….

      • Asalamualaikum, Salam paseduluran
        Untuk orang” Istimewa tdak mengenal kata wafat
        Wafat(meninggal/mati) hanya wujud jasadnya
        Untuk yg lbh tahu monggo saget dijelasake

  9. tapi anehnya,grojogan sewu sebagai orang yang memberi pitutur raja2 nusantara yang mayoritas beragama hindu.lha tapi kok ketemu duluan/berguru sama rangga seta yang bertuntunan islam???????

  10. Bagus dan benar yg di sampaikan mas samsul

  11. Pertanyaannya.. Allah itu dikenalkan oleh Nabi Muhammad SAW yang lahir sekitar abad ke 7 masehi.. betul nggak ya..? Kalau betul alloh baru punya hamba kan setelah Beliau lahir.. kan..? Nabi-nabi yang lainnya kan ada setelah Muhammad kan..? Bagaimana bisa Beliau mengajarkan Raja-Raja sebelum Masehi ya… Apa dengan kebohongan ini ya gan..????? wkwkwkwk

  12. jelas suatu kebohongan

  13. Nie yg ane cari2 bru ktmu.
    B’sm2 kita menantikan saat2 itu.

  14. Dari tumpang tindih timeline para tokoh yang disebutkan pada cerita di atas, sudah cukup menunjukkan amburadulnya cerita itu. Tujuannya saya rasa jelas, yaitu untuk mengaburkan atribut-atribut asli agar terkesan islami. Saya rasa artikel semacam ini tidak etis ditinjau dari kejujuran sejarah. Masihkah pantas untuk dipercaya??

    • Betul pak. Nama tokohnya ksn kemari. Mrk tdk hdp sejaman. Sabdo palon yg nyata” siwa budha masa belajar agama islam?? Majapahit kala itu beragama siwa budha, blm kena pengaruh islam. Stlh majapahit runtuh krn raden patah barulah islam mnjadi agama mayoritas org jawa. Cerita kalki awatara ko bs d kaitkan dg manusia biasa. Ulasan mngenai kalki awatara ada d bagawata purana dan bawisya purana. Awatara hanya lahir d daerah jambu dwipa, khusus kalki awatara lahir d desa sambala dan itu d sebuykan dlm bagawata purana. Klo yg pernah baca serat darmo gandul akan mngerti klo artikel ini tdk benar

  15. LELANG BATU PIRUS PERSIA,
    25cmx30cmx20cm, 10 kg’s IDR 999,999,999.
    , berminat hub 0853 4834 5678.

    lokasi malang, jatim / hub ym, fb (ib_beckh@yahoo.com)

  16. masih sedikit bingung karna ada beberapa versi yg saya baca tentang sabda palon. 😦

  17. mengaburkan !!!bila dihubungkan dengan ciri ciri kalki avatar/kalki awatara,banyak yang mengaku kalki awatara??terlalu menyederhanakan “KESEMPURNAAN TUHAN”

  18. oalah ra mudeng aq,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  19. teori mas syaiful kok penuh dg tanda tanya ya ? masih campur aduk antara arab dg jawa kiranya kalo belum memahami betul jangan nulis yang enggak pasti gitu loh mas. masak jimat kalimasadha itu dua kalimat syahadat tlg kaji lagi jgn asal tulis sj kalo gak punya bukti konkrit. jimat kalimasadha itu mas terjemahan dari pancasila yg skrg ini ada mas yg artinya panca : lima sila : larangan yaitu dilarang berjudi, mabuk2an, bermewah2an, main perempuan yg bkn istri sah, membunuh. kalimasadha itu artinya jumlahnya ada lima tapi bisa dikembangkan menjadi banyak. persis pancasila kita kan jumlah silanya ada lima tapi ada butir2 pancasila yg jumlahnya sangat banyak. demikian jg ada campur aduk antara dunia islam dg hindu-budha di sini. tolong dipahami lagi kalo menulis baca literatur2 lain shg tulisan anda bisa dipertangungjawabkan. mohon maaf ya kalo tulisan saya menyinggung anda guna perbaikan lebih lanjut terima kasih

    • Asalamualaikum wr wb.. Langsung saja saya ingin sedikit memberi masukan, tentang aji kalimasada mungkin ini bisa buat renungan, dari sumber yg saya dapat tentang aji kalimasada, memang betul yg dibilang mas bahri, dua kalimat syahadat, dari sumber yg saya dpt pembawa aji kalimasada adalah unto dewo yg didapatkan dari dewanya, sekaligus disuruh sm dewanya untuk mencari orang yg bisa mengartikan aji kalimasada, sampai beratus ratus tahun bahkan ribuan tahun, unto dewo yg gak bisa mati mati karna memiliki aji kalimasada sampai keturunan cucu dan cicitnya semua meninggal dunia, setelah itu dia sampai meninggalkan negaranya demi untuk mengemban tugas dari dewanya sampai ketanah jawa dan bertemu sunan kali jaga, sunan kali jaga lah yg mengerti aji kalima sada, yaitu dua kalimat syahadat. Setelah itu unto dewo pun di islamkan sunan kali jaga. Setelah masuk islam lalu meninggal dunia, dan dimakamkan sebelahnya makamnya sunan kali jaga. Makamnya agak panjang dan makamnya ditulis nama Darmo kusumo.bukan unto dewo lg. Begitulah sedikit cerita yg ku dpt, benarnya hanya Allah yg tahu, Allah hu aklam.

  20. mbesuk yen titi wancine wolak walik ing jaman, wong jowo kang sejati yo sejatine wong jowo bakal njaluk di balekne tanah jowo marang jowo sekawit….

  21. pusing……,ngopi dulu ah..

  22. selagi niat di hatinya baik,ga ada masalah broo,yang benar itu datangnya dari allah klo yang salah itu datangnya dari manusia.

  23. bahasanya ga konstan mas, ada buku aslinya ga karya empu atau resi terdahulunya, biar saya ngerti sendiri dan ga ngawur ok, trmks

  24. Mohon pencerahan jadi kedudukan islam ada dimana ya dalam khasanah sejarah Indonesia (terutama wali songo)

  25. waduuuh, ilmu kejawen di campur hindu, budha, jin, lelembut, klenik, sulap, ilmu gatuk matuk, akhirnya jamaahnya jadi suka makan nasi rames alias ramesti hahahahahahahaha…..peace bro….dari pada spaneng…postingannya cukup menghibur….siiip. untuk kisah lelucon yang membuat saya terhibur dan bisa rodo gendeng karena tertawa sendiri…..benar2 mampu mempengaruhi jiwaku sampe sakit jiwa….

  26. Artikel yang sangat menggoda……penuh misteri,benar benar hebat,……

  27. Ngopo Sabdo Palon mbok kaet2 ke karo islam to?? opo goro-goro Islam ki mayoritas sak iki,

  28. maaf gan, mohon dicerahkan terlebih dahulu tentang wali songo, karena sebenarnya wali sangha, bukan sanga. baru bicara soal eyang sabdho palon enh khudu lengkap neh naya genggong gitoe gan, gmana?

  29. Ya bener ini tulisan ngawur, kayaknya asal nulis memenuhi pesanan. Sabdo Palon dalam Jongko Joyoboyo adalah Gunung Merapi sedang Naya Genggong adalah Gunung Bromo. Sabdo Palon di Kerajaan Majapahit adalah salah satu Poenakawan dan makamnya ada di Troloyo Mojokerto. Makam bercirikan Islam kemungkinan sebelum wafat sudah masuk Islam karena Islam adalah agama yang baik sebagaimana Prabu Brawijaya mengakuinya. Sabdo Palon dalam Ramalan Sabdo Palon adalah jin yang usianya mencapai ribuan tahun & banyak bergaul dengan raja-raja Jawa dahulu karena syariat agama dulu memugkinkan manusia bekerjasama dengan jin.Dewa Brahman adalah Nabi Ibrahim as, maka keturunannya banyak menjadi raja2 Nusantara. Bani Jawi adalah Bani Ishaq yang kelak memegang panji hitam yang dinantikan kemunculannya oleh umat Islam. Contoh Nabi yang bekerjasama dengan jin adalah Nabi Sulaiman yang diperkirakan pernah mengijakkan kaki di tanah Jawa

  30. SEDANG MERANCANG APA TUHAN SAAT INI…?

    Sejarah adalah kacabenggala, dari mana kita asal, ada dimana dan mau kemana. Pemahaman filosofis apapun semua bertujuan cara Tuhan Y.M.E. memperkenalkan diri kepada Umat CiptaanNya dan bagaimana siapapun itu bisa dipercaya karena oleh TuhanNya.

    Yang utama dan diutamakan sedang berjalan kemana sejarah peragaan perjanjian dunia saat ini. Cara pandang dan tingkat kematangan berfikir seseorang dari kedudukanNya dan latar belakangNya sudah masing-masing membawa hukum Kudratulloh.

    Belajar, dengan mempelajari apalagi menciptakan sesuatu peradaban Jelas Pembuktian perbedaan dan strata pemahaman baik hukum asal-usul Rob dan hukum Sebab Musabab.

    Bagai mana kisah akhir sejarah kesejarah, misal akhir Pajajaran, akhir Maja Pahit, akhir Mataram, hingga Unisoviet bahkan REPUBLIK INDONESIA, semua membawa hukum perjanjian MAHLUK dan TUHANYA dan apa, mengapa dan kenapa setelahNya akan Hal Ini?

    Bicara keyakinan berdasar sasl-usul perjanjian atas terbentukNya sebuah negara berdasar dari kesepakatan dan kesepahaman yang sesungguhnNya tidak Banyak Manusia, hanya PEMILU (Pengikut) yang lebih banyak.

    Fenomena Alam, fenomena sosial, fenomena politik & ormas melanda menjadikan Demam dan menjadikan garis-garis tegas pembatas Gelap dan Terang.

    Retorika fikir dan kadang logika tak mampu membendung manusia untuk terus hidup dan bertahan, dan siapa yang wajib bertanggung jawab jika seluruh lini sudah menjadi Negara dan Pemerintah yang paling KORUP didunia, sedang ia merasa paling ber “Iman” bahkan RUPIAH HARAM pun tetap menjadi Dewa diseluruh lini peradaban di negari ini.

    SABDO PANINGAL
    TEKEN BATIN URIP
    Super Semmar-Super Link-Super Hood.
    Sino.AS

  31. Sebuah dongengan yang bagus dan kreatif hehe…namanya juga dongeng di otak atik mathuk. Sama seperti sinetron kira-kira begitulah hehe..

  32. subhanallah, , , ,
    pengetahuan yg luar biasa,terimakasih Bpk.syaiful Lupy bahri atas ilmunya,membaca yg tersurat dan yg tersirat”Iqro”
    Regards

  33. KENAPA ?
    WAKTU SABDO PALON diajak oleh prabu BRAWIJAYA MEMELUK AGAMA ISLAM_sabdo palon MENOLAK? MOHON PERTANYAAN INI DI JAWAB s0b_ mgkn ini yg bwt SALAH FAHAM

  34. […] MEMBEDAH SEJATINYA SABDO PALON (FULL VERSION) […]

  35. Sebagai manusia jadilah manusia yg sebenarnya, jangan terjebak para pengikut iblis yg menjanjikan sorga dan yg tdk ikut di ancam neraka. Bangsa ini sudah diberikan tanah yg gemah ripah loh jinawi apapun ada di bumi ini, tapi kenapa rakyatnya miskin? Hal ini disebabkan kebanyakan rakyat ini sudah murtad dan jadi budaknya para pengikut iblis. Kebanyakan anak2 sudah tidak menghargai orang tuanya lagi, karena apa ? Para pengikut iblis sudah mengajari sebagian bangsa ini untuk menentang Tuhan dan membuat sumpah ataupun saksi palsu, yang akhirnya bangsa ini tidak segan2 lagi sebagai penipu dan pencuri uang rakyat contohnya para koruptor yg tidak punya rasa malu lagi dan malah merasa bangga sekali jika mereka tertangkap karena korupsi.
    Moyang bangsa ini sudah mengajarkan tatakrama dan budi pekerti sehingga sudah dikenal bangsa dunia sebagai bangsa yg santun, tapi bagaimana sekarang ? Semua itu hanya tinggal kenangan, jika anda tidak percaya coba jalan2 keluar negeri dan tanya kepada bangsa asing tentang bangsa ini.
    Manusia jika sudah mengenal diri sendiri sudah bisa mengenal sang pencipta? Siapa yg mengatakan ? jelas para pengikut iblis yg tujuannya agar manusia menentang Tuhan. Jadi manusia janganlah ” takabur ” jangankan mengenal diri sendiri, mengenal seluruh manusia didunia ini saja jangan harap mengenal Tuhan. Manusia hanya dibatasi lingkup hidupnya sebatas galaksi bima sakti ” tidak lebih ” sedangkan kehidupan diluar galaksi ini masih banyak, tapi anda jangan bermimpi bisa kesana, karena secanggih2 manusia umurnya maksimum hanya 150 tahun. Jadi jangan bermimpi bisa mengenal Tuhan !!!! dan jangan terjebak oleh rayuan para iblis yang konon mengaku anak Tuhan maupun Nabi terakhir, karena mereka merasa mereka adalah Tuhan dan nyawa mereka adalah Tuhan sendiri ????!!!!. Perlu anda ketahui paranormal dan orang gila perbedaannnya sangat tipis sekali, mereka sama2 memperoleh bisikan bathin, para normal menjawab dengan bathin sementara yg gila menjawab dengan mulut. Waspadalah !!!. Semua manusia ingin mencapai tingkatan yg tertinggi,
    tapi ingat yang tertinggi belum tentu yang terbaik. Untuk penulis blok jangan suka memplintir keadaan, biarkan sejarah berjalan seperti apa adanya. tks

  36. bagiku lebih penting hikmah bagi perbaikan diri pribadi apapun tulisan,cerita maupun sejarahny

  37. maaf berbagi dan berfikir bersama sedikit saja…sabdo palon atau semar adalah pamong sejati untuk membimbing semua pemimpin umat terbaik dijamannya masing-masing…baik itu di nusantara atau ditempat lainnya…karena ia adalah salah satu nabi yang dipanjangnya umurnya ( bagindo ilyas as ) cuma tentu ditipa masa ia akan berganti baju/wadag menyesuainkan kondisi masing masing zamannya…insyaallah terasuk Nabi muhammad saw..apakah kita tidak berfikir paman nabi abdul mutholib itu siapa..? iya tetap tidak mau masuk islam dan tetap ingin ikut agama leluhurnya/agama sejati rosoning manunggaling kaulo lan gusti persis seperti sabdopalon tersebut…atau apakah kita tidak mau berfikir siapakah mahapati majapahit gajamada tersebut…? wajahnya mirif sekali dengan semar…jadi tinggal menunggu siapa yang akan di among/dibina semar selanjutnya untuk kesejahteraan nusantara yang akan datang….

  38. numpang berbagi sob,………….sebelumnya mohon maaf bila lancang.
    janganlah kita saling menyalahkan yang baik atau salah menurut versi kita, apalagi penilaian yg mengarah pd cara maupun pola menyinggung hal faham/kyakinan……sebenarnya sederhana saja menurutku,,contoh: si dadap dari lahir smp besar belajar proses air kopi sedang si waru banyak tahu air,(kopi,teh misalnya)mka mindst si waru akan berbeda dg si dadap. si dadap so pasti akan memandang trhadap sesuatu di luar air kopi jelas salah/sesat(krn keterbatasan)…….so alam abstrak yg di kompilasi spt diatas dg real sbnrnya sma bagi yg faham,…yg berhak menentukan benar/salah sebenar2nya hnya Tuhan,kita mahluk hnya mengira2 sja.

  39. Semua akan di buktikan dijaman akhir peleburan, dimana manusia akan kembali di titik “NOL”.
    “ALAM” yg akan membuat manusia melihat kebenaran sejati. Kepintaran Kebodohan, Keangkuhan Kenistaan, Kekayaan Kemiskinan, Kebaikan Kejahatan, Kebenaran Kebohongan, semua sifat “Keduniawian” akan musnah menjadi “NOL”.
    Dari “titik nol” ini, manusia akan memahami sejatinya ajaranNYA, agama “budi”, agama “leluhur”
    Baik-baik membawa diri, Tetaplah berbuat “kebaikan” sebagai bekal yg hakiki meskipun raga musnah dalam jaman peleburan atau masih “berdiri” dijaman selanjutnya…

  40. Aktifitas sabdo palon terkini….. Pernah sahabatku dalam tafakurnya diundang kealam gaib…sukma keluar dari tubuhnya terus ia memasuki sebuah masyarakat gaib,ketika akan masuk ia melihat gapura atau pintu masuknya yang terbuat dari taring yang menyilang..kemudian ia ditemui oleh wanita yang sangat cantik sekali yang belum pernah ditemuinya dialam manusia ( maksud wanita tersebut ingin mengajaknya berkencan ) tapi sahabatku tersebut menolaknya,karena ditolak maka datang lagi tujuh wanita yang lebih cantik dari sebelunya yang kecantikannya tiada tara begitu sempurna,sahabatku berkata bukan kalian yang aku cari……
    tujuh wanita itu minggir…sukma sahabtku melayang menuju suatu pertemuan atau dalam alam manusia mungkin seperti tablik/pengajian akbar…namun yang hadir dipertemuan alam halus tersebut sangat banyak ( boleh dibilang jutaan )….masing-masing kelompok/pasukan berbaris kebelakang sesuai kelompoknya masing-masing..jin ifrit berkelompok sendiri,kuntilanak sendiri,babi ngepet sendiri,tuyul sendiri,jin tukang adu domba sendiri dan lain-lain kelompoknya yang banyak ( sahabatku memperhatikan dalam posisi melayang dari atas )…
    Tiba-tiba datang kereta yang diiringi pasukan kehormatan..seorang laki-laki tua berpakain sederhana umur enam puluh tahunan sedikit berjambul dirambutnya ( mirim kuncir )..orang tua tersebut membuka kitab panduan untuk membimbing masing-masing kelompok bagaimana/aturan cara mengoda manusia dan hukuman bagi yang gagal serta hadiah bagi yang berhasil..( sahabatku berfikir ternyata jin/syetan juga ada pengajian seperti dialam manusia cuma ini pengajian sesat )…setelah selesai berkotbah laki-laki tua tersebut mengambil benda mirip kendi yang berisi minyak wangi kemudian ia mencelupkan benda mirip kuas kedalam kendi tersebut dan sekali tebar kuas tersebut tersebar keseluruh pengajian sesat tersebut…..orang tua tersebut memandang kepada sahabatku ia bercakap dalam bahasa batin adalah semar bodronoyo..( namun semar sadar ia hanya sebagai penyeimbang dunia hitam saja karena bila tidak ada yang hitam tidaklah lengkap dunia ini )
    sahabat semua dengan membaca kisa tersebut kita mengambil hikma bahwa cobaan dari dunia jin terhadap manusia adalah terus menerus
    maka hendaknya berlindung kepada tuhan yang maha esa..

  41. kepada semua umat islam yang beriman rahmat dan kasih sayang allah yang melimpah ruah sepanjang masa ,tergantung nya persediaan diri sendiri untuk menerimanya,semua mereka mereka yang mulia terdiri dari para nabi dan rasul bahkan para malaikat sekali pun juga wali wali allah alim ulama termasuk dari kalangan raja raja yang mendapat rahmat serta yang berkedudukan tinggi di sisi allah dengan ketentuan allah jua bisa jadi mata rantai penyambung antara allah dan hambanya yang masih lagi menjalani ujian hidup di dunia ini…….

  42. siapa dia yang mempunyai kedudukan tertinggi di sisi allah itulah dia nabi muhammad s a w sebagai kekasih allah ………..

  43. KESIMPULAN ILMU TIDAK LAIN TIDAK BUKAN DISIMPULKAN ILMU YANG ASAL MENGETAHUI HAL KEADAAN ,RUH,TIDAK AKU BERIKAN KAMU PENGETAHUAN HAL BERKAITAN ,RUH,MELAINKAN SEDIKIT SAJA ,HAL ILMU INI ,BERKAITAN ILMU PENYAKSIAN, BAGAIMANA MENYAKSIKAN HAL DUNIA DEMIKIAN JUGA PENYAKSIA NYA BER KAITAN HAL NYA ALAM GHAIB…………..ATAU ALAM AKHIRAT…….

  44. NASIHAT DARI alam MINANG KABAU YOUTUBE / pitaruah ayah untuak anak padusi nan jolong gadang.wmv

  45. bukunya ada ga om

  46. ( UNTUK SAUDARA-SAUDARAKU MAAF SEBELUMNYA TULISAN INI BUKAN UNTUK BERPAMER TAPI HANYA SEKEDAR BERBAGI UNTUK KEMANFAATAN BERSAMA )…Dalam tafakurnya kembali sahabatku sukmanya kembali keluar dari tubuhnya….kemudian sukmanya memasuki pegunungan batu…setelah didalam gunung tersebut ia mendapati sebuah kehidupan lain…
    Disana ia menjumpai seorang laki-laki tua yang sedang menunggui sebuah kuburan/makam..namun yang mebuat terkejut sahabatku…didalam kuburan tersebut terdengar suara tangisan..jeritan…ratapan yang memilukan ( suara laki-laki)..sepertinya yang berada didalam kubur sedang mengalami siksa yang pedih ( terdengar keras sekali ) sampai-sampai sahabatku merinding mendengarnya…
    Kemudian sahabatku bertanya kepad laki-laki tua penjaga kubur tersebut ( dalam bahasa batin )..orang tua penjaga kubur tersebut menjawab bahwa ia adalah abdi setia orang yang telah meninggal dalam kubur tersebut…kemudian sahabatku bertanya kembali kenapa laki-laki dalam kubur tersebut mendapat siksa demikian hebat..abdi tersebut menjawab bahwa semasa hidupnya Tuannya ( laki-laki dalam kubur )..pernah minta bantuan (bersekutu ) dengan ratu jin dalam memperoleh kedudukan (merebut tahta )..maka setelah meninggal ia mendaptkan siksa yang pedih dari tuhan yang maha esa….
    Karena merasa kasihan..sahabatku dengan telapak tangan kanannya memegang kuburan tersebut..dengan dua kalimat tahihid tiga kali ia memintakan ampunan kepada tuhan yang maha esa…atas ijinnya ( rahmatnya )..setelah di doakan tangisan..rintihan..( siksa ) kubur tersebut tidak terdengar lagi siksa ( siksa kuburnya saja diampuni akan tetapi siksa akhiran belum tentu )…kemudian terdengar percakapan antara sahabatku dengan laki-laki dalam kubur tersebut..bahwa ia berterima kasih atas bantuan doanya..kemudian ia mempernalkan diri bernama Lesmana mandra kumara yang pernah hidup 2500 tahun silam..dan sukma sahabatku kembali kedalam tubuhnya…
    Setelah sadar dari tafakurnya sahabatku memikirkan kembali peristiwa yang baru terjadi..dan teringat nama Lesmana mandra kumara..sebuah legenda/cerita putra mahkota dari negeri astina kuno….
    Dari kisah tersebut sahabatku mengambil kesimpulan bahwa apabila..kedudukan..kekayaan…kemulyaan..yang diperoleh dengan cara bantuan/sekutu dengan jin/iblis..maka siksa kuburnya dida adalah selama-lamanya belum nanti siksa akhirat…maka hendaknya meski mencari rejeki itu sulit..keringat mengucur..namun dengan usaha sendiri..rejeki yang didapat adalah halal dan nikmat bagi keluarga…dan ilis dan setan adalah penuh tipuh daya..

    • alam mna yg temanmu telusuri…??? bisa g temanmu itu membandingkan perbedaan 6666 alam dengan benar dan akurat???

      mohon ditanyakan pada teman anda ya

      • Tentu pengetahuan kita sebagai manusia sangat terbatas untuk mengenali jumlah alam yang diciptakan tuhan..dalam kitab sucinya tuhan menyebut 18.000 alam..mkanya kita hanya bisa mengucapkan maha besar tuhan smesta alam..jadi mesti dialam kubur tentu juga bertingkat-tingkat amal manusi sesuai perbuatannya…

  47. Terkadang saya masih dlm kebingungan antara perasaan iya atau tidak, tetapi saya masih syukur bisa membaca artikel sejarah yg mas tuliskan, sebenarnya saya ingin mencari guru untuk belajar tentang sejarah jagat dan mengenali sejatinya diri.

  48. untuk kang ngajito…bukankah wahyu tuhan telah diturunkan kepad nabi dan rasul kepada penduduk bumi…dan untuk mempelajari sejarah jagat dan jati diri…ilmu sastra jendra telah diturunkan kepada sang avatar agung 14 abad yang lalu ditimur tengah..selamat mempelajari dan menggalinya…

  49. banyak orang keblinger,..Dengan pembenaran sejarah yang tanpa fakta dan bukti yang kuat seperti materi tema “Membedah Sejatine Sabdo palon noyo genggong,..saya hanya ketawa saja geleng geleng kepala,..dayang pulo jawi sdh jelas menentang masuknya brawijaya 5 msk islam,koq malah di karang menjadi grojongan sewu..sungguh2 ngawur…

  50. sebetulnya Arab Ato Jawa?????
    Gotak gatik gatuk…….

    T e r l a l u …………..

  51. maaf ya sebelumnya,sebelum islam masuk di tanah jawa sabdo palon yang mengetuai hindu dan budha,dan penguasa danyang2 dipulau jawa, dan mungkin bisa dibilang sabdo palon itu manusia setengah jin. Cerita sabdo palon saling berkait dgn masuknya islam di tanah jawa, sebelum syeh subakir babad tanah jawa, ada cucu syayidina Ali bin Abi talip anak dari imam husen lari kepulau jawa naik kapal pedagang cina namanya Ceng ho, karna ada di irak ada pembantaian besar besaran siapa saja dari keturunan kanjeng nabi muhammad saw mau dihapuskan. Yg disebut perang karbala. Disitulah titik islam bermula tp blm banyak yg memeluk. Setelah itu br wali songo preode pertama memasuki jawa kumpulan dari syeh subakir, sekaligus dia yg menumbali pulau jawa dari pengaruhnya sabdo palon. Begitulah sadulur secuil cerita dan mohon maaf mungkin menyusun kata2nya mungkin terpotong potong dan tidak teratur, ngapunten seng kata geh.permisi dulur

  52. Maaf tulisan pengalaman ini hanya untuk berbagi saja….Suatu saat sahabatku dalam cipta tafakurnya didatangi beberapa laki-laki tua berpakaian jubah putih mata sipit berjanggut putih dan ditanggannya memegang tongkat kecil mirip kebut..( dalam batin sahabatku ini leleuhur dari negeri cina )…
    Kemudian orang tua tersebut bercerita ( dalam bahasa alima.batin kepada sahabatku ) bahwa dinegrinya Cina sudah berpuluh-puluh tahun akibat kebijakan setiap satu Keluarga hanya punya satu anak..maka akibatnya ribuan bahkan jutaan bayi yang digugurkan sebelum waktunya..banyak bayi-bayi yang dibuang disungai..danau..jamban..hutan dll..Jutaan nyawa suci terbuang secara aniaya..Orang berjubah tersebut kepada sahabatku minta bantuan doa..( dalam batin sahabatku dari negri Cina minta bantuan ke Indonesia )…
    Sahabatku mendapat permintaan tersebut hanya termenung.. berfikir..mendekatkan hati dan batin pada tuhan..memohon ampunan dan jalan terang untuk saudara-saudaranya pada bayi-bayi yang suci agar dibukaan jalan terang menuju rido tuhan semesta alam..Dengan dua kalimat Sahadat secara terus menerus ia memanjatkan doa agar arwah bayi-bayi tersebut mendapatkan rahmat dari tuhannya..
    Selang bebera bulan berlaku dalam tafakur berikutnya..sahabatku dalam alam gaib bertemu dengan wanita sangat cantik berpakain rahib dan seorang budah ( dalam batin sahabatku kedua orang tersebut adalah dewi kwan’im dan sang budah )..kedua dewa-dewi ini memanggil seorang dewa lagi untuk hadir dalam bertemuan tersebut ( dewa kehidupan )..kemudian sahabatku melihat dewi kwan’im dan sang budah berdoa pada tuhan..dan memancarkan cahaya pada tubuh dewa kehidupan..karena didoakan dewi kwan’im dan sang budah..tubuh dewa kehidupan memancar cahaya terang sekali kebumi ke negeri cina..Dan batin sahabatku juga memancar cahaya dua kalimat sahadat juga kearah negeri cina…Diluar kemampuan dan daya pikir sahabatku…jutaan cahaya arwah bayi suci terangkat kelangit….
    Setelah sadar dari cipta rasa..sahabatku berfikir..dari agama islam..bisa bersambung keagama lain dicina…memang semua agama berasal dari tuhan yang sama..jadi semuanya adalah satu..hanya sariatnya berbeda-beda sesuai nabi dan zamanya masing-masing…

  53. Semua kembali ke pribadi masing2.semua masih belajar dan belajar mencari ilmu untuk bekal mencari Tuhan nya.

  54. Adalah pertempuran Arab melawan Nusantara, bukan masalah agama. Bahwasannya arab telah menjajah nusantara dengan berbagai cara dan kelicikan, sehingga negara ini tidak akan pernah menjadi negara yang tata tentram kertha raharja. Camkan itu. Sudah banyak yang mengikuti jalan yang salah dari ajaran Budi.

  55. Bismilahhirohman nirohim..tulisan pengalaman ini hanya untuk berbagi kepada sesama bagi pengetahuan tidak untuk dimiliki sindiri..semar sebagai pamong atau pembimbing dunia kususnya didaratan memang diberi umur panjang..dan ia bisa hadir disuatu negri2 dunia dengan bernagi keadaan..bukan hanya orang berkedudukan tinggi saja..semua orang bisa mendapatkan/menjumpai sang semar sendiri terkadang kita tidak menyadari bahwa yang bersangkutan adalah sang pamong sejati..( mancolo putra mancola putri )..
    Tulisan sedikit pengalaman mudah2 juga dapat sedikit menambah wawasan..kembali sahabatku menuju alam batin/gaib..sahabatku ditamui oleh orang tua berumur sekitar 60 tahun berbaju sederhana dan rambutnya berjambul atau agak berkuncir kedepan dahi..tidak memakai alas kaki..tubuhnya agak gemuk ( sang pamong tidak seperti gambaran di dunia pewayangan gembrot)..ia hadir bersama dua orang laki-laki muda ( dari bangsa manusia )..yang satu berumur sekitar 22 tahun wajagnya tampan kulit hitam manis rambut agak panjang berombak..yang satu laki-laki berumur 26 tahun wajahnya tampan berkulit kuning rambut lurus…ketiga tamu saling tersenyum saling mengucap salam dalam bahaya all ima/batin..meski baru ketemu kelihatan sangat akrab dengan sahabatku..
    Kemudian sahabatku diajak oleh ketiga tamu tersebut bergerak kearah barat ( dari ujung timur pulau jawa )..sang pamong berjalan kaki dengan santai namun meski kelihatan santai kecepatannya luar biasa..( 2 tangan ditaruh dibelakang diatas pinggul )..pemuda yang umur 22 tahun bergerak mengikuti sang pamong kadang kelihatan kadang tidak/muncul hilang/lenyap nampak lagi..sedang pemuda umur 26 tahun begerak denga berlari dibelakang sang pamong dengan berlari..saking cepatnya jejak yang ditinggalkan membentuk garis lurus dibumi kedalaman setengah meter ( saking besar tekanan kakinya)..sedang sahabatku bergerak denga terbang dari atas sehingga bisa melihat dan mengawasi ketiga tamunya dari atas…kecepatan bergerak dari ujung timur pulau jawa sangat cepat..Langsung sampai kabupaten jember..probolinggo..surabaya..semarang…
    hanya kurang lebih 2 menit mereka berempat telah sampai ditujuan..sahabatku melayang turun dari atas dipuncak gunung gede sementara tiga temannya juga sudah sampai..sang pamong duduk menghadap kebarat..sahabatku , pemuda umur 22 tahun dan pemuda umur 26 tahun duduk berjajar didepan sang pamong kerarah timur…kemudian sang pamong mengambil barang dari katongnya dengan tangannya..setelah genggaman tangannya dibuka tampaklah banyak beraneka macam batu-batu mulia yang sangat indah dan berwarna-warni yang sangat indah yang belum pernah dijumpainya didunia… setelah ditaruh diabawah…kemudian sang pamong mengambil lagi dari kantongnya setelah genggaman dibuka tampaklah banyak beraneka macam guccici kecil yang sangat indah terbuat dari emas/intan yang berisi semua jenis minyak wangi beraneka macam yang belum perna dijumpainya didunia…
    Sang pamong berkata suatu ketika pasti ada manfaaynya bagi umat manusia…namun untuk sekarang semua pengayom/pelinding gaib masih ditarik oleh tuhan yang maha esa keatas..sehingga bi bumi umat manusia banyak mendapatkan ujian..musibah..teguran..bencana dimana–mana..karena umat manusia banyak berbuat kerusakan dan fitnah dimana-mana..para pengayom belum diijinkan turun kebumi sampai suatu ketika kelak..
    Dari sang pamong sendiri prihatin banyak manusia mempertuhankan sendiri padahal ia hanya manusi biasa yang mendapatkan tugas membimbing manusia dan jin..sedikit penjelasanya sejak ditanah timur tengah ia dihadirkan oleh tuhan sebagai Bagindo Ilyas..kemudian Al imron..terus Abdul mutholib..dan ditanah jawa sang semar/pamong ia berwujud Gajahmada..syeh syubakir..dan masih banyak lagi lainya yang ia tidak sebutkan…sebagai penutup pertemuan ia meminta banyak-banyaklah berdoa semoga bangsa kalian segera terbesar dari bencana dan kesulitan dan segera datang zaman keemasan…kemudian sahabatku kemabli kedalam alam sadarnya…ia berfikir kenapa kita saling mempertentangkan keberadaan sang pamong..karena yang bersangkutan sendiri membawa ajaran keselamatan bukan sebagai perwujudan tuhan tapi utusan tuhan..dan baik itu islam..atau hindu/buda yang murni ( agama kapitayan/luhur budi )..

  56. klo boleh saya tanya tentang sejarah, sayidina Ali bin abi tholib hidup di taun berapa? sapdo palon lair taun berapa? bukanya perpisahan brawijayaV dan sabdo palon karena perbedaan pandangan agama(sabdo palon hindu/buda sedangkan brawijaya masuk islam) yang saya tau ceritanya kayak gitu, mohon penjelasan pak

  57. ketika nabi muhamad saw..mau mengislamkan abdul mutholib..namun jawaban sang paman tidak mau..karena ia tetap teguh mengikuti agama leluhur ( luhur budi )..persis seperti ketika brawijaya V mau mengajak sabdo palon masuk islam..sang pamong/sabdo palon tetap teguh mengikuti agama leluhur/kapitayan ( agama hindu/budah purwa )..sebagai pamong sabdo palon dapat berwujud siapa saja/mancolo putro/putri…dalam ajaran hindu…semua unsur alam semesta berasal dari unsur utama/pokoknya adalah wisnu..sedang dalam islam alam semesta berasal dari nur muhamad ( tapi jangan dikira gatuk mantuk ya )..wisnu juga berada pada jiwa muhamad dan wisnu juga berada pada jiwa sang budha..namun kita harus tetap meyakini agama nabi akhir zaman adalah agama yang disempurnakan…

  58. Bismillah hirohmannirohim…pengalaman ini hanya untuk berbagi saja…Sahabatku dalam setelah sholat malam ia kembali merasa terketuk hatinya untuk mendoakan para sesama manusia daam hal ini..ia memikirkan arwah orang-orang yang telah meninggal dunia akan tetapi telah menggadaikan hidupnya kepada syaitan..( orang yang mendapatkan pangkat,harta,ilmu atas bantuan syetan ) karena ini berfikir islam adalah rahmat lilalamin…..
    Shahabatku berdoa dengan dua kalimat syahadat pada Tuhan YME agar arwah orang-orang tersebut diampuni/diringankan siksa kuburnya..karena sahabatku mengerti pasti orang-orang tersebut sangat perih dan perih balasan siksanya dialam syetan menjadi budak hina dina seperti binatang sampai kiamat…Dalam pandangan alam batin/gaib sahabatku…keluarlah ribuan arwah berduyun-duyun…berlarian keluar dari dalam lautan laut selatan menuju daratan…seperti secara bersamaan terbebas dari penjara…Namun kemudian Sahabatku didatangi Wanita yang sangat cantik sekali berpakaian jawa kono..wanita cantik itu bagian bawah memakai sarung jarit..atas berkebaya..rambut panjang terurai…kecantikan wanita tersebut sungguh luar biasa tidak pernah ia melihat didunia ( miss dunia pun mungkin hanya seper sepuluh kecantkannya )..sungguh sempurna kecantikannya komposisi tiap bagian tubuhnya sangat proposional )…
    Kemudian wanita tersebut duduk bersimpuh kaki dilipat kebelakang sungguh anggun di dihadapan sahabatku…disamping wanita tersebut ada sebuah kitab ukuran 40 X 40 cm dalam keadaan tertutup..sahabatku mengambil kitab tersebut dan berusaha ingin merobek karena dalam pikiran sahabatku itu kitab ilmu hitam penyesat..namun ketika dirobek kitab itu seperti hidup dan melawan kuat sekali…kemudian sahabatku berdoa pada tuhan dengan kalimat syahadat kembali ia akan merobek kitab tersebut..namun wanita dengan tersenyum tersebut mencegah..tungguh ngger hentikan usahamu dengarkan pituturku nger…Dengarkan ngger aku ibumu sang betari durga….Tuhan YME menugaskanku sebagai penyeimbang dunia hitam untuk menggoda/menguji iman umat manusia….orang-orang yang kamu doakan tidak akan bisa lepas dari perjanjian yang telah mereka lakukan sampai hari kiamat..karena mereka memang manusia hina yang telah menjual kehidupan dan imannya untuk memperoleh dunia kedudukan kemewahan dengan cara mudah mereka tidak mau bersusah payah keluar keringat dalam bekerja..meski mereka kamu doakan lepas dari perbudakan dialamku namun itu hanya sementara..mereka kan kembali kealam perbudakanku..karena itu hukuman atas perbuatan mereka…ngger ingatlah kaum syetan hanya penyeimbang alam kebaikan karena tanpa dunia hitam..alam juga tidak lengkap…
    Berfikirlah ngger..jika seandainya syetan berhenti menggoda manusia maka kehidupan manusia akan tidak berkembang…manusia hanya sibuk beribadah..berpuasa..bertirakat..Dunia peradapan berhenti karena manusia hidup Qona’a..hidup menerima..tidak ada itu bangungan-bangunan megah..peradapan moderen..karena manusia sudah menerima mensyukuri…dengan adanya ambisi manusia tehnologi berkembang karena persyaingan…pesantren..sekolah..guru agama..kyai tidak akan berfungsi karena semua manusia sudah tekun beribadah seperti malaikan…Jadi ngger keberadaan kaum hitam juga diperlukan..maka kaum manusia kuatkanya dalam menerima goda cobaan dari kaumku..kalo kuat iman dan tawakal pada tuhan YME akan semakin baik…Seperti halnya kakang semar tuhan YME juga telah memberikan kepada sebagai manusia diberbagai zaman…aku pernah hidup sebagai Dewi larasati zaman mahabarata..Dewi terbini jawa kuno…Robiatul Adawiya di timur tengah…Fatimah binti maimun di gersik..dewi sriwiwit di Jogja dan masih banyak lainya..yang kesemuanya itu hanya peran dari tugas yang mahaesa…dalam tertentu aku juga bertemu dengan para jamah al aluliyah sejagat pada tiap tahun setelah musim haji untuk berunding dan bermusyawarah keadaan umat..namun kami menyadari tugas peran masing-masing dari kami….sahabatku hanya mendengarkan pitutur sang betari tanpa ada pertanyaan…kemudian sahabatku kembali kealam sadar manusi…Suhannallah…

  59. intinya bukalah hati kita untuk menerima kebenaran, jgn menutupi diri dari kebenaran karena merasa diri sudah benar. luruskanlah niat dari awal, serahkan semoga Allah membimbing kita ke jalan yg benar. benar tidak? hehehe

  60. Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” (Yohanes 14:6 )

    • Ada apa dengan Yesus? Siapa didalamnya Yesus? Kalau d dalam tubuh Yesus tinggal di dalam tubuhku, mau kamu meyakiniku?
      Lihatlah disetiap relung tubuhmu sendiri, sama juga Dia tinggal dalam dirimu…

  61. Ketika orang dunia masih sibuk mencari-cari jalan yang lurus, Allah telah menunjukkan jalan itu, yaitu Isa AlMasih (Yesus Kristus)

    • Ada apa dengan Yesus? Siapa didalamnya Yesus? Kalau d dalam tubuh Yesus tinggal di dalam tubuhku, mau kamu meyakiniku?
      Lihatlah disetiap relung tubuhmu sendiri, sama juga Dia tinggal dalam dirimu…

  62. Indah tanahku Indonesia bermandikan sinar surya
    Betapa agung karya TUHAN, kuasaMu mengagumkan
    Terpujilah TUHAN ALLAH, Engkau mengangkat bangsaku sebagai rakyatMu
    Agar tanahku yang indah maju terus atas dasar Pancasila (Madah Bakti 496)

  63. salam
    sejstera
    dalam kaluhuran
    oh jumawa

  64. gali aja al qur an br tahu siapa yg benar…..nabi khidir gurunya para nabi itu jelas salah bgt….ea mmg nabi alloh musa berguru pd nabi khidir tp kalau rasulullah itu lgsg dpt wahyu dr alloh lewat malaikat jibril….

  65. maaf kalau nulis sejaerah yg otentik sesuai dengan kejadian (tahun) dan rujukannya jelas. hanya orang yang bernasab jelas yang bisa menulis atau menyampaikan sejarah dengan jelas. anda mendapatkan kisah ini dari keraton mana?…………

  66. jangan terbuai cerita jaman keemasan dan kesaktian raja raja jaman dahulu karena itu hanya sebuah mimpi yang dihembuskan pihak asing supaya kita belajar klenik dan ilmu ilmu yang tidak ada manfaatnya di dunia nyata,tujuan mereka cuma satu menjajah pikiran bangsa kita agar senantiasa percaya dengan tahayul,dengan begitu semakin orang percaya tahayul dan klenik akan semakin mantap pihak asing dalam menjajah bangsa kita baik secara materi dan mental. kenapa karena orang semakin percaya dengan pikiran tahayul dan klenik mudah sekali tertipu dan semakin jauh dari rasional
    ,mari jadikan bangsa kita lebih pintar dengan ilmu logika dan sebagainya agar kekayaan alam kita tidak dirampok oleh bangsa lain,

  67. Aku bukan suku jawa, tapi aku suka membaca sejarah kerajaan2 jawa terutama jaman kerajaan hindu buddha, dan aku mendapatkan banyak pelajaran atau hikmah dari cerita tsb, terutama tentang kebudayaan dan tradisi jawa yang begitu luhur, penuh dengan tata krama, sopan santun, beretika dan beradab. sungguh suatu peradaban dan budaya yang begitu bagus untuk di lestarikan dan di praktekan untuk kehidupn sehari-hari.

    Namun sayang, semenjak runtuhnya kerajaan majapahit di karenakan DURHAKA nya seorang anak kepada ayahnya yang menjadi raja dengan merebut tahta ayahnya, karena mendapat hasutan-hasutan yang katanya dari orang beragama, mau tidak mau, mungkin ini merupakan sebuah “kutukan” karena sesungguhnya apa yang di lakukan anak raja tsb bukanlah merupakan budaya atau tradisi luhur yang telah di ajarkan oleh leluhur orang jawa sebelumnya dan itu juga benar-benar melanggar moral, etika, adab dan hati nurani di tinjau dari budaya / tradisi dan agama apapun.

    Buat apa seseorang beragama apapun nama agamanya, jikalau sebagai seorang anak melawan / menentang dan memberontak dan merampas tahta orang tuanya ?
    Buat apa seorang anak mendapat seluruh kekayaan dunia, kalau dia melawan / menentang dan memberontak dan merampas tahta dari orang tuanya?
    Ironisnya, apa yang di lakukan oleh anaknya tersebut karena di hasut oleh orang-orang yang namanya beragama…sungguh ironis…!!!!!

    Berikut kumpulan falsafah beserta arti penjelasannya yang menjadi pedoman hidup masyarakat Jawa:
    1. Urip Iku Urup (Hidup itu Nyala),
    Hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain disekitar kita, semakin besar manfaat yang bisa kita berikan tentu akan lebih baik, tapi sekecil apapun manfaat yang dapat kita berikan, jangan sampai kita menjadi orang yang meresahkan masyarakat.

    2. Memayu Hayuning Bawana, Ambrasta dur Hangkara
    Maksunya Manusia hidup di dunia harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan; serta memberantas sifat angkara murka, serakah dan tamak).

    3. Sura Dira Jayaningrat, Lebur Dening Pangastuti
    Artinya segala sifat keras hati, picik, angkara murka, hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lembut hati dan sabar.

    4. Ngluruk Tanpa Bala, Menang Tanpa Ngasorake, Sekti Tanpa Aji-Aji, Sugih Tanpa Bandha
    Artinya Berjuang tanpa perlu membawa massa, Menang tanpa merendahkan atau mempermalukan. Berwibawa tanpa mengandalkan kekuasaan, kekuatan, kekayaan atau keturunan, Kaya tanpa didasari kebendaan.

    5. Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan
    Jangan gampang sakit hati manakala musibah menimpa diri; Jangan sedih manakala kehilangan sesuatu.

    6. Aja Gumunan, Aja Getunan, Aja Kagetan, Aja Aleman
    Jangan mudah terheran-heran, Jangan mudah menyesal, Jangan mudah terkejut- kejut, Jangan mudah kolokan atau manja.

    7. Aja Ketungkul Marang Kalungguhan, Kadonyan lan Kemareman
    Janganlah terobsesi atau terkungkung oleh keinginan untuk memperoleh kedudukan, kebendaan dan kepuasan duniawi.

    8. Aja Kuminter Mundak Keblinger, Aja Cidra Mundak Cilaka
    Jangan merasa paling pandai agar tidak salah arah, jangan suka berbuat curang agar tidak celaka.

    9. Aja Milik Barang Kang Melok, Aja Mangro Mundak Kendo.
    Jangan tergiur oleh hal-hal yang tampak mewah, cantik, indah; Jangan berfikir mendua agar tidak kendor niat dan kendor semangat.

    10. Aja Adigang, Adigung, Adiguno
    Maksudnya adalah Jaga kelakuan / tatakrama, jangan sombong dengan kekuatan, kedudukan, ataupun latarbelakangmu.

    11. Alon-alon waton klakon
    Filosofi ini sebenarnya berisikan pesan tentang safety/keselamatan. Padahal kandungan maknanya sangat dalam. Filosofi ini mengisyaratkan tentang kehati-hatian, waspada, istiqomah, keuletan, dan yang jelas tentang safety.

    12. Nerimo ing pandum.
    Makna dari kata tersebut mengandung Arti yang mendalam menunjukan pada sikap Kejujuran, keiklasan, ringan dalam bekerja dan ketidakinginan untuk korupsi.
    Inti filosofi ini adalah Orang harus iklas menerima hasil dari usaha yang sudah dia kerjakan.

    13. Saiki jaman edan yen ora edan ora komanan, sing bejo sing eling lan waspodo.
    Artinya sekarang zaman edan, yang gak enda gak bakal kebagian; Hanya orang yang ingat kepada Allah yang beruntung. disini saja juga tidak cukup dan waspada terhadap duri-duri kehidupan yang setiap saat bisa datang dan menghujam kehidupan, sehingga bisa mengakibatkan musibah yang berkepanjangan.

    14. Mangan ora mangan sing penting ngumpul.
    Artinya Makan tidak makan yang terpenting adalah dapat berkumpul (kebersamaan).
    Filosofi ini adalah sebuah peribahasa. Kalimat peribahasa tidaklah tepat kalau diartikan secara aktual. Filosofi ini sangat penting bagi kehidupan berdemokrasi. Kalau bangsa kita mendasarkan demokrasi dengan falsafah diatas saya yakin negara kita pasti akan aman, tentram dan sejahtera. Istilah “Mangan ora mangan” melambangkan eforia demokrasi, yang mungkin satu pihak mendapatkan sesuatu (kekuasaan) dan yang lain pihak tidak. Yang tidak dapat apa-apa tetap legowo atau menerima dengan lapang dada.

    Dan kata dari “Sing penting ngumpul” melambangkan berpegang teguh pada persatuan, yang artinya bersatu untuk tujuan bersama.

    Filosofi dari kalimat peribahasa “Mangan ora mangan sing penting kumpul” adalah filosofi yang cocok yang bisa mendasari kehidupan demokrasi bangsa Indonesia agar tujuan bangsa ini tercapai.

    15. Wong jowo iki gampang di tekuk – tekuk.
    Filosofi ini juga berupa ungkapan peribahasa yang dalam bahasa Indonesia adalah ‘Orang Jawa itu mudah ditekuk-tekuk’. Ungkapan ini menunjukan fleksibelitas dari orang jawa dalam kehidupan. Kemudahan bergaul dan kemampuan hidup di level manapun baik miskin, kaya, pejabat atau pesuruh sekali pun. Orang yang memegang filosofi ini akan selalu giat bekerja dan selalu ulet dalam meraih cita-citanya.

  68. Terima kasih kang atas penjabaran nys

  69. Jancok.. Tulisanmu gak iso dipaham…

    Cekak rembuge Sabdopalon karo Noyo iku sopo Cok?..

  70. Referesinya sbg dasar penulisan dimuat biar tdk terlihat comot sana comot sini di pas2kan krn masing2 individu yg tertulis ada tuh referensinya jd jelas g spt dongeng malah bikin kabur sejarah

  71. Mas saiful mau nanya…..
    Prabu brawijaya,sama prabu siliwangi pas muksa itu memeluk islam at belum…????p

  72. Assalaamu’alaikum.wr.wb.
    Nepangkeun, sy rasta dr mjalengka.
    Mohon izin ingin mngikuti…
    Sy mohon pencerahan tentang kbenaran istilah tentang PAJAJARAN MANGGUNG lg di negeri ini? Apakah itu benqr akn terjadi?
    Adakah kaitannya dg artikel ini?
    Haturnuhun sebelumnya.

    Wassalam

  73. sampura juragan 🙂 kalau hemat saya kisah uga Ws berbeda esensinya dengan kisah sabda palon+naya genggong dicerita Brawijaya. begitu juga dengan musarar jayabaya dan serat2 turunannya kemudian. demikian pula dengan prediksi spiritual religius Rasulluloh Muhamad Saw. atau juga ramalan Nostradamus. 🙂 semuanya berbicara mengenai satu konteks persoalan jaman, pada jamannya masing2. 🙂 jaman ditafsirkan sesuai keadaan dan kondisi jamannya ,yg dibedakan oleh ‘adat, istiadat atau keyakinan’ yg berkembang ditempat tersebut pada masa itu. 🙂 uga Ws berkisah mengenai awal dan akhir dari hilangnya kedaulatan kerajaan pajajaran . begitu juga kisah Brawijaya bertutur mengenai awal mula sampai kemudian hilangnya kedaulatan majapahit. 🙂 yang menyamakan uga Ws dan kisah sabda palon adalah pesan moral yg mempermasalahkan bagaimana agama yg datang kemudian mengambil alih posisi keyakinan dan agama turun temurun leluhur di tanah sunda/sunda land. :)~ secara spiritual persoalan ‘agama ardi dan agama samawi’ tidak pernah berdiri sebagai saudara kandung. sebab pertanyaan dan pernyataan darimanakah asalnya selalu jadi awal persengketaan.~ 🙂 pesan moral leluhur inilah yang diwariskan sebagai PR bagi anak keturunannya (juga secara universal) ,karena itu sabda palon menjadi simbol gugatan atas cara2 yg dipakai dalam penyebaran agama islam di tanah jawa/ sundaland. sejajar , segaris dengan pituduh prabu Siliwangi kepada rakyatnya -yang diwasiatkan sebagai panggeuing/pangeling urang sunda kiwari nu nyunda dina jiwa’na -untuk mencari , lacak tapak prabu kean santang yg berkecenderungan memilih beragama islam ( hal yg tidak pernah disampaikannya kepada Prabu Siliwangi, ayahandanya -(?)) secara implisit Prabu Siliwangi hendak menyampaikan keluh kesah , kesedihannya sebagai seorang Raja dan Ayahanda yg dipaksa untuk merubah keyakinan/ agama turun-temurun leluhurnya serta dipaksa turun tahta oleh darah dagingnya sendiri . 🙂 nah , bagaimana korelasinya dengan prediksi spiritual religius Rasul Muhhamad ,dll . kita mesti cerita dari sisi perjanjian Tuhan dengan Nabiuloh Ibrahim . ~ “Abraham left everything he owned to Isaac.But while he was still living, he gave gifts to the sons of his wife and sent them away from his son Isaac to the land of the east” (Genesis 25:5-6)~ 🙂 kapan2. Nuhun.

  74. […] Semar Mesem Ampuh Asli Sunda ini dahulu kala diajarkan oleh Bathara Guru Sang Eyang Semar Badranaya Sabdo Palon Noyogenggong kepada Para Raja Penguasa Tanah Jawa termasuk kepada Para Wali Songo Yang Agung Yang […]

  75. Saya, hanya ngasih.. Info. Boleh, anda gk percaya/tidak. Saya, sering ketemu raja brawijaya. Saya, reinkarnasi dari Raden Arya Negoro (pada masa Mataram kuno) . Ini alamat Instagram (bathara.__).sebelumnya saya, tdk pernah belajar kebudayaan Jawa kuno.(diberi kelebihan kelebihan yang tdk dimiliki orang biasa. Pada umumnya.

  76. Bersembunyi di tempat terang .
    ..

  77. Mohon dijelaskan makna Syahadat Sejati ,karena disinilah Rahasia Islam Yang Sejati dan sangat bermanfaat buat semua Umat manusia didunia menuju Insan Kamil.Kalau anda sudah mencetuskan Syahadat sejati harus bisa dong menerangkan dan megajarkan agar bermanfaat buat semua umat didunia ini. Amin 3x

  78. Pembahasannya rinci bagus dan masuk akal.
    Oh iya apa yg terlintas kalau baca ” warugadjati101″ ??

  79. Subhanallah, sungguh bahasa yang menyejukkan para pembaca dan pencari “sejatine pengurip”😊

  80. saya agak bingung, saya pernah mendengar di babad tanah jawa klo sabdo palon=semar pimpinan lelembut di tanah jawa yang kemudian pada masuknya islam sabdo palon di kalahkan oleh syech subakir dari turki, tapi disini diceritakan sabdo palon=semar=nabi khidir, lah yg jadi pertanyaan saya mungkinkah sabdo palon=semar menjadi pimpinan lelembut di tanah jawa yg justru dikalahkan oleh syech subakir untuk menyebarkan isalam di tanah jawa???

  81. Sejarah atau apa namanya ini..yg pasti sangat² amazing, krn dijabarkan secara gamblang, mudah di cerna oleh pikiran, sejarah tingkat tinggi..dan yg paling penting nambah ilmu. Alhamdulillah.

  82. Hidup yg merdeka adalah hidup yg bebas dari
    Penjajahan nabsu .cocok maju terus sedulur

  83. Mas saiful… Bagaimana keberadaan nabi khodir dan nabi ilyas, Karena pernah saya baca beliau ini meminta kpd Alloh supaya bs mendengar surata alfatihah yang akan d berikan kepada nabi akhir zaman yaitu Nabi Muhammad SAW.

  84. Jika tulisan ini diniyatkan untuk mengungkapkan kisah sebenarnya, semoga menjadi amal jariyah.
    Sebagai pembanding, Atlas Wali Songo, karya KH Agus Sunyoto (akademisi Aswaja), menjelaskan bahwa: sabdo palon baru muncul pada naskah “babat Kediri” (naskah sejarah versi Belanda).
    Naskah ini dibuat dengan tujuan mereduksi “mental” masyarakat, terutama para pendukung P. Diponegoro

    Terima kasih

  85. Sebagai pembanding buku “Atlas Wali Songo”, karya KH Agus Sunyoto (akademisi Aswaja)
    Kisah Sabdo Palon baru muncul pada “babat Kediri” . Ini merupakan kisah sejarah versi Belanda. Tujuan dibuat kisah ini diantaranya untuk “mereduksi mental” orang jawa, khususnya pendukung P. Diponegoro.
    Semoga komentar ini bermanfaat

Tinggalkan komentar

Atlantis in the Java Sea

A scientific effort to match Plato’s narrative location for Atlantis

Sembrani

Membahas ISU-ISU Penting bagi Anak Bangsa, Berbagi Ide, dan Saling Cinta

Wirdahanum

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

aawanto

The greatest WordPress.com site in all the land!

Covert Geopolitics

Beyond the Smoke & Mirrors

Catatan Harta Amanah Soekarno

as good as possible for as many as possible

Modesty - Women Terrace

My Mind in Words and Pictures

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.