78 Komentar

PRABU SILIWANGI ADALAH MUSLIM

Prabu Siliwangi adalah Muslim

Betapa beratnya merubah pandangan dan pengetahuan masyarakat yang sudah mendarah daging tentang sesuatu. Demikian kuatnya sehingga hal-hal yang baru akan dianggapnya sebagai sebuah penyimpangan yang mungkin akan menghancurkan kemapanan. Tetapi aku betul-betul  yakin dalam masyarakatku masih banyak orang-orang yang berhati bersih, ihlas mendengarkan dan menyimak dengan cermat sebelum mereka memutuskan sesuatu itu benar, kurang tepat atau malah salah besar. Salah satu soal yang menggodaku sehingga aku rindu untuk segera menyampaikannya adalah ‘sejarah umat Islam di Indonesia’ dan ‘umat Islam dalam sejarah’.

Yang pertama berkaitan dengan realitas dan fakta penulisan sejarah umat Islam yang ada  sekarang, menjadi bahan ajar di sekolah-sekolah dan karenanya pastilah telah lama membentuk pola pikir pada sebagian masyarakat Indonesia. Yang kedua berkaitan dengan fakta yang benar benar faktuil tentang peran umat Islam selama ratusan tahun dalam kehidupan masyarakat yang sebagian besar tidak tercatat dalam buku-buku sejarah, atau sengaja dikaburkan.

Penulisan sejarah memang sarat dengan kepentingan politik. Bagaimana sejarah itu ditulis bisa jadi alat melanggengkan kekuasaan seseorang atau suatu rezim. Contohnya adalah apa yang dilakukan Eugene Dubois. Setelah melakukan penelitian di pulau Jawa, khususnya di  Mojokerto dan Kediri, ia berpendapat bahwa manusia yang pernah hidup di Indonesia adalah  pithecantrophus erectus alias manusia kera yang berdiri tegak. Manusia jenis ini juga ditemukan di wilayah Afrika dan Asia lainnya. Sementara penelitian di Eropa menemukan jenislain, yaitu homo sapiens bascilus atau manusia yang sudah bisa berfikir. Sudah bisa diduga  bagaimana kesimpulannya : manusia eropa atau berkulit putih lebih pintar dan lebih maju dibandingkan orang Asia atau Afrika. Wajar saja kalau orang Eropa menjadi kaum penjajah, dan orang Asia dan Afrika menjadi kaum terjajah. Karena misi utama penjajahan adalah memper-adabkan manusia pribumi. Itulah contoh sikap hipokrit orang Eropa. Mengatasnamakan kajian ilmiah tetapi maksud utamanya adalah membenarkan penjajahan.

Monstesquieu yang terkenal karena teori Trias Politica-nya malah beranggapan bahwa tidak  mungkin Tuhan memberikan ruh kepada orang Negro yang hitam kelam. Dan karena itu musustahil bagi kita untuk bisa berbelaskasihan pada mereka. Mereka hanya cocok menjadi budak budak belian. Rudyar Kipling bahkan menyebut mereka half devil and half child (setengah setan dan setengah kanak-kanak). Jadi penjajahan merupakan tugas orang kulit putih memanusiakan bangsa pribumi. Aduh, kurang ajar betul... Nah, di Indonesia Timur Belanda menemukan etnis kulit hitam yang mirip orang Afrika, mereka menamainya Papua, yang artinya daerah hitam tempat perbudakan. Sayang sekali nama Papua dianggap lebih keren ketimbang nama Irian yang berarti sinar yang menghalau kabut.

Dalam kaitan dengan bagimana umat Islam dalam sejarah, sejak lama penjajah melakukan pendistorsian atas sejarah. Mereka ingin menggambarkan betapa bangsa Indonesia menjadi maju tatkala diperintah raja-raja Hindu dan Budha. Datangnya Islam tidaklah menghapuskan kehinduan mereka. Bahkan dalam kondisi zaman sekarang pun kehinduan itu tetap eksis. Contohnya adalah penulisan sejarah Prabu Siliwangi, raja orang Sunda yang dianggap punya kesaktian luar biasa, dan demi mempertahankan keyakinan hindunya, ia berubah menjadi harimau, sering muncul di hutan larangan yang bernama Hutan Sarongge di gunung Salak, sedangkan keturunannya seperti Suryakancana menguasai gunung Gede, menikahi jin (entah bagaimana wujud manusia ketururunannya yang hasil blasteran manusia dan jin ini), bahkan melalui tapa brata dan ritual-ritual khusus Prabu Siliwangi atau eyang Suryakancana ini bisa diundang datang, mungkin menghadiri resepsi atau syukuran atas maksud-maksud tertentu. Demikian cerita seterusnya berkembang dalam tradisi lisan dan dongeng orang Sunda.

Tahukah anda, dalam buku Ahmad Mansur Suryanegara, Menemukan Sejarah, bersumberkan buku Carita Purwaka Caruban Nagari  yang ditulis Pangeran Arya Cirebon (1720), Prabu Siliwangi (PS) ternyata masuk Islam. Ia menikah dengan seorang wanita bernama Nyai Subang Larang,  seorang santri putri Syekh Hasanudin yang dikenal sebagai Syekh Qura. Nah dari pernikahannya ini lahirlah tiga orang anak : Walang Sungsang (lk), Nyai Rara Santang (pr), dan Raja Sangara (lk). Nyai Rara Santang dinikahi Maulana Sultan Mahmud atau Syarif Abdullahpun, seorang Arab turunan Bani Ismail, kemudian berputera yang diberi nama Syarif Hidayatullah yang kemudian dikenal dengan sebutan Sunan Gunung Jati. Jadi salah seorang wali sanga itu ternyata cucu PS. Dengan demikian tidaklah benar cerita yang menyatakan PS sebagai seorang Hindu, bahkan rela meninggalkan istananya hanya untuk mempertahankan kehinduannya. Cerita ini sesungguhnya berasal dari penjajah Belanda. Bertujuan mengaburkan peran Islam dalam sejarah bangsa Indonesia karena keengganan menerima kenyataan bahwa Islam masuk ke Indonesia dengan cara-cara damai, di antaranya melalui pernikahan campuran, hidup penuh sikap toleran bersama-sama umat Hindu serta berpengaruh besar dalam pembentukan tatanan sosial dan kultural bangsa ini.

Semoga tulisan ini bermanfaat, dan sampai jumpa di tulisan yang lain..
About these ads

78 comments on “PRABU SILIWANGI ADALAH MUSLIM

  1. Perlu diluruskan kurikulum pendidikan sejarah Indonesia

  2. Saya sangat membenarkan sekali artikel ini,,,,,smoga smua org bs tau kebenaran yang sesungguhnya.

  3. beliyau itu muallaf

    • tidak beliayau itu islam asli orang orang ajh yang tidak tau dia islam

    • Ps bukn mualaf, tp semua ajaran nabi dan rasul adlh ajaran islam. qs.45/23. telah di perintahkan kepada kalian tentang dien/agama sebagaimana kami perintahkan kpd Nuh, dan di perintahkan jg kpd mu dan juga kami perintahkan kepda Ibrahim, Musa, Isa. yaitu tegakan kanlah Dien/agama. qs, 22/78. kalian atau mereka semua adlah MUSLIM dr dahulu. muslim berarti orang islam.

  4. masih ragu saya

  5. ga tau mana yang benar bisa membuat orang awam jatuh pada pembohongan
    saya setuju dengan artikel ini karna bisa masuk ilmiyah
    tidak seperti kian santang yang ingin mengislamkan prabu siliwangi sampai siliwangi kabur
    dalam islam kita tidak boleh memaksa walau kepada orang terdekat
    jadi ituh hanya cerita pembohongan yang tidak bisa di terima logika

  6. soal nya sekarang kemana tujuan kita ,bila kita berhadapan para perampok dan pencuri yang mereka memang mengetahuai ,kalau di curinya harta orang lain ,bagaimana kelihatan nya mereka tuan yang empunya asal harta rampokan ini meskipun di dapatinya dengan cara merampok ,sudah tentu di fikirkan nya cara cara yang paling menguntungkan nya,caranya tidak lain dan tidak bukan ,yaitu menghantar pengembara pengembara yang cukup latihan nya dibidang perisikan ,walau dengan cara apa sekali pun mereka mesti mendapat kan apa yang mereka mahu ,adakah bangsa indonesia mempunyai kualiti begini ,untuk menuntut hak nya agar di kembali kan ,yang telah di rampok dan di curi………para perampok ini….

  7. betul sekali masa syeh hasanudin membiarkan muridnya nyai subanglarang menikah dengan PS yang waktu itu dianggap hindu. setuju nih artikel…

  8. Maaf ikut nyambung.PS bukan hindu,tapi beragama Adam (agama Bapak) yang sampai saat ini masih dianut oleh suku baduy dalam.Darimana asal muasalnya agama Adam,berasal dari awal penyebaran keturunan umat nabi Nuh AS yang tersebar di seantero dunia.Karena umat ini termasuk umat yang taat dengan ajaran nabi Nuh yang mengajarkan pengetahuan turun temurun dari nabi Adam AS..Ketika ajaran ISLAM masuk,maka banyak sekali persamaan dengan ajaran sebelumnya (agama Adam).Jadi di tanah Sunda ajaran Islam masuk tanpa melalui peperangan

  9. hanya allah yg tau kebenarannya…. kita manusia hny bisa menduga-duga 7 membaca buku sejarahnya, dari buku sejarah yg 1 ke buku sejarah lainnnya……. yg terpenting, iman-islam kita sampai akhir hayat tetap kokoh & kuat….. sehingga membawa kebahagian dunia & akhirat… amiin.

  10. ITU BENAR…..

  11. setuju benar, memang Islam pada awal aba ke 13 sudah ada akibat serangan mongol dan perang salib di baghdad yang menyerang islam pada masa abassiyah. ekspedisi orang-orang barat yang membenci Islam terus memburu sampai Islam habis dari muka bumi. terutama pada abad ke 13 para keturunan nabi saw mencari tempat untuk mempertahankan diri dari serangan tersebut. yang mana pada zaman itu para keturunan nabi, sahabat dibunuh secara kejam. tidak lain bahwa negara yang timur (nusantara) adalah persingahan mereka yang pada akhirnya islam berkembang dan tumbuhnya kerajaan2 yang bahkan notaben sebenarnya Islam dikaburkan enjadi hindu ataupun budha demi kepentingan tertentu, hal ini menjadi perhatian bagi kita bangsa yg besar dan muslim terbesar bahwa sejarah harus diungkapkan kembali demikian dengan pengkaburan kejadian-kejadian di masa lalu baik itu kerajaan2, Gerakan 30 september dan lain-lain. ini membuktikan bahwa kita membutuhkan ahli-ahli sejarah yg profesional dan jujur dibantu dengan kebijakan pemerintah.Dan ingat bahwa dalam hadits nabi Muhammad akan datang seorang pemimpin yang adil (mahdi) yg disebut ratu adil oleh Indonesia padazaman dahulu yang namanya sama dengan nabi Muhammad saw. dan nama ayahnya pun sama. dia berasal dari bangsa Tamim sebelah timur. Semoga itu Indonesia a….min. dan inilah yang ditakutkan oleh orang-orang barat. dan saya yakin bahwa kerajaan siliwangi, maja pahit (ada dalam bacaan al-qur’an yakni buah maja yg rasanya pahit), galuh, bahkan borubudur adalah Islam hanya saja nama-nama panggilan raja ataupun bahasa yg digunakan adalah bahasa sanskerta pada saat itu dan huruf palawa. karena pada masa dahulu tulisan yg ada hanya itu dan memang tulisan peradaban dahulu huruf palawa. jadi bagi kita bersama-sama mendukung sejarawan untuk berfikir, mencari, ekspedisi mengenai history Indonesia. karena sejarah bisa saja berubah-ubah karena fakta yg sebenarnya belum terungkap.

  12. sepakat..dengan tulisan ini, terlalu banyak distorsi yang terjadi pada sejarah kita, Kasus Prabu Siliwangi itu mirip dengan Prabu Brawijaya 5 yang menikah dengan ibu raden fatah yang jelas-jelas muslimat. Mana mungkin keluarga besar walisongo yang merupakan kerabat dekat ibu raden fatah membiarkan wanita ini menikah dengan orang yang bukan Islam, tidak mungkin bila Brawijaya 5 itu tidak islam bisa menikah dengan muslimah yang taat tanpa sepertujuan walisongo (sunan ampel)…

  13. “Lumayan..tapi perlu didukung bukti2 atau fakta sejarah yg lebih kuat!” Karena ada juga yg berpendapat bahwa untuk menikahi Nyi Subang Larang Prabu Siliwangi memang masuk Islam, tp kemudian setelah itu ia kembali kepada agamanya yaitu Hindu. Satu hal yang harus kita pahami bahwa terlepas dari sejarah ataukah sekedar cerita rekayasa, toh Islam akan tetap menjadi agama yg besar dibumi Nusantara ini. Wallahu a’lam bisshowab.

  14. Assalamualaikum wr wb, Apa yg diceritakan oleh sdr penulis ada benarnya krn Nyai subang larang adalah seorg muslimah dan beliau sangat kuat sekali kekeluargaannya dgn para ulama. Syarat sah pernikahan adalah persamaan keyakinan. Perselisihan antara Prabu Siliwangi dengan anaknya yaitu Prabu Kian Santang pada saat itu adalah bhw sang anak ingin ayahnya (prabu siliwangi) tuk menjalankan syariat sbg seorang muslim sejati yakni melaksanakan shalat 5 waktu, puasa ramadhan, menjauhi sifat syirik krn sang prabu masih percaya dan berdiskusi dengan Para Dewa spt Batara Kuncung putih dsbnya. Sebagai seorang muslim sang prabu siliwangi belum melaksanakan itu semua sehingga kewajiban dan rasa sayang sang anak yaitu prabu kian santang untuk meluruskan kekeliruan dari ayahnya. Karena Sang Prabu lebih menghormati adat istiadat kepercayaan lamanya maka beliau tidak mematuhi anjuran prabu kian santang. Maka dgn cara yg tegas prabu kian santang meminta prabu siliwangi untuk menuruti kemauan prabu kian santang dengan cara adu kesaktian. Sebagai seorang ayah tentu saja hal ini sangat berat dilakukan karena efeknya sangat fatal jika hal tersebut terjadi karena bisa saja akan melukai dan mematikan salah satunya maka dari itu Prabu siliwangi akhirnya mengalah untuk lari menghindari adu kesaktian tersebut dengan para pengikutnya. Demikian pemikiran dari saya buat semua saudaraku, lebih kurangnya saya minta maaf dan mudah mudahan kita semua selalu dalam lindungan dan petunjuk dari Allah SWT. Hampura ka gusti Ratu dan penulis. Terima Kasih. Wassalam.

  15. Mungkin Prabu SIliwangi islam KTP (ISLAM PENGAKUAN ) sebagai syarat untuk menikahi nyai subang larang,namun Prabu Siliwangi masih melaksanakan adat istiadat sunda

    • Mas, Saya muslim loh, dan masih melaksanakan adat istidat sunda. Tidak ada pertentangan antara adat istiadat sunda dan Islam, malah selaras, itulah kenapa Islam sukses di tatar sunda, ya karena keselarasan ini.

  16. kok aneh Hindu dan Islam Syeh siti jenar saja bisa sama.
    Islam itu universal bisa membuat keyakinan lain menjadi benar karena kekomplitannya

  17. tiap orang punya pendapat yang berbeda, itu juga didasarkan oleh suatu alasan yang kuat. untuk lebih pastinya minta petunjuk langsung pada beliau agar dapat kepastian yang real. Itu juga kalo beliau berkenan bertemu dengan anda yang ingin mencoba. Semoga kita semua tertuntun melalui jalan yang sudah kita pilih masing – masing. tanpa saling mengucilkan dan meremehkan agama yang kita yakini. Suksme :)

  18. Betul sekali yg ditulis. Bahwa Sri Baduga Maha Raja Prabu Siliwangi adalah muslim, tidak benar adanya pemaksaan,pengejaran sehingga Prabu Siliwangi lari ke hutan dan jadi harimau karena menolak agama islam. Itu semua memojokkan islam.

  19. setuju, prabu siliwangi muslim. tidak mungkin seorang santri nyi subanglarang mau menikah dengan seorang penganut hindu. sejarah keliatan sesuai pesanan. mari kita menyebut pemerintah kolonial belanda seperti kata prof mansyur surya negara.

  20. BAGAIMANA MUNGKIN, PRABHU SILIWANGI MASUK ISLAM? DIA MEMILIH LEBIH BAIK NGAHIYANG /MUKSA/MOKSHA DARI PADA MASUK ISLAM. KALAU SAJA BUKAN ANAKNYA, PASTI AKAN DIA LAWAN. KELAK KALAU TANAH PARA HYANGAN TELAH MENJADI KERING KERONTANG SEPERTI GURUN PASIR, PENUH DENGAN PERSELISIHAN SEPERTI DI TIMUR TENGAH SEKARANG. SAAT ITULAH KETURUNNYA SADAR BAHWA PARA LELUHURNYA ITU BENAR, HEBAT DAN LUHUR.

    • Iya, saat Parahyangan kering kerontang saat itulah sang pendusta Dajjal turun, dan keturunan anda adalah salah satu pengikut setia sang Dajjal………

  21. kita sering memaksakan pandangan atau persepsi kita pada sesuatu yang sesungguhnya kita tidak tahu. sekedar informasi Hindu telah berkembang pada abad 1 di sunda ketika orang sunda asli Aki Tirem menikahkan putrinya dengan seorang yogi/guru suci pengembara dari India.dan terus berlangsung sampai abad 16 ketik prabhu siliwangi sirna, jadi hampir 1500 tahun! banyak ajaran yg adi luhung yang ditinggalkan seperti tapak kaki raja purnawarman sebagai tata cara pemujaan Tuhan Wisnu. Kaki adalah lambang spiritual yang menyangga seluruh jagat raya (hormat dibawah telapak kaki ibu, daulat kaki paduka, tirta wangsuh pada / pemujaan di Bali). harimau atau singa (sesingaan)adalah wahana / kendaraan Dewi Durga (patut di duga Dewi Durga /candi adalah ajaran yg dianut oleh Prabhu Siliwangi, seperti raja-raja lainnya dahulu). Tuhan dipuja sebagai seorang Dewi/wanita yang penuh welas asih, kasih sayang dan pelindung, tidak seperti Tuhan yg dipuja sebagai laki-laki yang kadang bercirikan penuh nafsu/keinginan dan kekerasan. pemujaan dengan Tuhan dalam wujud dewi/wanita/feminim itulah ajaran Tantra, yang merupakan ajaran mistik para raja jaman dahulu. ajaran Tantra inilah yang pada jaman modern ini dikenal dengan yoga, meditasi, samadhi, dan teknik-teknik mantra serta praktek tradisional dengan menggunakan sesaji. pemujaan Tuhan sebagai penganugerahaan kemakmuran, kesejahteraan, dan kasih sayang pada perayaan kepada Tuhan dengan dengan wujud Dewi Sang Hyang Sri / sarin tahun di beberapa wilayah sunda /para hyangan adalah ajaran Tantra. peninggalan patung Durga dan Siwa, di beberapa tempat dan siwa lingga serta kisah bujangga manik, ajaran amanat galunggung, sang hyang rsi, dll membuktikan / fakta yang tidak bisa dibantah akan ajaran ini. sekedar informasi dan agar kita eling. para yogi orang suci pengembara dari India sejak dahulu (dan sekarang pun banyak para yogi pergi ke barat, dan timur mengajarka yoga dan spiritual seperti svami vivekanda, maha rsi mahesh yogi, rajeskhaan, dsb, dll), datang ke nusantara ini mengajarkan berbagai ilmu dan pengetahuan. arsitektur, pertanian (menanam padi), kesenian, pengobatan, ilmu perbintangan (di bali dikenal sampai sekarang) kepada warga nusantara yang kita masih gunakan sampai kini. (ilmu bertani, pasti bukan dari timur tengah yang gurun). Lihatlah kemegahan candi borobudur, candi prambanan yg dibangun lebih dari 1000 tahun yang lalu, keindahan patung ken dedes (orang sekarang dengan berbagai peralatan masih tidak bisa menyamainya) dimana orang sekarang masih bingung bagaimana cara membangun berbagai candi dan peninggalan yang megah tersebut. kebudayaan yang hebat dan adi luhung inilah bukti kehebatan, keahlian, kedispilinan, ketekunan, kesabaran, dan nilai-nilai luhur yang patut kita teladani, bukan omong-omong saja dan bisanya hanya merusak …

  22. Jia seorang islam lelaki atau perempuan mau nikah ia mesti nikah dgn org islam…jadi kalau lelaki atau perempuan itu suka dgn bkn islam dia tidak boleh kawin kecuali masuk islam sebab itu menjadi syarat …jadi mesti PS beragama islam

  23. Pengetahuan manusia hanya terbatas karena ia dibatasi oleh massa hidupnya,namun tradisi yang turun temurun merupakan peninggalan kebudayaan yang diyakini sebagai kebenaran sejarah, tidak akan bisa lenyap begitu saja walaupun penguasa memanipulasinya, seperti sekarang ini lewat tayangan sinetron di TV, pada akhirnya kebenaran akan muncul sebagai pemenang (satyam eva jayate). Damai semua.

  24. Ini rekayasa,penyebaran tidak melalui kekerasan sekrang saja masih melkukan kekerasan…orang atau kelompok,suku,ras dan agama sekalipun bila melakukan kekrasan akan hancur….ingat sejarah komunis merbut kekuasaan dg kekerasan akhirnya merekapun runtuh dengan sendirinya

    • Gde..koment anda sdh menyimpang dari materi dan bersifat mamancing di air keruh..tp sy mau tanya sama anda, kekerasan yg mana yg anda maksud..?
      Apakah seperti kekerasan/amuk yg meruntuhkan masjid di ayodya..?
      Apakah jg spt kekerasan/penindasan yg dialami umat islam di kashmir..?
      Yg mana yg anda maksud..?
      Krn materi yg dibahas disini adalah tentang keislaman dari Maha Prabu Siliwangi..
      Tolong jelaskan…?

    • Sudah merupakan sunatullah (Hukum Tuhan), Islam akan terus ada dan akan terus bersinar sampai hari kiamat… Karena dien (Agama) Ini adalah agama asli dari Tuhan dan tanpa rekayasa dari manapun, bahkan sudah ada jaminan dari Tuhan bahwa kitabNya (Al Quran) akan terus dijaga orisinalitasnya sampai kiamat……

      Masalah kekerasan itu adalah OKNUM dari penganutnya, bukan dari agamanya itu sendiri. Apakah anda mau menyalahkan agama Hindu, ketika orang Islam di habisi di India yang mayoritasnya beragama Hindu…???

  25. gde ; maksut eluh……

  26. Gue Heran sama perabusiliwangi dia islam app buddha sich???

  27. Saya Muslim, tapi saya tidak setuju dengan artikel ini. Banyak FAKTA sejarah yang tidak valid. PS penganut ajaran jati sunda. Agama leluhur masyarakat sunda. Ketika PS berkuasa, beliau membiarkan agama Hindu, Buddha, Islam berkembang. Namun salah satu anak dari selir yang bernama Nyai Subang Larang (Muslim) pangeran walangsungsang mempunyai keinginan tinggi untuk memperdalam ajaran Islam. Tp Krn walang diharapkan menjadi penerus utama kerajaan Dia harus menganut ajaran jati sunda. Walang lalu meminta ibundanya memberikan saran, lalu ibunda beliau menyarankan agar mencari guru diluar Pakuan padjajaran. Setelah belajar Islam Dan pergi haji bersama adik perempuannya Lara Santang, walangsungsang diperintahkan membuka desa baru didaerah rebon. Dengan Nama desa Pakungwati. Beliau disana mendirikan pesyantrian sekaligus berladang dan berdagang udang rebon tumbuk. Tidak disangka udang rebon tumbuk ini oleh adipati galuh atau disebut rajagaluh sangat “terasih” (menyukai.red). Di tambah air (cai) rebon hasil dr menumbuk udang rebon juga dapat dipakai sebagai bumbu Masak yang dinamakan sekarang petis. Maka walangsungsang oleh rajagaluh diperbolehkan membangun secara resmi desa tersebut. Lalu desa itu menjadi pesat kemajuannya. Dan Oleh para saudagar desa itu lebih dikenal sebagai desa cairebon, karena desanya berbau amis yang disebabkan air rebon hasil pembuatan rebon tumbuk/terasih. Jadi karena cairebon berkembang pesat, maka otomatis perkembangan Islam berkembang pesat juga. Hal ini memberikan rasa khawatir Prabu Siliwangi. Rasa Khawatirnya bukan pada perkembangan islamnya, tetapi lebih kepada pertamyaan siapa penjaga Dan penerus Dari ajaran jati sunda Dan budaya sunda. Selain itu PS slalu menganut prinsip keseimbangan. Perkembangan Islam menjadi keresahan kalangan keraton Dan petinggi agama resmi padjajaran. Kala itu agama resmi padjajaran Ada 3 : agama utama : Jati Sunda, lalu Hindu Dan Budha. PS sangat tidak nyaman dengan kondisi ini. Apalagi Dia berpikir bahwa apa yang dijabarkan dalam Islam sama dengan ajaran jati sunda. Setelah melalui serangkain diskusi dengan walangsungsang (tidak mengadu kesaktian secara fisik), PS singkatnya memilih mengalah. Karena dia mengetahui Dan berhitung secara politis padjajaran sebagai lembaga kerajaan wajib mempertahankan kedaulatannya. Itu artinya ia harus memerangi anaknya. Lalu PS dengan prinsip menjadi keseimbangan, memilih meraga sukma. Jiwanya lebur kedalam roh semesta. Untuk lengkapnya silahkan akses ini : http://su.wikipedia.org/wiki/Obrolan:Prabu_Siliwangi Dan http://memantau.blogspot.com/2012/07/asal-usul-terasi.html?m=1

  28. Semua agama yg diturunkan kepada para Nabi / Rasul itu adalah Islam dalam arti penyerahan diri secara total kepada Tuhan, hanya meminta dan memohon kepada Allah SWT dan meyakini keesaan Tuhan / monotheis mutlak. Dan yg penting untuk dipahami tiap-tiap agama ada masa berlakunya. Kalaulah di jaman dahulu kala sebelum ada agama Hindu / Budha di tanah Jawa ada agama Sunda Wiwitan, maka itu mungkin-mungkin saja. Jumlah para Nabi ada sekitarb124 ribu orang da Rasul ada 312 orang. Kalau tiap Rasul membawa satu agama tentu ada sekitar 312 agama yg mestinya bisa kita kenali di bumi ini. Tetapi karena tiap agama ada masa berlakunya, maka ketika ajaran agama tsb telah disimpangkan oleh setan, maka datanglah agama baru yg meluruskannya lagi. Inti daripada ajaran-ajaran agama tsb sebenarnya sama, hanya syariatnya yg berbeda dan ini sesuai dengan kondisi pada jamannya. Jadi biarlah agama Sunda Wiwitan itu menjadi kebesaran masa lalu, yg penting saat ini adalah menerapkan agama yg hak / sah berlaku saat ini secara kafah yaitu agama Islam. Cuaca telah memburuk di tanah Jawa, pertanda azab Allah SWT yg dahsyat karena tidak menjalankan agama yg hak / sah berlaku saat ini secara kafah yaitu Islam akan segera tiba.

  29. pada dasarnya keyakinan/agama yang dibawa para nabi hanya satu yaitu agama tauhid.dari mulai adam as sampai muhammad saw hanya satu tidak ada yg lain…yaitu tauhid……

  30. yah saya setuju, prabu siliwangi menikahi anak syekh qhuro dengan mas kawin tasbih berukir bintang. jelas prabu siliwangi teh aasup islam (sumber dua dunia , misteri 7 sumur cibulan)

  31. ya saya yakin klo ps itu mualaf dan menjadi muslim……

  32. Kejadian sekitar abad 15 jadi beragam cerita dan pendapat banyak roang, tp baguslah bagi yg mau tahu yg sebenarnya. Jangan pro karena suka dan kontra karena benci. Menurut pendapata saya yang ingin tahu PS beragama yg mana harus ngobrol dg PS itu sendiri, bisa memakai mediator bagi yg mata hatinya belum terbuka, seperti saya melalui mediator, telah beberapa kali ngobrol dg PS. Sampai ditulisnya comment ini beliau belum meninggal. Menurut pandangan banyak orang jadi Lion, bersedih hatinya dianggap binatang setelah mengHyang. Sesungguhnya beliau masih Manusia, bukan karuhun tapi Sang Rumuhun (karena belum meninggal). Agama beliau yaitu Jati Sunda dari Nabi Adam (maaf saya ga paham agama ini). Beliau slalu mohon petunjuknya kepada Yang Agung yang ternyata adalah Rasul Alam yg mana tidak mengajarkan agama Islam (hanya keseimbangan alam) Agama Islam itu sendiri belum lama tersebar di tatar Pasundan ini dan yang menyampaikan agama Allaoh adalah Rosululloh. Setelah mengHyang sekian lama beliau PS merasa banyak dosa karena slama ini bajunya hanya warna Merah, Hitam dan Kuning tidak ada yang Putihnya, sampai2 disebut Maung. Ratusan tahun tidak ada yg tahu tidak ada yg mengerti Bahwa beliau itu ingin disebut Manusia. Rasul Alam hanya memberi petunjuk “bertanyalah kepada manusia untuk bertobat”, kehendak yg Maha Pengasih lg Maha Penyayang bisa ngobrol dg kami.
    Petunjuk agar tobatnya dapat diterima Alloh SWT, beliau PS harus Islam dulu
    kemudian harus bersumpah atas nama Alloh dan Rosululloh.
    Demikian dulu.
    Maaf ceritanya belum tuntas apakah beliau mau bersumpah atas nama Alloh dan Rosululloh atau tidak, karena sy pun belum ngobrol lagi.
    Menurut pembaca apakah Eyang Prabu Siliwangi Islam atau bukan ? silahkan saja berpendapat.

  33. Mohon maaf karena pada comment yg pertama terdapat tulisan yg salah pada salah satu kata yaitu nama yang seharusnya ditulis tidak lebih dari huruf berikut Alloh.

  34. buktikan di akhirat nanti kalau ketemu prabu siliwangi

  35. Waktu akan menjawab untuk membuktikan bahwa beliau PS telah mengucapkan dua kalimah sahadat, dan telah berganti nama, untuk sementara beliau bertapa di sekitar Pamijahan karena disana ada ahli Tasauf, tapakur, tasakur juga tadakur.
    Tidak perlu sampai akhirat untuk mengetahui bahwa PS masih ada dan masuk Islam pada Februari 2013 ini, karena tidak lama lagi bisa besok lusa (suatu hari nanti) ada orang yg bernama Abdul Rohmat Saragana itulah jelmaan beliau, bisa saja tampil merupakan seorang nonoman (Pemuda) atau seorang kiyai. Saya juga penasaran karena belum melihatnya.
    Selamat penasaran, semoga anda termasuk yg beruntung dapat bertemu beliau atau
    paling tidak mendengar ada nama tokoh diatas yaitu ARS.

  36. Sok tahu kamu itu, tahu apa km tetang padjajaran.. Prabu siliwangi itu mempunyai tiga istri, istri keduanya bernama nyai subang larang.. Prabu siliwangi seorang yg bijak, beliau membebaskan nyi subang larang dan 3 anaknya untuk memeluk agama islam. Tdk ada paksaan untuk memeluk agama sunda wiwitan.

    Beliau adalah seorang raja yang wibawa dan harkatnya sebagai seorang raja itu tinggi spt kakeknya prabu wangi.
    Namun syg beliau blm mau memeluk islam,, lalu bliau meengalah menghilangkan dan meninggalkan padjajaran karna untuk apa ribut dengan anak2 dan cucunya sendiri.
    Kl tidak tahu dgn sejarah padjajaran, tidak usah menulis sesuatu yg melenceng.. Maaf sya juga muslim, tp sya tidak mengiyakan sejarah yg hanya berdasarkan pemikiran anda sendiri..
    Dan satu hal lagi dari mana kamu bisa menyimpulkan pangeran surya kencana itu menikasi jin ? Dasar goblog !!!!

    Kl km memang seorang muslim, harusnya km tidak mempercayai teori orang barat mengenai manusia homo sapiens. Kan sudah jelah nenek moyang kita itu nabi adam dan siti hawa, kenapa km mempercayai teori yg belum terbukti dan salah .. Titik akhir dan awal keaneka ragaman manusia itu ad di zamannya nabi nuh.. Ketika kaum yg patuh mengikuti nabi nuh dan selamat dari Azab Allah swt, mereka keluar dgn berpasang2an dan dgn rupa rang yg berbeda beda .. Asia, eropa dan afrika.. Lalu meereka itu disuruh nabinuh untuk menempati suatu daerah dan jadilah keaneka ragaman spt sekarang ini..
    Saran saya, kl menulis sesutu itu lbh baik di pikir dulu.

  37. saya ngk sependapaat kalau ps.itu asal nya dari islam.karna dia menikahi seseorang dia masuk islam.bukan asalnya dari turunan islam boooos.

  38. terkecali dia anak dari kyai.nah baru percaya saya.jelas.2.dia duluan se belum ada nya islam.kok di bilang asal nya dari islam ngk bener berita nya.ini booos.

  39. kalau anak cucu nya ps nah baru bisa di bilang asal usul nya atau sumber nya islam boooos.salam kenal aja saya cuma menyimak dari kata.2.km bos.

  40. manusia itu ada 3 hal yg di bilang dia sempurna.yg.ke.1.hati.yg.ke.2.mulut.yg ke.3.otak.3 hal ini bisa di jalan dengan sama maka saya sebut orang ini tuhan atau sempurnah dalam menjalan kan hidup nya. perumpamaan nya hati.menuju.surga mulut menuju surga otak pun menuju surga,bisa ngk menjalan kan nya saya jajal ini sama kyai pun bisa apa ngk.ustad pun.dan siapa pun yg bisa dia sempurna

  41. untuk apa ribut-ribut,,tu di mnctv udah mulai di putar film serial kian santang,,,disitu jelaskan

  42. @Sultan. Ditv mah banyak tambahannya. makanya saya masuk ke situs ini untuk tahu lebih detail lagi perkembangan pajajaran, keturunannya dan penyebaran agam islam di tanah sunda.

  43. katanya ente islamis..ternyata beri berita pepesan kosong..blog background nya sja gak islamis..dasar provokator cemen hanya memunculkan ide cerita yang punya dasar historis dari karangan anda sendiri…hormatilah fakta budaya ditanah pasundan. anda terlalu menonjolkan superior agama tertentu tanpa melihat sejarah budaya Pajajaran masa lalu yang sebenar-benarnya…think effect before act..klo anda orang Sunda, anda sungguh memalukan..semoga bukan…

    • Keislaman yang lebih dalam akan memasuki dimensi esoteris (nilai-nilai intelektual spiritual hakiki sebagai penyempurna dari dimensi eksoteri sebelumnya: syari’ah-tarikat dan marifat), maka dari sudut pandang seorang sufi arifin (urofaa), candi borobudur menyimpan makna simbolisme dan ajaran monotheistik (Tauhidi). Wallahu “alam bi Shawab.

  44. Cerita “PS adalah Muslim” di atas bukan sekedar berceritera tapi mungkin penulis sudah mengumpulan bahan cerita2 dari berbagai sumber dan juga sudah meluagnkan waktu dan mengeluarkan dana serta bekal pendidikan yg menunjang.
    Mari…menghormati pendapat orang lain yg tidak sekedar omong kosong walaupun
    ada pendapat yang lainnya yg sepertinya bisa dipercaya.
    Tapi…percaya atau tidak percaya terserah sajalah.

  45. kl menurut saya..prabu siliwangi masuk islamnya saat melamar nyi subang larang…krn nyai minta mas kawin lintang 99..yaitu tasbih..makanya ps trs masuk islam,kl tdk islam mn di perbolehkan oleh syeh hasanudin

  46. kalo dia bener muslim gak mungkin dia masih jadi raja jin sampai sekarang di badui sana

  47. Hebat, dan salam hormat untuk para peneliti sejarah yang betul2 murni hatinya. Ternyata masih banyak orang yang menolak kebenaran hanya karena hawa nafsunya condong kepada berhalaisme. Agama dihiasi dg kesaktian2, ato kekuatan besar yang dholim. Agama dibuat mudah sehingga moral umat menjadi arbiter yaitu serba membolehkan hukum/ politik kotor/ ajaran jahat atas nama menjunjung agama/ budaya setan dll. Budaya setan seperti kegiatan ” cium massal” di pulau kita tercinta. Pakaian telanjang menjadi mode. Semakin telanjang semakin modern. Kalo yang telanjang remaja memang indah. Tapi kalo yang telanjang nenek2, kan menakutkan kaya mak lampir. Jadi meskipun modern tetapi kalo utk nenek dan kakek gak cocok. Berarti ini budaya yg tdk universal, tapi budaya berat sebelah.

  48. Sing kuring Prabu Siliwangi anu ngayakinkeun kasadaya jamaah Tina kaayaan singkuring anu isnyaAllah ngabantos Tina perkawis ngajuangkeun agama Islam Nganggo metode/cara ritual anu kusingkuring ditempatkeun Kana hate aranjeun sadayana ditalikeun, dikaitken Dipagehkeun kana ruh-ruh anjenna elmu-elmu marifat Kanggo aya kateguhan tina kayakinan ka Gusti Allah Tina ngajuangkeun agama Islam Hayu urang diajar kayakinan sareng singkuring kusabab Lamun urang teu yakin urang sadaya bisa musrik Sakitu anu kusingkuring tiasa dibuktoskeun tina cariosanana Cariosanna nyuhunkeun di hapunten tina ucapan serat ieu upami aya kalepatan Kaula Prabu Siliwangi Pangeran Pamanah Rasa.

    IDENTITAS BENDA
    TULISAN KUNO PAJAJARAN DIKULIT “PRABU SILIWANGI MUSLIM”
    No Register : 01/V-F/MUSIS/011

    Pengelola : Museum Sejarah Islam Sunda Prabu Siliwangi
    SK Ijin Museum (MUSIS) Prabu Siliwangi : No. 556/24/Disporabudpar/2011
    Nama Benda : Tulisan Pajajaran di Kulit
    Bahan : Kulit
    Jenis Huruf : Huruf Kuno Jaman Pajajaran
    Bahasa : Bahasa Kuno Jaman Pajajaran
    Pemilik : RA.Muhammad Fajar Laksana
    Perolehan : Warisan Keluarga/dari Majalengka
    Penterjemah Tulisan dan Bahasa : RA. Muhammad Fajar Laksana

  49. gambar kulitnya ada di file saya….

  50. Saran ane wahai orang2 yg punya sumber sejarah yg bener katakanlah yg bener itu bener yg nggak bener itu salah, klo kebalikannya nanti generasi qte jadi nggak bener…..dosa tuh, menipulasi sejarah…………

  51. Sejarah itu mistery, tidak dapat diketahui kebenaranya kecuali oleh para pelaku sejarah. sejarah bgaikan kenangan-kenangan usang berabad-abad bersembunyi diantara gulita malam dan kabut tebal.

    kita tidak dapat menyalahkan para sejarawan atau para penulis-penulis sejarah, dan tidak dapat kita simpulkan kebenarnannya.
    kecuali kitab suci alquran

  52. menurut.q.ps itu islam..

    soal xa kian santang menjadi tokoh islam klw
    Ayah ps bukan islam bagaimana mungkin….
    Buah jatuh tidak jauh dari pohon nya ia gk

  53. Alhamdulillah,EYANG PRABU memang Muslim.

  54. Siliwangi tidak pernah menjadi Islam. . . .itu cuma HOAX, yang dibuat oleh para penyebar agama Islam untuk keperluan penyebaran agama Islam.
    Di jaman sekarangpun orang Islam tertentu masih rajim membuat Hoax, misal : Paus Benedictus masuk Islam, Neil Armstrong masuk Islam, Meteor yang jatuh di Cirebon tertuliskan Allah, Pendeta yang membakar AlQuran mati terbakar, dsb nya.
    Semua itu cuma hoax . . . cerita palsu.

    1. Penganut Islam di Jawa abad 13 s/d abad 19 tidak menjalankan Islam seperti yang dilakukan muslim saat ini. Mereka sinkretis, bahkan Sunan Kalijaga sendiri pun penganut sinkretis. Jangan harap ki Gendeng Tapa memaksa Siliwangi masuk Islam. Bahwa raja seperti Siliwangi mau menikahi Subang Larang saja sudah berkah maha tinggi buat keluarganya.
    2. Pesantren sebelum abad 20 lebih merupakan perkumpulan pelajaran ilmu gaib, klenik, dengan bungkus agama Islam. Silahkan baca buku Kiai Sadrach.
    3. Berdasarkan cerita orang tua kami, sampai tahun 1960-an masih banyak muslim di pulau Jawa yang makan daging babi hutan dan makan dadih (darah ayam yang diolah seperti tahu).
    4. Sampai tahun 1960-an sangat banyak muslim yang menikah dengan non-muslim tanpa mengharuskan pasangannya masuk Islam.
    5. Sampai tahun 1960-an tidak sedikit muslim yang tidak bersunat, karena menganggap sunat itu hanya budaya.

    Jadi jangan melihat muslim abad 13 atau 14 menggunakan kacamata muslim abad 21 seperti sekarang. Keliru besar.

  55. Syukron sangat bermanfaat

  56. ARTIKELNYA TERLALU SUBJEKTIF,,
    DAN KARANGAN SENDIRI,, NALAR-NALARAN SAJA.,
    HANYA KARENA ANAK2 PRABU SILIWANGI ISLAM DAN MENIKAH DENGAN ORANG ISLAM,,, BUKAN BERARTI BISA DENGAN LELUASA MENYATAKAN SANG PRABU ITU MUSLIM,,

  57. YANG KOMENTAR KALO PS ITU BUKAN MUSLIM SESUNGGUHNYA MEREKA BUKAN ORANG SUNDA DAN KEBANYAKAN NON MUSLIM, HANYA INGIN BIKIN KISRUH SAJA, GOBLOKNYA YG ISLAM SENDIRI MALAH RAGU2 TERPENGARUH PROPAGANDA ANIING2 KAFIR, ATAS NAMA JAYABAYA SAYA BERSAKSI BAHWA PAMANAH RASA SUDAH MENJADI MUSLIM SAAT AKAN MENIKAH DENGAN PUTRI SYEKH QURO, TERTULIS DI PRASASTI2 PENINGGALAN PADJADJARAN YANG KINI ADA DI MUSEUM SEJARAH ISLAM SUNDA, DATANG DAN SURVEY LANGSUNG MAKANYA KE MUSEUM JANGAN CUMA SEBATAS DI BLOG YANG BIKIN JADI GOBLOG SEPERTI YANG MEMAKAI NAMA MARTINA LEGAWA YANG DARI KOMENTARNYA SAJA SUDAH KELIATAN MEMBENCI ISLAM SEPERTI PARA MISIONARIS IBLIS YANG TIDAK BERAGAMA DAN COBA MENYIMPANGKAN SEJARAH SEBENARNYA

  58. saya pernah di rasuki makhluk halus yaitu harimau dan keluar setelah 9 tahun lamanya tapi aku yakin bahwa itu prabu siliwangi dan aku di beri hadiah berupa batu

  59. mantep rameee……….Prabu Siliwangi itu legendaris no.1 di indonnesia….namanya harum kemana_mana,,,

  60. jgnlh kalian memperebutkan PS beragama apa. tp contohlah ajaran budi & ahlak serta kepemimpinan nya.
    biarlah sang PS mjd rahasia & rencana dr TUHAN.
    islam,hindu,budha,nasrani,dll adalah satu tjuan bersrhdiri kpd tuhan,
    setiap ajaran yg berasal dr Tuhan, tdk akn menyakiti & merugikan satu samalain,
    rahasia & rencana TUHAN mnciptakan perbedaan kykinn, agr kalian bs memilih yg baik di antara yg baik. agama kalian tdk mnjamin kalian msk surga, tp ahlak,budi pekerti,amal ibadah yg baik yg bs menolong kalian.

  61. Emang sejarah indonesia baik tntang kerajaan jg yg lainya hrus kita cari info yg akuratny melalui ahli2 sjarah.tp,klu tiap k0mentar dr sjarawan beda2,tingGAL kita sikapi az dgn bijak,tanpa hrus ada perSELISIHAN antara kpercyaan msing2.
    Saya,se0rang Muslim,,,hnya bs Mengatakan tntang samua itU WA ALLAHU A’LAM BISH0AB(hanya ALLAH lah TUHAN smesta ini yg tau dgn SBNARNYA).
    Ingat,buat smuanya.Kita smua sbg MANUSIA TntU nya TDK akan lepas dr yg namanya SALAH dan LUPA.jd,wajar VERSI PS berbeda2.
    Jd,hnya ALLAH lah,DIA MAHA tau dr SEGALA SESUATU yg tdk Kita smua KETAHUI.
    Slamat,kan AZA Diri X an smuanya KHUSUS utk MUSLIM,AQIdah X an,utk Berpegang teguhlah pda AGAMA ALLAH yaitU ISLAM.kmbalikan smuanya NYA,jg kpd QUR’AN dan HADIST.ingat,SMUAnya sudah jelas dlm AL’quran,bhw ISLAM akan d G0NCANG dgn CARA APAPUN.jd,sbr lah SMUA SAudara qu seAGAMA dan SE IMAN kita KEMBALI sgla urusan kpd NYA.
    Dan,tnang sja,QURAN jg menerangkan,AKAN ADA PNEGAK yg ADIL Nanti JG Akan ada yg trun SE0RANG PEMIMPIN YG ADIL dan MENEGAKAN KEADilan d muka bumi ini.Jk,ISLAM sdh HANCUR.bila sudah saat Nanti Jg AKAN jelas yg SESUNGGUH nya,jg SEGALA sesuatu yg BENAR,akan Bukti NANTI!!!

  62. Banyak versi yang beredar di masyarakat mengenai PS. menurut pendapat sy pribadi, PS masuk islam ketika menikahi Nyai Subang Larang, namun kemudian ia kembali lagi ke keyakinan lamanya karna pengaruh lingkungan istana.
    Cerita yang memperkuat PS kembali ke ajaran lamanya, diantaranya :
    1. Raden Walangsungsang lebih memilih meninggalkan istana, demi belajar tentang Islam. Padahal ketika itu ia sebagai putra mahkota dan PS menawarkan mengangkatnya sebagai raja asal putranya itu membatalkan keinginanannya belajar islam dan mengikuti keyakinan seperti yang dianut PS dan pembesar padjajaran lainnya.
    2. Ketika pertemuan antara Raden walangsungsang dan Nabiyullah Khidir As di dalam samudra, Nabi Khidir berkata “jadi engkau anaknya orang murtad itu (PS)”
    3. Setelah lama tidak bertemu anak cucunya (Raden Walangsungsang dan Nyimas Rarasantang), PS mendengar mereka beserta keturunan menjadi orang besar, PS rindu ingin bertemu dengan anak cucunya. namun niat itu dihalangi orang2 istana karna orang2 istana tahu niat anak cucunya itu ingin mengajak PS memeluk Islam kembali. karena tekanan politik istana waktu itu, akhirnya terjadilah peperangan. Dalam perang tsb PS kalah, ia memilih moksa, sebagian yang lain pergi ke baduy.

    wa allahua’lam bishoab…

  63. Pajajaran itu dongeng apa fakta?…

    Bukti yg simpang siur dari moksa, maung, batu tulis, agamanya siliwangi, dll…. Faktanya tidak ada bekas/peninggalan bangunan kerajaan.
    Wali 9 dan Majapahit, di abad yg sama (1400-1500), keduanya tidak ada sejarah yg berhubungan dgn pajajaran, yg ada hanya perkiraan belaka.

    Sampai akhirnya kami menemukan artikel di link ini:
    PAJAJARAN DAN PRABU SILIWANGI TAK ADA

    http://www.ahmadheryawan.com/lintas-jabar/lintas-jawa-barat/16-budaya-pariwisata/652-pajajaran-dan-prabu-siliwangi-tak-ada

  64. Tapi anda baru saja mempercayai agama yang dibawa bangsa cina
    Walisongo ini didirikan oleh Sunan Ampel pada th 1474 yg terdiri dari 9 wali yaitu:
    Sunan Ampel alias Bong Swie Ho
    Sunan Drajat alias Bong Tak Keng
    Sunan Bonang alias Bong Tak Ang
    Sunan Kalijaga alias Gan Si Cang
    Sunan Gunung Jati alias Du Anbo – Toh A Bo
    Sunan Kudus alias Zha Dexu – Ja Tik Su
    Sunan Giri adalah cucunya Bong Swie Ho
    Sunan Muria Maulana Malik Ibrahim alias Chen Yinghua/Tan Eng Hoat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Towards Emancipation

Freedom, ...our responsiblity.

Catatan Safari ANS

Terlambat Satu Detik Kerugian Satu Milyar

Women Terrace

to say something that i never talk before

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.970 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: