Tinggalkan komentar

Popol Vuh

POPOL VUH

by Habib Hussein

Mitos-mitos tertulis suku Maya paling tua berasal dari abad ke-16 yang ditemukan dalam dokumen-dokumen sejarah dari Dataran Tinggi Guatemala.Image result for Popol Vuh

Dokumen paling penting adalah Popol Vuh yang memuat kisah penciptaan Quichean serta beberapa kisah petualangan dari pahlawan kembar, Hunahpu dan Xbalanque.

Popol Vuh adalah naratif mitos-sejarah yang berasal dari kerajaan K’iche’ di dataran tinggi Guatemala barat. “Popol Vuh” berarti “Buku Komunitas”, “Buku Dewan”, atau secara harfiah “Buku Rakyat”.

Popol Vuh merupakan teks yang penting karena “Tidak” banyak naratif Maya dari periode klasik yang menjelaskan mitologi Mesoamerika.

Dalam narasi Maya, sebab mulanya fenomena alam dan budaya diterangkan dengan tegas, sebagai tujuan moral dalam memaknai ikatan ritual (dan spiritual)  antara umat manusia dan lingkungannya.

Dengan cara demikian, seseorang dapat memahami asal mula benda-benda langit seperti Matahari, Bulan, Venus, Pleiades, Bima Sakti, lanskap gunung, awan, hujan, guntur dan kilat, hewan liar maupun jinak, penyakit dan tanaman obat,alat-alat pertanian.

Perhatikan kemiripan dengan beberapa budaya asli Nusantara :

Menurut budaya Kalimantan, alam semesta merupakan perwujudan “Dwitunggal Semesta” yaitu alam atas yang dikuasai oleh Mahatala atau Pohotara, yang disimbolkan burung Enggang gading

Sedangkan alam bawah dikuasai oleh Jata atau Juata yang disimbolkan sebagai Naga.

Alam atas bersifat panas (maskulin) sedangkan alam bawah bersifat dingin (feminim). Manusia hidup di antara keduanya.

Dalam budaya Banjar, Kalimantan, alam bawah merupakan milik Puteri Junjung Buih sedangkan alam atas milik Pangeran Suryanata, pasangan suami isteri yang mendirikan dinasti kerajaan Banjar.

Dalam keyakinan penganut Tolotang, Sulawesi, ajaran Dewata SeuwaE (Tuhan Yang Maha Esa) itu diturunkan sebagai Wahyu pada La Panaungi.

DewataE membawa La Panaungi ke tanah tujuh lapis, dan ke langit tujuh lapis untuk menyaksikan kekuasaan DewataE pada dua tempat, yakni Lipu Bonga, yang merupakan tempat bagi orang-orang yang mengikuti perintah DewataE.

Pengetahuan tentang Langit serta lapisan nya bukti bahwa ajaran terdahulu Nusantara telah sangat maju, telah mampu mengetahui jagat raya antariksa galaksi serta isi nya, juga pengetahuan tentang planet.

Budaya Mayan dan Nusantara mempunyai kesamaan, ini membuktikan pada masa dahulu dalam satu imperium yang sama

Di antaranya terekam kuat pada budaya Maya,Aztec Mexico.

Stephan J. dan Richard T.

Kata-kata Piragua, Pira dan Pila untuk kano sangat mirip dengan penyebutan untuk alat transportasi masyarakat di Pulau Asia Tenggara dan kata Oseanik Perahu (j Prahu, Prau, Proa).

Seperti yang ketahui umum saat ini; penelitian DNA yang ter baru menemukan DNA penduduk asli Amerika Selatan disimpulkan berasal dari kepulauan Indonesia (Nusantara). Masyarakat Oseanik di beberapa / suku di kepulauan asia tenggara dimungkinkan adalah sumbernya.

Mungkin “Perahu” terkait asal kata langsung Dari “Piragua” kemudian disingkat menjadi ‘Pera’ yang menjadi “Pira” dan ‘Pila’ dalam di alek Mayan. Yang di temukan juga pada kata “Perahu” di kepulauan asia tenggara untuk menyebut alat transportasi laut.

Peradaban awal manusia maju terdahulu sebelum 75.000 SM – 11.600 SM berada dan berpusat di Nusantara Indonesia,menyisakan mega situs yang tersebar di 3/4 muka bumi, Pyramida

Dan pusat kiblat dunia masa itu merekam kemajuan peradabannya pada relief dinding juga kontemplasi spiritualnya yang agung Topo broto di bagian atas nya Candi Borobudur. Situs peninggalan peradaban maju terdahulu Nusantara Indonesia berada di Jogya Magelang bernama Bhawana Sakha Phala, kini orang sebut dengan Borobudur.

….Nusanta “Ra”…

Nusanta”Ra” itu bukan hanya sebuah tempat, tapi sebuah “Bangsa” Kejayaannya bukan hanya “Pernah”, tapi akan “Kembali lagi”.

…”Nusantara Indonesia”…

Di sinilah sumber ajaran yang mewarnai dunia berawal dan berasal,Tidak sebalik nya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atlantis in the Java Sea

A scientific effort to match Plato’s narrative location for Atlantis

Sembrani

Membahas ISU-ISU Penting bagi Anak Bangsa, Berbagi Ide, dan Saling Cinta

Wirdanova

+62811-813-1917

aawanto

The greatest WordPress.com site in all the land!

Covert Geopolitics

Beyond the Smoke & Mirrors

Catatan Harta Amanah Soekarno

as good as possible for as many as possible

Modesty - Women Terrace

My Mind in Words and Pictures

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d blogger menyukai ini: