Tinggalkan komentar

Rujukan Khalifah Bumi seharusnya Legenda Lutung Kasarung

Rujukan Khalifah Bumi seharusnya Legenda Lutung Kasarung

Cara Komunikasi dan Konsep Khilafah atau Pemimpin yang diusung oleh Hijbut Tahrir ini kurang begitu berhasil karena konsepnya belum benar2 merujuk kepada konsep Khilafah dalam Al Quran. Konsep Khilafah dalam Al Quran tertuang dalam Al Baqarah 30, Al Hijr 26, 27, 28, 29, dan Ali Imron 96. Secara intinya adalah bahwa Adam adalah Lumpur Hitam yang diberi PengeTAHUan ditiupkan Ruh Allah/ Ruh Suci/ Nur Illahi sehingga menjadi Khalifah Bumi yang menjadi Wudia Bibbakata Mubarokah Wahudalilalamin, Wadah Atau Bak yang penuh berkah dan menjadi petunjuk alam semesta.

Di sini saja sudah tergambar konsep Adam Si Lumpur Hitam ini, Warna Hitam adalah merupakan Simbol Pelebur, Penyerap, Cahaya panas matahari yg menyengat bisa diserap dengan warna hitam. hitam juga tempat meleburnya aneka warna menjadi satu kembali, Hitam adalah Simbol Pemersatu, Bhinneka Tunggal Ika, Berbeda2 tetapi tetap satu juga, makanya Allah menciptakan Baitullah juga untuk semua, untuk seluruh umat manusia yang mau meningstall Operating System Adam si Lumpur Hitam atau Si Panji Hitam atau si Bendera Hitam yang mampu menjadi pemimpin terutama memimpin diri sendiri agar menjadi manusia yang dapat memberikan keberkahan dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam semesta. Itulah konsep Khalifah sesungguhnya dalam Al Quran perjalanan si Budak Hideung Lutung Kasarung yang setelah berbuat kebaikan kepada manusia lainnya memberi keberkahan maka dari tadinya berparas Lutung/ Monyet kemudian berubah menjadi Ksatria Pangeran Yang Tampan Sang Guruminda yang kemudian menikahi Purba Sari dan menjadi Raja. Barangkali inilah Uga Jatigede ‪#‎KadipatenKapapatenan‬ merupakan Simbol karena Kadipaten mengalir Sungai Cilutung yang karena Panji Hitam / Boeh Larang/ Tajimalela sudah dikibarkan maka Si Lutung Kasarung akan kapapatenan alias hilang rupa dan menjelma menjadi Manusia Yang Meniliki ROH ILLAHI, Roh Adam, Operating System Adam.

Konsep Panji Hitam Sang Pemersatu atau Bahasa Uga Jatigede mah Chi Manuk Marigi Deui, adalah simbol bersatunya elemen bangsa jadi seharusnya Konsep Khalifah itu menjadi Khalifah Bumi yang sifatnya tidak Ekslusif pada satu golongan atau satu agama saja karena Simbol Panji Hitam sebagai pemersatu merupakan Simbol Universal tidak menjadi milik satu agama tertentu. Barangkali karena sesungguhnya semuanya berasal dari Sumber yang sama Tuhan Yang Maha Esa, Bhinneka Tunggal Ika. Sama seperti halnya H2O disebut dalam bahasa Sunda adalah Cai, di Inggris disebut Water dan di Indonesia disebut Air, ironisnya banyak permusuhan terjadi karena Cai tidak mau disebut Water padahal benda yang sama yang secara kimia disebutnya H2O. Kemelekatan pada Istilah kadangkala menjadi Dajal Sang Pengkabur, Mengaburkan Pandangan kita sehingga lupa akan hal pokoknya yaiu H2O = Air = Water = Cai = Tirta hanya beda2 istilah penyebutan saja.

Semoga dengan dibangunnya Bak Jatigede kedepan akan menjadi Bakkah Mubarokah Wahudallilalamin, Tempat atau Wadah atau Wahana atau Bahtera yang penuh berkah dan menjadi petunjuk bagi alam semesta, semuanya disatukan di Chi Manuk, Bak Jatigede Jatidiri, Wawacan Lutung Kasarung, agar kita bisa mentransformasikan diri kita dari sebelumnya Lutung Kasarung/ Monyet yang kesasar menjadi Pangeran Yang Tampan Yang Baik Hati dan Gagah Perkasa Menjadi Juru Selamat Bangsa 🙂.

Eko Budhi Suprasetiawan

[DEEP.PULSE]

Kegagalan Turki dan Mesir dalam HIFDZUN NAFS atau melindungi nyawa manusia, di mana di Mesir ribuan Muslim dari Ikhwanul Muslimin banyak dihukum di pengadilan, dan di Turki juga sebaliknya Ikhwanul Muslimin dalam satu arah untuk menyeret ribuan Muslim dari jaringan Fethulah Gulen ke pengadilan, mendorong saya untuk membuka satu pertanyaan :
Bagaimana jika NU dan Muhammadiyah menjadi suatu MODEL bagi dunia Islam ? Dengan jaringan pendidikan yang sangat tersebar dan banyak di Indonesia, tidak ada satu organisasipun yang setara NU dan Muhammadiyah ini di dunia Islam, tetapi tetap damai, lemah lembut, manusiawi …

Again despite bahwa NU dan Muhammadiyah adalah SOCIAL ENTERPRISE terbesar di dunia saat ini! Dan jelas berusia lebih tua dari Ikhwanul Muslimin maupun kelompok Islam lain termasuk Hizbu Tahrir.

apakah ini Islam yang sebaliknya mendasarkan pada MAQASHID SYARIAH ?

Komentar
UtjokUtjok Riset tentang ormas di Turki dan Indonesia

Gerakan yang gülen, Muhammadiyah Dan Nahdlatul ‘ ulama: Pemikiran Islam progresif, filantropi agama dan masyarakat sipil di Turki dan Indonesia
DOI:10.1080/09596410.2014.916124
Greg Barton
pages 287-301

Abstract

Artikel ini terlihat di tiga gerakan Islam, dua (Nahdlatul ‘ ulama (nu) Dan Muhammadiyah) hampir secara eksklusif berisi di dalam indonesia dan ketiga (gülen gerakan, yang dikenal di antara orang-orang yang terkait dengannya sebagai hizmet atau “layanan”) Konsultasi di Turki tapi sekarang global dalam taraf. Gerakan ini adalah islamically terinspirasi dan umumnya digambarkan sebagai gerakan sosial Islam, tapi banyak aktivitas mereka adalah peduli dengan penyediaan layanan sosial, terutama pendidikan, dan semua tiga menjalankan sistem sekolah yang luas. Itu sering insufficiently dipahami bahwa sekolah ini sistem berkomitmen untuk mengajar kurikulum modern di fashion sekuler. Meskipun gerakan ini sangat peduli dengan perkembangan karakter dan promosi, moralitas dan dapat digambarkan sebagai sosial konservatif, mereka pada dasarnya progresif gerakan sosial, mencari untuk masa depan dengan keyakinan dan plural di masyarakat di sekitar mereka dengan sebuah optimisme bahwa pemahaman mereka Islam dapat berkembang dalam masyarakat modern. The Hizmet dan nu bisa berbagi pendekatan sunni tradisional, kuat jiwa dengan sufi sensibility, padahal muhammadiyah adalah terinspirasi oleh modernisme Islam. The Hizmet, dilihat dari Perspektif Indonesia, menggabungkan organisasi modern kompetensi dari muhammadiyah dan spiritualitas dari nu. Semua tiga gerakan berbagi kesamaan dengan gerakan keagamaan filantropis barat berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi.

http://www.tandfonline.com/…/…/10.1080/09596410.2014.916124…

Cogent OACogent OA publishes a series of digital open access journals across science, social science and the humanities. Each journal is run by an independent editorial board and focuses on constructive peer review, rapid publication, and universal access to research.Find out more.
TANDFONLINE.COM
Utjok

Utjok Buat yang penasaran, ini kajian akademisnya.

Abstract
Ini adalah buku tentang fethullah gülen, sarjana Turki dan pengkhotbah, dan civic gerakan yang dia terinspirasi di Turki dan akhirnya di seluruh dunia. Selama beberapa dekade dari 1960 s, 1970 s dan 1980 s, ia berkhotbah kepada kerumunan besar di masjid dan tempat-tempat umum di seluruh Turki dan menulis ratusan surat kabar kolom, artikel dan buku nilai ide-nya. Secara bertahap, banyak turks dari semua jalan kehidupan menanggapi ide-nya pendidikan, modernisasi, positif hubungan dengan barat dan dialog antar dengan mendirikan Universitas, dormitories preparatory kursus dan sekolah di mana kualitas pendidikan, terutama dalam sains dan teknologi, adalah dengan menopangnya Komitmen untuk cita-cita Islam. Dengan Jatuhnya Uni Soviet, ide dan pelayanan nya proyek menyebar ke mantan Turki-Soviet dan akhirnya kepada negara eropa barat, Amerika Utara, Asia, Afrika, Australia dan negara timur tengah. Hari ini, gülen-terinspirasi gerakan telah lebih dari 1,000 sekolah di 100 negara di 5 benua. Ini adalah gerakan civic berakar dalam islam moderat dan berkomitmen untuk mendidik pemuda, mendorong dan dialog antar international, bahu membahu dalam masyarakat miskin dan berkontribusi untuk perdamaian global. Wawancara berdasarkan data dan kunjungan ke gülen-terinspirasi di Turki dan lembaga di Amerika Serikat, buku ini menjelaskan gerakan dengan penekanan pada struktur dan mekanisme komitmen yang kedua menunjukkan komitmen untuk gerakan serta secara bersamaan membuat komitmen dari gerakan Peserta.

Foto Utjok.
UtjokUtjok jadi The Gülen Movement melalui the Hizmet-nya kalau boleh tarik kesimpulan adalah mix antara NU yg berbasis tradisi spiritual dan MUHAMMADIYAH yg berbasis Modern kompetensi
Dedie KusmayadiDedie Kusmayadi Ih apan tadina oge ti urang saur kang Surya Pringgandani…ngan kapiheulaan didoks ku arab cenah tah, NU aslina ti urang mah…
Widodo AbidardaWidodo Abidarda Tafsir Al-Qur’an, dari sisi metodologinya saja sudah sangat mapan. Tidak bisa mempergunakan kirata bahasa, apalagi dari bahasa Arab ditarik-tarik ke bahasa Sunda seperti Wudia Bibbakata Mubarokah Wahudalilalamin menjadi “Wadah Atau Bak yang penuh berkah dan menjadi petunjuk alam semesta.” Seorang penafsir Al-Qur’an mesti menguasai bahasa Arab dengan kaidah nahwu sharaf yang benar, menguasai ilmu mantik, bade, bayan… Menguasai ilmu asbabun nuzul, mengetahui ayat-ayat muhkamat mutasyabihat, menguasai ilmu nasikh-mansukh…. dan ilmu-ilmu penopang yang lain. Tidak bisa sembarangan menafsirkan Al-Qur’an itu. Metodologi yang dipakai para ulama selama ini: bayani atau tekstual, burhani atau rasional serta isyari atau bathini. Tafsir Isyari saja seperti yang dipergunakan oleh para sufi, tidak bisa jauh tidak bisa jauh dari makna tekstualnya
Mang Kaby membalas · 3 Balasan
AT Dendusri PutraAT Dendusri Putra Al.qur.an sudah sempurna..dan petunjuk. Buat orang-orang yg beriman. Dalam agama islam..bahkan seisi. Alam ada dalam Al.qur.an.sangat setuju..tinggal tingkat keyakinan.yg bisa menetapkan..dan iklas dalam menjalankan semua petunjuk..di AL.QUR.AN..SUBHANALLOH.ALLOH HU.AKBAR. YA ALLOH ENGKAU MAHA SEMPURNA. DAN MAHA AGUNG..
Mang KabyMang Kaby Sayangnya kok satu Al Quran bisa melahirkan berbagai aliran dan mazhab ini kenapa?
AT Dendusri PutraAT Dendusri Putra Menurut pamendak…dari salah seorang. Ulama. Bahwa itu..bisa terjadi..karena menurut beliau. Ada beberapa paktor..satu. Ada yg kukuh pengkuh..tidak mau keluar.dari bahasa. Kuran..kadua. Ada yg mau merusak kur.an. Dan membawa umat ke dalam kesesatan. Masalah aliran menurat nya..asal jangan keluar dari bahasa..lailaha illelloh. Muhamad darosulloh. Dan jangan menyekutukan.alloh. ..manawi.
Mang KabyMang Kaby Xixixi pami numutkeun abdi mah margi teu saimbang antara nakli jeung akli, janten seueurna mah teu mampu memahami Al Quran secara Akal Sehat, komo deui pan Iblis senantiasa menggoda manusia, Dajjal oge ngaburkeun sagala sesuatu dugika poho kana pokokna hehehe. Padahal Ayat Quran wae anu mimiti kaluar Baca… Tapi da geuning arembung maca.
Kiageng Selo
Tulis balasan…
Widodo AbidardaWidodo Abidarda Tafsir Al-Qur’an itu mesti benar-benar dilakukan oleh seorang ahli, dengan segala rasa hormat saya pada guru besar ahli tafsir Al-Qur’an di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. Rosihon Anwar
Sembunyikan 11 Balasan
Mang KabyMang Kaby Mangga ahlinya ditafsirkan Ali Imron 96 🙂. Kata Wudia, Bibakkata artinya apa? Bakka itu kontroversi karena Orang Nasrani menganggap itu di Yerusalem 😉 Lembah Bakka, di Islam dianggap Bakka adalah Mekka, Makka… Kok jauh deviasinya Bakka ke Makka? Kalau Makka bukannya tulisan seharusnya Bimakkata? Lalu kemudian Bakka merujuk secara sejarah adalah Baitullah awal, kalau merunut sejarah Ibrahim sebagai sebagai Bapak dari 3 Agama dunia… Yahudi, Kristen, dan Islam… Dari sini saja tafsir ke-3 keturunan Ibrahim tidak sepakat dengan lokasi Bakka dimana?
Mang KabyMang Kaby Kang Dodo menyampaikan tentang Textual, sy yang awam sulit mencerna Bakka secara Textual dimulai hurup B kemudian ditafsirkan sama dengan hurup M, Makka.
Awang AjjAwang Ajj Nu awam sapertos abdimah, lalieur we…Mang Kaby, janten moal komen. Nyanggakeun ka para ahli, ngiring nyimak ae…🙂
Mang KabyMang Kaby Regepkeun wae… Sareng jalankeun parentah Allah SWT dina Quran… Ayat kahiji Baca… Kudu rajin maca manawi hehehe
Widodo AbidardaWidodo Abidarda punten mang kabayan, ceuk kaidah bahasa arab, iqra di di dinya fiil naon tah?
Widodo AbidardaWidodo Abidarda Saya belajar agama tidak dari internet, guru-guru saya, kiai-kiai jelas. Saya memperkaya keislaman saya bukan hanya dari bahasa Indonesia, tapi juga Inggris, Arab, dan Persia…
Mang KabyMang Kaby Abdi mah sederhana pisan Kang Dodo… iqro mah baca… Mangga bacaan sadayana da sadayana oge ciptaan Allah, ayat2 Allah… Tanda2 Allah… Baca gunakeun Nakli jeung Akli secara saimbang. Urang dipasihan nalar akal sehat kanggo ngemutan setiap anu dibaca supados nambah wawasan, nambah kawijaksanaan… Janten teu kurung batokeun manawi.
Widodo AbidardaWidodo Abidarda Atuh kumaha rek nafsirkeun Al-Qur’an Mang? Masalah anu dasar bae teu bisa kajawab…
Mang KabyMang Kaby Xixixi dasarna anu teu kajawab palihmana Kang? Mangga dipedar
Surya PringgandaniSurya Pringgandani Sampurasun…dina panalungtikan seuseu eurna naha bet ka urang arab ku bahasa nu teu ngartos .di sumedang ge elmu allah mah seu eur keneh…tah urang sumedang tos paluh ditu saleresnamah .saacan aya akademuk ngan urang ti began heula .ngan bisa ngablutut pikiran ka pikiran.teu di bukukeun.dibukukeun ge di sumput sumput ..da harita jaman perang..jeung teu aya panilitian nu pro ka bangsa urang..aya ketang panalutian ku bangsa batur anyar keneh 2010 .parahu nabi nuh.geuning asalna teh ti Nusantara..terus piramid pang besarna di jawabarat ngan da geus di Dok ku batur jeung tempat tempat/ situs teh ngadon di laleungitkeun da ngahaja supaya..mokus ka batur bae… mangga wilujeng milarian elmu allah .allah suka bagi kaum yang berpikir tidak copy paste Rahayu
Suka · Balas · 2 · 22 jam
Kiageng Selo
Tulis balasan…
AT Dendusri PutraAT Dendusri Putra Dalam. Al.quar. Memang sudah jelas.dan lebih..jelas..dalam rukun islam..saja sudah sangat jelas. Pula..sahadat..solat..jakat..puasa..dan hji. Dan dalam rukun. Iman. Jg. Wajib. Percaya. Kepada. Alloh. Ta.ala.malaikat alloh ta.ala. Dan kitab2. Alloh. Ta.ala..jg .para nabi dan rosul..dan hari qi.amat. Dan tak.dir. Dari sini jg jelas. Sudah terliat..alloh maha agung dan sempurna..dan al.quran. Adalah.. Mutlak pedoman bagi orang2. Yg beriman dan yg mau berpikir..
Yan Yans KibsYan Yans Kibs saur sepuh mah, ayeuna jatigede kapungkur mah pareureug, heug mun rek reugreug pageuh, ngan kahade ,bisi matak sabalikna, sing ati ati, surti…. ngigeulanana…
AT Dendusri PutraAT Dendusri Putra Totonde geus. Nongtot..
Yan Yans KibsYan Yans Kibs he he he…. kuk….
AT Dendusri PutraAT Dendusri Putra Tinggal gagak na can tembong…ji ganamah. Taki-taki..
Koko Baranyai BaranyaiKoko Baranyai Baranyai nuju di mangga dua kenesh saurna teh kang…
Koko Baranyai BaranyaiKoko Baranyai Baranyai teuacan wayah hehehehehehe
Yan Yans KibsYan Yans Kibs ke…. abdi rek gentos raksukan pa…
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atlantis in the Java Sea

A scientific effort to match Plato’s narrative location for Atlantis

sembrani

bertukar ide, melampaui mimpi bersama

Nurul Wirda

0812-8267-9182

aawanto

The greatest WordPress.com site in all the land!

Covert Geopolitics

Beyond the Smoke & Mirrors

Catatan Harta Amanah Soekarno

as good as possible for as many as possible

Women Terrace

to say something that i never talk before

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d blogger menyukai ini: