Tinggalkan komentar

Sejarah Illuminati

Sejarah Illuminati

Illuminati (jamak dari bahasa Latin Illuminati, yang makna harfiahnya: “tercerahkan”) adalah nama yang diberikan kepada beberapa kelompok, baik yang nyata maupun fiktif. Secara historis, nama ini mengacu pada Illuminati Bavaria, sebuah masyarakat rahasia di era Pencerahan (Enlightenment) yang didirikan pada tanggal 1 Mei 1776.  Tujuan masyarakat rahasia ini pada awalnya adalah menentang takhayul, obskurantisme (ketidakjelasan), akibat pengaruh agama (Kristen Katholik) atas kehidupan publik dan penyalahgunaan kekuasaan Negara oleh Raja dan Gereja. “The order of the day“, tulis mereka dalam undang-undang umum mereka, “adalah untuk mengakhiri intrik pemasok ketidakadilan, untuk mengendalikan mereka tanpa mendominasi mereka.”[1] Kaum Illuminati –bersama dengan Freemasonry dan masyarakat rahasia lainnya — dilarang melalui Edict, oleh Charles Theodore penguasa Bavaria, dengan dorongan dari Gereja Katolik Roma, pada tahun 1784, 1785, 1787 dan 1790.[2] Dalam beberapa tahun berikutnya, kelompok itu dituduh oleh kaum konservatif dan kritikus religius yang menuduh mereka melanjutkan gerakan bawah tanah dan bertanggung jawab atas Revolusi Perancis.

Dalam penggunaan selanjutnya, “Illuminati” mengacu pada berbagai organisasi yang mengklaim atau diakui memiliki hubungan dengan Illuminati yang asli Bavarian atau masyarakat rahasia yang sama, meskipun hubungan tersebut tidak berdasar. Mereka sering diduga bersekongkol untuk mengendalikan urusan dunia, dengan mendalangi peristiwa dan penanaman agen dalam pemerintahan dan perusahaan, dalam rangka untuk mendapatkan kekuasaan politik dan pengaruh dan untuk membentuk “New World Order.” Yang paling utama dari beberapa teori konspirasi yang paling banyak dikenal dan rumit, Illuminati telah digambarkan sebagai gerakan yang mengintai dalam kegelapan dan menarik tali dan tuas kekuasaan negara, dalam puluhan novel, film, acara televisi, komik, video game dan video musik.

 Sejarah Asal-usulnya

  Adam Weishaupt (1748-1830) adalah seorang profesor Hukum Canonic dan filsafat praktis di Universitas Ingolstadt. Dia adalah satu-satunya profesor non-pendeta di sebuah institusi yang dijalankan oleh para pendeta Jesuit, yang tatanannya telah dibubarkan pada tahun 1773. Para Pendeta Jesuit Ingolstadt, bagaimanapun masih mempertahankan pengaruhnya dan beberapa kekuasaannya di Universitas, yang terus mereka anggap sebagai milik mereka. Upaya terus-menerus dilakukan untuk menggagalkan dan mendiskreditkan para staf non-pendeta, terutama ketika terkait kandungan materi kursus apa saja yang mereka anggap sebagai liberal atau Protestan. Weishaupt menjadi sangat anti-para pendeta gereja, dan memutuskan untuk menyebarkan cita-cita Pencerahan (Aufklarung) melalui semacam perkumpulan rahasia seperti hati individu. [3]

Karena ia menemukan Freemasonry terlalu mahal biayanya, dan tidak terbuka untuk ide-idenya, maka ia mendirikan organisasi masyarakatnya sendiri yang memiliki sistem bertingkat berdasarkan Freemasonry, tapi punya agenda tersendiri.[3] Nama aslinya untuk orde baru tersebut adalah Bund der Perfektibilisten, atau “Perjanjian Kesempurnaan”, tapi dengan cepat berubah karena kedengarannya terlalu aneh.[4]  Pada tanggal 1 Mei 1776 Weishaupt dan empat mahasiswa membentuk Illuminatenorden, atau Order of Illuminati, yang mengambil Owl Minerva (Burung Hantu Minerva) sebagai simbol mereka.[5][6] Para anggotanya menggunakan nama alias (samaran) dalam masyarakat. Weishaupt menjadi Spartacus. Para Mahasiswa hukum Massenhausen, Bauhof, Merz dan Sutor masing-masing menjadi Ajax, Agathon, Tiberius dan Erasmus Roterodamus. Weishaupt kemudian diusir Sutor karena kemalasan. [7] [8]

Pada awalnya Massenhausen-lah yang paling aktif dalam memperluas organisasi masyarakat rahasia ini. Secara signifikan, sambil belajar di Munich tak lama setelah pembentukan orde, dia merekrut Xavier von Zwack, mantan murid Weishaupt pada awal karir administrasinya yang signifikan. (Pada saat itu, ia bertanggung jawab atas National Lottery Bavaria). Antusiasme Massenhausen segera menjadi perhatian utama dalam pandangan Weishaupt, karena ia sering berusaha merekrut kandidat yang tidak cocok. Kemudian, karena tidak menentu cinta-hidupnya membuatnya lalai, dan karena Weishaupt melewatkan kontrol kelompok Munich kepada Zwack, jelaslah bahwa Massenhausen telah menyalahgunakan pendaftaran dan mencegat korespondensi antara Weishaupt dan Zwack. Pada 1778, Massenhausen lulus luliah dan mengambil pos di luar Bavaria, tidak lagi menaruh kepentingan lebih lanjut dalam orde. Pada saat ini, Orde ini beranggotakan sejumlah dua belas orang. [7]

Dengan kepergian Massenhausen, Zwack segera memerankan dirinya untuk merekrut calon yang lebih matang dan penting. Yang dipandang paling berharga oleh Weishaupt adalah Hertel, teman masa kecil dan anggota kanon Munich Frauenkirche. Pada akhir musim panas 1778 Orde memiliki 27 anggota (dengan masih menghitung Massenhausen) di dalam 5 komando; Munich (Athena), Ingolstadt (Eleusis), Ravensberg (Sparta), Freysingen (Thebes), dan Eichstaedt (Erzurum). [7]

Selama periode awal ini, Orde Illuminati ini memiliki tiga kelas: Novice, Minerval, dan Illuminated Minerval, di mana hanya kelas Minerval yang terlibat dalam sebuah upacara yang rumit. Dalam hal ini para calon diberi tanda rahasia dan password. Sebuah sistem untuk saling memantau (spionase) terus menjaga Weishaupt mendapatkan informasi tentang kegiatan dan karakter semua anggotanya. Anggota favoritnya menjadi anggota dewan yang berkuasa, atau Areopagus. Beberapa siswa (anggota) diizinkan untuk merekrut, menjadi Insinuants. Orang Kristen dengan karakter yang baik diharapkan masuk, dengan orang-orang Yahudi dan kaum pagan (penyembah berhala) yang khusus dikecualikan, bersama dengan perempuan, para biarawan, dan anggota perkumpulan rahasia lainnya. Calon Favorit adalah yang kaya, jinak, mau belajar, dan berusia 18-30 [9] [10].

Masa Transisi

Karena memiliki beberapa anggotanya yang dengan susah payah dibujuk bergabung dengan Freemasons, Weishaupt memutuskan untuk bergabung dengan tatanan (orde) ormas yang lebih tua tersebut untuk memperoleh bahan untuk memperluas ritualnya sendiri. Ia masuk loji “Prudence” dari  Rite of Strict Observance (Ritus ketaatan yang ketat) pada awal Februari 1777. Kemajuannya melalui tiga level derajat ” lodge biru”  Masonry tidak mengajarinya apa-apa tentang derajat yang lebih tinggi yang ia usahakan mengeksploitasinya, tetapi pada tahun berikutnya seorang imam yang disebut Abbé Marotti memberi informasi kepada Zwack bahwa rahasia batin terdalam bertumpu pada pengetahuan agama yang lebih tua dan gereja primitif. Zwack membujuk Weishaupt bahwa orde mereka sendiri harus masuk ke dalam hubungan yang ramah dengan Freemasonry, dan memperoleh dispensasi untuk mendirikan loji (lodge/pondok) mereka sendiri. Pada tahap ini (Desember 1778), penambahan tiga derajat Freemasonry dipandang sebagai proyek sekunder. [11]

Dengan sedikit kesulitan, sebuah surat perintah diperoleh dari Grand Lodge of Prussia yang disebut Royal York untuk Persahabatan, dan pondok (loji) baru bernama Theodore of the Good Council  (Theodore dari Dewan Kebaikan), dengan tujuan menyanjung Charles Theodore, Pemilih dari Bavaria. Perusahaan ini didirikan di Munich pada tanggal 21 Maret 1779, dan dengan cepat dikemas dengan Illuminati. Master pertama, seorang pria bernama Radl, dibujuk untuk pulang ke Baden, dan atas perintah Juli Weishaupt menjalankan pondok (loji). [11]

Langkah selanjutnya untuk kemandirian/kemerdekaan mereka dari Grand Lodge. Dengan membangun hubungan masonik dengan  Union Lodge di Frankfurt, yang berafiliasi dengan Premier Grand Lodge of England, Lodge Theodore mengajukan menjadi diakui mandiri, dan mampu menyatakan kemandiriannya. Sebagai Loji Induk baru, sekarang bisa menelurkan pondok-pondok (loji-loji)  sendiri. Perekrutan  dikendalikan di antara anggota Fremasonry Frankfurt yang juga memperoleh kesetiaan dari Adolph Freiherr Knigge. [11]

Reformasi Adolph Knigge

Knigge direkrut akhir tahun 1780 pada sebuah konvensi Ritus ketaatan yang ketat (Rite of Strict Observance) oleh Costanzo Marchese di Costanzo, seorang kapten infanteri di tentara Bavaria dan sesama anggota Freemason. Knigge, yang masih berusia dua puluhan, telah mencapai nilai inisiasi tertinggi dari Ordenya, dan tiba dengan rencana besarnya sendiri untuk reformasi. Kecewa bahwa skema itu tidak menemukan dukungan, Knigge segera tertarik ketika Costanzo memberitahukan bahwa apa yang ia berusaha untuk membuatnya, sudah ada. Knigge dan tiga orang temannya menyatakan minat yang kuat untuk belajar lebih banyak tentang orde Illuminati ini, dan Costanzo menunjukkan mereka materi yang berkaitan dengan kelas Minerval. Bahan ajar untuk kelas tersebut adalah sastra “liberal” yang dilarang di Bavaria, tetapi menjadi pengetahuan umum di negara Protestan Jerman. Tiga sahabat Knigge menjadi kecewa dan tidak lagi berhubungan dengan Costanza. Tapi ketekunan Knigge dihargai oleh surat dari Weishaupt pada bulan November 1780. Koneksi Knigge, baik di dalam maupun di luar Freemasonry, membuatnya menjadi ideal untuk direkrut. Knigge, pada bagian itu, merasa tersanjung oleh perhatiannya, dan tertarik dengan arah tujuan Orde Illuminati yang menyatakan pendidikan dan perlindungan umat manusia dari despotisme. Weishaupt berhasil mengakuinya, dan berjanji untuk mendukungnya, Knigge tertarik dengan ilmu alkimia dan “ilmu yang lebih tinggi”. Knigge menjawab Weishaupt dengan menguraikan rencananya untuk melakukan reformasi terhadap Freemasonry, karena Strict Observance (ketaatan yang ketat) mulai dipertanyakan asal-usulnya sendiri. [12]

Weishaupt mengatur Knigge dengan tugas untuk merekrut anggota baru, sebelum ia bisa diterima di kelas yang lebih tinggi dari Orde Illuminati. Knigge diterima, dengan syarat bahwa dia diizinkan untuk memilih alasan merekrut sendiri. Banyak Anggota Freemason lain menemukan deskripsi Knigge tentang tatanan masonik baru yang lebih menarik, dan terdaftar dalam kelas Illuminati Minerval. Knigge pada saat itu percaya pada “Most Serene Superior” yang diklaim Weishaupt untuk dilayani. Ketidakmampuannya untuk mengartikulasikan apa-apa tentang derajat (nilai) yang lebih tinggi dari Orde Illuminati menjadi semakin memalukan, tapi untuk menunda bantuan, Weishaupt memberinya tugas tambahan. Dilengkapi dengan materi oleh Weishaupt, Knigge sekarang memproduksi pamflet yang menguraikan kegiatan Gereja Yesuit yang dilarang, yang dimaksudkan untuk menunjukkan bagaimana mereka terus berkembang dan merekrut, terutama di Bavaria. Sementara itu, ketidakmampuan Knigge untuk memberikan  tanggapan yang memuaskan atas pertanyaan-pertanyaan orang yang direkrutnya mengenai nilai yang lebih tinggi, membuat posisinya tidak bisa dipertahankan, dan ia menulis kepada Weishaupt untuk efek ini. Pada bulan Januari 1781, dihadapkan dengan prospek kehilangan Knigge dan perekrutan masoniknya, Weishaupt akhirnya mengaku bahwa atasannya (Supperiors) dan yang dianggap kuno dari Orde Illuminati adalah fiksi (khayalan), dan derajat yang lebih tinggi belum lagi ditulis. [12]

Jika Knigge diharapkan untuk mempelajari rahasia batin yang dijanjikan Freemasonry di tingkat yang lebih tinggi dari Illuminati, dia secara mengejutkan bersikap tenang tentang penyingkapan ilham (wahyu) Weishaupt. Weishaupt menjanjikan Knigge tangan yang bebas dalam penciptaan derajat/nilai-nilai yang lebih tinggi, dan juga berjanji akan mengirimkan catatan sendiri. Sementara itu, Knigge sendiri menyambut kesempatan untuk menggunakan Orde sebagai kendaraan untuk menjalankan ide-idenya sendiri. Ia mengklaim bahwa pendekatan baru akan membuat Illuminati lebih menarik bagi para calon anggota di dalam kerajaan Protestan Jerman. Pada bulan November 1781 Areopagus memberi Knigge 50 florin untuk melakukan perjalanan ke Bavaria, yang ia lakukan melalui Swabia dan Franconia, menikmati pertemuan dan keramahan lainnya dari Illuminati dalam perjalanannya. [13]

Masalah internal

Orde Illuminati kini mengembangkan perpecahan internal yang mendalam. Perintah Eichstaedt telah membentuk sebuah provinsi otonom pada bulan Juli 1780, dan muncul keretakan yang tumbuh di antara Weishaupt dan Areopagus, yang menemukan dia keras kepala, diktator, dan tidak konsisten. Knigge mudah dipasang ke peran pembawa damai. [13]

Dalam diskusi dengan Areopagus dan Weishaupt, Knigge mengidentifikasi dua daerah yang bermasalah. Penekanan Weishaupt pada perekrutan mahasiswa berarti bahwa posisi senior di dalam Orde sering harus diisi oleh orang-orang muda dengan pengalaman praktis yang sedikit. Kedua, etos anti- Jesuit dari Orde Illuminati di awal telah menjadi sentimen anti-agama secara umum, yang Knigge tahu akan menjadi masalah dalam merekrut Freemason senior, padahal Orde tersebut sekarang berusaha untuk menariknya. Knigge merasakan cengkeraman tajam Katolik konservatif yang menyesakkan di Bavaria, dan memahami perasaan anti-agama yang ini diproduksi di Illuminati liberal, tapi ia juga melihat kesan negatif ini sebagai perasaan yang sama akan timbul di negara-negara Protestan, yang menghambat penyebaran Orde Illuminati di Jerman lebih besar. Baik Areopagus dan Weishaupt merasa tak berdaya untuk melakukan sesuatu yang kurang daripada memberikan kebebasan bergerak kepada Knigge. Dia memiliki kontak dalam dan di luar Freemasonry yang mereka butuhkan, dan ia memiliki keterampilan sebagai ritualis untuk membangun struktur gradual (berjenjang) yang mereka proyeksikan, di mana mereka telah terhenti di Illuminatus Minor , dengan hanya kelas Minerval di bawahnya dan merest sketsa Grade (tingkatan) yang lebih tinggi. Satu-satunya pembatasan yang diberlakukan adalah kebutuhan untuk membahas rahasia dalam dari nilai/grade (tingkatan) tertinggi, dan perlunya mengirimkan grade baru untuk persetujuan. [13]

Sementara itu, skema untuk menyebarkan Illuminatisme sebagai cabang yang sah dari Freemasonry telah terhenti. Sementara Lodge Theodore sekarang dalam kendali mereka, satu Chapter dari “Elect Master” (Master terpilih)  yang melekat padanya hanya memiliki satu anggota dari Orde, dan masih memiliki keunggulan konstitusional untuk Lodge pengrajin yang dikendalikan oleh Illuminati. Chapter ini akan sulit untuk dibujuk untuk diserahkan ke Areopagus, dan membentuk penghalang yang sangat nyata untuk Loji  Theodore menjadi yang pertama Loji Induk dari Illuminated Freemasonry baru. Perjanjian aliansi telah ditandatangani antara Orde dan Chapter, dan pada akhir Januari 1781 empat pondok-pondok (loji)  perempuan telah dibuat, namun kemandirian itu tidak ada dalam agenda Chapter. [13]

Costanza menulis kepada Royal York menunjukkan perbedaan antara biaya yang dikirim ke Grand Lodge baru mereka dan layanan yang mereka terima sebagai imbalan. The Royal York, tak mau kehilangan pendapatan, menawarkan untuk menganugerahkan rahasia Freemasonry “lebih tinggi” pada perwakilan saudara-saudara Munich mereka yang akan dikirimkan ke Berlin. Costanza kebetulan berangkat ke Prussia pada 4 April 1780, dengan instruksi untuk menegosiasikan pengurangan biaya Loji Theodore sementara dia ada di sana. Dalam perjalanan, ia berdebat dengan seorang Prancis tentang subjek seorang wanita dengan siapa mereka dapat berbagi kereta. Orang Prancis itu mengirim pesan langsung kepada raja, beberapa waktu sebelum mereka mencapai Berlin, yang mencela Costanza sebagai mata-mata. Dia hanya dibebaskan dari penjara dengan bantuan Grand Master Royal York, dan diusir dari Prusia dengan tidak memiliki pencapaian apa-apa. [13]

Sistem baru

Rencana awal Knigge untuk memperoleh sebuah konstitusi dari London, mereka sadari, telah akan terlihat melalui Chapter ini. Sampai saat mereka bisa mengambil alih loji-loji masonik lain sehingga Chapter mereka tidak bisa dikontrol, untuk sejenak mereka isi waktu untuk menulis ulang tiga derajat untuk pondok-pondok yang telah mereka kelola. [13]

Pada 20 Januari 1782 Knigge mentabulasi sistem grade barunya untuk Orde Illuminati. Ini diatur dalam tiga kelas:

  • Kelas I – Kelas pembibitan, yang terdiri dari Novisiat,  Minerval, dan Illuminatus minor.
  • Kelas II – Grade/Tingkatan The Masonik. Tiga Grades/Tingkatan  “pondok Loji biru”:  dari Apprentice, Companion, dan Masters/Guru yang dipisahkan dari  Grade “Skotlandia” yang lebih tinggi daripada  pemula (Novice) Skotlandia dan Knight (ksatria) Skotlandia.
  • Kelas III – Kelas Misteri. Misteri yang lebih rendah adalah Grade/Tingkatan dari para Imam dan Prince (Pangeran) , diikuti oleh misteri besar di kelas-kelas dari Mage (Penyihir) dan Raja. Hal ini tidak seperti ritual untuk misteri yang lebih besar yang pernah ditulis. [13] [14]

Upaya ekspansi

Rekrutmen Knigge yang dari Freemasonry Jerman jauh dari acak. Dia menargetkan para master dan sipir, orang-orang yang menjalankan Loji-loji (pondok-pondok), dan sering mampu menempatkan seluruh pondok Loji di muara Illuminati. Di Aachen, Baron de Witte, master Constancy lodge, menyebabkan setiap anggota untuk bergabung Orde Illuminati. Dengan cara ini, Orde berkembang pesat di Jerman tengah dan selatan, dan memperoleh pijakan di Austria. Beranjak ke musim semi 1782, segelintir mahasiswa yang sudah mulai perintah telah membengkak menjadi sekitar 300 anggota, hanya 20 dari anggota baru menjadi mahasiswa.[15]

Di Munich, semester pertama tahun 1782 melihat perubahan besar dalam pemerintahan Loji Theodore. Pada bulan Februari, Weishaupt telah menawarkan untuk membagi Loji, dengan cara Illuminati yang akan mereka jalankan sendiri dan  Chapters memelihara cara tradisionalis yang tersisa ke dalam kelanjutan mereka sendiri dari Loji Theodore. Pada titik ini, Chapters ini tiba-tiba menyerah, dan Illuminati memiliki kontrol penuh terhadap Loji dan Chapters. Pada bulan Juni, baik Loji dan Chapters mengirimkan surat memutuskan hubungan dengan Royal York, dengan mengutip kesetiaan untuk mereka sendiri dalam membayar pengakuan mereka, dan kegagalan Royal York untuk memberikan instruksi apapun ke dalam nilai yang lebih tinggi. Pengabaikan mereka terhadap Costanza, kegagalan untuk membela dirinya dari tuduhan berbahaya atau mencegah pengusirannya dari Prusia, juga dikutip. Mereka tidak berusaha untuk memberikan Costanza dengan rahasia yang dijanjikan, dan Kaum Masons Munich kini menduga bahwa saudara-saudara mereka di Berlin mengandalkan nilai mistis Perancis yang lebih tinggi yang mereka berusaha untuk hindari. Lodge Theodore sekarang independen. [15]

The Rite of Strict Observance (Ritus ketaatan yang ketat ) sekarang dalam keadaan kritis. Pemimpin nominalnya oni adalah Pangeran Carl dari Södermanland (kemudian Charles XIII dari Swedia), secara terbuka diduga mencoba untuk menyerap ritus kepada Ritus Swedia, yang sudah dikuasai. Loji Jerman mencari kepemimpinan Duke Ferdinand dari Brunswick-Wolfenbüttel. Kecurigaan berbalik untuk membuka penghinaan ketika terungkap bahwa Carl menganggap Stuart sebagai pewaris Grand Master yang sebenarnya, dan Loji-Loji dari Strict Observance semua tapi diabaikan mereka Grand Master. Kebuntuan ini menyebabkan Biara Wilhelmsbad. [15]

 

  Gedung Biara (Convent) Wilhelmsbad

 Ini adalah Reruntuhan benteng ” yang dibangun oleh Pangeran Charles dari Hesse-Kassel di taman di Wilhelmsbad, tempat untuk biara terakhir Strict Observance (ketaatan yang ketat)

Tertunda sejak 15 Oktober 1781, Biara terakhir Strict Observance akhirnya dibuka pada 16 Juli 1782 di kota spa Wilhelmsbad di pinggiran (sekarang bagian dari) Hanau. Pura-pura berdiskusi tentang masa depan Orde, 35 orang delegasi tahu bahwa Strict Observance dalam bentuk yang sekarang telah ditakdirkan, dan bahwa Biara Wilhelmsbad akan menjadi perjuangan atas potongan-potongan di antara para mistikus Jerman, di bawah Duke Ferdinand dari Brunswick-Wolfenbüttel dan tuan rumah mereka Pangeran Charles dari Hesse-Kassel, dan Martinists, di bawah Jean-Baptiste Willermoz. Hanya satu suara yang tidak setuju untuk nilai Mystical yang lebih tinggi adalah Johann Christoph Joachim Bode, yang merasa ngeri dengan Martinisme, tapi yang telah mengusulkan alternatif yang belum berbentuk, dan Franz von Dietrich Ditfurth, seorang hakim dari Wetzlar dan master loji Joseph of the Three Helmets , yang sudah menjadi anggota Illuminati. Ditfurth berkampanye secara publik untuk kembali ke tiga dasar derajat Freemasonry, yang merupakan hasil yang paling seperti konvensi. Kaum mistikus sudah punya rencana yang koheren untuk menggantikan derajat yang lebih tinggi. [15]

Kurangnya alternatif yang serasi untuk dua aliran mistisisme memungkinkan Illuminati untuk menampilkan diri sebagai pilihan yang kredibel. Ditfurth, telah diminta dan dibantu oleh Knigge, yang kini memiliki kewenangan penuh untuk bertindak untuk Orde, menjadi juru bicara mereka. Rencana awal Knigge untuk mengusulkan sebuah aliansi antara dua Orde itu ditolak oleh Weishaupt, yang melihat tidak ada gunanya aliansi dengan Orde sekarat. Rencana barunya adalah untuk merekrut para Masons yang  menentang “Templar” tingkat yang lebih tinggi dari the Strict Observance. [15]

Di biara, Ditfurth memblokir upaya Willermoz dan Hesse untuk memperkenalkan nilai-nilai mereka sendiri yang lebih tinggi dengan menekankan bahwa rincian lengkap derajat tersebut diungkapkan kepada para delegasi. Rasa frustrasi para mistikus Jerman menyebabkan pendaftaran mereka Count Kollowrat dengan Illuminati dengan maksud untuk afiliasi nantinya. Agenda Ditfurth sendiri adalah untuk mengganti semua derajat yang lebih tinggi dengan gelar keempat tunggal, tanpa pretensi untuk wahyu masonik selanjutntya. Menemukan tidak ada dukungan untuk rencananya, ia meninggalkan biara secara prematur, tertulis kepada Areopagus bahwa ia tidak mengharapkan apa-apa yang baik dari Dewan. [15]

Dalam upaya untuk memuaskan semua orang, Biara Wilhelmsbad mencapai sedikit hasil. Mereka meninggalkan asal ritual Templar mereka, sambil tetap mempertahankan gelar Templar, ornamen dan struktur administrasinya. Charles Hesse dan Ferdinand dari Brunswick tetap di kepemimpinan Orde Illuminati, tetapi dalam prakteknya Loji-loji tersebut hampir independen. Jerman juga mengadopsi nama Orde Perancis Willermoz, les Chevaliers bienfaisants de la Cité sainte (Good Knights of the Holy City), dan beberapa mistisisme Martinis telah diimpor ke dalam tiga derajat pertama, yang sekarang merupakan satu-satunya derajat penting dari Freemasonry. Sangat Krusial, Loji-loji individual dari Orde kini diizinkan untuk berrsaudara (fraternize) dengan Loji-loji dari sistem lain. Baru “Grade Skotlandia” yang diperkenalkan dengan ritual Singa Willermoz yang tidak wajib, setiap provinsi dan prefektur bebas untuk memutuskan apa, jika ada, yang terjadi setelah tiga derajat pengrajin. Akhirnya, dalam upaya untuk menunjukkan bahwa sesuatu telah tercapai, biara diatur panjang lebar tentang etiket, judul-judul, dan penomoran baru untuk provinsi. [15]

 

Hasil Akhir Wilhelmsbad

Apa yang Biara Wilhelmsbad benar-benar capai adalah kematian orde the Strict Observance. Ini meninggalkan mitos asalnya sendiri, bersama dengan derajat yang lebih tinggi yang mengikat anggotanya yang tertinggi dan paling berpengaruh. Ini menghapuskan kontrol yang ketat yang telah membuat Orde bersatu, dan mengasingkan banyak orang Jerman yang tidak percaya Martinisme. Bode, yang ditolak oleh Martinisme, segera memasuki negosiasi dengan Knigge, dan akhirnya bergabung dengan Illuminati pada bulan Januari 1783. Charles dari Hesse bergabung bulan berikutnya. [15]

Upaya pertama Knigge pada sebuah aliansi utuh dengan Jerman Grand Lodges telah gagal, tapi Weishaupt bertahan. Ia mengusulkan sebuah federasi baru di mana semua Loji-loji Jerman akan mempraktekan kesepakatan, sistem terpadu di dalam  tiga derajat esensial Freemasonry, dan membiarkan perangkat mereka sendiri yang ingin mengejar sistem derajat yang lebih tinggi, jika ada. Ini akan menjadi federasi Grand Lodges, dan anggota akan bebas untuk mengunjungi salah satu Loji-loji “biru”, di yurisdiksi manapun. Semua master loji (lodge) akan dipilih, dan tidak ada biaya yangakan dibayarkan kepada otoritas pusat apapun. Kelompok Loji-loji akan dikenakan “Direktorat Skotlandia”, terdiri dari anggota didelegasikan oleh Loji, untuk mengaudit keuangan, menyelesaikan perselisihan, dan mengotorisasi loji-loji baru. Ini pada gilirannya akan memilih Direktorat Provinsi, yang akan memilih inspektur, yang akan memilih direktur nasional. Sistem ini akan memperbaiki ketidakseimbangan saat ini di Freemasonry Jerman, di mana cita-cita kesetaraan masonik yang dipelihara hanya di bawah tiga derajat “simbolis”. Berbagai sistem derajat yang lebih tinggi didominasi oleh elit yang mampu melakukan penelitian dalam alkimia dan mistisisme. Untuk Weishaupt dan Knigge, federasi yang diusulkan juga menjadi kendaraan untuk menyebarkan Illuminisme ke seluruh Freemasonry Jerman. Tujuan mereka adalah untuk menggunakan federasi baru mereka, dengan penekanan pada derajat yang mendasar, untuk menghapus semua kesetiaan kepada Strict Observance (Ketaatan Yang Ketat), yang memungkinkan sistem “eklektik” Illuminati untuk mengambil tempatnya. [15]

                Sirkuler mengumumkan federasi baru yang telah menguraikan kesalahan dari freemasonry Jerman, bahwa tidak cocok laki-laki dengan banyak uang sering diakui atas dasar kekayaan mereka, bahwa korupsi masyarakat sipil telah menginfeksi Loji-loji. Setelah menganjurkan de-regulasi nilai yang lebih tinggi dari Loji-loji Jerman, Illuminati sekarang mengumumkan mereka sendiri dari  “Pemimpin yang tidak diketahui” mereka. Lodge (loji) Theodore, yang baru merdeka dari Royal York, menempatkan diri sebagai Grand Lodge provinsi. Knigge, dalam sebuah surat kepada semua Loji-Loji Royal York, sekarang menuduh dekadensi Grand Lodge. Freemasonry mereka diduga telah dirusak oleh Jesuit. Strict Observance sekarang diserang sebagai ciptaan Stuart, tanpa semua kebajikan moral. Ritual The Zinnendorf dari Grand Landlodge dari Freemason Jerman adalah tersangka karena penulisnya adalah berada di liga dengan Swedia. Serangan langsung ini memiliki efek berlawanan dengan yang dimaksudkan oleh Weishaupt, itu telah menyinggung banyak pembacanya. The Grand Lodge of Grand Orient Warsaw, yang dikendalikan Freemasonry di Polandia dan Lithuania, dengan senang berpartisipasi dalam federasi hanya sejauh tiga derajat pertama. Desakan mereka pada kemerdekaan telah membuat mereka dari Strict Observance, dan sekarang akan menjaga mereka dari Illuminati, yang berencana untuk mencaplok Freemasonry yang bertumpu pada derajat mereka sendiri yang lebih tinggi. Pada akhir Januari 1783 kontingen masonik Illuminati memiliki tujuh Loji-loji. [15]

Itu tidak hanya daya tarik kikuk Illuminati yang meninggalkan federasi sedikit anggota. Lodge Theodore yang baru-baru ini dibentuk dan tidak dihormati seperti Loji-loji yang lebih tua. Hampir semua, anggota Freemason yang paling mungkin tertarik ke federasi melihat Illuminati sebagai sekutu terhadap mistik dan Martinists, tapi telah menghargai kebebasan mereka sendiri terlalu tinggi untuk ditangkap dalam organisasi terbatas lainnya. Bahkan Ditfurth, perwakilan seharusnya Illuminati di Wilhelmsbad, telah mengejar agenda sendiri di biara. [15]

Loji-loji non-mistis Frankfurt menciptakan “Eclectic Alliance” (persekutuan pilih-pilih), yang hampir tidak bisa dibedakan dalam konstitusi dan tujuan dari federasi Illuminati. Jauh dari melihat ini sebagai ancaman, setelah beberapa diskusi Loji-loji Illuminati bergabung dengan aliansi baru. Tiga Illuminati sekarang duduk di komite yang ditunjuk untuk menulis undang-undang masonik baru. Selain memperkuat hubungan antara tiga Loji-loji mereka, Illuminati tampaknya telah mendapatkan ada keuntungan dari manuver ini. Ditfurth, setelah menemukan sebuah organisasi masonik yang bekerja menuju ambisi sendiri untuk Freemasonry, mengambil sedikit minat dalam Illuminati setelah kepatuhan kepada Eclectic Alliance. Pada kenyataannya, penciptaan Aliansi Eklectic telah merusak semua rencana halus dari Illuminati untuk menyebarkan ajaran mereka sendiri melalui Freemasonry. [15]

 

Keruntuhan

Weishaupt sekarang berusaha untuk mengedit surut karya Knigge, serta dua orang yang jatuh. Knigge meninggalkan Orde Illuminati pada tahun 1783, merampas Weishaupt dari yang teoritikus terbaik, perekrut, dan apologis. [14]

Pada 1777, Karl Theodor menjadi penguasa Bavaria. Dia adalah seorang pendukung Despotisme yang Tercerahkan dan pemerintahannya melarang semua organisasi masyarakat rahasia termasuk Illuminati. Terjadi perpecahan internal dan kepanikan atas suksesi yang didahului kejatuhan masyarakat.[16] Sebuah dekrit pemerintah tanggal 2 Maret 1785 “tampaknya telah memberi luka yang parah pada Illuminati di Bavaria “. Weishaupt telah melarikan diri dan dokumen dan surat-menyurat intern, disita pada tahun 1786 dan 1787, yang kemudian diterbitkan oleh pemerintah pada tahun 1787. [17] rumah Von Zwack digeledah dan banyak literatur kelompok diungkapkan. [18]

Banyak intelektual berpengaruh dan politisi progresif telah menghitung dirinya sebagai anggota Illuminati, termasuk Ferdinand dari Brunswick dan diplomat Xavier von Zwack, yang merupakan Komandan kedua Ordo Illkuminati. [18] Ini menarik para sastrawan seperti Johann Wolfgang von Goethe dan Johann Gottfried Herder dan Duke (adipati) yang memerintah dari Gotha and Weimar. [19]

Barruel  dan Robison

Antara 1797 dan 1798, Catatan Memoar Augustin Barruel yang menggambarkan Sejarah Jacobinisme dan Bukti John Robison tentang Konspirasi yang telah mempublikasikan teori bahwa Illuminati telah selamat dan mewakili sebuah konspirasi internasional yang sedang berlangsung. Ini termasuk klaim bahwa mereka berada di belakang Revolusi Perancis. Kedua buku terbukti sangat populer, memacu cetak ulang dan parafrase oleh orang lain. [20] Sebuah contoh utama dari hal ini adalah Proofs of the Real Existence, and Dangerous Tendency, Of Illuminism  (Bukti Keberadaan nyata, dan Tendensi Berbahaya, tentang Illuminism) oleh Pendeta Seth Payson, yang diterbitkan pada tahun 1802. [21] Beberapa respon terhadap hal ini sangat penting, misalnya karya Jean-Joseph Mounier tentang  On the Influence Attributed to Philosophers, Free-Masons, and to the Illuminati on the Revolution of France(Pengaruh dikaitkan dengan filsuf, Free-Masons, dan Illuminati pada Revolusi Perancis).[22][23]

Karya-karya Robison dan Barruel membuat jalan mereka ke Amerika Serikat, dan menyebar ke seluruh New England, Pendeta Jedidiah Morse dan lain-lain memberikan khotbah melawan Illuminati. Khotbah mereka dicetak dan hal ini diikuti dengan berita di surat kabar. Kepedulian mereda pada dekade pertama tahun 1800-an, meskipun dihidupkan kembali dari waktu ke waktu dalam gerakan Anti-Masonik 1820-an dan 30-an. [3]

Illuminati Moderen

Beberapa organisasi persaudaraan baru-baru ini dan kini mengklaim sebagai keturunan dari Illuminati Bavarian aslinya dan terbuka menggunakan nama “Illuminati”. Beberapa kelompok-kelompok ini menggunakan variasi pada nama “The Illuminati Order” dalam nama organisasi mereka sendiri, [24] [25] sementara yang lain, seperti Ordo Templi Orientis, memiliki “Illuminati” sebagai tingkat dalam hirarki organisasi mereka. Namun, tidak ada bukti bahwa kelompok-kelompok ini kini telah mengumpulkan kekuatan politik yang signifikan atau pengaruh, dan bukannya mencoba untuk tetap rahasia, mereka mempromosikan link berdasar kepada Illuminati Bavaria sebagai sarana untuk menarik keanggotaan. [16]

Illuminati dalam budaya populer

Teori konspirasi yang modern: New World Order dan  Illuminati

The Illuminati tidak bertahan lama dalam penindasan mereka di Bavaria, dan kerusakan lebih lanjut dan plottings dalam karya Barruel dan Robison yang harus dianggap sebagai penemuan para penulis. [3] Namun, penulis seperti Mark Dice, [26] David Icke , Texe Marrs, Juri Lina dan Morgan Gricar berpendapat bahwa Illuminati Bavaria selamat, mungkin sampai hari ini.

Banyak teori konspirasi yang modern mengusulkan bahwa peristiwa dunia saat ini sedang dikendalikan dan dimanipulasi oleh kelompok rahasia yang menamakan dirinya Illuminati. [27] [28] teoretisi Konspirasi telah mengklaim bahwa banyak orang terkenal yang atau anggota Illuminati. Presiden Amerika Serikat adalah target umum untuk klaim tersebut. [29] [30]

Teoretisi lain berpendapat bahwa berbagai peristiwa sejarah yang didalangi oleh Illuminati, dari Pertempuran Waterloo, Revolusi Perancis dan pembunuhan Presiden John F. Kennedy sampai kepada plot komunis yang diduga mempercepat New World Order dengan infiltrasi industri film Hollywood. [ 31] [32]

Beberapa teoritisi konspirasi mengklaim bahwa Illuminati mengamalkan ritual pemujaan setan. [33] [34]

Illuminati dalam Novel-novel

Illuminati, atau kelompok modern yang fiktif disebut Illuminati, memainkan peran sentral dalam plot novel, misalnya The Illuminatus! Trilogy oleh Robert Shea dan Robert Anton Wilson. Mereka juga membuat sebuah penampilan di Foucault Pendulum oleh Umberto Eco dan Angels and Demons oleh Dan Brown. Campuran fakta sejarah dan teori konspirasi ditegakkan, atau fiksi murni, digunakan untuk menggambarkan mereka.

Referensi

  1. Richard van Dülmen, The Society of Enlightenment(Polity Press 1992) p. 110
  2. René le Forestier, Les Illuminés de Bavière et la franc-maçonnerie allemande, Paris, 1914, pp. 453, 468-9, 507-8, 614-5
  3. Vernon Stauffer, New England and the Bavarian Illuminati, Columbia University Press, 1918, Chapter 3 The European Illuminati, Grand Lodge of British Columbia and Yukon, accessed 14 November 2015
  4. Weishaupt, Adam (1790). Pythagoras oder Betrachtungen über die geheime Welt- und Regierungskunst. Frankfurt and Leipzig. p. 670.
  5. René le Forestier, Les Illuminés de Bavière et la franc-maçonnerie allemande, Paris, 1914, Book 1, Chapter 1, pp15-29
  6. Manfred Agethen, Geheimbund und Utopie. Illuminaten, Freimaurer und deutsche Spätaufklärung, Oldenbourg, Munich, 1987, p150.
  7. René le Forestier, Les Illuminés de Bavière et la franc-maçonnerie allemande, Paris, 1914, Book 1, Chapter 2, pp30-45
  8. Terry Melanson, Perfectibilists: The 18th Century Bavarian Order of the Illuminati, Trine Day, 2009, pp. 361, 364, 428
  9. Ellic Howe, Illuminati, Man, Myth and Magic (partwork), Purnell, 1970, vol 4, pp1402-1404
  10. René le Forestier, Les Illuminés de Bavière et la franc-maçonnerie allemande, Paris, 1914, Book 1, Chapter 3, pp45-72
  11. René le Forestier, Les Illuminés de Bavière et la franc-maçonnerie allemande, Paris, 1914, Book 3 Chapter 1, pp193-201
  12. René le Forestier, Les Illuminés de Bavière et la franc-maçonnerie allemande, Paris, 1914, Book 3 Chapter 2, pp202-226
  13. René le Forestier, Les Illuminés de Bavière et la franc-maçonnerie allemande, Paris, 1914, Book 3 Chapter 3, pp227-250
  14. M. Hataley, In Search of the Illuminati, Journal of the Western Mystery Tradition, No. 23, Vol. 3. Autumnal Equinox 2012
  15. René le Forestier, Les Illuminés de Bavière et la franc-maçonnerie allemande, Paris, 1914, Book 4 Chapter 1, pp343-388
  16. McKeown, Trevor W. (16 February 2009). “A Bavarian Illuminati Primer”. Grand Lodge of British Columbia and Yukon A.F. & A.M. Archived from the originalon 27 January 2011. Retrieved 27 January 2011.
  17. Roberts, J.M.(1974). The Mythology of Secret Societies. NY: Charles Scribner’s Sons. pp. 128–129. ISBN 978-0-684-12904-4.
  18. Introvigne, Massimo(2005). “Angels & Demons from the Book to the Movie FAQ – Do the Illuminati Really Exist?”Center for Studies on New Religions. Archived from the original on 27 January 2011. Retrieved 27 January 2011.
  19. Schüttler, Hermann (1991). Die Mitglieder des Illuminatenordens, 1776-1787/93. Munich: Ars Una. pp. 48–9, 62–3, 71, 82. ISBN3-89391-018-2.
  20. Simpson, David (1993). Romanticism, Nationalism, and the Revolt Against Theory. University of Chicago Press. ISBN0-226-75945-8.88.
  21. Payson, Seth (1802). Proofs of the Real Existence, and Dangerous Tendency, Of Illuminism. Charlestown: Samuel Etheridge. Retrieved 27 January 2011.
  22. Tise, Larry (1998). The American Counterrevolution: A Retreat from Liberty, 1783–1800. Stackpole Books. pp. 351–353. ISBN978-0811701006.
  23. Jefferson, Thomas (17 November 1802). “‘There has been a book written lately by DuMousnier …'”(Letter to Nicolas Gouin Dufief). Retrieved 26 October 2013.
  24. “The Illuminati Order Homepage”. Illuminati-order.com. Retrieved 2011-08-06.
  25. “Official website of The Illuminati Order”. Illuminati-order.org. Retrieved 2011-08-06.
  26. Sykes, Leslie(17 May 2009). “Angels & Demons Causing Serious Controversy”KFSN-TV/ABC News. Archived from the original on 27 January 2011. Retrieved 27 January2011.
  27. Barkun, Michael(2003). A Culture of Conspiracy: Apocalyptic Visions in Contemporary America. Comparative Studies in Religion and Society. Berkeley, CA: University of California Press. ISBN 978-0-520-23805-3.
  28. Penre, Wes (26 September 2009). “The Secret Order of the Illuminati (A Brief History of the Shadow Government)”. Illuminati News. Archived from the originalon 28 January 2011. Retrieved 28 January 2011.
  29. Howard, Robert (28 September 2001). “United States Presidents and The Illuminati / Masonic Power Structure”. Hard Truth/Wake Up America. Archived from the originalon 28 January 2011. Retrieved 28 January 2011.
  30. “The Barack Obama Illuminati Connection”. The Best of Rush Limbaugh Featured Sites. 1 August 2009. Archived from the originalon 28 January 2011. Retrieved28 January 2011.
  31. Mark DiceThe Illuminati: Facts & Fiction, 2009. ISBN 0-9673466-5-7
  32. Myron Fagan, The Council on Foreign Relations. Council On Foreign Relations By Myron Fagan
  33. http://www.markdice.com/index.php?option=com_content&view=article&id=118:what-brad-meltzers-decoded-missed&catid=66:articles-by-mark-dice&Itemid=89
  34. http://gawker.com/5886988/a-comprehensive-guide-to-the-illuminati-the-conspiracy-theory-that-connects-jay-z-and-queen-elizabeth/all

Bacaan lain

External links

Wikimedia Commons has media related to Illuminati.

 http://en.wikipedia.org/wiki/Illuminati

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atlantis in the Java Sea

A scientific effort to match Plato’s narrative location for Atlantis

sembrani

bertukar ide, melampaui mimpi bersama

Nurul Wirda

0812-8267-9182

aawanto

The greatest WordPress.com site in all the land!

Covert Geopolitics

Beyond the Smoke & Mirrors

Catatan Harta Amanah Soekarno

as good as possible for as many as possible

Women Terrace

to say something that i never talk before

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d blogger menyukai ini: