Makkah, Arab Saudi. (www.skycrapercity.com)

Makkah, Arab Saudi. (www.skycrapercity.com)

Nabi Muhammad pernah bilang salah satu tanda kiamat sudah dekat adalah ketika orang berlomba-lomba membangun gedung pencakar langit.

Bangunan tinggi meliputi apartemen, hotel, dan perkantoran sudah mengitari sekeliling Masjid Al-Haram dan Kabah. Direktur Eksekutif the Islamic Heritage Research Foundation, London, Inggris, Dr Irfan al-Alawi membenarkan salah satu tanda kiamat pernah dikatakan Rasulullah memang sudah ada di Makkah.

“Tanda kedua adalah Makkah akan menjadi hijau dan asri karena ditanami rerumputan dan pepohonan,” kata Dr Irfan saat dihubungi melalui WhatsApp sehari menjelang pergantian tahun. “Ketiga, bila Gunung Uhud sudah tidak kelihatan lagi saat rumah, gedung, dan toko-toko sudah berdiri mengelilingi Uhud.”

Berikut penuturan Dr Irfan kepada Faisal Assegaf dari Albalad.co.

Bagaimana Saudi hingga kini bisa menyembunyikan masalah hilangnya hampir semua situs bersejarah di Kota Makkah dari perhatian umat Islam seluruh dunia?

Saudi mempengaruhi kaum muslim dengan uang mereka. Saudi juga akan memeras mereka jika berani menentang proyek perluasan dua masjid suci itu. Apalagi para pemimpin Saudi beraliran Wahabi amat setia terhadap pentolan Zionis. Mereka bahkan memakai perusahaan keamanan swasta asal Israel buat melindungi Makkah. Saudi tidak loyal terhadap dunia muslim.

Banyak orang memandang Makkah sudah seperti Manhattan atau Las Vegas. Apakah Anda merasakan Makkah tidak sakral lagi?

Sebenarnya semua wilayah di Makkah adalah tanah haram dan sangat sakral. Tapi sekarang kita merasakan kesakralan itu hanya di dalam Masjid Al-Haram dan di dekat Kabah. Ketika kita keluar dari masjid, rasanya seperti kembali ke kehidupan dunia belaka layaknya Las Vegas.

Apakah memboikot haji dan umrah cara efektif buat menghentikan proyek penghancuran itu?

Itu memang salah satu cara efektif karena permintaan akan hotel-hotel mewah bakal terhenti. Juga lantaran harga minyak terus turun Saudi merasa rugi 50 persen sehingga mereka mesti terus mengumpulkan laba dari haji dan umrah.

Makkah sudah dipenuhi gedung pencakar langit. Apakah Anda setuju salah satu tanda kiamat sudah dekat telah muncul di Makkah?

Tentu saja ini merupakan salah satu tanda kiamat bakal segera terjadi. Tanda kedua adalah Makkah akan menjadi hijau dan asri karena ditanami rerumputan dan pepohonan. Ketiga, bila Gunung Uhud sudah tidak kelihatan lagi saat rumah, gedung, dan toko-toko sudah berdiri mengelilingi Uhud.

Apa tindakan Saudi terhadap Anda karena Anda dikenal sangat lantang menolak proyek perluasan dua masjid suci?

Saya tidak melihat ada tindakan langsung terhadap saya karena saya tidak benar-benar menentang pemerintah secara langsung. Tapi saya menolak ajaran Wahabi. Mereka membela proyek itu dengan alasan diperlukan. Para pemuka Wahabi itu bilang saya seorang sufi atau Zionis. Tapi banyak orang Saudi memuji tulisan-tulisan dan hasil investigasi saya.

Tulisan-tulisan itu membikin takut kaum Wahabi sehingga mereka sedikit berhati-hati. Namun setelah beberapa waktu proyek itu dimulai lagi. Saya berdoa insya Allah bisa menghentikan penghancuran lebih lanjut dan kehancuran di Madinah serta apa yang masih tersisa di Makkah.