Telur (Freedigitalphotos/ sritangphoto)Suara.com – Telur merupakan makanan yang pasti sangat dekat dengan kita semua. Jika kamu gemar mengonsumsi telur, pasti kita semua cenderung untuk membuang cangkang atau kulitnya.

Sepertinya kulit telur tersebut tidak berguna dan tidak mempunyai fungsi apa-apa sehingga dianggap sebagai sampah. Nah, mulai sekarang tunggu dulu nih, ternyata kulit telur mempunyai banyak sekali manfaat yang luar biasa dalam kehidupan kita.

Berikut ini adalah manfaat dari kulit telur tersebut:

Pupuk

Tenyata kulit telur kaya akan kalsium. Jadi, kulit telur tersebut dapat hancur dengan sendirinya dan menyebar di tanah sehingga menjadi pupuk yang mengandung kalsium tinggi yang dibutuhkan oleh tanaman.

Wadah untuk menanam

Kita dapat menanam bibit kecil di bagian cangkang telur, dan nantinya bibit tersebut akan tumbuh sebagai tanaman, namun pastikan kita membuat lubang drainase kecil untuk memberi ruang agar bibit dapat tumbuh.

Mengatasi masalah saluran air yang tersumbat

Terkadang kita sering mengalami masalah saluran air, yaitu tersumbat sehingga mengganggu aktivitas kita. Dan seperti yang kita ketahui penanganannya juga dengan cara menusuk-menusuk saluran agar kotoran-kotoran yang menyumbat dapat mengalir dengan lancar.

Nah, disisi lain ada cara unik untuk melancarkan saluran air yang tersumbat yaitu dengan menggunakan kulit telur pastinya. Haluskan kulit telur sampai menjadi bubuk, lalu tuangkan dalam saluran yang tersumbat, kemudian biarkan selama semalaman, keesokan harinya, pastinya saluran air yang tersumbat sudah lancar kembali. Kamu juga bisa menambahkan sedikit cuka untuk hasil yang maksimal.

Pestisida organik

Dalam memasak, tentunya kita ingin menghasilkan makanan yang higienis dan aman untuk kesehatan. Dan tak banyak pula orang yang berulang-ulang kali mencuci sayuran dan buah-buahan
dengan menggunakan air.

Nah, ternyata kulit telur punya khasiat nih untuk membersihkan sayur dan buahan-buahan, selain itu sayur dan buah-buahan tersebut tidak akan rusak, karena kulit telur mampu mengusir hama, seperti siput, lalat atau ulat.

Makanan hewan

Kulit telur yang kaya akan kalsium, zat besi dan mineral, dapatkita berikan kepada hewan peliharaan kita. Mudah saja caranya, tinggal tambahkan kulit telur yang sudah dihancurkan dengan halus, lalu dicampurkan kedalam makanan hewan peliharaan kita. Justru dengan mencampurkan kulit telur dalam makanan hewan, dapat memberikan tambahan nutrisi yang dibutuhkan oleh hewan.

Membersihkan peralatan dapur

Selain menggunakan air dan sabun, yang dimana seperi biasa kita lakukan untuk membersihkan peralatan kita, ternyata ada cara lain untuk membersihkannya, yaitu dengan mencampurkan kulit telur yang dilumatkan dengan cuka. Dalam hal ini, merupakan sebagai pengganti sponge atau scrub untuk membersihkan peralatan dapur.

Perawatan kulit

Khasiat lain dari kulit telur adalah keampuhannya melawan penuaan dini dan membuat kulit bersinar. Caranya, haluskan cangkang telur dan campur dengan putih telur. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan biarkan sampai kering. Setelah 5 sampai 10 (sampai kering), bilaslah dengan air dingin untuk mendapatkan wajah yang bercahaya dan kulit wajah yang lentur.

Mengurangi rasa pahit pada kopi

Selera orang dalam meminum kopi tentu berbeda, ada yang suka kopi dengan rasa yang pahit, adapula yang menyukai kopi yang rasanya manis. Namun, banyak kendala bagi orang-orang yang menyukai kopi manis adalah mereka ingin menghindari gula, untuk kesehatan mereka.

Nah, kembali lagi, kulit telur mempunyai aksi yang cukup unik disini. Selain gula, kita dapat menggunakan alternatif lain yaitu dengan menggunakan kulit telur yang sudah dihaluskan ke dalam gelas. Masukkan bubuk kopi kemudian baru diseduh. Hal ini sama sekali tidak akan merusak rasa atau aroma kopi, tapi akan mengurangi rasa pahitnya.

Jadi, ternyata hal sepele seperti kulit telur yang biasanya hanya kita buang, ternyata mempunyai banyak sekali manfaat. Melalui pembelajaran tentang manfaat kulit telur, kembali lagi kita diingatkan untuk menyepelekan hal-hal kecil di sekitar kita, karena ternyata justru hal-hal yang kita abaikan, mempunyai keunggulan-keunggulan yang dapat menolong kita.

So, mulai sekarang, setelah menggoreng, memasak, atau merebus telur, sebaiknya kulitnya jangan buru-buru dibuang ya.

Dikirim oleh Felicia Ivana Benedictus, mahasiswi The London School of Public Relations, Jakarta, Twitter @CiaBenedictus

Anda memiliki cerita atau foto menarik? Silakan kirim ke email: yoursay@suara.com

http://suara.com/yoursay/2014/06/19/121017/sejuta-manfaat-kulit-telur-untuk-kehidupan/