1 Komentar

Al-Quran dan Peradaban Baru Islam

by Prof.Dr. Seyyed Movid Hoseini Kouhsari

October 4, 2013 at 9:19am

Sekian lama banyak Negara dunia telah berada di bawah hegemoni pemikiran marxisme, namun kini terlihat bahwa idiologi ini tidak banyak berpengaruh lagi.

Dan sebagian Negara-negara penting dunia sedang berada dalam hegemoni idiologi demokrasi leberalisme, namun kini pun sedang dilanda kejenuhannya.

Semua isme dan kosep idiologi dunia telah melakukan promosi bombastis dan menawarkannya dengan segala kemampuan, namun itu semua kini malah membuat manusia jenuh dan bosan tidak mampu menampilkan kebahagiaan dalam kebingungan dirinya.

Bahkan agama-agama seperti KonfusianismeHinduismeTaoismeShintoisme dan lain-lainnya tidak banyak mengklaim diri, malah secara fundamental tidak mampu menyuguhkan sebuah peradaban bagi umat manusia.

Masa depan harus ada sebuah peradaban dan idiologi yang mampu dalam surutnya sejarah manusia yang berada dalam putus asa dan putus harapan, berperan menuntun dan mengatur mereka

Peradaban masa depan adalah khusus bagi idiologi yang  memiliki kemampuan dan yang dapat merealisasikan adanya para penganutnya.

Dari satu sisi bahwa kita umat Islam meyakini bahwa Al-Quran memiliki kapasitas untuk membangun peradaban dan system hidup, satu-satunya jalan untuk dapat sampai kepada peradaban baru Islam adalah dengan merujuk kembali kepada Al-Quran dalam segala dimensi kehidupan

Al-Quran harus menjadi rujukan paling fundamental dan sebagai sumber yang meyakinkan, juga umat harus konsekwen terhadapnya,  mereka harus berkeyakinan bahwa Allah adalah Maha Bijaksana untuk menjadikan para pemikir dan orang-orang bijaksana muslim lebih baik untuk memimpin umat.

Rujukan pengetahuan Al-Quran membutuhkan pembaharuan dan pengkajian ulang, yaitu terhadap dasar-dasar pemahaman dan tafsir Al-Quran, terhadap tema-tema serta pasal-pasal ulum Al-Quran, terhadap metodelogi pemahaman dan tafsir Al-Quran, terhadap kreasi dan karya qurani,  terhadap fakultas-fakultas ilmiah  dan universitas-universitas Al-Quran, terhadap metodelogi pembelajaran Al-Quran dan ulum Al-Quran, termasuk juga terhadap penelitian-penelitian Al-Quran

Tolok ukur dan skup semua kajian ulang harus kembali merujuk kepada rujukan pengetahuan pemikiran Al-Quran dalam membangun peradaban baru Islam

Masa depan begitu dekat berada dalam genggaman tangan umat islam Insya Allah jika mereka menghendaki, kemudian merencanakan dan akhirnya melaksanakannya.

Iklan

One comment on “Al-Quran dan Peradaban Baru Islam

  1. yarfal il-lahullaziina aamanuu minkum wallazia uutul ilma darajat,surah al mudajalah ayat 5 artinya ,allah akan mengangkat orang orang yang beriman diantara kamu dan orang orang yang diberi ilmu pengetahuan kepada derajat yang tinggi……….keterangan pada ayat di atas ialah antara ketinggian ilmu fardhu ain dan ilmu fardhu kifayah…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atlantis in the Java Sea

A scientific effort to match Plato’s narrative location for Atlantis

sembrani

bertukar ide, melampaui mimpi bersama

Nurul Wirda

0812-8267-9182

aawanto

The greatest WordPress.com site in all the land!

Covert Geopolitics

Beyond the Smoke & Mirrors

Catatan Harta Amanah Soekarno

as good as possible for as many as possible

Women Terrace

to say something that i never talk before

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d blogger menyukai ini: