2 Komentar

Situs Gunung Padang Akan Dibahas Dalam Pertemuan Internasional Kebudayaan

Rabu, 04 Desember 2013 | 04:14

   Email

 
Batu-batu balok jenis batuan beku andesit terhampar berserakan di situs Megalith Gunung Padang, Kab. Cianjur, Jawa Barat.
Batu-batu balok jenis batuan beku andesit terhampar berserakan di situs Megalith Gunung Padang, Kab. Cianjur, Jawa Barat. (sumber: Antara)

Bandung – Penelitian tentang Situs Megalitikum Gunung Padang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, akan dibahas dalam Pertemuan Internasional Kebudayaan “Gotrasawala” yang akan digelar oleh Pemerintah Provinsi Jabar pada tanggal 5 hingga 7 Desember 2013.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, di Bandung, Selasa (3/12), mengatakan situs Gunung Padang merupakan situs kontroversial yang saat ini tengah ramai diperbincangkan oleh sejumlah pihak di dalam negeri.

Oleh karena itu, kata Wagub Jabar, tidak ada salahnya jika situs tersebut diangkat dalam sebuah seminar yang menjadi rangkaian acara Gotraswala dan dibahas melalui berbagai persepsi.

“Dalam penelitian Gunung Padang ini, kita tidak hanya mengundang para peneliti dari dalam negeri. Beberapa peneliti lain seperti Graham Hancock (Belanda), Robert Schoch (Boston University) dan Richard Hansen (Idaho State) turut hadir untuk ikut memberikan pandangan terkait situs Gunung Padang yang belakangan ini ramai diperbincangkan,” kata dia usai press conference Gotrasawala di Hotel Savoy Homann Bandung.

Menurut dia, pembahasan situs Gunung Padang merupakan isu seksi yang mendunia sehingga momentum ini menjadi ajang berbagai disiplin ilmu baik arkeolog, geolog, sejarawan, dan lain-lain untuk menguak ada apa di balik situs ini.

Akan tetapi, lanjut dia, dengan adanya seminar terkait Gunung Padang dalam rangkaian Gotraswala ini bukan berarti untuk menyamakan persepsi terkait situs megalitikum tersebut.

“Tapi melalui pembahasan yang menyeluruh dari berbagai sudut pandang, maka bukan tidak mungkin akan membantu penelitian Gunung Padang yang saat ini masih terus digali,” katanya.

Pihaknya menyakini nantinya akan banyak persepsi namun Situs Gunung Padang ini tidak boleh dibiarkan.

“Hal ini menandakan peradaban manusia yang pernah ada dan harus diteliti. Seandainya ini lebih tua dari Mesir, seperti yang ramai diperbincangkan maka seluruh teori kebudayaan dunia akan berubah. Ini salah satu kekayaan yang harus dibahas secara menyeluruh,” katanya.

Pihaknya berharap, melalui gelaran Gotrasawala ini potensi dan gaung seni budaya Jabar bisa diketahui oleh masyarakat dunia internasional sehingga ekonomi kreatif dari budaya di Jawa Barat bisa terangkat dengan sendirinya.

“Selain itu, melalui Gotrasawala diharapkan kesenian tradisional yang ditampilkan mampu mewakili keanekaragaman kesenian tradisional Jawa Barat yang akan mendunia,” katanya.

Penulis: /YUD

Sumber:  Antara

http://www.beritasatu.com/nusantara/153518-situs-gunung-padang-akan-dibahas-dalam-pertemuan-internasional-kebudayaan.html

2 comments on “Situs Gunung Padang Akan Dibahas Dalam Pertemuan Internasional Kebudayaan

  1. Request dong Kang! Saya ingin tahu apa itu agama Sunda, kitab agama Sunda, dan perbedaan agama Sunda dengan agama Sunda Wiwitan! Terima kasih Saya tunggu artikelnya!

  2. Request dong Kang! Saya ingin tahu apa itu agama Sunda, kitab agama Sunda, dan perbedaan agama Sunda dengan agama Sunda Wiwitan! Terima kasih Saya tunggu artikelnya ya!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

sembrani

bertukar ide, melampaui mimpi bersama

Nurul Wirda

Semerbak Mawar yang dengan senang hati memancarkan Cahayanya

aawanto

The greatest WordPress.com site in all the land!

Covert Geopolitics

Beyond the Smoke & Mirrors

Catatan Harta Amanah Soekarno

as good as possible for as many as possible

Women Terrace

to say something that i never talk before

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d blogger menyukai ini: