7 Komentar

Teknologi Istimewa Situs Gunung Padang

Situs Megalitikum Gunung Padang di Cianjur - Jawa Barat

Situs Megalitikum Gunung Padang di Cianjur – Jawa Barat

Inisiator Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) Gunung Padang, Andi Arief menyatakan, tim mereka sedang menulis laporan lengkap hasil riset Gunung Padang, yang melibatkan sejumlah disiplin ilmu. Laporan riset ini, diharapkan menjadi masukan untuk Presiden SBY, dalam memberikan arahan selanjutnya.

Ada empat lapisan kebudayaan di Situs Gunung Padang, Cianjur – Jawa Barat, yakni lapisan 600 tahun sebelum Masehi, 4.900 tahun sebelum Masehi, 11.500 tahun sebelum Masehi serta 25.000 tahun sebelum Masehi.

Hasil temuan di lapisan 3 dan 4 sangat berbeda dengan lapisan 1 dan 2. Lapisan 1 dan 2 secara otomatis UU Cagar Budaya menyatakan itu wajib ditindaklanjuti oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta pemerintah daerah.

“Lapisan 3 dan 4 yang “sangat istimewa” dan “tiada duanya” di dunia. Temuan ini kelihatannya bukan wilayah Kemendikbud,” ujar Andi Arief.

“Kita akan meminta arahan Presiden, ke instansi manakah “teknologi dahsyat” dan “bermanfaat buat rakyat” ini diserahkan. Apakah kepada Kementerian Pertahanan, Kementerian ESDM, TNI-POLRI, semuanya sesuai arahan Bapak Presiden”, tambah Andi.

“Tugas keilmuan tim ini telah berhasil menemukan sesuatu yang indah pada waktunya. Living monument buah mahakarya leluhur kita ditemukan oleh kita sendiri. Jika kolonialisme mencari ini 350 tahun, Tuhan memberi kemudahan bagi kita semua untuk menemukannya hanya dalam tempo 2,5 tahun,” ujar Staf Khusus Presiden bidang Bencana Alam dan Bantuan Sosial itu.

Riset terakhir yang dilakukan adalah pengambilan citra situs, mirip dengan teknik USG pada wanita hamil saat melihat kandungan. Kini tim sedang menunggu sejumlah hasil uji laboratorium atas beberapa sampel baru.

TTRM secepatnya akan menyelesaikan kewajiban kepada warga, tenaga lokal, rental alat dan lain-lain. Selama ini TTRM bekerja mandiri, tidak dengan uang negara. TTRM berharap bisa menutup galian ekskavasi bersama masyarakat.

Konstruksi Arsitektur  Situs Megalitik Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat (photo:http://nrmnews.com)

Konstruksi Arsitektur Situs Megalitik Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat (photo:http://nrmnews.com)

Danny H. Natawidjaja, Koordinator TTRM Gunung Padang, mengungkapkan, penelitian tim terpadu selama ini, banyak kemajuan positif untuk mengungkap tuntas situs purba tersebut. Temuan-temuan sejauh ini menyimpulkan situs Gunung Padang sangat istimewa, antara lain bisa dilihat dari luas situs dan ketinggian yang bahkan lebih besar dari Borobudur. Belum lagi jika menyinggung bahwa situs itu dibangun lebih dari satu lapis budaya.

Apa Keistimewaan Situs Gunung Padang ?
Staf Khusus Presiden bidang Bencana Alam dan Bantuan Sosial, Andi mengatakan, ada temuan yang sangat istimewa dan teknologi dasyat di situs Gunung Padang, yang kemungkinan bukan wilayah Kemendikbud, melainkan Kementerian Pertahanan, Kementerian ESDM, atau TNI-POLRI. Apa sebenarnya temuan itu ?. Andi belum menjelaskannya.

Ketua Tim Penelitian Terpadu Mandiri Gunung Padang, Ali Akbar sedikit memberi gambaran tentang temuan istimewa itu. Hasil penelitian tim arkelologi Situs Megalitikum Gunung Padang, di Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Cianjur ditemukan struktur bangunan yang bentuknya jauh berbeda dengan struktur bangunan Gunung Padang yang saat ini terlihat secara kasat mata.

situs-megalitikum-gunung-padang-1

Pada eskavasi yang dilakukan di kedalaman 1 hingga 4,5 meter, ditemukan batuan yang justru tidak saja hanya disusun namun sudah direkatkan dengan campuran semacam semen purba.

“Pada kedalaman 1 hingga 4,5 meter ini, telah diteliti dan diuji Laboratorium Beta Analityc Radiocarbon Dating (BETA) di Miami, Amerika Serikat. Diketahui usai banguann itu sekitar 4500 SM, namun mempunyai teknologi mendirikan bangunan lebih canggih dibanding di struktur luarnya yang diperkirakan berusia 500 SM,” ucap Ali Akbar.

Peradaban pada usia bangunan lebih tua, justru mempunyai peradaban yang tinggi dibanding peradaban pada bangunan di atas dengan usia lebih muda. Hal ini menandakan adanya penurunan peradaban entah disebabkan karena bencana alam atau peperangan yang membuat sejumlah manusia saat itu menghilang/musnah.

Konstruksi Tersembunyi Situs Gunung Padang

Konstruksi Tersembunyi Situs Gunung Padang

Semen Purba dari Besi
Tinggi peradabaan pada era sebelaumnya, juga ditandai dengan kompisisi semen purba yang sudah mengandung besi. Padahal, dalam batu yang juga mengandung unsur besi, hanya ditemukan palingbanyak 3 persen kandungan besi.

“Setelah kami teliti juga ada kandungan besi yang lebih dominan dalam struktur pada kedalaman sekitar 4,5 meter yang mencapai 45 persen kandungan besi, 15 persen tanah liat, dan sisanya silika,” ucapnya.

Dari temuan tersebut, tim menduga manusia di situs Gunung Padang ini telah megetahui kandungan besi yang bisa merekatkan bebatuan.

“Mereka tahu batu mana saja yang mengandung besi lalu mereka tumbuk dan kemungkina mereka bakar pada panas tertentu untuk melelehkan dan dicampur tanah liat dengan beberapa bahan, sehingga terciptalah semen purba. Ini menunjukan peradaban yang sangat tinggi saat itu,” ucapnya.

Bahkan, diantara struktur tersebut ditemukan pecahan logam besi sepanjang 10 centimeter. Pembangunan itu diduga dilakukan oleh beberapa generasi.

gunung-padang

Sebagai pembanding, Candi Prambanan yang dibuat pada sekitar 800 Masehi didirikan di atas tanah urukan setebal 14 meter.  Jika di Gunung Padang ditemukan susunan batu buatan manusia sampai dengan kedalaman 8 meter, maka dunia pun akan tercengang.

“Pada kedalaman tersebut kemungkinan akan ditemukan bukti peradaban umat manusia pada 11600 SM. Padahal peradaban besar dunia baik di Mesopotamia, Mesir, maupun Yunani yang tertua berusia sekitar 4000 SM,” ujarnya.

Bentuk struktur bangunannya pun jauh berbeda dibanding banguann luar Gunung Padang. Beberapa batu yang direkatkan dengan semen, diduga merupakan dinding bangunan yang bentuknya tidak berundak.

Apakah yang dimaksud Andi Arif dengan temuan sangat istimewa dan teknologi dasyat di situs Gunung Padang -bisa terkait Kementerian Pertahanan, Kementerian ESDM, atau TNI-POLRI-, adalah teknologi semen besi tersebut ?. Kita tunggu penjelasan Presiden SBY.

Iklan

7 comments on “Teknologi Istimewa Situs Gunung Padang

  1. Izin baca artikel nya om 🙂

  2. secanggih apa teknologi yang ditemukan di Gunung Padang hingga domainnya ke Kementerian pertahanan

  3. Subhannallah … INDONESIA..

  4. Situs gunung padang memang memberikan kejutan kepada kita khususnya bangsa Indonesia dan nanti barangkali akan mengejutkan umat manusia di seluruh jagat raya ini, masih banyak hal hal yang harus kita selidiki lebih lanjut dan mendetail karena ini akan sangat berpengaruh kepada sejarah umat manusia yg penuh misteri dan banyak hal yg belum terpecahkan hingga kini, selain banyak yg harus kita pelajari lagi tentu juga akan banyak muncul pertanyaan di benak kita semua yaitu antara lain :
    1.Apakah benar usia situs ini sekitar 2000 s/d 25.000 thn sebelum masehi..dimana pada jaman tersebut adalah jaman kegelapan, maksudnya manusia pada abad sekarang ini sedikit sekali memiliki bukti jejak jejak jaman prasejarah khususnya peradaban manusia pada tahun tahun tersebut, tidak ada artefak apalagi catatan sistematik yg bisa dibaca mengenai kehidupan manusia prasejarah ini. teori darwinpun sampai saat ini masih menyisakan sebuah “missing link” bagi para ilmuwan.
    2.Apakah benar situs gunung padang ini dibuat oleh manusia purba bangsa Indonesia umumnya atau manusia sunda pada jaman lampau atau bangsa lain dari belahan dunia lain pula yang kemudian ditinggalkan begitu saja,atau bahkan mungkin allien yg sampai saat ini juga masih dipercaya pernah “berbuat” sesuatu di muka bumi ini..? karena dari bukti bukti yg ada di belahan dunia lain banyak object yg tak mungkin dibuat oleh manusia purba..? karena pada jaman itu tak pernah ada tehnologi semaju saat ini.seperti halnya candi borobudur yg hingga saat ini masih menyisakan banyak misteri pembangunannya,sehingga masyarakat dunia menyatakan bahwa candi borobudur adalah sebuah keajaiban dunia..? apakah bangsa indonesia purba sudah benar benar sepandai itu..?saya sendiripun jika berkunjung ke candi tiu masih geleng geleng kepala tanda takjub apalagi jika saya mengunjungi situs gunung padang yg jauh lebih tua dan lebih besar.jika benar semua itu adalah prestasi bangsa indonesia seharusnya kita bangga jika nenek moyang kita adalah salah satu bangsa yg pandai didunia.
    3.Apakah nanti para ahli bangsa kita dapat kembali menyusun rangkaian bangunan semacam candi di situs gunung padang seperti yg telah dilakukan di candi borobudur..?misteri apakah yang menyelimuti situs itu.? mengapa berada disana dan apakah ada situs situs lain yang berhubungan dengan itu di sekitar tatar sunda yang lainnya..?
    4.Situs gunung padang ini diyakini dapat merubah peta sejarah peradaban umat manusia, bagaimana itu terjadi dan seperti apakah peta yang baru tersebut,dan apakah para ahli purbakala dapat menyimpulkannya..?

    Itu saja yang ada dipikiran saya ketika tahu ada bukti baru tentang sejarah bangsa indonesia..dan tentu saja untuk menjawab semua itu masih perlu waktu yang sangat panjang..Semoga.

  5. akses ke situs padang dari Jakarta gmna ya? dari Cipanas jauh lg gk? apa harus naik motor? tidak bisakah naik mobil?

  6. candi /punden berundak /piramid. fungsi utamanya sebagai berikut :
    1 .untuk melemahkan tekanan gunung berapi.
    2 .menjaga sumber air tetap mengalir.
    3 .menjaga supaya permukaan tanah selalu bertambah tinggi
    4 .media untuk terbang ke langit pada saat tertentu
    5 .transceiver komunikasi antara penduduk bumi
    6 .keseimbangan.
    beruntung pada jaman dahulu belum ada percetakan sehingga ilmu tersebut masih orisinil belum di bajak.
    kita selalu membahas situs situs jaman dahulu bukannya menunjukkan kemajuan kita,tetapi justru menunjukkan kebodohan kita !nggak percaya ?,buktikan saja!

  7. yang sebenar-nya leluhur bangsa nusantara ini sememang-nya manusia manusia pintar…….tapi dengan kedatangan sang perampok …maka semua kepintaran itu sampai habis di rampok semua-nya…olek para perampok yang dating-nya kemudian itu…….sehingga kepintaran leluhur bangsa nusantara ini…..seperti gak mungkin diwarisi lagi sama keturunan-nya…….?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atlantis in the Java Sea

A scientific effort to match Plato’s narrative location for Atlantis

sembrani

bertukar ide, melampaui mimpi bersama

Nurul Wirda

Semerbak Mawar yang dengan senang hati memancarkan Cahayanya

aawanto

The greatest WordPress.com site in all the land!

Covert Geopolitics

Beyond the Smoke & Mirrors

Catatan Harta Amanah Soekarno

as good as possible for as many as possible

Women Terrace

to say something that i never talk before

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d blogger menyukai ini: