2 Komentar

Polemik Ustad Solmed Menurut Jalaludin Rakhmat

Polemik Ustad Solmed Menurut Jalaludin Rakhmat

17 August 2013 | 14:01

Oleh: Dewa Gilang

 Rakhmat atau Kang Jalal pernah menulis kolom berjudul “Mubaligh Pop” di majalah Ummat. Kang Jalal berteori, dulu di Indonesia, ulama adalah seorang sufi atau faqih. Sufi, menurut Kang Jalal, adalah ahli jalan ruhani, dan fakih adalah ahli hukum agama. Faqih memberikan bimbingan praktis tata cara hidup beragama, sedangkan sufi membimbing hati manusia dalam mendekatkan diri kepada Allah.

Belakangan, lanjut Kang Jalal, muncul kelompok modernis, yang menyerang otoritas ulama sufi dan f

aqih tadi. Mereka mengatakan, taklid atau mengikuti pendapat ulama tidak dianjurkan. Orang harus berijtihad atau mencari kebenaran agama langsung dari Alquran dan Hadis. Kelompok modernis ini selalu mengatakan bahwa setiap orang adalah “mubaligh”, da’i, dan harus menjadi “mubaligh”, da’i. Penyampai pesan agama, walau hanya satu ayat.

Kemudian, lama-kelamaan tawaran kaum modernis ini tidak memuaskan umat. Benturan nilai-nilai moral yang makin dahsyat di era global membuat masyarakat kembali rindu pada otoritas ulama tradisional sebagai pegangan.

Namun sayang, demikian Kang Jalal, yang muncul kemudian bukan ulama sufi atau faqih, melainkan “mubaligh Pop” alias “Ustad gaul”. Mubaligh Pop, tulis Kang Jalal, diciptakan oleh media. Mereka tidak tampil apa adanya, tetapi dalam citra-citra yang diciptakan oleh media. Dakwahnya diatur oleh efek suara, tata letak dan visual media. Kepandaiannya menghibur dan berakting lebih diutamakan ketimbang kedalaman ilmunya. Hubungannya dengan Jamaah layaknya hubungan artis dengan fans. Mereka dibayar mahal. Pakaian, kendaraan, dan rumahnya cenderung mewah.

Jika Kang Jalal mengistilahkannya dengan “Mubaligh Pop”, Mbah Ohim, sesepuh di kalangan santri, beda lagi. Mbah menyebut para Ustad itu dengan “selebriti”. Bagi Mbah, mereka bukan Ustad layaknya Ustad jaman Mbah ketika muda. Maka berceritalah Mbah tentang kedalaman ilmu Mama Gentur di Cianjur, keluhuran akhlak Uwa Ajengan Khair di Tasikmalaya, dan kesederhanaan hidup Seorang Kiai di Ciwaringin, Cirebon.

Menurut Mbah, Kiai itu gelar paling mahal. Tidak bisa dituntut oleh pendidikan tinggi manapun jua. Meskipun “nyantri” belasan tahun, fasih berbahasa Arab, berjubah, dan kuliah agama hingga Luar negeri, maka seseorang belum bisa disebut sebagai Kiai. Gelar Kiai, bagi Mbah, adalah gelar “Tuhan”. Tuhan yang langsung melantiknya melalui pengakuan masyarakat terhadap kedalaman ilmu serta keluhuran akhlak orang itu.

Sehingga Mbah hanya bisa termangu-mangu ketika menyaksikan ada acara pemilihan da’i di stasiun televisi, yang divote melalui SMS. Dengan sinis Mbah menyebutnya dengan “Ustad SMS”, “da’i selebritis”.

Baik Kang Jalal atau Mbah Ohim ada benarnya. Kang Jalal benar ketika menyatakan bahwa mereka diciptakan oleh media. Media-lah yang menasbihkan mereka sebagai “Ustad”, dan bukan masyarakat. Sehingga tidak usah heran jika sebagian masyarakat terkesan meremehkan kehadiran mereka. Perlahan-lahan unsur “entertaiment” menggeser informasi. Tujuan utamanya ialah bagaimana menghibur pendengar, bukan lagi bagaimana memberi kesadaran. Dengan demikian, kemampuan akting menggantikan kemampuan mengucapkan Alquran dan Hadis dengan fasih.

Bagi Kang Jalal, Mubaligh Pop tidak sama dengan kebanyakan kita. Mereka hidup dalam dunia mimpi kita. Mereka terkenal, kaya-raya, dan berdiri di tengah-tengah orang-orang yang cantik jelita. Buat media massa, Mubaligh Pop adalah pembuat berita. Kehidupan pribadinya menjadi sorotan. Hidung media massa masuk sampai ke dapur dan kamar tidurnya. Semua itu demi memuaskan para fans-nya.

Lalu salahkah para “Mubaligh Pop” itu? Belum tentu. Sebab, mereka ada karena kita memang menyukainya. Bagaikan hukum dagang, selagi ada permintaan maka di situ selalu ada barang. Mubaligh Pop senantiasa ada karena masyarakat kita memang meminta kehadirannya.

Berangkat dari Kang Jalal-lah kita seyogyanya memandang kasus yang tengah membelit Ustad Solmed. Media massa turut “membesarkan” nama Ustad Solmed. Sosoknya juga kerap menghiasi layar kaca yang menyayangkan infotaiment, berbanding dengan gosip para selebritis. Dan senantiasa akan terus begitu selagi masih ada permintaan. Selagi masyarakat masih menggemarinya, maka selama itu pula kita akan menyaksikan perseteruan antara Ustad dengan para fans-nya.

Gitu aja koq repot!

Ditulis sebagai tanggapan atas polemik Ustad Solmed.

Iklan

2 comments on “Polemik Ustad Solmed Menurut Jalaludin Rakhmat

  1. wong becik ketitik, wong ala ketara – orang baik akan tampak, orang jahat akan terungkap ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atlantis in the Java Sea

A scientific effort to match Plato’s narrative location for Atlantis

sembrani

bertukar ide, melampaui mimpi bersama

Nurul Wirda

0812-8267-9182

aawanto

The greatest WordPress.com site in all the land!

Covert Geopolitics

Beyond the Smoke & Mirrors

Catatan Harta Amanah Soekarno

as good as possible for as many as possible

Women Terrace

to say something that i never talk before

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d blogger menyukai ini: