1 Komentar

Gunung Padang Bisa Jadi Situs Peradaban Tertua di Dunia

Gunung Padang Bisa Jadi Situs Peradaban Tertua di Dunia

Situs Gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat bukanlah situs purbakala biasa; melainkan diperkirakan merupakan monumen raksasa yang luasnya mencapai 10 kali luas Candi Borobudur. Tidak hanya itu, situs ini diperkirakan berusia lebih dari 13000 tahun. Alias lebih tua dari berbagai peradaban kuno dunia.

Sebutkanlah berbagai situs peradaban tertua di dunia seperti peradaban Mesir Kuno, Mesopotamia, atau peradaban bangsa Arya. Menurut Prof. Danny Hilman Natawidjaja, koordinator tim Peneliti Mandiri Terpadu Gunung Padang, peradaban-peradaban tersebut diperkirakan berjejak sekitar 2500 hingga 4000 tahun Sebelum Masehi.

Akan halnya Gunung Padang ini, memiliki setidaknya tiga lapisan. Yang paling atas berumur muda, sekitar 500 tahun SM.  Lapisan di bawahnya berusia sekitar 7000 SM. Yang paling mengejutkan adalah lapisan terbawah yang diperkirakan berusia 13 ribu tahun. Artinya, jika penelitian terhadap Gunung Padang dilanjutkan dan terbukti kebenarannya, situs tersebut bisa mengubah peta peradaban dunia. Bahwa mungkin-mungkin saja Nusantara menjadi sumber segala peradaban.

“Peradaban dunia yang dikenal manusia itu kan yang majunya baru sekitar 6.000 tahun, Mesopotamia, kemudian yang di Mesir, (Piramida) Giza itu, yang 2.500-2.800 tahun Sebelum Masehi. Itu yang dianggap sebagai peradaban tertua di dunia. Kalau kita bilang Gunung Padang usianya 13.000 tahun, tumbang semua. Itu tentunya akan menjadikan kita (Indonesia) yang menjadi pusat peradaban di masa lalu,” cetus Danny.

Tidak hanya masalah usia, Gunung Padang juga unik, karena faktor luasnya yang mencapai 150 hektar. Dituturkan Danny Natawidjaja seperti dikutip oleh VOA Indonesia, “Gunung Padang itu suatu monumen yang besar. Punden berundaknya yang lapisan pertamanya itu tingginya sampai 100 meteran, jadi luasnya 150 hektar, yang jelas 10 kali lebih besar dari bangunan (Candi) Borobudur.”

Penelitian terhadap Situs Gunung Padang sendiri sudah berlangsung sejak November 2011. Sejauh ini disimpulkan susunan batu pada situs tersebut sudah tergolong maju; mirip dengan teknologi situs Machu Pichu di Peru.

Foto: VOA/R. Teja Wulan

Sumber: http://sidomi.com/191656/gunung-padang-bisa-jadi-situs-peradaban-tertua-di-dunia/

About these ads

One comment on “Gunung Padang Bisa Jadi Situs Peradaban Tertua di Dunia

  1. Indonesia sangatlah tepat jika mjd letak peradaban tertua di dunia krn letak indonesia di katulistiwa shg mendapatkan siang dengan penuh.
    Dapat kita prediksi bahwa saat jaman es diseluruh permukaan bumi mana yg tidak tertutup es kecuali di belahan bumi katulistiwa. dan disitulah kehidupan dimulai di belahan bumi katulistiwa yaitu nusantara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan Safari ANS

Terlambat Satu Detik Kerugian Satu Milyar

Women Terrace

Where is women can feel free

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.956 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: