61 Komentar

MISTERI TEMPAT TURUNNYA NABI ADAM

MISTERI TEMPAT NABI ADAM TURUN

Berbagai versi menyebutkan di tempat mana di planet bumi ini Nabi Adam turun dari Surga. Bermacam orang dan agama banyak yang berpendapat beda. Lantas jangan dijadikan suatu permasalahan perbedaan itu. Toh kita semua pun juga tak tahu sejelasnya dimana Adam turun

telapak kaki raksasa pada tebing batu di kec kayangan KLU

. Mengingat sumber-sumber,bahkan dari al qur’an pun sengaja memberikan keterangan yang sedikit. Barangkali biar manusia yang berakal bisa mencari sendiri dengan kekuatan mereka.Ada yang bilang jika Nenek moyang kita itu Diturunkan di Srilanka,di bukit syafa dan marwa, ada juga yang percaya beliau diturunkan di belanda,skandinavia,di india dan masih banyak pendapat berbeda lainnya. Saya disini juga akan mengkaitkan dari apa apa yang telah kupelajari tentang keberadaan turunnya nabi Adam,semoga artikel saya bisa bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan buat kamu,lalu dapat memaklumi bila ada hal yang kurang nyaman di hati.

Memang banyak yang meyakini bahwa Nabi Adam pertama kali turun di Srilanka. Apalagi disana terdapat bekas jejak tapak kaki besar yang berada di gunung Sri pada. Yang dinamakan Adam peak yang dipercayai sebagai tapak kaki nabi Adam. TheAdamPeak ini terletak kira-kira 7359 kaki diatas permukaan laut. Bukan hanya sebagian islam dan agama kristen yang mempercayai. Bahkan Budha Dan Hindu juga percaya the Adam peak memiliki kesan sebagai tapak kaki Buddha dan Dewa Shiva(hindhu).

Tapi kalau saya juga boleh berpendapat. Masih ada hal yang kurasa kurang untuk ikut juga meyakini. Memang banyak orang percaya bahwa Adam itu adalah manusia raksasa. Bahkan suatu terjemahan hadist yang pernah kubaca pun juga berkata demikian. Tapi yang masih menimbulkan tanya buat saya itu adalah ketika aku juga membaca suatu artikel lagi bahwa Adam Diturunkan di India. Bukannya saya menentang pendapat bila Adam peak di Srilanka bukanlah jejak adam,tapi secara kebetulan diwaktu sebelumnya.saya telah memposting artikel dari yang telah kupelajari yang berceritakan perjalanan rama(Ramayana).Lalu adakah hubungannya,antara Nabi Adam,Adam peak di Srilanka,bahkan ramayana itu sendiri? Dan dibawah ini yang saya dapatkan dari pertanyaan pertanyaan saya selama ini.

Dalam Ramayana dikisahkan Bahwa Raja Rama bersama pasukan perang akan bertolak dari ayodhya(india kuno) menuju negeri alengka guna menyelamatkan devi sitha yang diculik raja ravana. Lalu adakah kaitan ramayana dengan adam peak di srilanka? Barangkali jika kamu juga pernah tau pewayangan. Raja Ravana atau Rahwana(jawa) itu bertubuh raksasa yang menguasai kerajaan alengkadiraja. Dan aku sendiri mulai meyakini bahwa negeri alengka itu adalah Srilanka yang ada sekarang. Yang membuat aku yakin adalah: jika ayodhya adlah bagian di India sekarang berarti antara india dan srilanka dipisahkan lautan. jadi lewat mana dan melalui apa pasukan rama pergi menyerbu raja ravana pemimpin negeri alengka? Diceritakan juga bahwa dalam keberangkatan raja rama bertempur,sang rama memerintahkan sebagian pasukan yaitu ras manusia kera yang sudah punah sekarang,untuk membangun jembatan menyeberangi laut yang menghubungkan antara ayodhya dan alengka guna sebagai jalan pasukan rama untuk memudahkan perjalanan pasukannya menyerbu alengka. Jembatan dinamakan Situbandha. Jika benar ayodhya di india dan alengka itu srilanka. Maka hal mencengangkan akan terjadi. Ternyata jembatan itu memang ada,jembatan yang ada peneliti mengatakan bahwa garis yang menghubungkan india-srilanka itu bukanlah terjadi oleh alam tapi ada yang membuatnya.mengingat jembatan itu terdiri atas bebatuan yang ditumpuk secara tertata. Bahkan ada yang nenyatakan kalau jembatan itu berusia lebih dari sejuta tahun! Itulah yang dinamakan Rama bridge atau Adam bridge. Yang akupun juga yakin bahwa itu jembatan situbandha,dimana sekarang sudah terendam air laut pasca peninggian air laut. Tapi masih
Jelas terlihat dari permukaan.

Sekarang mari kita hubungkan antara adam peak(tapak adam) di srilanka dan kisah raja ravana si ras manusia raksasa dari lanka(alengka). Menurut saya pribadi bahwa dugaan tapak kaki Adam di Srilanka itu bukanlah tapak nabi Adam. Melainkan tapak Ras manusia Raksasa seperti raja Ravana.  Jadi dimanakah Adam diturunkan? Saat ini saya cenderung memihak pendapat bahwa Sang Nabi diturunkan di INDIA,sedang Hawa terpisah dengan Adam dan diturunkan di JEDDAH. yang membuat tertarik adalah saat aku baca mungkin bersumber dari suatu hadist. Dikatakan bahwa Turunnya Nabi Adam adalah di India,di daerah Serendib. Secara gamblang disebutkan seperti itu. Ada yang bersumber mungkin dari hadist juga mengatakan, bahwa sebelum Mereka diturunkan ke bumi. Tidak ada emas disana lalu setelah Adam dan Hawa turun. Tuhan mulai perintahkan bumi untuk memproses pembuatan emas,sebagai peralatan dan mahar pernikahan anak cucu mereka. Lalu Adam bertempat di tanah yang subur. Banyak terdapat gunung berapi dan terdiri dari dua musim,inipun juga artikel yang pernah saya baca dimana asalnya dari sumber terpercaya juga.
Beberapa keterangan diatas,sedikitnya sudah membantu dalam kita mencari. Tapi dari keterangan-keterangan itu juga timbul masalah masalah baru.

Salah satu contoh permasalahan itu adalah,jika memang nabi Adam itu berada di India,lalu wilayah manakah Serendib yang disebutkan di atas tadi. Barangkali itu adalah kota india kuno yang sekarang telah diubah namanya. Jika benar daerah Serendib Oleh Tuhan Disengaja sebagai kode agar manusia mau berfikir dan mencari,maka rasanya Tuhan tak akan Menghilangkan jejak melainkan Mensamarkannya aja. Diketahui di India yang sekarang tidak ada daerah yang bernama Serendib itu. Kalau begitu,mungkinkah daerah Serendib berada Di India kuno?? Dari sini aku akan mulai mencoba mengungkap misteri ini.

Pernahkah kamu dengar tentang negeri atlantis? Yaitu kisah yang ditulis oleh filsuf yunani kuno plato. Mitos Atlantis ialah cerita penuh fantasi dimana  Manusia sudah Mencapai puncak peradabannya disana sebelum banjir besar meluluh lantahkan negeri hebat itu. Mitos atlantis dari masa kuno itu secara ironis mulai dicari kebenarannya. Banyak para peneliti yakin,kalau dahulu benua atlantis memang ada. Puncak dari keyakinan orang itu adalah,saat ahli nuklir berkebangsaan Brazil,prof.Arysio santos menyatakan sudah puluhan tahun mencari atlantis dan menemukannya sesuai dengan kriteria yang diungkap Plato mengenai atlantis. Bahwasanya Benua Atlantis yang hilang itu bukan berada di sekitaran eropa atau amerika,seperti kata peneliti peneliti sebelumnya. Tapi Benua Atlantis berada di Asia! Tepatnya disepanjang antara india-indonesia! Indonesi dan india diyakini dulu daratannya bersatu sebelum bencana memisahnya. Makanya Indonesia juga dikatakan sebagai india kuno,bahkan sampai saat ini. Ketika Masih dalam penjajahan Belanda pun, Negeri ini pernah dinamakan Hindia belanda,sebelum akhirnya berganti menjadi Indonesia sampai sekarang. Malah ada yang percaya bahwa kata INDONESIA berasal dari kata INDIAN-EAST-ASIA atau bangsa india asia timur!

jadi kalau wilayah Serendib tempat Nabi Adam turun tak ditemukan di India yang sekarang. Maka marilah kita cari di india asia timur kuno yaitu Indonesia. Barangkali kamu pun juga tak pernah mendengar daerah serendib di Indonesia. Memang tak ada,lalu apa yang kita cari disini? Sekarang sudah tak ada ,tapi belum tentu dulu juga tak pernah ada. Sebenarnya Serendib bukan evolusi dari kata Ceylon atau Sri lanka. Tapi Serendib Lebih condong ke kata Swarnadwipa,yaitu pulau Sumatera zaman kuno. Evolusi kata bisa saja terjadi,karena beda suku atau ras manusia ketika bertanya, maka  kadang beda pula telinga dan lidah menangkap dan menyampaikannya akan beda pula, biarpun tujuannya sama. Seperti kata ”Ereb”/matahari tenggelam lalu berubah menjadi ”Eropa”. Perhatikan antara Serendib dan Swarnadwipa, maka rasanya kita emang boleh menyamakannya.

Swarnadwipa/Sumatera/Pulau emas,barangkali oleh lidah orang arab lebih akrab dinamakan Serendib. Jadi di Sumatera kah Nenek Moyang manusia turun pertama kali?

Swarnadwipa/Serendib itu berasal dari bahasa sanskerta: Swarnadwipa yang berarti pulau emas. Dulunya sumatra,kalimantan dan jawa adalah bersatu. Memiliki tanah subur karena gunung berapinya banyak,dan itulah yang membuat subur. Konon ada peneliti bilang,jika tanah pulau jawa dikelola sebaik mungkin,maka tanah jawa akan mampu menumbuhkan setiap jenis tumbuhan diplanet bumi ini. Indonesia terletak di garis ekuator yang membuat suhu hangat,karena matahari bersinar sepanjang tahun dan jadikan indonesia memiliki dua musim. Barangkali disinilah jawaban misteri tempat Nabi Adam itu. Sebuah negeri yang Diberkahi Tuhan dengan segala kekayaannya. Jika nabi Adam turun di India,kenapa mayoritas penduduknya hindu? Jika nabi Adam ada di Srilanka,kenapa mayoritas penduduknya budha? Nabi Adam mencari Hawa lalu menemukannya di Jeddah (jiddah, yang juga mengandung arti: nenek) mereka Dikaruniai keturunan yang banyak, dan disuatu Ketika aku percaya Nabi Adam mengajak ,Hawa, dan anak-anaknya kembali ke tempat Nabi Adam turun pertama kali. di sana Anak anak Mereka Di ajari Ilmu Tauhid,yaitu mengajak manusia hanya menyembah Pada Tuhan Yang Esa, yakni Allah S.W.T, dari sinilah Islam pun berkembang pesat ,dan menjadikan Indonesia bukan hanya Diberkahi Allah dengan Kekayaan Alam yang tanpa Bandingnya ,tapi Allah juga Memberkahi INDONESIA sebagai negeri dengan penduduk Muslim terbanyak di Semesta Raya.

Demikian artikel dari saya. Sudah sepatutnya kita sebagai manusia yang saling menghargai saudaranya untuk bisa memaafkan jika saya membuat kesalahan. Manusia memanglah tak pernah sempurna. Dan Semoga Allah S.W.T Ampuni kekeliruan kita,semoga pula artikel ini bermanfaat. Amiin.(hendri-mustofa/http://atlantis7.jw.lt)

61 comments on “MISTERI TEMPAT TURUNNYA NABI ADAM

  1. menurut ceritera puun, pemimpin badui di pedalaman Banten , juga demikian beliau bercerita tentang Nabi Adam AS . dan asal muasal manusia dari sini{ indonesia/ jawa/sumatra}

  2. Tolong mas, mau cari daerah yg bernama bakkah. Prediksi sementara di palestina tepatnya di lembah yg berada pada daratan tinggi yaitu lembah … Ahh lupa mas, tapi gak usah dipikirin mas yg terpenting mohon bantuannya nyariin bakkah ya, thank’s…
    annuit coeptis novus.ordo_seclorum@rocketmail.com

    • nama bakkah disebutkan dlm al-kitab (injil), yg merujuk tmpt dimana abraham(nabi ibrahim) meninggalkan hajar dan ismael, lembah bakkah dlm injil itu bukan di palestina tapi di makkah yg sekarang, bakkah yg awalnya tandus diberkahi dg air zam zam dari kaki nabi ismael sehingga bnyak kafilah arab yg berkumpul dan jadilah pedesaan lalu perkotaan ,nabi ibrahim dan ismail yg bukan arab mungkn menyebut lembah itu bakkah, tp menjadi makkah dilidah org2 arab dan keturunan nabi ismael yg juga menjadi org2 arab muta’aribah,termasuk nabi muhammad

  3. Jika nabi Adam turun di India,kenapa mayoritas penduduknya hindu?
    Jika nabi Adam ada di Srilanka,kenapa mayoritas penduduknya budha?

    Memangnya apa hubungan nabi adam dengan itu semua? semua itu ada SETELAH nabi adam. jauh setelahnya.

  4. siapa yang mencarai bakkah. dulu bakkah sekarang tempat itu menjadi mekkah al mukaromah.

  5. indonesia lg,,indonesia lg,apa2 semua indonesia ujung2 psti indonesia,gk lama mngkin bkl ada yg nulis kalau tuhan itu orang indonesia(suku yg ada di indonesia),ydah kita bangsa yg plng segalax dr bangsa lain di muka bumi ini,indonesia adlh cikal bkl semuax,
    lanjutkan kengawuran ini

    • wkwkwkwkwkwkw….

    • maaf , jika anda tidak berkenan gaK usah komen gituan
      Prinsip Sejarah SEHARUSNYA Indonesia-Sentris
      ya, harusnya begini, memperkenalkan pada dunia luar jika Indonesia dulunya begini
      lagian ini ada buktinya, nah sekarang apa bukti Lo kalo ini asalnya bukan dari Indonesia ?

      seharusnya Lo bangga sama Indonesia,bukannya malah jadi penghianat di dalam negeri, kapan Indonesia jadi bangsa yang besar kalo penduduknya saja gak mau mendukung penemuan dalam negeri ?

      Lagian Indonesia punya lebih dari 200juta jiwa untuk setia mendukungnya, kehilangan Dirimu juga gak bakal buat Indonesia jadi Hancur

    • hijrah aja lu dari nusantara ini,nusantara ini tempat lahirnya peradaban dunia, orang beradab ….bukan biadab

    • memang benar turun nya di indonesia. coba cari tau ada nya di jawabarat.

  6. Ada suatu suku yg menghilangkan diri di Jambi yg hingga saat ini mengaku beragama/bernabikan Adam, meskipun mereka tetap mempercayai N. Muhammad sbg nabi terakhir jg sbg awal mahluk pertama di ciptakan (Nur Muhammad), sesuai dg ucapan dr N. Adam itu sendiri…
    Bahkan ketika para Waliullah hendak meng Islamkan nusantara mereka mendatangi kepala suku tsbt N meminta pendapat dr mereka…

  7. Gue degar sih diturunkan di india di ereng2 bukit himalaya, nama kampungnya diutarkasih, yg pertama datang keindonesi itu adalah kalau tak salah satu anak dari imam husain bin Ali bin abu tolip. Itulah asal awal islam di indonesia nuwun.

  8. Menurut saya, Nabi Adam diturunkan pertama kali di Indonesia tepatnya di tanah Jawa Barat, ada nama salah satu kota di tanah Sunda yang mengandung arti “WADAH” yang dimaksud dengan wadah kehidupan.
    Hawa diturunkan di Mekkah. Hawa itu mengandung makna panas. Dalam perjalanan waktu mereka bertemu di suatu daerah yang bernama Babylon.
    Betul mengapa Indonesia penganut Islamnya terbesar di dunia? Karena Islam pertama kali ada ya Indonesia.. Kalimat Syahadat sudah ada sebelum Bumi ini diciptakan.. dan manusia pertama, yang disebut Adam ada di Indonesia. Maka yang taman Firdaus yang dikatakan sebenarnya ada di negeri ini.. Tidak salah suatu saat nanti akan terbukti bahwa kebudayaan yang ada di Indonesia lebih tua dari kebudayaan manapun di dunia.

  9. sekitar tahun 1980-an ada sekelompok orang di Bandung yang meyakini bahwa Nabi Adam AS diturunkan di daerah Cililin (Bandung Barat)

  10. saya setuju pemaparan awal dan bagus sekali,kita jangan malu mengakui negara kita sebenarnya supernya negara superpower…sayangnya sekarang…….mau bilang apa ya..tanah jawa adalah tanah paling sakral…dan dahulu kala semua pulau jadi satu..

  11. hanya ALLAH yang tahu kitamanusia wajib meyakini di manapun nabi di turun kan klo memang di indonesia ya SUBHANAULLAH

  12. indonesia….nasibmu kini

    • dengan wwsan..ilmu dn pgetahuan y sy mliki sy jg ykin klw indnesia adlah tmp brmula dn brakhirny khdupan ini mas..byk teori terlebih yg brsal dr luar smuany kbur dn sgaja mmberikn infrmasi y mmbgungkn..sy sbgai org melayu lbh ykin utk mnarik ksmpulan ttg asl muasal khdupan ini mlalui pndkatan bhsa..krna bhsa merpkan bdya mnsia seiring dgn kbrdaan mnusia pnuturny..bhsa asl mnsia adlh bhsa arab..sbgian bsar kosa kta dlm bhsa mlyu adlh bhsa arab..bhkn spi kata2 yg sgt jauh dr kosa kata yg terkait istlah dlm mmpljari islam pn trdpat ksamaan..tp kata tsbut mrpkan kosa kta mlyu dn itu mmg bhasa arab..apkah org mlyu ini dlu ny bbhsa arab?atw bhasa arab tsb mmg brsal dn hdup di bumi mlyu?klw kosa kata bhsa melayu yg hmpir 60% ny mmg bhsa arab d bwa olh saudgar dn pdgang ptnyaanny sbrpa sering mreka bdgang? dn brpa rmai?dn sjak kpn?dn bgmna pula bhsa tsb brbaur jk seandainy d bumi mlyu ini tlh mmpnyai bhsa yg lain?apkah smudh itu bhsa tsb bbaur?dn bgmna pula dgn pndpat yg sy ykni klw suku mlayu mrpkan suku asal?trma ksh

  13. semoga peniliti ini menemukan penelitian lebih lanjut tentang tapak nabi adam.

  14. Wallohu alam bissawab, tapi disiplin ilmu peneliti hrs dihormati..hrs ditindak lanjuti oleh ahli2 lainnya, sebagai contoh di Kabupaten kami Merangin Jambi baru 2 tahun diketahui adanya peninggalan Geo (orang2 ahli menyebutnya ‘Geopark”) yang fosil-fosil flora dan fauna nya katanya ditaksir umur nya ….3,5 juta tahun yang lalu..!! nah siapa mau lihat ke sana ..ayoooo!!!

  15. Assalamualaikum…..
    Saya sangat menghargai bagi seseorang yg sedang mencari kebenaran, baik cara lewat buku, diskusi dan internet. itu salah satu jalan menuju pada keimanan seseorang. Sekedar saran, jangan lupakan juga cara Riyadhoh (dengan puasa) bila kita ingin tau suatuhal yg sulit mendapat jawaban-nya. Insyaalloh, keingintahuan kita akan terjawab dengan jelas dan benar.

    wasalam……..’

  16. mungkin ada kaitanya juga,tapi hasil survey ini jgn selesai sampai disini harus di tindak lanjutin jangan lsg yakin kalau nabi adam di turunkanya di Indonesia toh bukti untuk mengunkap misteri semua itu juga masih kurang valid perlu untuk di dikte kembali,,,,
    lanjutkan kawan…..!!!!!!!!

  17. saya senang jika nabi adam di turunkan di india krna sya sangat menyukai india tapi prtnyaan sya knpa di india mayoritas nya hindu?tolng d jwb y..

  18. di galunggung nabi adam pertama kali di turunkan ceuk batur etage teuing tah wallohu alam

  19. Teruskan perjuanganmu sobat…
    Dunia ini memang banyak rahasia tapi percayalah Indonesia adalah sebuah daratn yang luar biasa, lambat laun maka Allah akan menunjukkannya kepada kita.
    Dengan ditemukan Gunung padang Padang Cianjur dan Garut akan merubah banyak sejarah dan kemungkinan merubah kiblat agama yang sudah diceritakan banyak orang.

  20. Ada benarnya juga. Luar biasa sangat bermanfaat.

  21. Teruskan penelitiamu kawan… dan biarkanlah orang yang berkomentar tidak sefaham menilai sesuai pikiran mereka! Jangan terpancing emosi, banyak sudah teladan pendahulu kita yang juga di tentang orang-orang kafir…LANJUTKAN…!! I LOVE ISLAM…and Indonesia..

  22. lanjutkan, lumayan sharing2 pendapat dan ilmu

  23. indonesia negara para nabi….
    hanya orang-orang yang berfikir dan mengkaji al-qur’an…
    kenapa di namakan indonesia?
    kenapa ada serambi makkah?
    kenapa ada pulau dewata?
    kenapa ada sabang dan merauke (timur – barat)…

  24. Budaya indonesia adalah suber dari budaya dunia,tlg cek bagi yg ragu.

  25. Nambah yah teman2. coba deh cari tentang indonesia. yang saya tahu imam mahdi turun dimekkah dan ia akan menuju indonesia.
    Rosul diutus untuk menyempurnakan akhlak sedangkan imam mahdi diutus untuk menyempurnakan akal. tenang kawan2 sekalipun indonesia saat ini masih agak gimana. insya allah imam mahdi akan mengajar ktia semua. dan ingat nabi pernah bersabda yang inti dari isinya. tidak ada satupun manusia yang paling fasih mengucapkan hruf Dhod. tapi ada salah satu negeri yang lisannya hampir menyerupaiku. siapa dia yah indonesia. sebab kalo mtq aza bertanding dengan arab sendiri indonesia yang menang. hidup indonesia, bangga jadi orang indonesia sekalipun masih begini, indonesia = indungna para manusia.

    • bukan hanya rosulullah aja, tp di indonesia masih terdapat 11 nabi yang berasal dari negeri ini …
      mengkaji tentang dimana nabi adam turun, carilah sumber tentang P. Sumbawa….???
      dalam al-qur’an buah2 surga smuanya ada di indonesia…..

    • 12 nabi yang berasal dari indonesia….

  26. Teruskan perjuangan mu kawan,…

  27. NABI ADAM TURUN DI PULAU SERENDIP…..SAWAHLUNTO SIJUNJUNG…..NAGARI SIGUMAWANG

  28. pancasila…..merupakan…..upaya manusia….untuk berbagi……sedangkan upaya berbagi..sudah..di jelaskan..allah…..dari awal dunia .dengan kedatangan…..nabi adam alaihissalam…….ke atas muka bumi ini…….sehingga disempurnakan …dengan kedatangan agama islam……yang di bawa junjungan.besar.nabi muhammad s.a.w…..dengan tidak meninggalkan…..utusan demi utusan tuhan/allah…..dari kalangan para nabi nabi….dan rasul rasul……..yang lainya………..dan seterusnya…..

  29. gotak gatik gathuk

  30. tapi sblum msuk islam hindu dan budha sudah ada duluan terbukti dari bnyk candi2 yg umurnya lebih tua daripada masjid,gi mana dong penjelasannya?

  31. nama ,kitab ,rujukan tertulis pada kulit luar kitab tersebut,do a seperti di bawah ini,…..al-gunyah ,lithalibi thariq al-haq ,azza wa jalla,menggapai puncak kelazatan,ibadah kepada allah,rahasia rahasia ibadah,syekh abdul qadir jailani,halaman ,35/202/203
    Amalan / Hadiah luar biasa yang begitu besar ,dari…nabi muhammad.S.A.W.kepada,nukminin,dan mukminat….
    dalam satu majlis rasulullah s.a.w.yang dihadiri,nabi khidir alaihissalam .
    yang di sampaikan….kepada ibrahim attaimi radhiallahu anhu
    dengan,sebahagian/sedikit dari keterangan ,dari keterangan yang panjang ,yang berbunyi….
    demi yang mengutusku sebagai nabi dengan kebenaran sesungguhnya,orang yang mengamalkannya,pada satu malam telah dicatat baginya kebaikan untuk nya dari setiap titik air hujan yang turun dari langit, semenjak dunia diciptakan hingga hari segala bentuk kebangkitan ,segala keburukan nya,dihapuskan sepadan setiap benih yang tumbuh di bumi,dan siapa saja,yang mengamalkan nya,dari kalangan,mukminin dan mukminat,baik yang terdahulu,dan yang terkemudian….itulah sebahagian ke untungangan yang akan diterima nya,serta ke untungan yang tidak akan habis selama lama nya…….ingatlah allah tidak melihat rupa bentuk kamu ,akan tetapi allah melihat apa yang ada dihati kamu………
    inilah…….amalam….nya
    1 -al-fatihah…..dibaca 7 kali…….
    2 -surah annas dibaca 7 kali…….
    3 -surah al-falaq dibaca 7 kali…….
    4 -surah al -ikhlas dibaca 7 kali…….
    5 -surah al-kafirun dibaca 7 kali…….
    6 -ayat kursi dibaca 7 kali…….
    7 -subhanallah,walhamdulillah,wala ilaha illallah,wallahu akbar dibaca 7 kali…….
    8 -allahummasalli alamuhammad wa ala alimuhammad wasahbihiwassalam dibaca 7 kali…….
    9 -minta ampun untuk diri sendiri,kedua ibu bapa,mukminin dan mukminat , 7 kali…….
    10 – allhumma rabaf a’l wabihim a’jilan wa a’jilan fii daiini wadunya wal akhirah maa antalaha walaa taf a’l binaaya maulanaa manahnulahu ahlan innaka ghafuuran haliim jawwaadan kariim barra ra uufurrahiim dibaca 7 kali……. hanya mereka yang ber untung…dunia akhirat……yang akan mengamalkan…nya…
    Seterus……… doa supaya hidup..senang serta bebas dari utang….selepas udhuk baca do ini….ya allah ya allah antallah balaa wallahu antallahu lailahaillaanta allah allah allah wallahu innahu lailahaillallah aqdi ‘annii hhazaddaini warzuqni baddaini….amalkan…nya insyaallah mendapat kemewahan
    DI BAWAH ,INI DOA DALAM PEPERANGAN ,
    doa ini ,dari malaikat jibril ,kepada rasulullah s.a.w,selepas menerima wahyu dari allah subhanahuataala,untuk hijrah ke madinah dari kota makkah…coba teliti ,dalam ke adaan apa,rasulullah ,sewaktu itu,ini doa nya ,yang disampaikan malaikat jibril..kepada rasulullah s.a.w,…….yakabiira kullikabiirin yasami’u yabasyiiru yamansyariikalahu walaa waziraa yakhaaliqassyamsi walkamarilmuniir ya ‘isiymatalbaa isyil khaa ifil mustajiir ya raaziqathiflisyaghiir ya jaabiral ‘uzzmil kasiir yaqaasimakulli jabbarin ‘aniid as aluka wa add ‘uuka du ‘aaa’ albaa isyilfaqiir du ‘aaa almudhtharrildhariir as aaluka bima ‘aaqidil ‘izzrimin ‘arsyika wamafaatiihirrahmatiminkitabika wabil asmaa issyamaaniyatilmaktuubati ‘ala qarnissyamsi …..seterusnya sanbung dengan doa untuk, keselamatan….diri /IBU BAPA /MUKMININ/MUKMINAT,muslimin dan muslimat…insyaallah…mendapat apa yang di hajat….kan…di harap berdoa sungguh sungguh sepenuh hati…….sebab allah melihat hati kita yang meminta……
    SEMUA DOA/ZIKIR/BACAAN….DIBACA DI DALAM,HATI ,SECARA TERTIB/BERDISIPLIN………….DALAM KE ADAAN DUDUK MENGHADAP ARAH KIBLAT/KAABAH/BAITULLAH/RUMAH ALLAH…..

  32. indonesia itu kyknya negara sakti yah,liat aja penjajah aja bikin suatu bangunan dr bantuan org indonesia.coba hub itu dgn semua yg ada dulu sebelum kita dan nenek moyang kita lahir.

  33. Assalamualaikum Wr.Wb
    Maap maz2 semua klau ada yng salah kok semua kaitanya soal Hindia???
    Ada yng mennyatakan klau Nabi Adam pertama turun itu d Demak apa kah benar???
    Mohon pengertiannya, dan ada yng bilng Indonesia itu nenek moyang dari negeri2 laen.

  34. Maaf pak mau nanya, ini foto jejaj kaki raksasanya di daerah mana ya? Mksh sebelumnya.

  35. Saya sangat berkeyakinan kalau Indonesia bermula dari sebuah tempat dengan peradaban yang sangat tinggi. Saya katakan sangat tinggi, karena segala peninggalan yang ada, semuanya sangat mengagumkan, bahkan orang jaman sekarang pun belum tentu mampu membangun situs2 spt peninggalan2 yg ada. Contoh, candi Borobudur, dibuat dengan rumus dan arsitektur yg sangat mengagumkan.
    Oya, ada satu kata yang hampir sama lafalnya untuk arti kata BUMI : dalam bahasa Jawa (dasanama) salah satunya bermakna ARDI. Bahasa arabnya ARD, dan bahasa Inngrisnya EARTH (kalau dirasakan dan dingerkan ketiganya hampir sama yaitu ARDI, ARD, EARTH). Ini juga cukup misterius bagi saya, mana yang lebih dulu, isitilah ARDI, ARD, atau EARTH. Mungkin ada yang tahu?

  36. manu mani man : Barata = bratha = brother, dulu sankrit semua

  37. jangan sok, seakan akan menyimpulkan dari pikiran sendiri bahwa adam turun di sumatra, padahal teori itu sudah ada sebelum kamu lahir……

  38. .
    Adam itu turunnya di kaki gunung Merapi di Minangkabau…
    Awalnya memang termasuk pembangkang, bahkan membangkang pada peringatan Allah. Yakni mengikuti bisikan setan dengan memakan buah quldi…
    Karena itu jika dibalik, namanya jadi MADA dalam bahasa Minangnya, alias KERAS KEPALA atau PEMBANGKANG. Saking pembangkangknya akhirnya dinamakan GAJAH MADA yang kemudian jadi patih di Jawa.

  39. sangat bermanfaat sekali ilmu2 seperti ini yang akhirnya menambah pemahaman kita dan jangan sampai salah pengertian di kemudian hari.. Allahu alam, hanya Allah SWT Yang Maha Mengetahui. Agama kepercayan pertama di Bumi adalah Islam, karena banyak yang berbeda dalam penyampaian serta pembawanya hingga terbagi dalam berbagai ajaran. Banyak bukti juga bahwa sebenarnya isi dari Wedha menyamai Al Quran kita, tongkat Trisula Shiva juga membentuk huruf ALLAH, Vishnu sebagai Dewa Pertama umat Hindhu yang akhirnya lahirlah Brahma dan Shiva..tetapi siapa mereka? dari sini mungkin bisa dikaji ulang lagi dimana Nabi ADAM diturunkan pertama kali dan siapa dia yang menurut ajaran agama lain. Semua cerita akan dipercaya jika bersamaan dengan bukti yang terpercaya dan bisa ditelaah. Saya sangat berharap juga bahwa Indonesialah tempat Nabi Pertama kita diturunkan. Terima kasih sudah share

  40. coba anda kaitkan dan cari sumber tentang adanya tapak kaki raksasa di wilayah aceh, yang sekarang di kenal dengan nama TAPAK TUAN.

    thanks
    wassalam.

  41. Wallahualam bishawab ya gan, entah Nabi Adam diturunkan dimana cuma Allah sang empunya jagat raya yang Maha tau. Nice info gan ^^

  42. awal mula kehidupan ada di Indonesia tepatnya pulau jawa, dan hari yg dijanjikan jg akan turun d tanah jawa,. percaya gk percaya semuanya akan trungkap

  43. Jarak antara Manusia pertama Adam dan trakh Islam itu jutaan tahun bumi, gak ada hubungannya Adam dengan Islam, jangan semua selalu dikaitkan dengan Islam, Islam itu ajaran di era setelah Muhammad, itu baru sekitar tahun 600-an Masehi, jangan ngasal semua dihubungkan dengan Iskam, jauuuhhhh……

  44. Yang jelas turunnya bukan di citayeum.tul ga?

  45. xixixixiixi.. koment2nya!!!
    aku gak tau kebenarannya .. tp bisa buat cekiki’an,,
    entah aku yg ngawur menalarkannya untuk otakku!
    atau KITA MEMANG MENERKA SENGAWUR_NGAWURNYA ,,,

    BEBAS!! kenapa juga JAMAN KENABIAN SETELAHNYA tidak ada SEJARAHNYA?

    tp sisi baiknya adalah..
    kita semua BERIMAN dengan TURUNNYA NABI ADAM dari SURGA

  46. Adam aja ngucapin dukalimah shadat dimana gak nyambung sama islamnya…Mun teu salah…!

  47. menurut saya bahwa proses adanya isi alam ini termasuk Adam n Hawa terbentuk dari dzat ALLAH menuju ALLAH yang berproses menjadi SAJAROTUL YAKIN ( pohon kejadina) lalu berproses menjadi malaikat, alam semesta dan seisinya. lalu bagaimana dengan Adam dan Hawa ?
    semua itu merupakan bentuk baru yang menyesuaikan keadaan dari sajarotul yakin tersebut akan membentuk apa saja sesuai dengan keadaan dimana turunan tersebut akan berhabitat.
    Adam dan Hawa merupaka suatu keadaan dalam bahasa jawa disebut howo adem adalah merupaka sebuah situasi dan kondisi yang benar-benar enak, nyaman dan bahagia. terbentuknya manusia itu dari nukat ghoib / sajarotul yaqin tersebut yang menyesuaikan keadaan secara berpasangan makanya kita berbeda rupa dengan manusia dari benua lain karena memang keadaannya dan situasinya berbeda.
    pelanggaran makan buah khuldi itu adalah karena howo adem menjadikan manusia melakukan hubungan suami istri sehingga menjadi banyak.

  48. Sebelumnya apa yang saya tulis di komentar ini hanyalah hasil pemikiran keras saya saja berdasarkan informasi-informasi dari buku,artikel,Al-Qur`an dan Hadits.Entah kenapa saya sependapat dengan saudara yang menyatakan bahwa Nabi Adam hidup dan tinggal di Atlantis(menurut Plato dan Prof.Ariyo Santos,wilayahnya meliputi India disebelah barat, Australia di sebelah selatan, Papua New Guinea sebelah Timur,Korea
    di sebelah utara dan Indonesia sebagai pusatnya.
    Nabi Adam kemungkinan besar diturunkan di Srilangka,puncak Adam( Adam Feet),mengingat ditemukannya tapak kaki raksasa disana.
    Berdasarkan hadits Bukhari tinggi Nabi Adam mencapai 30 meter dengan rentang usia 1000 tahun. Jika kita tarik ke ukuran tubuh manusia sekarang dimana Nabi Muhammad sebagai patokan maka usia manusia rata-rata 67 tahun. Terjadi perhitungan yang menarik..Jika Tinggi badan Nabi Adam dibagi dengan usianya maka akan muncul angka 3..tinggi Nabi Adam 30 meter = 3000 cm : 1000 = 3 cm.
    Umur Nabi Muhammad 63 tahun x 3cm = 189cm, itu sesuai dengan tinggi Nabi Muhammad yang menjadi patokan tinggi badan manusia di jaman sekarang.
    Tapi disini saya tidak membahas masalah ukuran tubuh manusia dari masa ke masa..
    Yang ingin saya nyatakan adalah jika benar Atlantis itu ada dan Indonesia termasuk di dalamnya tentu pasti ada peninggalannya. Mungkin Gunung Padang di Cianjur akan menjadi jawabannya,karena diperkirakan situs ini telah ada dari 11000 tahun SM,jauh melebihi dari situs tertua yang pernah ditemukan di Mesopotamia (Turki 3000 tahun SM).Lantas adakah korelasi antara peradaban di Atlantis( jika benar Gunung Padang sebagai buktinya) dengan peradaban Mesopotamia ??
    Jawabannya ADA..
    Kita semua tentu mengenal tentang kisah bahtera Nabi Nuh yang akhirnya terdampar di Bukit Ararat/Judi(menurut injil dan Al-Qur`an). Bahtera tersebut ditemukan disana dan ternyata bahan baku pembuat bahtera tersebut adalah kayu jati yang hanya terdapat di wilayah Asia Tenggara,perlu diingat Nabi Nuh menanam pohon ini secara khusus selama 40 tahun sebelum akhirnya dijadikan sebagai bahan baku pembuat bahtera yang artinya pohon ini bersifat endemik hanya terdapat di daerah tertentu.
    Artinya Nabi Nuh pun pernah tinggal di Atlantis sebelum akhirnya hijrah ke Turki dan membuat peradaban baru yang bernama Mesopotamia.
    Lantas peradaban umat manusia berlangsung disana dari kaum Ad yang dinyatakan sebagai bangsa yang besar dengan ukuran tubuh yang besar yang memiliki bangunan-bangunan yang besar (zaman Nabi Hud,yang akhirnya ditemukan situsnya di Yaman),lantas berlanjut ke peradaban Babilonia (Raja Tsamud) di zaman Nabi Ibrahim di sekitar wilayah Palestina,Nabi Ibrahim pernah hijrah ke Mesir dan ke Makkah dimana di Makkah beliau meninggalkan Siti Hajar dan Putranya Nabi Ismail atas perintah Allah SWT yang ternyata nantinya dari keturunan Nabi Ismail munculnya bangsa Arab Quraisy yang menjadi bangsa yang melahirkan Nabi penutup(Nabi Muhammad).Lantas di Palestina Nabi Ibrahim bersama Siti Sarah menghasilkan keturunan( Nabi Ishaq) yang menjadi cikal bakal adanya bangsa Bani Israil. Berlanjut ke zaman Mesir Kuno dengan Fir’aun sebagai penguasanya. Pada zaman Nabi Yusuf banyak Bani Israil yang hijrah dari Palestina ke Mesir. Waktu itu di Jazirah Arab terjadi krisis pangan sehingga Nabi Yusuf yang merupakan orang penting di Mesir pada saat itu mengajak Bani Israil untuk hijrah ke Mesir. Namun pada zaman Nabi Musa Fir`aun yang berkuasa pada saat itu menganggap Bani Israil sebagai ancaman untuk bangsa Mesir sehingga Ia menjadikan Bani Israil sebagai budak, dan bertindak keji terhadap mereka. Nabi Musa muda pernah membunuh seorang dari Bangsa Mesir yang sedang menyiksa dan menganiaya seorang dari Bani Israil guna menyelamatkan Bani Israil tersebut. Lalu karena Nabi Musa diburu oleh Firaun akhirnya Ia hijrah ke Palestina dan bertemu dengan Nabi Syuaib dan menikahi putrinya. Tapi Allah SWT memerintahkannya untuk kembali ke Mesir guna menyelamatkan Bani Israil dan membawa mereka pergi dari Mesir ke tanah yang dijanjikan. Dan Nabi Syuaib pun memberikan tongkat kepada Nabi Musa yang nantinya menjadi penyelamat Ia dan bangsa Bani Israil atas perintah Allah SWT. Muncul pertanyaan???1). Kemanakah Nabi Musa membawa Bani Israil??(tanah yang dijanjikan),lalu 2). laut manakah yang beliau belah atas izin Allah SWT???,saya akan coba mengulas secara ringkas berdasarkan pengetahuan dan hasil pemikiran saya.
    1).Selama ini kita beranggapan dan banyak riwayat yang menyatakan bahwa Nabi Musa membawa hijrah Bani Israil ke Palestina,tapi ini terasa janggal apakah benar tanah yang dijanjikan itu Palestina??tanah yang tandus,yang mengalami krisis pangan,sungguh sangat bertolak belakang dengan beberapa pernyataan yang menyatakan bahwa tanah yang dijanjikan itu adalah tanah surga,tanah yang subur,ada irigasi dan sawah,ada hewan ternak yang membajak ladang..
    2).Laut terbelah,selama ini kita beranggapan bahwa laut yang terbelah itu laut merah!
    Kembali terdengar janggal,untuk apa Nabi Musa harus membelah laut Merah,pada saat muda kan beliau pernah hijrah ke Palestina,jadi tentunya beliau sangat tahu jalan menuju kesana tanpa harus membelah laut. Dan beliau pun sering ke Bukit Sinai untuk menerima wahyu,tentunya beliau sangat tahu bahwa di semenanjung Sinai ada jalan menuju Palestina.Saat itu terusan Suez belum ada tentunya tidak ada rintangannya.
    Disini saya akan coba memberi gambaran,
    1).Bahwa tanah yang dijanjikan itu bukanlah Palestina akan tetapi Atlantis yang ditinggalkan Nabi Nuh,bukankah Nabi Musa menempuh perjalanan selama 40 tahun untuk menuju kesana??Ada riwayat yang menyatakan bahwa Nabi Musa membawa Bani Israil selama 40 tahun berkelana di padang pasir untuk mencari tanah yang dijanjikan,banyak yang menyatakan bahwa padang pasir tersebut adalah padang pasir di Palestina,kembali terdengar janggal,seorang Nabi yang dapat berbicara langsung dengan Allah SWT,berputar-putar disekitar padang pasir Palestina??Sungguh tidak mungkin Nabi Musa tersesat karena beliau dapat petunjuk langsung dari Allah SWT. Maka saya beranggapan padang pasir yang dimaksud adalah jalur sutra,padang pasir yang membentang dari Timur Tengah hingga ke China daratan.Melalui jalur inilah Nabi Musa mencapai Atlantis yang ditinggalkan Nabi Nuh.
    2).Laut yang terbelah,sungguh tidak mendasar jika laut merah lah yang dibelah Nabi Musa atas izin Allah SWT,karena Nabi Musa tidak perlu melakukan itu untuk mencapai
    Palestina.Ini hanya sekedar menguatkan bahwa Nabi Musa hanya hijrah ke Palestina lantas berputar-putar disana lantas menetap disana.Sungguh aneh dan janggal,maka saya beranggapan bahwa bukan Laut Merah lah yang dibelah Nabi Musa melainkan Laut Jindo(Korea Selatan),yang hingga saat ini masih terbelah sebanyak 2 kali dalam 1 tahun yang terbelah selama 1 jam. Disinilah Firaun menemui ajalnya setelah selama 40 tahun memburu Nabi Musa dan Bani Israil.
    Mengapa saya menyatakan demikian,..
    1. Plato pernah menyatakan bahwa ia mendengar kisah Atlantis dari cerita rakyat Mesir Kuno,terdapat korelasi bukan??bahwa ada gerbang menuju kesana(laut terbelah) yang menghubungkan ke wilayah-wilayah lainnya.Terdapat pilar-pilar Hercules(pegunungan tinggi),bukankah Nabi Musa melintasinya jika melewati jalur sutra.
    2.Kisah Sapi betina dalam surat Al-Baqarah,sungguh janggal jika itu terjadi di Palestina karena tidak ada tanda-tanda di wilayah palestina terdapat ladang-ladang yang dibajak oleh hewan ternak.
    Jika hal ini benar adanya maka ini akan menjawab kisah selanjutnya yakni Nabi Daud dan Nabi Sulaiman.
    Nabi Daud merupakan keturunan dari Nabi Musa yang terkenal sebagai Raja Gunung. Jika Nabi Daud hidup di Atlantis tentu hal ini sangat mendasar,karena wilayah Atlantis diliputi oleh pegununungan-pegunungan tinggi(ring of fire).
    Lantas Nabi Daud memiliki putra yakni Nabi Sulaiman. Dimana dikisahkan Allah memberikan mukjizat yang cukup banyak untuk beliau. Tapi saya hanya akan menyebutkan beberapa saja yang akan menguatkan dimanakah keberadaan beliau.
    1. Wilayah yang ditempati oleh Nabi Sulaiman haruslah wilayah yang terdapat angin Musonnya.Bukankah Atlantis sekarang Indonesia dilalui oleh angin Muson??
    2.Nabi Sulaiman membuat bangunan-bangunan tinggi berupa periuk-periuk(tungku) dan patung-patung. Adakah kita menemukan bangunan-bangunan tersebut di Timur Tengah???Jawabannya tidak karena Nabi Sulaiman tidak tinggal di Timur Tengah melainkan di Atlantis.
    Plato menyatakan Atlantis musnah dalam 1 malam,bukankah sepeninggalan Nabi Sulaiman kaum Saba(umat Nabi Sulaiman) di azab oleh Allah SWT dimana wilayahnya akhirnya terpecah belah dan berjauh-jauhan.Inilah yang menyebabkan di Indonesia dan wilayah sekitarnya menjadi wilayah kepulauan.
    Sebagai catatan bahwa dalam perjalanan Nabi Musa ke tanah yang dijanjikan tidak semua Bani Israil yang ikut karena jarak yang ditempuh sangat jauh dan keras sehingga mereka berputus asa dan Nabi Musa pun meninggalkannya.Mungkin ini pula yang menyebabkan Bani Israil hampir ada di seluruh wilayah di bumi,karena mereka kehilangan arah dan tanahnya.Sebagian Bani Israil ada yang tetap,menetap di Palestina dan sekitarnya.Dari garis keturunan mereka lah Nabi- nabi yang selanjutnya yang hidup di wilayah Timur Tengah termasuk Nabi Isa,hanya Nabi Muhammad lah sebagai pengecualian karena Nabi Muhammad bukanlah keturunan Bani Israil,melainkan dari garis keturunan Nabi Ismail yang mewarisi garis keturunan Arab Quraisy.
    Ada satu hal lagi yang cukup janggal menurut saya mengenai peristiwa isra mi`raj Nabi Muhammad dimana peristiwa Isra yakni perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Selama ini kita semua beranggapan bahwa Masjidil Aqsa(Masjid Terjauh) itu ada di Palestina,dan nama tempat atau daerahnya adalah Al-Quds.
    1. Tahukah Anda bahwa di Indonesia terdapat Masjid yang bernama Al-Aqsa di daerah yang bernama Al-Quds,Yakni Masjid Menara Kudus,yang bernama asli Masjid Al-Aqsa di kota Kudus.Menurut cerita dinamakan demikian dikarenakan Sunan Kudus pernah ke Mekkah untuk menyembuhkan wabah penyakit yang melanda disana.Lantas sebagai hadiah maka Sunan Kudus meminta batu dari Baitul Maqdis yang nantinya dijadikan batu pertama untuk membanggun Masjid yg sekarang kita kenal sebagai Masjid Menara Kudus(Aqsa).Dinamakan Masjid Aqsa karena terdapat tulisan di dinding Masjid yang menyatakan demikian.
    Tapi berdasarkan kisah diatas terdengar sangat janggal,.
    a. Apakah Sunan Kudus seorang Ahli Ilmu kedokteran sehingga dipanggil ke Mekkah untuk mengobati wabah penyakit disana,untuk apa??
    Bukankah di Jazirah Arab lebih banyak orang-orang hebat dalam ilmu kedokteran salah satunya Ibnu Sina.Yang bisa dibilang sebagai bapak dari ilmu kedokteran.
    b.Jika Mekkah yang meminta bantuan kenapa Palestina yang harus membayar??dengan memberikan batu dari Baitul Maqdis
    c. Meminta batu dari Baitul Maqdis guna membangun Masjid di Indonesia,terdengar seperti mengada-ada.Baitul Maqdis adalah hal yang sakral memintanya sama saja seperti meminta Hajar Aswad dari Mekkah untuk membangun Kabah baru disini..Tidak mendasar dan tidak masuk akal.
    Jadi,mengapa Masjid Menara Kudus bisa bernama Al-Aqsa,karena Nabi Muhammad lah yang menamakannya..Masjid terjauh,dikatakan terjauh dikarenakan memang jarak yang ditempuh sangat jauh,yakni jarak yang belum pernah ditempuh oleh Nabi Muhammad sebelumnya.Sedangkan Jarak dari Mekkah ke Palestina itu sudah biasa beliau tempuh,bukankah Nabi Muhammad muda sering berdagang ke negara-negara tetangga seperti Syam(Yaman) dll.
    Lantas Nabi Muhammad menyatakan beliau sempat salat berjamaah bersama dengan para Nabi,dan bertemu Nabi Musa di langit pertama.Pertanyaannya pada masa itu belum ada masjid di wilayah Palestina yang sekarang di klaim sebagai Masjid Al-Aqsa,saat itu Palestina masih dalam kekuasaan bangsa Nasrani.Masjid pertama yang dibangun disana adalah masjid yang dibangun oleh Khalifah Umar bin Khattab jauh setelah Nabi Muhammad meninggal dunia(masjid kubah mas).Dan wilayah Al-Aqsa yang diklaim sekarang ini baru benar-benar menjadi Masjid setelah Salahudin berhasil menaklukan Palestina.
    Artinya,Nabi Muhammad tidaklah salat berjamaah disana melainkan ditempat lain,yakni di Masjid Al-Aqsa dimana ia akhirnya bertemu Nabi Musa(di runutan cerita saya sebelumnya Nabi Musa hidup dan meninggal di Atlantis).
    Sekiranya demikianlah yang dapat saya kemukakan,jika banyak kesalahan mohon di maafkan,karena ini murni dari hasil pemikiran saya yang keras dan saya hanyalah manusia biasa.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

aawanto

The greatest WordPress.com site in all the land!

Towards Emancipation

Freedom, ...our responsiblity.

Catatan Safari ANS

As good as possible for as many as possible

Women Terrace

to say something that i never talk before

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 5.474 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: