26 Komentar

Kabar Kehancuran Benua Atlantis di Al Qur’an

Ini artikel yang saya temukan di Internet, entah siapa penulisnya, mungkin ada benarnya penisbahan ayat-ayat al-Qur’an yang dikutipnya dengan kejadian Kemusnahan peradaban Atlantis dulu (11.600 tahun yang lalu). Untuk melengkapi kajian dan penelitian tentang Peradaban Atlantis. Semoga bisa diambil pelajaran darinya. (Red. Ahmad Samantho)
Kabar kehancuran benua Atlantis di Al Quran :
Maka dimusnahkanlah mereka oleh suara yang mengguntur dengan hak dan Kami jadikan mereka (sebagai) sampah banjir, maka kebinasaanlah bagi orang-orang yang zalim itu.
QS. al-Mu’minun (23) : 41
Kemudian Kami ciptakan sesudah… mereka umat-umat yang lain.
QS. al-Mu’minun (23) : 42
Maka apakah kamu merasa aman (dari hukuman Tuhan) yang menjungkir balikkan sebagian daratan bersama kamu atau Dia meniupkan (angin keras yang membawa) batu-batu kecil? Dan kamu tidak akan mendapat seorang pelindung pun bagi kamu.
QS. al-Isra’ (17) : 68
Atau apakah kamu merasa aman dari dikembalikan-Nya kamu ke laut sekali lagi, lalu Dia meniupkan atas kamu angin taupan dan ditenggelamkan-Nya kamu disebabkan kekafiranmu. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolongpun dalam hal ini terhadap (siksaan) Kami.
QS. al-Isra’ (17) : 69
Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.
QS. al-Isra’ (17) : 70
Maka (masing-masing) mereka mendurhakai Rasul Tuhan mereka, lalu Allah menyiksa mereka dengan siksaan yang sangat keras. QS. al-Haqqah (69) : 10 Sesungguhnya Kami, tatkala air telah naik (sampai ke gunung) Kami bawa (nenek moyang) kamu ke dalam bahtera,
QS. al-Haqqah (69) : 11
agar Kami jadikan peristiwa itu peringatan bagi kamu dan agar diperhatikan oleh telinga yang mau mendengar.
QS. al-Haqqah (69) : 12
Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (suatu mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.
(QS. 17:16)
Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al-Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.
(QS. 12:111)
MAHA BENAR ALLAH DGN SEGALA FIRMANNYA..
.
Di buku The lost continent finally found nya Arysio Santos, atlantis juga disebut Atala Dari Indonesialah lahir bibit-bibit peradaban yang kemudian berkembang menjadi budaya lembah Indus, Mesir, Mesopotamia, Hatti, Junani, Minoan, Crete, Roma, Inka, Maya, Aztek, dan lai…n-lain. Budaya-budaya ini mengenal mitos yang sangat mirip.

Nama Atlantis diberbagai suku bangsa disebut sebagai Tala, Attala, Patala, Talatala, Thule, Tollan, Aztlan, Tluloc, dan lain-lain. Setelah terjadi letusan krakatau dan tambora, atlatis pulao surga jadi neraka dan KOSONG dan ini lah yg di ingat oleh para leluhur atlantis yg melarikan diri ke benua lain lalu apakah ada hubungan antara makna kata atala/atlantis (setelah hancur/kosong) dengan makna atala pada al-Quran di bawah ???? apa pendapat anda ?? ‘ATHAL (Kekosongan) ‘Athal adalah bentuk mashdar (noun) dari kata kerja ‘athila – ya‘thalu (عَطِلَ – يَعْطَل), tersusun dari huruf-huruf ‘ain, tha, dan lam yang arti denotasinya “kosong”, “luang”. Makna itu kemudian berkembang menjadi, antara lain: “tak berpenghuni” (rumah) karena isinya kosong; “terlantar” digunakan untuk binatang gembala yang tidak ada penjaganya; “tidak berair” (sumur); “tidak mengenakan pakaian” (wanita); “libur” karena sekolah/kantor dikosongkan; “menganggur” karena kosong dari pekerjaan; “macet” karena kosong dari fungsinya; “tunda” karena mencari waktu luang yang lain; “tidak hujan” karena ada mendung tetapi tidak turun. Kata ‘athal dan pecahannya di dalam al-Quran terulang dua kali, di mana masing-masing dalam bentuk kata kerja lampau muannats, ‘uththilat (عُطِّلَتْ = ditinggalkan) yang terdapat di dalam S. At-Takwîr [81]: 4 dan bentuk ism maf’ûl muannats, mu‘aththalah(مُعَطَّلَة = yang dikosongkan, yang ditinggalkan) yang terdapat pada S. Al-Hajj [22]: 45. Masing-masing bunyi teks dan terjemahannya sebagai berikut: pertama, wa idza al-‘isyâru ‘uththilat (وَإِذَا الْعِشَارُ عُطِّلَتْ = dan ketika unta-unta yang bunting ditinggalkan [tidak diperdulikan]); kedua, faka’ayyin min qaryatin ahlaknâhâ wa hiya zhâlimatun fahiya khâwiyatun ‘alâ ‘urûsyihâ wa ba‘rin mu‘aththalatin wa qashrin masyîd (فَكَأَيِّنْ مِنْ قَرْيَةً أَهْلَكْنَاهَا وَهِيَ ظَالِمَةٌ فَهِيَ خَاوِِِيَةٌ عَلَى عُرُوْشِهَا وَبَعْرٍ مَعَطَّلَةٍ وَقَصِرٍ مَشِيْدٍ= Berapa kota yang Kami telah binasakan, yang penduduknya dalam keadaan lalim, tembok-tembok kota itu roboh menutupi atap-atapnya, dan (berapa banyak pula) sumur dan istana tinggi yang telah ditinggalkan).

Ulama berbeda pendapat mengenai makna kata ‘uththilat di dalam S. At-Takwîr [81]: 4.

Imam As-Suyuthi dan Mujahid mengartikannya dengan “ditinggalkan”; Ubay bin Ka‘ab dan Ad-Dhahak mengartikannya dengan “diabaikan”; Ar-Rabi‘ bin Haisam mengartikannya dengan “tidak ada penjaganya” karena di dalam ayat tersebut kata ‘uththilat dikaitkan dengan unta-unta hamil. Meskipun mereka berbeda dalam memaknai kata tersebut, namun maksudnya sama, yaitu ketika unta-unta hamil itu ditinggalkan oleh pemiliknya. Ayat ini, menurut al-Qurthubi, menggambarkan sebagian dari situasi di hari kiamat, di mana sekitarnya ada orang yang memiliki unta-unta hamil yang bagi orang-orang Arab merupakan harta yang sangat berharga ketika ayat ini turun, namun kemudian diterlantarkan dan tidak dihiraukan lagi karena sibuk mengurusi diri mereka sendiri. Adayang berpendapat, maksud ayat tersebut adalah ketika manusia dibangkitkan dari kubur juga seluruh harta miliknya, termasuk unta-unta yang sedang hamil tua. Pada saat itu, manusia tidak lagi menghiraukan hartanya itu, termasuk yang unta-unta yang sedang hamil tua dan uang sangat disayangi ketika di dunia, karena mengurusi dirinya sendiri.

Adapun kata mu‘aththalah di dalam S. Al-Hajj [22]: 45 berkedudukan sebagai kata sifat dari kata bi‘r (بِعْرٌ = sumur). Tafsirnya diperselisihkan oleh ulama. Ada yang berpendapat artinya adalah (sumur) yang ditinggalkan, seperti kata As-Suyuti dan Ad-Dhahak. Ibnu Katsir mengartikannya dengan sumur yang tidak lagi menjadi sumber air minum dan tidak ada lagi orang yang mendatanginya. Ada juga yang berpendapat, maknanya adalah tidak berair, atau tidak ada pemiliknya karena telah binasa, atau tidak ada tali dan timbanya. Semua pendapat tersebut mempunyai kemiripan. Pada intinya sumur itu tidak lagi digunakan karena kosong airnya, atau ditinggalkan/diterlantarkan oleh pemiliknya, atau kosong dari tali dan timba. Perbedaan itu terjadi karena mereka berusaha menyesuaikan makna dasar mu‘aththalah, yaitu “kosong” yang disesuaikan dengan konteks kalimatnya. Penggunaan mu‘aththalah di dalam ayat tersebut berkaitan dengan banyaknya umat terdahulu yang dibinasakan Allah dengan menghancurkan kotanya, meruntuhkan istananya, dan mengeringkan sumurnya, karena mereka menzhalimi diri mereka sendiri dengan menentang para rasul yang diutus Allah kepada mereka. Ayat ini merupakan penghibur dan pembesar hati Nabi Muhammad Saw. dalam berdakwah, juga bagi umatnya, di mana nabi-nabi terdahulu juga mengalami dan berhadapan dengan umatnya yang menentang ajaran yang mereka bawa, tetapi pada akhirnya para penentang itulah yang binasa.

Salam Atlantis…

Iklan

26 comments on “Kabar Kehancuran Benua Atlantis di Al Qur’an

  1. silahkan gabung di group ini jika ingin tahu ttg ATLANTIS secara lmiah http://www.facebook.com/home.php?#!/group.php?gid=133676386682283

  2. Dunia Atlantis?
    Dimanakah keberadaanmu?
    Banyak pendapat, perdebatan, secara filsafat, ilmiah, geografi, sosbud, agama.

    kutipan comment :
    sandy’s blogs said…
    atlantis bukan merupakan benua dari masa lalu tp merupakan benua dari masa datang, ngga masuk akal memang tp peradaban mereka adalah peradaban masa datang, sebelum kiamat nanti,dunia akan mengalami fase yg luar biasa indahnya, segalanya teratur, tdk ada hal2 yg buruk…uthopia…semuanya indah…itulah atlantis,dunia masa datang sebelum kiamat, entah bagaimana caranya manusia masa lalu bisa mengetahui keberadaan dunia masa datang tersebut yg akhirnya hancur sebagai peringatan agar kita bs berkaca terhadap apa yg akan terjadi….entah kita,anak kita atau cucu kita yg akan mengalami masa indah tersebut ( atlantis ) tp yg jelas atlantis bukan peradaban kuno melainkan peradaban masa datang…saat ini fasenya sedang dibalik…….
    January 26, 2011 7:26 PM

    “Dialah yang Maha Mengetahui Segala Sesuatu,….Atlantis, duhai sdrku, dikau dihilangkan oleh-Nya, karena memper-Tuhan-kan kepintaran akalmu, yaitu karena kesalahanmu ‘mau coba-coba bikin Ruh,..'(hahahaha).
    Meski sebenarnya, kehidupanmu msh berjalan seperti biasa disana, hanya ditutup hubungan dengan kami sekarang, tapi sesungguhnya, dikau tahu dan kami pun tau kita terpisah sementara, dan akan bertemu lagi di masa depan?????”

    seperti kalimat indah :”Apa yang tidak bisa dibuat oleh manusia, semua bisa,…kecuali Ruh!!!!!”

  3. Sesungguhnya, barang siapa yang pernah kesana, maka:
    mgkin yg pertama; dia tidak akan dapat pulang atau mgkin yg kedua; dia tidak akan prnh pergi kesana lg.

  4. antlantis adalah nusantara…………atau indonesia tempo dulu kala……….

  5. Setuju dengan komen “peradaban masa datang”… namun pertama yg dimaksud adalah lemuria bukan atlantis, atlantis adalah bangsa agresor yg sejaman dengan masa akhir lemurians, mereka menguasai lemuria pada fase pertama karena sifat bangsa lemuria yg agung dan spiritual, fase kedua lemuria dikuasai atlantean yg kemudian mengalami ‘kiamat’ karena ulahnya.. zaman lemuria atau spritualisme akan kembali membuka zaman baru setelah proses seleksi dan pembersihan elemen yg merusak oleh mekanisme ketetapan… ketika zaman mendekat (Imam Ali RA.) adalah akhir zaman, dimana pd masa itu terdapat tiga zaman di satu masa; zaman sebelumnya, peralihan dan zaman baru. Pada zaman tsb tidak ada kenabian sebagaimana zaman mereka dahulu (antara Nabi Adam dan Nabi Idris) karena tingkat spiritualisme dan pemahamannya yg jauh dibanding umat zaman kenabian (untuk itulah ada Nabi), pd zaman mereka nanti sebagaimana sebelumnya adalah pemimpin yaitu seseorang yg ditunjuk dari sekelompok orang beriman. Mengenai bagaimana bangsa sekarang akan menjadi bangsa yg agung seperti lemurians dengan kemampuan yg jauh, melalui proses2 kesadaran thd manipulasi sejarah dan penemuan petunjuk tentang sejarah sebenarnya lalu ujian/seleksi alam dengan keadaan yg sulit, lalu ‘bantuan alam’.

  6. wawlloohuu alam ‘ …

  7. ya buktinya alam takambang jadikan guru ,dari perkataan, pagaruyung dan batusangkar ,itu sendiri ,yakni dari empat patah ,perkataan pagar dan ruyung batu dan sangkar ,serta minang kabau ,ya perkataan ,pagar, sama dengan lambang kekuatan pada masa itu ,ya itu teras pokok kelapa,atau ruyung ,yang di gunakan sebagai pagar,suatu lambang kekuatan dari sumber alam yang banyak pada masa itu ,yang digunakan ,yang tidak ada dibagian dunia sebelah lain ,serta ,batu sangkar ,karangan batu ,yaitu bangunan batu /kubu yang di buat dari pada batu,itulah namanya batu sangkar ,serta sangkar batu inilah /bangunan yang diperbuat dari pada batu inilah ,seterusnya yang menebar keseluruh penjuru alam ,sebabnya ,itulah bahan bangunan /atau sumber kekuatan yang ada di tempat itu ,jadi asal usul sumber pengetahuan ini ,berasal dari tanah pusako ,pagaruyung batusangkar,jadi raja dan kerajaan pagaruyung ini sebagai penaung raja raja dan kerajaan yang,bertebaran ,di seluruh nusantara ini /antara nusa / antara bangsa /timur dan barat di seluruh dunia ,jadi raja dan kerajaan yang di akui pada asalnya ,ialah raja sedaulat dunia yaitu, iskandar zulkarnein / cyrus the great ,yang di perkirakan masa kedatangannya ,selepas air banjir besar di zaman nabi nuh alaihissalam,jadi nabi nuh ini merupakan nabi yang kedua selepas nabi adam alaihissalam,jadi semasa iskandar zulkanein ini, di utus allah taala untuk menjadi raja alam sedaulat dunia ,yang bersama dengannya ialah nabi khidir alaihissalam,dalam setiap kerja dan urusanya,berkenaan nabi khidir ini allah subhanahuataala ,memanggilnya dengan panggilan hamba allah yang ber ilmu dari kalangan pendududk langit dan bumi,dalilnya ,semasa allah subhanahuataala menyampaikan seluruh ilmu pengetahuan kepada nabi muhammad s.a.w.maka nabi khidir ini berdiri ber hampiran dengan nabi muhammad. s. a. w. dan nabi muhammad .s.a.w.merupakan ciptaan pertama allah taala,sebelum segala sesuatu yang lainya allah taala,ciptakan,dalilnya ,tidak aku ciptakan seluruh alam ini dan isinya ya muhammad ,melainkan karena engkau ya muhammad ,itulah yang di sebutkan nabi muhammad itu kekasih allah ,iskandar zulkarnein ,inilah asasnya raja dan kerajaan pagaruyung batu sangkar ,yang bertebaran di seluruh penjuru alam ini di mulakan dari wilayah nusantara / antara nusa / antara bangsa /timur dan barat serta di seluruh dunia ,sebelum bernama minang kabau .sebelum ber agama islam. walau pada asalnya ber agama islam dari nabi adam dari dalam surga lagi,sekarang sudah bernama minang kabau .sekarang sudah ber agama islam,jadi raja dan kerajaan yang ada di seluruh alam ini dari keluarga yang sama ,yang penting ber agama islam dan bersaudara ,seperti adik beradik,bagaikan air di cincang tidak akan putus.bapucuak sabana bulek ba urek sabana tunggang,bulat air kerana pembetung bulat kato karena mufakat ,kalau bulat boleh di golongkan,kalau picak/nipis/tipis boleh di layangkan,ber buat baik ber pada pada,ber buat jahat jangan sekali,sekilas ikan di air jelas jantan / betinanya,jika sedikit sama di cicah,jika banyak sama di lapah,ringan sama di jinjing ,berat sama di pikul,harimau mati meninggalkan belang,manusia mati meningalkan nama,bukit sama di daki ,lurah /jurang sama di turuni,yang kurik itu kendi yang merah itu saga,yang baik itu budi,yang indah itu bahasa,jadi nama minang kabau ,di perolehi selepas peristiwa adu kerbau ,yang di menangi ketuanan raja pagaruyung ,dan nama, pagaruyung batu sangkar ,di dapati dari pada empat patah perkataan ,di atas ,1 pagar. 2 ruyung, 3 batu, 4 sangkar ,inilah yang disebut alam takambang jadikan guru ,jadi minang kabau tempat asalnya undang undang alam di ciptakan ,yang tertuang dari dalam surga sebelum disempurnakan dengan kedatangan agama islam yang suci,yang dibawa oleh nabi muhammad s.a.w utusan / pesuruh allah taala tuhan yang satu,tuhan seluruh alam,dengan mukjizat kitab suci al quran,tilka aya tul kitabil hakim artinya,inilah ayat ayat kitab yang berisi hikmah,serta hadis nabi muhammad s.a.w .inilah 2 kitab suci al quran dan kitab hadis nabi muhammad s.a.w .sumber undang undang dan hukum untuk seluruh alam ,serta rahasia yang tidak akan habis habis untuk selama lamanya,itulah namanya alam takambang jadikan guru,meskipun zaman bertukar masa berganti ……….sepanjang masa dan selama lamanya .sebagai orang islam yang ber iman ,bertaqwa,ber ilmu ,ber amal ,ber dakwah,serta ber jihad dengan ikhlas karena allah untuk mendapat keredaan allah subhanahuataala jua ,dari permulaan urusan sampai selesai urusan ,ya mau apa lagi ,apa lagi yang di cari ,inilah kemuncak segala urusan ,ya inilah asa segalanya ,tujuanya ,sekian wassalam ,dari, baginda sinang / raja kapiceh

  8. Atlantis merupakan dari orang barat. Apapun namanya, dimanapun kebeadaannya, seberapa maju ilmu pengetahuan yang dikuasai, bagaimana ukuran dan bentuk penduduknya, semua masih misteri.
    Mudah2n di masa datang ada bukti fisik yang memperkuat ratusan teori tentang kaim atlantis yang dibinasakan itu

  9. mungkin bisa di cek di situs fahmi basya tentang atlantis

  10. om tolong benarkan ini jaman2 di indonesia :
    jaman hindu/budha jaman nabi (sblm muhammad) Jaman Atlantis Jaman kerajaan (majapahit, sriwijaya dll)
    (yg di atas masih agama hindu budha)
    Jaman Islam jaman belanda jaman sekarang

  11. Atlantis merupakan suatu kejadian yang harus kita jadikan cermin dalam berkehidupan agar lebih Waspada!, Mari kita jaga Benua Sundaland supaya lebih Subur Makmur dan semua lapisan masyarakatnya berakhlak baik. Amiin
    Ketentuan Alloh SWT dalam Al-Quran :
    Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (suatu mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.
    (QS. 17:16)

  12. emang sebenarnya atlantis itu kota atau negara sich

  13. Jika mau membahas jalan hidup niscaya akan diketemukan jawaban yg kira2 benar. namun jika masih terbelenggu pola pandang yg sempit maka atlantis tidak akan di ketemukan. sebap memang di buat begitu oleh orang2 yg mengatakan ahli agama semua da stop di iket dalam pasungan ayat yg menurutnya benar. Sebenarnya masih banyak yg perlu di gali dalam perjalanan hidup ini.
    Sebuah awal yg bagus untuk mencari asal usul yg sesungguhnya. agar tidak terjebak oleh indahnya alunan nada dan cerita yg sengaja di buat untuk mengaburkan tujuan yg sesungguhnya.
    Hidup sebuah pilihan. tergantung pilih yg mana sebab pertanggungan jawab terhadap perjalanan itu sendiri sendiri.
    Awalnya tidak ada maka harus menjadi tidak ada lagi jika meniti kasampornaing urip.
    Bagus2 dan terimakasih informasinya.

  14. Ada satu bangsa yang merupakan misterius yakni bangsa sammah/bajau.
    Bangsa ini adalah penakluk lautan yg hidupnya tinggal didalam lepa2/perahu
    bangsa ini mendiami hampir seluruh pesisir dan pulau di nusantara,malaysia,thailand,myanmar,filiphina,maladewa,malagasi bahkan hampir ada di samudra atlantik

  15. Iiiih, dak enaklah bahasanya, masak unta hamil, unta bunting begitu, atau manusia bunting, ibu bernak, ibu unta melahirkan? iiih bahasanya.

  16. atlantis itu lemuria apa bukan sih ?

  17. Woy kalo ambil petikan surat dari Al-Quran yang teliti dong, itu yg al-Mu’minun ayat 42 bunyinya
    ﺛُﻢَّ ﺃَﻧْﺸَﺄْﻧَﺎ ﻣِﻦْ ﺑَﻌْﺪِﻫِﻢْ ﻗُﺮُﻭﻧًﺎ ﺁﺧَﺮِﻳﻦ
    42. Thumma anshana min baAAdihim quroonan akhareena
    “Kemudian Kami ciptakan sesudah mereka umat-umat yang lain.”

    Sedangkan yang penulis ketik disana surat yg cantumkan itu surat Al-Isra ayat 68!! Untuk petikan petikan yang lain kebawahnya ada yg salag juga, harap diralat ata dibenarkan sehingga tidak menjadi pengubahan atau penipuan ayat!! Thx

  18. Menurut saya kehidupan atlatis itu sebelum peradapan adam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atlantis in the Java Sea

A scientific effort to match Plato’s narrative location for Atlantis

sembrani

bertukar ide, melampaui mimpi bersama

Nurul Wirda

Semerbak Mawar yang dengan senang hati memancarkan Cahayanya

aawanto

The greatest WordPress.com site in all the land!

Covert Geopolitics

Beyond the Smoke & Mirrors

Catatan Harta Amanah Soekarno

as good as possible for as many as possible

Women Terrace

to say something that i never talk before

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d blogger menyukai ini: