2 Komentar

PENJELASAN ILMIAH DAN TEKNIK SEKITAR ISUE HURU-HARA 2012 DAN FILM 2012 WWW

PENJELASAN ILMIAH DAN TEKNIK SEKITAR ISUE HURU-HARA 2012 DAN FILM 2012 WWW

(C) 2009 — EE ONE S | Thunder Rider KOSTER 0115

Isue ttg peristiwa qiamat akan terjadi pd 2012 M sebenarnya adalah provokasi para org yg terobsesi dgn informasi yg bersumber terutama dari prediksi kalender Maya (Mayan calendar prediction). Padahal pd dasarnya kalendar Maya tak menyatakan secara langsung bahwa qiamat akan terjadi pd 2012 M.

KENAPA KALENDAR MAYA?

Mengapa kalender Maya begitu terkenal dan dipercaya? Selama ini kalendar Maya dianggap sangat presisi atau hampir presisi dlm memprediksi kapan gerhana terjadi, baik gerhana bulan (lunar eclipse) maupun gerhana mentari (solar eclipse), berabad kemudian stlhnya.


foto geseran gerhana Mentari

Di Amerika, pelopor perhitungan kalender syamsiyah adalah bangsa Indian, suku Maya dan Aztec, yang mendiami daerah Meksiko sekarang. Suatu prasasti kalender Aztec ditemukan dalam penggalian di Plaza Mayor, lapangan utama di Kota Meksiko pada Desember 1730. Berdasarkan penelitian dan perhitungan Sylvanus Griswold Morley seorang arkeologisAmerika, sistem kalender Maya tersebut diadopsi sekitar 0580 SM.

Sistem kalender Astec menetapkan 1 tahun = 18 bulan + 5 hari = 365 hari, dimana 1 bulan = 20 hari, dan 5 hari tambahan per tahun diberi nama tersendiri. Rangkum waktu 20 hari sebulan disebut unial, 18 bulan setahun dinamakan tun, dan 20 tahun dinamakan katun. Orang Maya menghitung hari kalender mulai dari 0, bukan 1. Disamping itu Maya memiliki ukuran kurun waktu religius yang disebut tzolkin = 13 bulan = 260 hari.

Bilangan tahun mentari dan tahun religius, yaitu tun dan tzolkin disiklus secara serentak dan paralel 52 kali hingga bertemu kembali pada satu hari sama. Dengan satuan ini mereka mereka mencatat persamaan matematik 52 x 365 = 73 x 260 hari atau 52 tun = 1 tzolkin.

Bangsa Indian tak meninggalkan sistem kalender syamsiyah yang mengarah ke sistem yang kita gunakan sekarang, tapi mewariskan prasasti yang menunjukan kemampuan kalkulasi matematika dan astronomi yang sangat tinggi pada masa itu, yang mana telah mampu memprediksikan gerhana mentari dan bulan selama berabad lamanya.

ADA APA PADA 21 DESEMBER 2012 M?

Seperti tlh dijelaskan diatas, kalender maya samasekali tak samadengan kalender Masehi kita gunakan sekarang. Banyak bulan dlm setahun dan banyak dlm sebulan berbeda, tp banyak hari dlm setahun hampir sama, yakni 365 hari. Jadi 2012 M adalah kalender Masehi yg dikonversi dari kalender Maya.

Berdasarkan kalkulasi matemetik dan astronomik, kalender Maya bisa memprediksikan secara presisi berbagai peristiwa gerhana bulan dan gerhana mentari, pasang-surut air laut, banjir, musim hujan dan kemarau, dan bbg peristiwa alam lainnya berkaitan dgn posisi Bumi, Bulan, dan Mentari, serta planet lain dan bintang lain yg tampak dgn mata telanjang pd masa itu.


Mentari, Bumi, dan Bulan sebagai penunjang kehidupan Manusia


posisi Mentari dalam galaksi kita Bima Sakti

Satu diantaranya yg kini menjadi sumber isue adalah bahwa kalender Maya tlh memprediksikan bahwa pd tgl tertentu yg stlh dikonversikan menjadi 21 Desember 2012 M, Mentari akan mengalami intensitas luarbiasa.

BADAI MENTARI DAN GEMPA TEKTONIK BUMI

Dgn sains dan teknologi kita sekarang ini, diketahui bahwa yg dinyatakan oleh kelendar Maya tsb tak lain adalah bahwa pd 21 12 2012 tsb, ekuator Mentari akan berada pd satu bidang dng ekuator pusat Bima Sakti (the Milky Way), galaksi atau gugus bintang dimana Mentari berada. Dampak komosfiska akan terjadi adalah bahwa, intensitas interaksi gravitasional antara pusat Bima sakti dan Mentari akan meningkat, dan sbg akibatnya, intensitas gejolak dan semburan Mentari (solar flare) akan meningkat jauh lbh dahsyat drpd sebelumnya, shg terjadi badai Mentari (solar storm) luarbiasa dlm radius mencapai orbit Bumi.


medan gravitasi dan magnetik Mentari


gejolak dan semburan Mentari


horizon peristiwa badai Mentari

Peningkatan aktivitas Mentari ini dgn sendirinya akan berdampak thdp Bumi. Pd posisi aksial dan orbital tertentu, intensitas interaksi gravitasional antara Mentari dan Bumi pun meningkat, dan sbg akibatnya, intensitas pergeseran lempeng tektonik Bumi pun akan meningkat jauh lbh frekuensiv drpd normal, dan frekuensi serta intensitas gempa tektonik pun meningkat, dan Tsunami raksasa pun terjadi di berbagai tepian benua.


Bumi dengan pusaran Tsunami tampak dari angkasa


sebuah foto angkasa pusat nyata pusaran Tsunami

Lain dpd itu, semburan Mentari yg demikian dahsyat akan mempengaruhi ketahanan sabuk radiasi elektomagnetik Van Allen medan magnetik Bumi, dan Bumi yg dlm keadaan labil, baik secara gravitasional maupun secara elektromagnetik, utk mecapai kembali status kuasi-stabil keseimbangan kosmik (cosmic equilibrium quasi-stable state), kemungkinan Bumi akan mengalami pergeseran poros kutub-kutub magnetik.

GANGGUAN PADA SABUK RADIASI ELEKTROMAGNETIK BUMI

Secara geofisik, poros kutub-kutub gravitasional Bumi dan poros kutub-kutub magnetik Bumi tak berimpit. Selama usia Bumi, jika poros gravitasional Bumi adalah tetap, maka poros magnetik Bumi berubah-ubah posisinya, dimana kutub magnetik Bumi berpindah-pindah sekitar kutub gravitasional Bumi. Hal ini disebabkan krn medan magnetik Bumi dibangkitkan secara elektromagnetik oleh bagian cair antara kerak Bumi dan inti Bumi, dimana ketika Bumi berputar pd poros gravitasionalnya efek elektomagnetik ini dibangkitkan, shg Bumi berlaku spt sebuah dinamo.

Variasi perubahan normal kutub magnetik Bumi selama ini adalah sekitar 1,5% s/d 15%, disebut sbg variasi diurnal dan secular, dan merupakan efek akibat dari dlm Bumi sendiri.  Tp bila ada hantaman keras dari luar Bumi, maka pergeseran kutub magnetik Bumi ini bisa saja mencapai 30% atau bahkan lbh.


sabuk radiasi elektromagnetik Bumi yang ditemukan oleh Van Allen
berfungsi sebagai perisai Bumi terhadap radiasi kosmik dari angkasa luar


radius sabuk radiasi Van Allen jauh lebih lebar daripada radius Bumi
dan tanpanya seluruh kehidupan biologis di Bumi akan musnah


sabuk radiasi Van Allen berlaku sebagai perangkap dan penetralisir
bagi partikel atomik dan nuklir dari angkasa luar

Ketika medan elektromagnetik Bumi labil dan melemah, sabuk radiasi Van Allen tak bisa berfungsi sbgmn mestinya utk melindungi Bumi dari serangan kosmik, spt radiasi berbahaya Mentari, radiasi Alpha, Beta, Gamma, dan kosmik secara umum, dan serangan meteor yg tiada henti. Sbg konsekuensi semua ini, kehidupan biologis di Bumi riskan terancam punah.


Sebuah ilustrasi serangan meteor menghujani Bumi

 

FILM 2012 WE WERE WARNED

Dampak uraian diataslah yg diangkat dlm film 2012 We Were Warned [ 2012 WWW ]. Jadi pd dasarnya film ini bukan menggambarkan peristiwa hari qiyamat (resurrection day) atau hari kebangkitan- kembali kehidupan stlh kematian, atau pun kematian total Bumi dgn segala isi dan penghuninya, melainkan hanya memerikan huru-hara yg mungkin terjadi di Bumi bila predeksi kalendar Maya diatas terjadi secara presisi.

. . .

Demikian, semoga uraian ini bisa dicerna dan berguna . . .

. . .

2 comments on “PENJELASAN ILMIAH DAN TEKNIK SEKITAR ISUE HURU-HARA 2012 DAN FILM 2012 WWW

  1. Masya Allah, sungguh luar biasa akan segala sesuatu yang diciptakan.
    Subhanallah

  2. keren bget ni info..
    banyak banegt pengetahuan yang bisa di ambil..
    thanks bwt yang nyiptain n nyebarin info ini semoga bermanfaat dunia kahirat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atlantis in the Java Sea

A scientific effort to match Plato’s narrative location for Atlantis

Sembrani

Membahas ISU-ISU Penting bagi Anak Bangsa, Berbagi Ide, dan Saling Cinta

Wirdanova

+62811-813-1917

aawanto

The greatest WordPress.com site in all the land!

Covert Geopolitics

Beyond the Smoke & Mirrors

Catatan Harta Amanah Soekarno

as good as possible for as many as possible

Modesty - Women Terrace

My Mind in Words and Pictures

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d blogger menyukai ini: