88 Komentar

Misteri Negara Atlantis mulai tersingkap ?

Oleh:  Ahmad Y. Samantho*

(Peneliti dan Dosen di The Islamic College Jakarta – Universitas Paramadina)

 

Dari Peradaban awal manusia di Atlantis (Nusantara) ke Plato lalu kembali  Indonesia kini.

Setiap umat mempunyai batas waktu (ajal-nya), makakala ia telah tiba, maka mereka tidak akan bisa mengundurkannya sesaat pun, tidak pula mereka bisa memajukannya.” (QS 7:34)

Bulan-bulan ini bangsa Indonesia diharu-biru oleh berbagai isu, ketegangan konflik dan meningkatnya suhu politik,  serta berbagai perilaku aneh para politisi dan kontestan pemilu caleg  yang gagal. Ada yang stress, depresi berat, lalu gila. Ada yang ‘mutung’ mengambil kembali barang bantuannya yang sudah diberikannya ketika kampanye  tapi gagal menang pileg. Bahkan tidak sedikit yang bunuh diri, dan-atau melakukan pembunuhan.

Fenomena-fenomena aneh dalam praktek kehidupan sosial dan sistem politik bangsa Indonesia saatgarudapancasila ini semakin memperlihatkan praktek dan perwujudan  cara berfikir (filsafat/pandangan dunia) yang jauh dari realisasi asasi nilai-nilai luhur Panca Sila: “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyaratan-perwakilan”.  Jelasnya hampir semua (sebagian besar) perilaku sosial-politik bangsa Indonesia kini didominasi kendali paham pikir keserakahan materialistis.  Prinsip falsafah Pancasilais: ”Ketuhanan Yang Maha Esa” dan ”Kemanusiaan yang adil dan beradab” telah tergusur oleh  falsafah ”Keuangan yang maha kuasa” dan ”Kebinatangan yang zalim dan biadab”.

Praktek kehidupan sosial-politik dan ekonomi anak bangsa tak lagi terpimpin oleh semangat kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmah-Kebijaksaan. Demokrasi  masih menjadi sekedar menjadi alat formal-prosedural pengumpul legitimasi untuk berkuasanya para elite politik-ekonomi. Paling tidak itulah yang dirasakan oleh beberapa pengamat dan tokoh-tokoh yang prihantin dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini.

plato statueLalu apa hubungannya dengan Plato, filosof kelahiran Yunani (Greek philosopher)  yang hidup 427-347 Sebelum Masehi (SM)? Plato adalah salah seorang murid Socrates, filosof arif bijaksana, yang kemudian mati diracun oleh penguasa Athena yang zalim pada tahun 399 SM. Setelah kematian gurunya, Plato sering bertualang, termasuk perjalanannya ke Mesir.

Pada tahun 387 SM dia kembali ke Athena dan mendirikan Academy, sebuah sekolah ilmu pengetahuan dan filsafat, yang kemudian menjadi model buat universitas moderen. Murid yang paling terkenal dari Academy tersebut adalah Aristoteles yang ajarannya punya pengaruh yang hebat terhadap filsafat sampai saat ini.

 

Demi pemeliharaan Academy, banyak karya Plato yang terselamatkan. Kebanyakan karya tulisnya berbentuk surat-surat dan dialog-dialog, yang paling terkenal adalah Republic. Karya tulisnya mencakup subjek yang terentang dari ilmu pengetahuan sampai kepada kebahagiaan, dari politik hingga ilmu alam.

Dua dari dialognya, Timeaus and Critias, memuat satu-satunya referensi orsinil tentang pulau Atlantis (the island of Atlantis).

Plato  menyatakan bahwa puluhan ribu tahun lalu terjadi berbagai letusan gunung berapi secara serentak, menimbulkan gempa, pencairan es, dan banjir. Peristiwa itu mengakibatkan sebagian permukaan bumi tenggelam. Bagian itulah yang disebutnya benua yang hilang atau Atlantis.

coverbukuatlantisthumbPenelitian mutakhir yang dilakukan oleh Prof. Dr. Aryso Santos, menegaskan teorinya bahwa Atlantis itu adalah wilayah yang sekarang disebut Indonesia. Setelah melakukan penelitian selama 30 tahun, ia menghasilkan buku Atlantis, The Lost Continent Finally Found, The Definitive Localization of Plato’s Lost Civilization (2005). Santos menampilkan 33 perbandingan ciri-ciri dari 12 lokasi di muka bumi yang diduga para sarjana lain sebagai situs Atlantis, seperti luas wilayahnya, cuacanya, kekayaan alamnya, gunung berapinya, dan cara bertaninya, dll. yang akhirnya Santos menyimpulkan bahwa Atlantis itu adalah Indonesia sekarang. Salah satu buktinya adalah sistem terasisasi sawah yang khas Indonesia, menurutnya, ialah bentuk yang diadopsi oleh Candi Borobudur, Piramida di Mesir, dan bangunan kuno Aztec di Meksiko.

Aryso Santos juga menerapkan analisis filologis (ilmu kebahasaan), antropologis dan arkeologis dalam penelitiannya. Dia banyak mendapatkan petunjuk dari reflief-relief dari bangunan-bangunan dan artefak bersejarah dan piramida di Mesir,  kuil-kuil suci peninggalan peradaban Maya dan Aztec di Amerika Selatan, candi-candi dan artefak-artefak bersejarah peninggalan peradaban Hindu di lembah sungai Hindustan (Peradaban Mohenjodaro dan Harrapa). Juga dia mengumpulkan petunjuk-petunjuk dari naskah-naskah kuno, kitab-kita suci berbagai agama seperti the Bible dan kitab suci Hindu  Rig VedaPuranas, dll.

Piramida Aztex di Benua Amerika

Candi Sukuh di Gunung Lawu Jawa Tengah yang mirip dengan Candi Suku

http://www.atlan.org/articles/checklist/ )


Konteks Indonesia Secara Geologis dan Geografis

Menurut Prof. Dr. H. Priyatna Abdul Rasyid, Ph.D. Direktur Kehormatan International Institute of Space Law (IISL), Paris-Prancis: bukanlah suatu kebetulan ketika Indonesia pada tahun 1958, atas gagasan Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja melalui UU No. 4 Perpu tahun 1960, mencetuskan Deklarasi Djoeanda. Isinya menyatakan bahwa negara Indonesia dengan perairan pedalamannya merupakan kesatuan wilayah nusantara. Fakta itu kemudian diakui oleh Konvensi Hukum Laut Internasional 1982. Merujuk  penelitian Santos, pada masa puluhan ribu tahun yang lalu wilayah negara Indonesia merupakan suatu benua yang menyatu. Tidak terpecah-pecah dalam puluhan ribu pulau seperti halnya sekarang.

Santos menetapkan bahwa pada masa lalu itu Atlantis merupakan benua yang memben-tangkarakatau-mletus dari bagian selatan India, Sri Lanka, Sumatra, Jawa, Kalimantan, terus ke arah timur dengan Indonesia (yang sekarang) sebagai pusatnya. Di wilayah itu terdapat puluhan gunung berapi yang aktif dan dikelilingi oleh samudera yang menyatu bernama Orientale, terdiri dari Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

cracatoaTeori Plato menerangkan bahwa Atlantis merupakan benua yang hilang akibat letusan gunung berapi yang secara bersamaan meletus. Pada masa itu sebagian besar bagian dunia masih diliput oleh lapisan-lapisan es (era Pleistocene) . Dengan meletusnya berpuluh-puluh gunung berapi secara bersamaan yang sebagian besar terletak di wilayah Indonesia (dulu) itu, maka tenggelamlah sebagian benua dan diliput oleh air yang berasal dari es yang mencair. Di antaranya letusan gunung Meru di India Selatan dan gunung Semeru/Sumeru/ Mahameru di Jawa Timur. Lalu letusan gunung berapi di Sumatera yang membentuk Danau Toba dengan pulau Samosir, yang merupakan puncak gunung Toba yang meletus pada saat itu. Letusan yang paling dahsyat di kemudian hari adalah gunung Krakatau (Krakatoa) yang memecah bagian Sumatera dan Jawa dan lain-lainnya serta membentuk selat dataran Sunda.

Kata Atlantis berasal dari bahasa Sanskrit Atala, yang berarti surga atau menara peninjauan (watch tower), Atalaia (Potugis), Atalaya (Spanyol). Plato menegaskan bahwa wilayah Atlantis pada saat itu merupakan pusat dari peradaban dunia dalam bentuk budaya,  kekayaan alam, ilmu pengetahuan-teknologi, dan lain-lainnya. Plato menduga bahwa letak Atlantis itu di Samudera Atlantik sekarang. Pada masanya, ia bersikukuh bahwa bumi ini datar dan dikelilingi oleh satu samudera (ocean) secara menyeluruh.Ocean berasal dari kata Sanskrit ashayana yang berarti mengelilingi secara menyeluruh. Pendapat itu kemudian ditentang oleh ahli-ahli di kemudian hari seperti Copernicus, Galilei-Galileo, Einstein, dan Stephen Hawking.

Santos berbeda dengan Plato mengenai lokasi Atlantis. Ilmuwan Brazil itu berargumentasi, bahwa pada saat terjadinya letusan berbagai gunung berapi itu, menyebabkan lapisan es di muka bumi mencair dan mengalir ke samudera sehingga luasnya bertambah. Air dan lumpur berasal dari abu gunung berapi tersebut membebani samudera dan dasarnya, mengakibatkan tekanan luar biasa kepada kulit bumi di dasar samudera, terutama pada pantai benua. Tekanan ini mengakibatkan gempa. Gempa ini diperkuat lagi oleh gunung-gunung yang meletus kemudian secara beruntun dan menimbulkan gelombang tsunami yang dahsyat. Santos, dengan mengutip teori para geolog, menamakannya sebagai Heinrich Events, bencana katastrop yang berdampak global.  Beberapa artikel resume dari buku Aryso Santos ini dipublikasikan di situs internetnya di http://www.atlan.org.

Menurut Santos, dalam usaha mengemukakan pendapat mendasarkan kepada sejarah dunia, tampak Plato telah melakukan dua kekhilafan, pertama mengenai bentuk/posisi bumi yang katanya datar. Kedua, mengenai letak benua Atlantis yang katanya berada di Samudera Atlantik yang ditentang oleh Santos. Penelitian militer Amerika Serikat di wilayah Atlantik terbukti tidak berhasil menemukan bekas-bekas benua yang hilang itu. Oleh karena itu tidaklah semena-mena ada peribahasa yang berkata, “Amicus Plato, sed magis amica veritas.” Artinya,”Saya senang kepada Plato tetapi saya lebih senang kepada kebenaran.”

Priyatna mengatakan: ”Namun, ada beberapa keadaan masa kini yang antara Plato dan Santos sependapat. Yakni pertama, bahwa lokasi benua yang tenggelam itu adalah Atlantis dan oleh Santos  dipastikan sebagai wilayah Republik Indonesia. Kedua, jumlah atau panjangnya mata rantai gunung berapi di Indonesia. Di antaranya ialah Kerinci, Talang, Krakatoa, Malabar, Galunggung, Pangrango, Merapi, Merbabu, Semeru, Bromo, Agung, Rinjani. Sebagian dari gunung itu telah atau sedang aktif kembali.”

Ketiga, soal semburan lumpur akibat letusan gunung berapi yang abunya tercampur air laut menjadi lumpur. Endapan lumpur di laut ini kemudian meresap ke dalam tanah di daratan. Lumpur panas ini tercampur dengan gas-gas alam yang merupakan impossible barrier of mud (hambatan lumpur yang tidak bisa dilalui), atau in navigable (tidak dapat dilalui), tidak bisa ditembus atau dimasuki. Dalam kasus di Sidoarjo, pernah dilakukan remote sensing, penginderaan jauh, yang menunjukkan adanya sistim kanalisasi di wilayah tersebut. Ada kemungkinan kanalisasi itu bekas penyaluran semburan lumpur panas dari masa yang lampau.

Menurut Priyatna, bahwa Indonesia adalah wilayah yang dianggap sebagai ahli waris Atlantis, tentu harus membuat kita bersyukur. Membuat kita tidak rendah diri di dalam pergaulan internasional, sebab Atlantis pada masanya ialah pusat peradaban dunia. Namun sebagai wilayah yang rawan bencana, sebagaimana telah dialami oleh Atlantis itu, sudah saatnya kita belajar dari sejarah dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan mutakhir untuk dapat mengatasinya.

Koran Republika, Sabtu, 18 Juni 2005 menulis bahwa para peneliti AS menyatakan bahwa Atlantis is Indonesia. Hingga kini cerita tentang benua yang hilang ‘Atlantis’ masih terselimuti kabut misteri. Sebagian orang menganggap Atlantis cuma dongeng belaka, meski tak kurang 5.000 buku soal Atlantis telah ditulis oleh para pakar.

Bagi para arkeolog atau oceanografer moderen, Atlantis tetap merupakan obyek menarik terutama soal teka-teki di mana sebetulnya lokasi sang benua. Banyak ilmuwan menyebut benua Atlantis terletak di Samudera Atlantik.

Sebagian arkeolog Amerika Serikat (AS) bahkan meyakini benua Atlantis dulunya adalah sebuah pulau besar bernama Sunda Land, suatu wilayah yang kini ditempati Sumatra, Jawa dan Kalimantan. Sekitar 11.600 tahun silam, benua itu tenggelam diterjang banjir besar seiring berakhirnya zaman es.

”Para peneliti AS ini menyatakan bahwa Atlantis is Indonesia,” kata Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof Umar Anggara Jenny, Jumat (17/6), di sela-sela rencana gelaran ‘International Symposium on The Dispersal of Austronesian and the Ethnogeneses of the People in Indonesia Archipelago, 28-30 Juni 2005.

Kata Umar, dalam dua dekade terakhir memang diperoleh banyak temuan penting soal penyebaran dan asal usul manusia. Salah satu temuan penting ini adalah hipotesa adanya sebuah pulau besar sekali di Laut Cina Selatan yang tenggelam setelah zaman es.

 

 

Hipotesa itu, kata Umar, berdasarkan pada kajian ilmiah seiring makin mutakhirnya pengetahuan tentang arkeologi molekuler. Tema ini, lanjutnya, bahkan menjadi salah satu hal yang diangkat dalam simposium internasional di Solo, 28-30 Juni 2005

Menurut Umar, salah satu pulau penting yang tersisa dari benua Atlantis — jika memang benar — adalah Pulau Natuna, Riau. Berdasarkan kajian biomolekuler, penduduk asli Natuna diketahui memiliki gen yang mirip dengan bangsa Austronesia tertua.

Bangsa Austronesia diyakini memiliki tingkat kebudayaan tinggi, seperti bayangan tentang bangsa Atlantis yang disebut-sebut dalam mitos Plato. Ketika zaman es berakhir, yang ditandai tenggelamnya ‘benua Atlantis’, bangsa Austronesia menyebar ke berbagai penjuru.

Mereka lalu menciptakan keragaman budaya dan bahasa pada masyarakat lokal yang disinggahinya dalam tempo cepat yakni pada 3.500 sampai 5.000 tahun lampau. Kini rumpun Austronesia menempati separuh muka bumi.

Ketua Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI), Harry Truman Simanjuntak, mengakui memang ada pendapat dari sebagian pakar yang menyatakan bahwa benua Atlantis terletak di Indonesia. Namun hal itu masih debatable.

Yang jelas, terang Harry, memang benar ada sebuah daratan besar yang dahulu kala bernama Sunda Land. Luas daratan itu kira-kira dua kali negara India. ”Benar, daratan itu hilang. Dan kini tinggal Sumatra, Jawa atau Kalimantan,” terang Harry. Menurut dia, sah-sah saja para ilmuwan mengatakan bahwa wilayah yang tenggelam itu adalah benua Atlantis yang hilang, meski itu masih menjadi perdebatan yang perlu diverifikasi secara ilmiah oleh berbagai pihak yang berwenang (otoritatif), misalnya Badan Arkeologi Nasional RI.

Dominasi Austronesia

The biblical flood really did occur – at the end of the last Ice Age. The Flood drowned for ever the huge continetal shelf of Southeast Asia, and caused a population dispersal which fertilized the Neolithic cultures of China, India, Mesopotamia, Egypt and the eastern Mediterranean, thus creating the first civilizations. The Polynesians did not come from China but from the islands of Southeast Asia. The domestication of rice was not in China but in the Malay Peninsula, 9,000 years ago. In this ground breaking new book Stephen Oppenheimer reveals how evidence from oceanography, archaeology, linguistics, genetics and folklore overwhelmingly suggests that the lost ‘Eden’ – the cradle of civilization – was not in the Middle East, as is usually supposed, but in the drowned continent of Southeast Asia. ( Stephen Oppenheimer)

http://www.bradshawfoundation.com/stephenoppenheimer/reading.html

 

Menurut Umar Anggara Jenny, Austronesia sebagai rumpun bahasa merupakan sebuah fenomena besar dalam sejarah manusia. Rumpun ini memiliki sebaran yang paling luas, mencakup lebih dari 1.200 bahasa yang tersebar dari Madagaskar di barat hingga Pulau Paskah di Timur. Bahasa tersebut kini dituturkan oleh lebih dari 300 juta orang.

”Pertanyaannya dari mana asal-usul mereka? Mengapa sebarannya begitu meluas dan cepat yakni dalam 3500-5000 tahun yang lalu. Bagaimana cara adaptasinya sehingga memiliki keragaman budaya yang tinggi,” tutur Umar.

Salah satu teori, menurut Harry Truman, mengatakan penutur bahasa Austronesia berasal dari Sunda Land yang tenggelam di akhir zaman es. Populasi yang sudah maju, proto-Austronesia, menyebar hingga ke Asia daratan hingga ke Mesopotamia, mempengaruhi penduduk lokal dan mengembangkan peradaban.

 

Peta Penyebaran Umat Manusia pasca Ledakan Supervolcano Toba 75.000 tahun yang lalu. Silahkan di-klik link-nya untuk melihat animasi lengkapnya

Apa yang diungkap Prof. Dr. Umar Anggara Jenny dan Harry Truman tentang sebaran dan pengaruh bahasa dan bangsa Austronesia ini dibenarkan oleh Prof.Dr. Abdul Hadi WM, budayawan dan sastrawan terkemuka Indonesia.

Konteks Indonesia secara Filosofis dan Spiritual

Secara filosofis dan historis, apa yang telah dirumuskan oleh para Founding Fathers Republik Indonesia menjadi Panca Sila,  apakah secara langsung atau tidak, mungkin terinspirasi atau ada kemiripan (paralelisme) dengan konsep Plato tentang “Negara Ideal” yang tertulis dalam karyanya “Republic”.  Konsep Plato tentang sistem kepemimpinan masyarakat dan siapa yang berhak memimpin bangsa, bukanlah berdasarkan sistem demokrasi formal-prosedural yang liberal ala demokrasi Barat (Amerika) saat ini. Secara sederhana konsep kepemimpinan Platonis adalah “King Philosopher” atau “Philospher King”. Konsep ini Plato dapatkan dari kisah tentang sistem pemerintahan dan negara Atlantis.

 

Menurut Plato suatu bangsa hanyalah akan selamat hanya bila dipimpin oleh orang yang dipimpin oleh “kepala”-nya (oleh akal sehat, ilmu pengetahuan dan hati nuraninya), dan bukan oleh orang yang dipimpin oleh “otot dan dada” (arogansi), bukan pula oleh “perut” (keserakahan), atau oleh “apa yang ada di bawah perut” (hawa nafsu). Hanya para filosof, yang dipimpin oleh kepalanya, yaitu para pecinta kebenaran dan kebijaksanaan-lah yang dapat memimpin dengan selamat, dan bukan pula para sophis (para intelektual pelacur, demagog) seperti orang kaya yang serakah (tipe Qarun, “manusia perut” zaman Nabi Musa), atau tipe Bal’am (ulama-intelektual-penyihir yang melacurkan ilmunya kepada tiran Fir’aun). Plato membagi jenis karakter manusia menjadi 3: “manusia kepala” (para filosofof-cendikiawan-arif bijaksana), “manusia otot dan dada” (militer), dan “manusia perut” (para pedagang, bisnisman-konglomerat). Negara akan hancur dan kacau bila diserahkan kepemimpinannya kepada “manusia otot-dada” atau “manusia perut”, menurut Plato.

 

Dr. Jalaluddin Rakhmat menjelaskan dalam konteks terminologi agama mutakhir: Islam, istilahPhilosophia atau Sapientia, era Yunani itu identik dengan terminologi Hikmah dalam al-Qur’an. Istilah Hikmah terkait dengan Hukum (hukum-hukum Tuhan Allah SWT yang tertuang dalam Kitab-Kitab Suci para Nabi dan para Rasul Allah, utamanya Al-Qur’an al-Karim, dan Sunnah Rasulullah terakhir Muhammad SAW, yang telah merangkum dan melengkapi serta menyempurnakan ajaran dan hukum rangkaian para nabi dan rasul Allah sebelumnya. Hukum yang berdasarkan dan bergandengan dengan Hikmah, bila ditegakkan oleh para Hakim dalam sebuah sistem Hukumah (pemerintahan) inilah yang akan benar-benar dapat merealisasikan prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmah-kebijaksanaan dalam permusyawaratan-perwakilan, serta Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Maka semakin jelaslah mengapa konsep kepemimpinan berdasarkan Panca Sila itu terkait erat dengan konsep kepemimpinan negara versi Plato, karena ia mengambilnya dari peradaban tertua yang luhur dari peradaban umat manusia pertama (Adam As dan keturunannya) yang mendapat hidayah dan ilmu langsung dari Tuhan YME: Allah SWT. Dan entah benar atau tidak, lokasinya adalah di Nusantara (Asia Tenggara).

Surga Atlantis, Yunani dan Indonesia

Plato mendapatkan ilham filsafat politiknya serta informasi tentang peradaban dan perikehidupan bangsa antik yang luhur Atlantis, dari Socrates gurunya, juga dari jalur kakeknya yang bernama Critias. Di mana Critias mendapatkan berita tentang Atlantis dari Solon yang mendapatkannya dari para pendeta (ruhaniawan) di Mesir kuno.

tsunami-krakatoa1Menurut penelitian Aryso Santos, para pendeta (rohaniwan) Mesir kuno ini, mewarisi informasi tentang Atlantis ini dari para leluhurnya yang berasal dari Hindustan (India yang merupakan peradaban Atlantis ke-2) dari peradaban bangsa Atlantis pertama di Sunda Land (Lemuria) atau Nusantara.  Aryso Santos juga menemukan banyak informasi-informasi yang mengarahkan kesimpulannya dari artefak-artefak dan situs bersejarah di Mesir.

 

Aryso Santos juga menemukan bahwa cerita tentang Atlantis terkait dengan kisah para “dewa’ dalam mitologi Yunani dan perikedupan manusia pertama, keluarganya dan masyarakat keturunannya,. Cerita ini ada kemiripan dengan kisah Zeus dalam mitology dan legenda Yunani,  juga dengan kisah dalam kitab suci Hindu Rig Veda, Puranas, dll. “All nations, of all times, believed in the existence of a Primordial Paradise where Man originated and developed the fist civilization ever. This story, real and true, is told in the Bible and in Hindu Holy Books such a the Rig Veda, the Puranas and many others. That this Paradise lay “towards the Orient” no one doubts, excepting some die-hard scientists who stolidly hold that the different civilizations developed independently from each other even in such unlikely, late places such as Europe, the Americas or the middle of the Atlantic Ocean. This, despite the very considerable contrary evidence that has developed from essentially all fields of the human sciences, particularly the anthropological ones. It is mainly on those that we base our arguments in favor of the reality of a pristine source of human civilization traditionally called Atlantis or Eden, etc.” tulis Aryso Santos.

 

Yang cukup mengejutkan adalah bahwa Peradaban kuno Atlantis, yang kemungkinan adalah peradaban pertama umat manusia, justru sudah beradab (civilized) dan punya kemampuan sains dan teknologi, dan sistem kemasyarakatan dan ketatanegaraan ideal yang cukup maju yang tak terbayangkan oleh kita sekarang itu dapat terjadi 11.600 tahun yang lalu. Dari sudut pandang umat Islam, hal ini tidaklah mengherankan, karena Nabi Adam, sebagai manusia (kalifatullah) pertama telah diajari Allah semua ilmu pengetahuan tentang nama-nama (QS 2 : 30)

Sebuah bangsa kepulauan, yang menurut anggapan Plato berlokasi di tengah Samudra Atlantik, dihuni oleh suatu ras manusia yang mulia dan sangat kuat (noble and powerfull). Rakyat tanah air tersebut sangat makmur sejahtera yang sangat bersyukur atas segala karunia sumber daya alam yang diketemukan di seantero kepulauan mereka. Kepulauan itu adalah sebuah pusat perdagangan dan kegiatan komersial. Pemerintahan negeri itu memperjalankan para penduduknya untuk memperdagankan hasil buminya sampai ke Afrika dan Eropa

Negara  Atlantis.

 

Poseidon = Pasundan ???

Menurut cerita Plato Atlantis adalah  wilayahnya Poseidon, dewa laut. Ketika Poseidon jatuh cinta kepada wanita yang bisa mati, Cleito, dia membuat sebuah sumur  di puncak bukit di tengah-tengah pulau dan membuat kanal-kanal air berbentuk lingkaran cincin di sekitar sumur tersebut untuk melindungi istrinya itu. Cleito melahirkan lima pasang anak kembar laki-laki yang menjadi penguasa pertama Atlantis. Negeri pulau itu dibagi-bagi di antara para saudara laki-lakinya. Yang tertua, Atlas, raja pertama Atlantis, diberi kontrol atas  pusat bukit dan area sekitarnya.

Pada puncak tengah bukit, untuk menghormati Poseidon, sebuah bangunan candi, kuil atau istana dibangun yang menempatkan sebuah patung emas raksasa dari Poseidon yang mengendarai sebuat kereta yang ditarik kuda terbang. Di sinilah para penguasa Atlantis biasa mendiskusikan hukum, menentapkan keputusan dan memberi penghormatan kepada Poseidon.

Untuk memfasilitasi perjalanan dan perdagangan, sebuah kanal (saluran) air dibuat memotong cincin-cincin kanal air yang melingkari wilayah, sehingga terbentuk jalan air sepanjang 9 km ke arah selatan menuju laut.

Kota Atlantis menduduki tempat pada wilayah luar lingkaran cincin air, menyebar di sepanjang dataran melingkar sepanjang 17 km. Inilah tempat yang padat penduduk di mana mayoritas pendudukanya tinggal.

Di belakang kota terhampar seuatu lahan subur sepanjang 530 km dan selebar 190 km yang dikitari oleh kanal air lain yang digunakan untuk memngumpulkan air dari sungai-sungai dan aliran air pengunungan. Iklimnya memungkinkan mereka dapat 2 kali panenan dalam setahun. Pada saat musim penghujan, lahan disirami air hujan dan pada musim panas/kemarau, lahan diairi irigasi dari kanal-kanal air.

Mengitari dataran di sebelah utaranya ada pengunungan yang menjulang tinggi ke langit. Pedesaaan, danau-danau dan sungai dan meadow menandai titik-titik pengunungan.

Disamping hasil panenan, kepulauan besar tersebut menyediakan semua jenis tanaman herbal, buah-buahan dan kacang-kacangan, dan sejumlah hewan termasuk gajah, yang memenuhi kepulauan.

Dari generasi ke genarasi orang-orang Atlantean hidup dengan sederhana, hidup penuh dengan kebaikan. Namun lambat-laun meerka mulai berubah. Keserakahan dan kekuasaan mulai mengkorupsi mereka. Ketika Maha Dewa Zeus melihat ketidakdapatmatian (immortality) para penduduk Atlantis, maka Dia mengumpulkan para dewa lainnya untuk menentukan sebuah hukuman yang layak bagi mereka.

Segera, dalam sebuah bencana besar mereka lenyap. Kepulauan Atlantis, penduduknya, dan ingatan-ingatanya musnah tersapu lautan.

Ringkasan cerita yang dikisahkan  Plato ini sekitar tahun 360 SM dalam dialognya Timaeus and Critias. Karya tulis Plato ini adalah satu-satunya referensi yang diketahui mengenai Atlantis. Ini telah menimbulkan kontroversi dan perdebatan lebih dari 2 ribu tahun lamanya.

Replika Situs Atlantis telah diketemukan di Sumatra ?

Beberapa orang yang penulis temukan secara tak sengaja, antara Maret-Mei tahun ini telah mengaku menemukan jejak-jejak situs yang diduga kemungkinan besar adalah replika situs Atlantis.  Menurut pengakuan mereka, mereka terdorong oleh ilham dan mimpi serta cerita-cerita tambo, mitos dan legenda yang diwarisi dari leluhur mereka tentang cerita istana Dhamna yang hilang di tengah pulau Sumatra, di sekitar perbatasan Propinsi Sumatra Barat, Jambi dan Riau.

Sekitar 6 bulan mereka melakukan riset dan ekspedisi ke lokasi, dengan partisipasi seorang arkeolog dan panduan beberapa tokoh masyarakat adat setempat mereka menemukannya di tengah bukit dan hutan yang sukar dijangkau manusia. Di tempat yang sekarang dikenal sebagai Lubuk Jambi itu konon telah diketemukan  oleh masyarakat setempat berbagai artefak dan sisa bangunan peninggalan kerajaan Kandis, yang diduga Atlantis itu di dekat sungai Kuantan Singgigi. Beberapa foto dirimkan oleh mereka kepada penulis sebagai bukti hasil ekspedisi mereka. Namun demikian, menurut mereka, tempat tersebut dijaga dan dipelihara, selain oleh masyarakat adat setempat juga oleh kekuatan makluk supra natural tertentu yang menjaganya ribuan tahun. Bahkan menurut mereka, jarum kompas yang mereka bawa ke tempat itu pun tidak bisa berfungsi lagi, karena pengaruh kutub magnetis bumi pun menjadi hilang di sana. Salah satu dari tim ekspedisi itu mengaku melihat dan merasakan kehadiran semacam siluman macan/harimau yang menjaga tempat itu. Wallahu ‘alam bi shawab.

Lebih lanjut silahkan baca makalah pimpinan team ekspedisi Kandis itu di : https://ahmadsamantho.wordpress.com/2009/06/22/kerajaan-kandis-“atlantis-nusantara”/

 

Namun terlepas dari benar tidaknya pengakuan mereka, ada juga beberapa pihak yang mengaitkan diketemukannya bukti-bukti situs Atlantis sebagai peradaban umat manusia pertama dengan sejarah kehidupan Nabi Adam As dan anak-cucu keturunannya, dengan prediksi kebangkitan kembali agama-agama dan spiritualisme dunia menjelang akhir zaman. Ini konon terhubung dengan persiapan kedatangan Imam Mahdi dan mesianisme kebangkitan kembali Nabi Isa al-Masih, sebelum kiamat tiba.

Inilah yang mungkin masih menjadi pertanyaan tersirat ES Ito yang menulis novel Negara Kelima. Bagaimanakah revolusi menuju negara ke lima itu mendapatkan jalannya?

Nusantara, Indonesia sekarang, menurut Tato Sugiarto, telah dipersiapkan Tuhan YME sebagai negeri tempat persemaian dan tumbuh kembangnya kearifan ilahiah dan shopia perennialis yang berevolusi melalui berbagai agama dunia dan kearifan-kearifan lokal nusantara, yang merefleksikan falsafah Bhineka Tunggal Ika. Menurut pria kelahiran 1937, mantan tea taster dan market analisis PT perkebunan I – IX Sumatara Utara – Aceh, walau terjadi paradoks –di balik krisis lingklungan seiring dengan krisis peradaban global, mengutip Alvin Tofler, terjadi pula gejala-gejala kebangkitan agama-agama, yang paralel dengan kebangkitan spiritualisme menurut John Naisbit. Ini menutut Tato, adalah pertanda masa transisi proses kebangkitan umat manusia menyosong tranformasi menuju “Kebangkitan Peradaban Mondial Millenium Ketiga”.

Gejala ini juga terlihat jelas di kawasan Nusantara ini, dan pesan-pesannya pun dipahami para ahli makrifat yang waskita. Walau fenomena ini tampil paradoksal, namun sesungguhnya bersifat komplementer, merupakan survival instinct manusia. Ini merupakan peringatan dini dalam mengatisipasi apocaliptic threats yang akan hadir di masa datang. Prophetic intelegence yang relevan dengan itu berabad-abad yang lampau sebenarnya telah diisyaratkan dalam Injil dan al-Qur’an sebagai nubuat (ramalan) Kebangkitan Isa al-Masih (QS 3: 55, QS 19:33) ataupun yang dalam pagelaran wayang purwo ditampilkan sebagai mitos “Kresna Gugah”.

Tato Sugiarto menjelaskan: Wayang Purwo warisan Wali Songo adalah “tontonan dan tuntunan” adiluhung yang cocok dengan semua agama. Tampil sebagai seni budaya yang sarat dengan muatan aneka ilmu pengetahuan.

Kresna Gugah = Kebangkitan Imam Mahdi ???

Medium pendidikan massal ini dikemas sebagai total arts, yang kehadirannya mewakili pagelaran seni makrifat atau meditative arts. Kini wayang purwo telah melampaui batas wilayah Nusantara, lalu diakui sebagai warisan dunia, yaitu sejak dinyatakan oleh UNESCO (PBB) sebagai “A Masterpiece of the Oral and Intangible heritage of Humanity” pada tgl 7 November 2003 di Paris Perancis.

Kresna

Dalam ungkapan seorang aktifis urban sufism di Jakarta, Rani Angraini, “karena di sinilah peradaban luhur pertama umat manusia berawal, maka di sini pula peradaban umat manusia bangkit kembali dan berakhir di penghujung zaman.” Wallahu ‘Alam bi shawab.

RELATED ARTICLES & REFERENCES:

http://en.wikipedia.org/wiki/Root_race#The_civilization_of_Atlantis

http://en.wikipedia.org/wiki/Maitreya_%28Theosophy%29

About these ads

88 comments on “Misteri Negara Atlantis mulai tersingkap ?

  1. menurut saya,,ada benarnya jika dikatakan atlantis adalah indonesia. karena apa,,,saya sendiri sgt heran dg apa yg ada dinegri tercinta kita ini,,,tanah yg begitu subur,,,kekayaan alam yg berlimpah,,,keaneka ragaman budaya,suku,adat istiadat,,,,yg tidak ada di suatu negripun sama dg indonesia,,,masih byk hal lagi yg membuat indonesia special dihati saya

    saya mungkin lebih tertarik dg cerita mbah2buyut(bhs jawa)saya, mereka byk mengatakan bhwa zaman mereka dulu,, ada yg namanya ilmu batin, yg dapat menghubungkan seseorang dg orang yg lain melalui telepati,,,ada juga yg mempunyai ilmu menghilang,,yg dapat berpindah tempat secara singkat,,,dari tempat satu ke tempat yg lain yg jaraknya sangat jauh,kita bisa mendengar dari cerita2 sunan (wali songo),,,yg bisa berpindah tempat dg begitu singkat, merubah wujud, bicara dg roh halus, bahkan mengerti bahasa binatang,,,kutukan pun berlaku dinegri kita tercinta ini, ada candi2 bersusun, ada cerita dan riwayat atau cerita rakyat yg merupakan kisah nyata, seperti malin kundang(dlm lingkup sunda land), tangkuban perahu, candi prambanan, candi borobudur,,,,yg merupakan keajaiban dunia,,dan kita tidak tau mengapa bangunan itu sgt kokoh,,padahal tidak dilapisi semen,,,interaksi dg makhluk alam gaib sering terjadi diIndonesia,,,bahkan arah yg sesat,,yaitu “pesugihan”.

    indonesia bgtu mistis bagi saya,,,sama dg atlantis yg sampai skgpun tidak terungkap,,,indonesiapun demikian,,,keragaman budaya, peninggalan, tingkah laku, keGAIBan (mistik) yg dipercayai penduduk setempat,,,apalagi adanya kemampuan menghilang + telepati orang zaman dulu,,,,ini membuat saya yakin,,,diNEGRA lian tidak ada yg seperti indonesia,,,klopun ada apakah mereka punya GAMAN(bhs jawa) sepeti benda pusaka,,layaknya keris,gada,bahkan cemeti,,,,yg dapat bergerak???i don’t think so………keAnehan ini cuma ada diIndonesia,,,murni,,,alami,,,dan tanpa rekayasa. negeri kita adalah negeri pilihan,,,maka BANGGALAH jadi orang indonesia,,karena peradaban kita sebenarnya jauh dari yg sekarang ini,,kita hanya mengalami suatu masa pembobrokan,,karena tidak ada yg abadi didunia ini,,mungkin dulu adalah kejayaan bangsa kita,,,,namun roda truz berputar,,,skg kita dibawah,,namun ingat saudara2,,,ada masanya nanti kita menjadi pusat PERADABAN DI BUMI,,,,bangsa kita penuh dg KEANEHAN yg tidak bisa kita bayangkan,,,

    mungkin itu comment saya,,,memang,tidak ada dasar yg melengkapinya,,namun inilah dasar saya untuk selalu mencintai INDONESIA,,,,,

    terima kasih

  2. Entah Mengapa.. koq saya percaya yaa..?? Percaya bahwa semua bergulir, berlanjut dan akan kembali seperti sedia kala.. seperti awal.. acchhh amat sangat sulit dituangkan de dalam kata-kata…

  3. Dengan semua yg sedang terjadi di negri tercinta ini, musibah yg tiada henti, perselisihan, pertengkaran, ajaran agama yg aneh, dan tingkah laku dan kejadian aneh di bumi kita ini, apakah mungkin ada kaitan dgn misteri Atlantis…., jika memang temuan2 para peneliti benar…., Indonesia memang negara yg kaya…. kaya budaya ….. dan nilai2 sejarahnya….., apakah semuanya kembali di bumi pertiwi ini…., walau demikian kt hanya bisa berserah diri pada Tuhan YME…..

  4. Artikel yang cukup bagus… tapi sayang kepanjangan jadi bikin lelah mata (saran dipecah jadi beberapa bagian lebih enak). Kolom tabel itu – tabel apa ya? koq kolomnya tidak ada keterangan, jadi angka dibawahnya nilai apa?

    Satu lagi, saya belum baca semua karena terlalu membuat lelah mata, tapi ingin sedikit koreksi dari salah bagian “…Letusan yang paling dahsyat di kemudian hari adalah gunung Krakatau (Krakatoa) yang memecah bagian Sumatera dan Jawa dan lain-lainnya serta membentuk selat dataran Sunda….” -> dari mana sumber ilmiahnya? jika masalah pulau-pulau di Indonesia sebagai satu kesatuan (hanya wilayah barat Indonesia memang menyatu dengan Asia, hal ini terlihat jelas dari persebaran fauna). Tapi kalau karena letusan dasyat krakatau yang kita tahu terdasyat tahun 1883, data letusan besar sebelumnya tidak sedasyat tahun 1883 yang menghancurkan hampir seluruh tubuh gunung tersebut, namun letusan tersebut tidak menyebabkan pisahnya Sumatera dan Jawa (karena sumatera dan jawa pada dasarnya sudah terpisah sejak zaman pleistosen).
    Harap bisa memberikan respon jika koreksi yang diberikan ini salah.
    Terimakasih.

    ~ mohon support-nya untuk mengembangkan Pusat Sumber Belajar dan Dokumentasi Pendidikan SekolahVirtual~

    • hmmm begini kalo bukti 11600 SM gunung krakatau tidak pernah meletus ada tidak?

      ayo coba kita hitung2an
      Mulai pada tahun 1927 atau kurang lebih 40 tahun setelah meletusnya Gunung Krakatau, muncul gunung api yang dikenal sebagai Anak Krakatau dari kawasan kaldera purba tersebut yang masih aktif dan tetap bertambah tingginya. Kecepatan pertumbuhan tingginya sekitar 20 inci per bulan. Setiap tahun ia menjadi lebih tinggi sekitar 20 kaki dan lebih lebar 40 kaki.

      sekitar 1 tahun tinggi rata2 krakatau bertambah 6 Meter (1 kaki = 0.3 Meter) , kita backtrack dari tahun 1883 ke 0 Masehi kira2 tingginya 6 Meter x 1883 = 11298 Meter ( hmm masih muda) ok, kita backtrack lagi dari 0 Masehi ke 11.600 SM kita kalkulasi hasilnya kemudian

      6×11.600= 69600 Meter + 11.298 Meter = 80.898 Meter kalo di Kilo in menjadi 8Km sangat berpotensi meletus maka terjadilah letusan Krakatoa di tahun 1883 , kurang lebih 11.600 tahun yang lalu krakatoa nyaris tak bersisa akibat letusannya sehingga perlahan2 membuat krakatoa baru yang hingga tahun 1883 meletus kembali

  5. Brarti tidak menutup kemungkinan kejadian di masa lampau yg menimpa atlantis akan terulang lagi..Dan itu arti’y Indonesia yang akan terkena..
    : (

  6. Ya misterinya bagus dari kata2nya tersusun baik penyanbungan kesejarahnya menbuat hidup. enak di baca dari gunung meletus..gempa banjir perang. Ujung ujungnya antara selamet dan mati.
    ujung kematian kemana arwah kita akan kembali.tentu kepada Tuhan.

  7. Sy termasuk orang kurang menguasai sejarah. Sy smakin sadar terutama stlh baca berita ini. Tp paling tidak sy jd pengen tahu lebih banyak dan semakin haus akan sejarah bangsa kita ini… Candi Borobudur salah satu yang menarik. sy fikir itu adalah hasil sentuhan teknologi tinggi. bukan tidak mungkin Candi Borobudur merupakan bantuan jin karena bukannya manusia sj yang ditantang untuk melintasi penjuru langit dan bumi dengan ‘kekuatan’ atau teknologi tapi jin juga, sebagaimana dalam tertulis dalam kitab suci umat Islam (Al-Quran).
    Ditambah lg stlh sy membaca referensi lain yang mengatakan bahwa Candi Borobodur adalah gabungan Kuil Nabi Sulaiman dan Kerajaan Ratu Balqis yang dipindahkan dalam sekejap masa, saya jadi penasaran…
    apapun itu sy jd bangga mjd anak negeri Indonesia. sy jd bangga sebagai pewaris negeri…
    h

  8. wowwww ……

  9. Gunung Tambora berada di Indonesia

    Aktivitas vulkanik gunung berapi ini mencapai puncaknya pada bulan April tahun 1815 ketika meletus dalam skala tujuh pada Volcanic Explosivity Index.
    Letusan Gunung Tambora yang empat kali lebih kuat dari letusan Gunung Krakatau pada 1883 masuk dalam skala 7 The Volcanic Explosivity Letusan tersebut menjadi letusan tebesar sejak letusan danau Taupo pada tahun 181. Letusan gunung ini terdengar hingga pulau Sumatra (lebih dari 2.000 km). Abu vulkanik jatuh di Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Maluku. Letusan gunung ini menyebabkan kematian hingga tidak kurang dari 71.000 orang dengan 11.000—12.000 di antaranya terbunuh secara langsung akibat dari letusan tersebut. Bahkan beberapa peneliti memperkirakan sampai 92.000 orang terbunuh, tetapi angka ini diragukan karena berdasarkan atas perkiraan yang terlalu tinggi. Lebih dari itu, letusan gunung ini menyebabkan perubahan iklim dunia. Satu tahun berikutnya (1816) sering disebut sebagai Tahun tanpa musim panas karena perubahan drastis dari cuaca Amerika Utara dan Eropa karena debu yang dihasilkan dari letusan Tambora ini. Akibat perubahan iklim yang drastis ini banyak panen yang gagal dan kematian ternak di Belahan Utara yang menyebabkan terjadinya kelaparan

    maaf ya gambarnya terlalu kecil. jadi di tabel bawah ini adalah letusan2 yang paling besar dan tercatat. GUnung Tambora
    tercatat 71000 orang tewas dalem kejadian itu…

    Gara gara Tambora, dunia mengenang tahun 1816 sebagai ” tahun tanpa musim panas”. Di Eropa Barat, Amerika dan Kanada berembus udara beku (frosts) yang mematikan. . Debu pasir vulkanis yang disemburnya menyelimuti permukaan laut, dan abu pekat yang gentayangan sepanjang setahun berikutnya menutup sinar matahari.
    Pola cuaca yang jungkir balik terjadi di hampir seantero belahan utara Bumi. Salju turun di New England, AS, pada bulan Juni, dan frost July – Agustus, membuat paceklik (yang bukan oleh kemarau).

    Udara beku juga mematikan tanaman pangan di Eropa dan Kanada, menyebabkan kekurangan makanan. Kerusuhan yang disebabkan oleh rebutan jatah makanan meledak di Perancis dan Swiss. Di Irlandia, curah hujan dingin terjadi hampir sepanjang musim panas itu, dan di sana 65.000 orang mati oleh kelaparan dan tipus. Wabah kholera dan tipus yang menyebar ke wilayah wilayah Eropa, membunuh 200.000 orang

    Gelombang tsunami yang ditimbulkannya seketika menyapu kota kota pantai di Jawa dan Sumatra, yang menimbulkan 36.417 orang tewas. Keseluruhan korban jiwa akibat terjangan gelombang raksasa mencapai lebih 100 ribu. Ada dokumen yang menyebutkan penemuan seonggok mayat di ” rakit” batu apung yang terdampar ke pantai Afrika setahun kemudian. Letusan Krakatau pun ” bertanggungjawab” atas iklim global. Dunia sempat gelap dua setengah hari dan karena lapisan atas atmosfir masih dilekati lapisan abu vulkanis, matahari bersinar redup sampai setahun berikutnya. Debu yang mengawan nampak di langit Norwegia.

    Tambora meletus dahsyat pada 10 April 1815, memuntahkan magma hingga sejauh 100 km, melepaskan 400 km kubik debu ke angkasa hingga setinggi 44 km dari permukaan tanah. Korban tewas akibat letusan langsung mencapai 117.000 jiwa dari tiga kerajaan, Tambora, Pekat dan Sanggar. Kekuatan letusan tambora diperkirakan mencapai 6.000.000 kali letusan bom atom Hirosima. Dahsyat sekali, bukan!

    Letusan Tambora juga melontarkan abu sejauh 1.300 km, dengan radius suara letusan sejauh 2.600 km, sehingga terdengar sampai di Surabaya dan Australia bagian Barat Laut.

    Akibat lainnya, suhu permukaan bumi menurun dan menyebabkan pendinginan global . Eropa selama setahun lebih tidak merasakan sinar matahari, karena tertutup awan debu vulkanik, sehingga muncul istilah A Year Without Summer. Salju turun di Australia dan Afrika Selatan pada musim panas. Akibatnya, ribuan manusia di Eropa pun kelaparan, kedinginan dan berjatuhan korban meninggal hingga 5000 orang lebih.

    Sisa kedahsyatan letusan Tambora kini dapat dilihat dari sisa pecahan puncak gunung berbentuk kaldera. Lebar kaldera dari hasil ledakan itu berdiameter kurang lebih 8 kilometer dan mempunyai kedalaman kurang lebih 5,6 kilometer dari bibir kawah teratas. Sisa kawah kaldera pada Gunung Tambora saat ini merupakan kaldera paling besar yang masih aktif di dunia.

    kalau versinya National Geographic justru yang letusan gunung terdahsyat sedunia adalah gunung yang sekarang (akibatnya) jadi danau toba itu. konon pecahan batu2annya sampe ke kutub utara dan bikin kebingungan ahli2 sedunia karena ditemukan unsur batu yang berbeda strukturnya dengan batu2 di sekitarnya bahkan dng struktur batu2an di benua terdekat. hingga akhirnya salah satu ilmuwan barat menemukan struktur batuan yang sudah dikonfirmasi sama berada di danau toba.

  10. Menurut saya masuk akal sebab Prof Santos telah meneliti 30 th dan hampir seluruh hidupnya dicurahkan untuk memecahkan misteri alantis, manusia pertama Adam dan hawa yg diturunkan dr surga di timur tengah, anak turunnya menyebar ke seluruh dunia dan salah satunya menemukan tempat yg subur makmur loh jinawi ( Indonesia sekarang ) dan bisa berkmbang menjadi negara atlantis dg menguasai ilmu perbintangan, kekayaan alam, metalurgi, sastra, pelayaran, taktik peperangan dan ilmu-ilmu lainnya shg mempunyai pengaruh yg besar diseluruh dunia pd masa itu dan menjadi mercu suar dunia, dan krn merasa menjadi negara besar, sdh sifat manusia mk tmbul takaburnya dan lupa dg Tuhan bahwa semua itu sebetulnya kehendakNya, dan akhirnya didatangkan bencana dasyat dg meletusnya gunung2 yg menenggelamkan sebagian daratan atlantis shg menjadi seperti Indonesia sekarang. Roda jaman selalu berputar kadang diatas kdg dibawah, dulu Atlantis jadi mercu suar dunia dan di ulangi lagi pd jaman Gajah Mada dan mudah2 nanti Indonesia menjadi mercu suar dunia lagi di abad 21 mengganti Amerika sesuai cita-cita mbah2 dulu dan Ir Soekarno bhwa kita akan jadi mercu sur dunia lagi. Amin

  11. Benar-benar pengkajian yg bagus….emg indonesia di persiapkan menjadi negara peradaban yg besar, cm kadangkala para pemimpinnya aja yg kurang beradab

  12. indonesia memang penuh dg sejuta misteri.. saya sendiri bingung dengan ilmu yg saya pelajari, yg sya anggap budaya terhebat di indonesia bahkan dunia… saya mempelajari ilmu kanuragan pencak silat “PPS BETAKO MERPATI PUTIH”. ntah dari mana penemu ilmu ini mendapatkan ilmunya,, MERPATI PUTIH mempelajari ilmu tenaga dalam merupakan perguruan pencak silat pertama yg di teliti secara ilmiah mengenai tata keilmuannya.. ilmu merpati putih sesuai dengan teori fisika,kimia, matematika, dan biologi.. proses bioelektrik itulah yg dikatakan ilmuan tentang ilmu MERPATI PUTIH,, klw anda penasaran anda bisa cari artikel, gambar dan vidio tentang PPS BETAKO MERPATI PUTIH..

  13. Atlantis? 1 kata misteri yang menurut gw lom terungkap seluruhnya saat ini. Indonesia is atlantis? apa mungkin..?
    Atlantis adalah negara yang sangat subur. dan itu mampu terkelola dengan baik oleh rakyatnya yang sangat cerdas dan pintar. sedangkan indonesia, punya lahan yang sangat subur sih emang iya, tapi liat aja sekarang. baru 2% dari 10% yang bisa terkelola dengan baik. kemana yang 8% nya? jika atlantis is indonesia, kita mana mungkin mau di jajah bangsa lain? apalagi selama kurang lebih 3 abad? gak mungkin orang2 cerdas mau di tipu oleh orang2 gak punya moral kayak mereka? jika benar atlantis itu indonesia, dari dulu kita akan hidup makmur, karna kecerdasan yang kita punya seperti orang2 atlantis. dengan kemajuan tehnologi, kita akan setara dengan jepang dan amerika. negara kita gak akan ngutang dengan negara lain. rakyat dan pemimpinnya punya moral dan intelektualnya tinggi. gak ada lagi orang miskin dan sengsara, gak ada lagi orang yang saling bunuh. jika Tuhan pernah menenggelamkan atlantis, yang sekarang muncul sebagai indonesia. itu berarti kehidupan kedua dari atlantis akan jauh lebih baik. karena Tuhan menghilangkan untuk menumbuhkan. menghilangkan moral buruk bangsa atlantis yg pertama, untuk tumbuh menjadi moral baik di atlantis kedua yaitu indonesia. dan dapat kita lihat sekarang? indonesia dengan hasil alam melimpah ruah yang tertinggal.

  14. “Yang cukup mengejutkan adalah bahwa Peradaban kuno Atlantis, yang kemungkinan adalah peradaban pertama umat manusia, justru sudah beradab (civilized) dan punya kemampuan sains dan teknologi, dan sistem kemasyarakatan dan ketatanegaraan ideal yang cukup maju yang tak terbayangkan oleh kita sekarang itu dapat terjadi 11.600 tahun yang lalu. Dari sudut pandang umat Islam, hal ini tidaklah mengherankan, karena Nabi Adam, sebagai manusia (kalifatullah) pertama telah diajari Allah semua ilmu pengetahuan tentang nama-nama (QS 2 : 30)”

    Saya membaca di :

    http://id.wikipedia.org/wiki/Adam
    Adam hidup selama 930 tahun setelah penciptaan (sekitar 3760-2830 SM),

    Berarti 11.600 tahun yang lalu, atau 9.400SM, Adam belum lahir dong? Bagaimana mungkin peradaban Atlantis sudah ada sebelum Adam Ada? Mana ynag benar? Atlantis dulu atau Adam dulu yang lahir??

    • Saya pernah baca kisah para Nabi dan Rasul tentang Nabi Adam.
      Saat Nabi Adam As. hendak diangkat Allah Swt. menjadi khalifah di muka bumi, para malaikat sempat protes kepada Alla Swt. Mereka tidak setuju karena takut anak keturunan Adam As. akan melakukan lagi pertumpahan darah dan kemaksiatan di bumi.
      Kisah ini juga ada di dalam Al-Qur’an, di cek aja.
      Menurut saya, kalau memang sebelum Nabi Adam As. belum ada peradaban manusia di Bumi, tidak mungkin malaikat mengajukan protes. Ini menyiratkan bahwa peradaban sebelum Nabi Adam As. telah melakukan pertumpahan darah dan berbagai kemaksiatan lainnya sebelum akhirnya dihancurkan oleh Allah Swt sehingga menyebabkan para malaikat takut kejadian tersebut akan terulang lagi oleh anak ketrunan Nabi Adam As.
      Yah, ini menurut pendapatku yaaa,, mohon maaf kalau ada kesalahan.

  15. menurut saya memang benar indonesia itu atlantis……negara yang kaya….budaya nya juga kaya tapi ntah mengapa kekayaan alam n budaya kita seakan2 hilang…sama seperti atlantis yang hilang tak tau kemana…??????????

  16. aku senang banget web ini, kebetulan aku juga sangat tertarik dengan atlantis.. dan aku makin yakin, kalau antlatis itu indonesia cuman negara barat saja yanhg tidak mau mengakui kebenaran karna keegoisannya yg menganggap negara barat melebihi negara timur……

  17. Menurut saya hal itu bisa saja benar2 terjadi…
    atlantis kota yang subur yg dikelilingi banyak lautan,pulau atau pun air…
    dan juga memiliki banyak kekayaan..
    seperti budaya,flora dan fauna,dan memiliki banyak banyak bahasa..
    dan juga org2 atlantis sangat kuat dan sangat menjaga keindahan alam nya..
    contoh nya itu seperti cerita hercules,zeus dan dewa yang lain nya..
    Indonesia sama seperti atlantis memiliki banyak kekayaan yang sama..
    dan juga org2 indonesia dulu sama kuat nya seperti hercules..
    dan juga masih banyak org2 indonesia yang masih menjaga kelestarian alam nya…
    dan juga indonesia dikelilingi banyak lautan,pulau dan perairan…

    saya mungkin tidak terlalu percaya karna saya kurang memiliki ilmu sejarah…
    yang pasti kita hanya bisa bertakwa kepada allah swt karna hal ini tidak kan dapat terjadi tanpa sekeinginan nya…

    hanya ini yang bisa saya sampaikan …
    kalo ada salah saya mohon maaf karna saya hanya seseorang yang ingin tau lebih banyak tentang dunia ini..

  18. isu tentang benua yang hilang (atlantis) memang sangat menggemparkan di pelosok penjuru duinia apakah benar adanya benua misteri itu….? banyak tokoh terkemuka di dunia mencari tau kebenaranya yang kini masih di ragukan dan menjadi sebuah misteri…yang abadi

  19. semua itu bisa terjadi…
    apa pun yg dkatakan para ahli mengenai atlantis adalah indonesia itu semua sah2 saja….

    karena apa pun yang sebenarnya terjadi telah di tulis kan allah swt …………..

  20. benar adanya…pada waktunya pasti akan terungkap<dng bergulirnya waktu…
    hikmah tersirat n tersurat telah banyak ruh ini merasakannya..keberadaan yg hakekatnya kuasa tuhan.
    benar,n itu benar adanya di indonesia…
    laa haula walaquwata i9lla billah.

  21. saya ingin sekali berkenalan dng pak achmad samantho…???

    • Assalamu laikum wa rahmatullahi wa barakatuh,

      Senang sekalai bisa berkenalan dan berkumpul bersama para pencari kebenaran dan hikmah ilahiya. Semoga keberkahan selalu mengiringi silaturahmi dan kerjasama di antara kita.

  22. Ini adalah email dari Team Peneliti Atlantis in Sundaland, teman-temannya Dr. Frank Joseph Hoff, Assistem Almarhum Prof.Dr. Arisyio Nunes des Santos (Penulis buku ATLANTIS, the Continent Has Finnaly Found).

    From: R & H Berekoven
    To: taufiq@ufukpress.com
    Cc: ‘Frank Joseph Hoff’
    Sent: Thursday, August 26, 2010 11:36 AM
    Subject: Jakarta visit

    Hi Taufiq,

    As mentioned in our phone conversation today I am the director of the Sunda Shelf Archaeology Project.

    I approached the Indonesian Gov. in 2005 to do a Sonar Survey of the Java Sea with my vessel Southern Sun.

    We were looking for a lost civilization on the Sunda Shelf.

    On the 22nd March 2006 we signed an MOU with BAKOSURTANAL the Indonesian Survey and Mapping Agency our Indonesian counterpart.

    Unfortunately LIPI included some conditions which made the survey too expensive for our budget.

    So we moved to Sarawak Malaysia and commenced surveying those parts of the Sunda Self which are in Malaysian waters.

    Basically we and Frank Joseph Hoff, plus a lot of other people believe that Mesopotamia is not the first civilization on earth.

    That somewhere on the floor of the Java Sea lies the remains of a civilization at least 15000 years old.

    Professor Santos’s book “Atlantis the Lost Continent Finally Found” has stirred up a lot of interest to find this civilization.

    We would like very much to take part in this conference on the 27th of October.

    However I understand that there has not been a lot of time allocated to the speakers?

    To encourage speakers to participate in the conference they would need more time allocated to them.

    I would like to encourage you to reconsider the program to do this.

    It would also be most advantages to you and the participants to have as much media coverage as possible.

    This is fast becoming a popular topic with wide spread interest, and you being the publisher of Prof. Santos’s book must already realize this.

    Best Regard

    CAPT. HANS & ROSE BERKOVEN

    HP: Capt. Hans + 60 167938325

    HP: Rose + 60 146158196

    TEAM LATITUDE MARINE SDN BHD 860699

    Lot 2956 First Floor

    Loring 10, Krokop

    98000 Miri, Sarawak

    Malaysia, Borneo

  23. terlepas dari benar atau tidak nya sebuah informasi, hendaknya kita terlebih dulu mempunyai dasar untuk percaya ataupun tidak pada informasi tersebut. tentu saja dengan menangkap semua kemungkinan baru atas perkembangannya. Baik dari segi agama, sejarah, science maupun mitos/legenda. Apapun itu, terdapat kemungkinan kurang lebih 50% dari info tersebut adalah suatu kebenaran atau sebaliknya.
    Atlantis merupakan sebuah legenda dan sejarah yang telah dibicarakan sejak lama. Dari sekian banyak aktor2 terkemuka yang selama ini berusaha menemukannya, tidak ada 1 pun yang pernah dengan teliti meneliti indonesia.
    Mungkin karena saat itu, negara kita tidak begitu ter-ekspos secara global ataupun karena pengaruh2 lainnya yang menyebabkan kita hanya terlihat sebagai kota yang menggiurkan untuk dijajah, ataupun hnya negara wisata yang penuh dgn budaya. Bukan sebuah negara yang mungkin punya sejarah peradaban yang cukup tinggi yang mampu menjadi pusat secara global.
    Dari sekian banyak informasi yang saya dapat, pada akhirnya teori2 yg ada mendukung saya untuk percaya dengan pernyataan atlantis is Indonesia. Walaupun, tentu saja masih menyimpan bbrapa keraguan dan pertanyaan. Menurut saya, kita memang seharusnya bersyukur dan diharapkan untuk lebih sadar menjaga negara ini baik secara fisik maupun moral tiap penduduknya.
    Bercermin pada sejarah peradaban atlantis dan sifat dasar manusia yang selalu menciptakan sesuatu yang pada akhirnya menghancurkan diri sendiri, akan lebih baik jika kita “mencontoh” peradaban awal Atlantis dimana politik mampu memperlihatkan sisi baik nya.
    Sebagai orang awam , saya cuma berpikir..apa salahnya jika kita membenahi setiap kepala yang hidup di negara menakjubkan ini sebelum merasa bangga dengan kemewahan dan background history yang membanggakan, dimana terbukti,kita hanya mampu menghancurkannya.

    well, sekian ‘n banyak2 terima kasih ats informasinya..
    chao2..

  24. Subhanallah…

    Saya telat banget ya, baru “ngeh” mengait-kaitkan Atlantis, yang berada di ring of fire, karena sekarang ini Merapi sedang meletus, letusan terbesar sejak 140 tahun yang lalu. Sudah hampir 2 minggu Merapi bererupsi, namun kata “Mbah” Surono energinya masih besar, meskipun sudah berkurang sejak letusan terbesar seminggu yang lalu, yang memaksa saya harus mengungsi ke Bantul.

    Seiring dengan meletusnya Merapi, gunung-gunung api lainnya pun ikut meningkat aktivitasnya, bahkan beberapa sudah lama tidak aktif. Gunung Bromo, Semeru, Slamet, Anak Krakatau… Sangat mirip dengan gambaran bagaimana Atlantis runtuh akibat gempa bumi dan gunung meletus bersamaan.

    Aktifnya banyak gunung berapi di Indonesia dan gempa bumi juga terjadi saat ini. Mentawai habis tersapu trunami setelah dihancurkan terlebih dulu oleh gempa. Kejadiannya pas sehari sebelum Merapi meletus. Bahkan saya memutuskan kembali ke Jogja walaupun Merapi belum pulih, setelah gempa 5,6 SR di Barat Daya Bantul, 9 November 2010, dengan kedalaman 10 km.

    Hmm… Semakin yakin… Inilah Atlantis, dan mungkin di sinilah Nabi Adam diturunkan dan membentuk peradaban manusia pertama kali, dan kembali, Islam tumbuh paling pesat di “Atlantis” ini, yang mungkin di sini pulalah Allah akan memusatkan penghancuran peradaban manusia, tanpa sisa… atau Kiamat Kubra, Wallahu a’lam…

  25. alam mulai terang…. yang dulu tak tampak kini mulai terungkap…. suku-suku di indonesia timur memgang perannan kunci dalam siklus agama yang paling tua….. meskipun lambat laun pasti terungkap semua, akan tetapi ada satu suku yang ak akan tersentuh rahasia nya, karenamereka laha asal muasal semua kebesarandunia ini… dan kalaupun hal itu terungkap, batas rahasia kebsaran tuhan mulai tersentuh dan itu artinay, dunia mendekati titik terakhir untuk segera berhenti sesuai dengan takdir yang telah digariskan SANG MAHA BESAR…. WAULLAHU ALAM…….

  26. ngono yo ngono neng ojo ngono..

  27. belum ada link yang cukup kuat yang menghubungkan dua kebudayaan yang berjarak 120 abad,padahal cukup 5 abad saja terjadi revolusi peradaban manusia : zaman kegelapan eropa, masa revolusi industri dll

  28. INGAT!!!!.ALLAH . Mahaaaaaa!artinya alam semesta (DIA) yang menciptakan.firmannya dalam alqur’an banyak mengisahkan bangsa, kaum suku yang ingkar langsung mendapat azab.(ditenggelamkan,dikubur hidup2,bumi digoncangkan)MUNGKIN, salah satunya bangsa atlantis yang awal tatanan kehidupan bersyukur tapi setelah makmur LUPA DIRI.nurani dikalahkan akal.mengapa dalam alqur’an tidak diungkapkan ALLAH. hanya(DIA)lah yang maha berbuat dan maha rahasia. SUBHANNALLAH WALHAMDULILLAH ALLAHHU AKBAR!

  29. Saya Yakin 1000% atlantis is Indonesia
    karena apa..???????
    Ajaran yang disebut KEJAWEN, KARUHUNAN yang anda pikir adalah ilmu yang diturunkan sesuai alqur’an itu salah besar…..
    Semua Kitab SUCI didunia mengacu pada Ajaran Kejawen ( Jawa ) dan Karuhunan ( Sunda ) ajaran Sundan Land…. jika anda pernah mempelajarinya
    maka itulah Intisari dari semua Kitab Suci…. jadi intinya sebelum dunia ini beragama & Beradab, di Tanah Indonesia sudah memiliki Sistem Ajaran entah itu disebut Agama atau Filsafat ………. yang Teknologinya berpusat pada kekuatan Pikiran, dan pengendalian Pikiran, Bangsa Atlantis sekarang sudah tersebar di seluruh Penjuru dunia, Mereka bersembunyi bukan dimana2 Tapi didalam Gen2 Manusia Terpilih, yang mungkin disebut, Titisan, turunan, Reinkarnasi dll….. Bangsa atlantis tak pernah Mati tak pernah Tenggelam dalam ajaranya, Para Nabi & Ilmuan yang lahir di seluruh seluaruh Penjuru dunia itu hanyalah Avatar dari para2 penghuni Atlantis Tempo Doeloe…. Dan pengetahuan Mereka didapat dari Gen yang sudah dibawa sejak lahir, Bukan karena belajar atau Kuliah…..( bersambung besok )

  30. tapi kebanyakan orang-orang kita tidak menyadari akan hal itu,,,, sangat di sayangkan,,,, padahal negara kita adalah yang punya peradaban tertua di dunia.

  31. apa hubungannya dengan negara kita?? apa mempunyai kesamaan sama benua atlantis?? aq rasa sangat ber beda de…

  32. Dunia Atlantis?
    Dimanakah keberadaanmu?
    Banyak pendapat, perdebatan, secara filsafat, ilmiah, geografi, sosbud, agama.

    kutipan comment :
    sandy’s blogs said…
    atlantis bukan merupakan benua dari masa lalu tp merupakan benua dari masa datang, ngga masuk akal memang tp peradaban mereka adalah peradaban masa datang, sebelum kiamat nanti,dunia akan mengalami fase yg luar biasa indahnya, segalanya teratur, tdk ada hal2 yg buruk…uthopia…semuanya indah…itulah atlantis,dunia masa datang sebelum kiamat, entah bagaimana caranya manusia masa lalu bisa mengetahui keberadaan dunia masa datang tersebut yg akhirnya hancur sebagai peringatan agar kita bs berkaca terhadap apa yg akan terjadi….entah kita,anak kita atau cucu kita yg akan mengalami masa indah tersebut ( atlantis ) tp yg jelas atlantis bukan peradaban kuno melainkan peradaban masa datang…saat ini fasenya sedang dibalik…….
    January 26, 2011 7:26 PM

    “Dialah yang Maha Mengetahui Segala Sesuatu,….Atlantis, duhai sdrku, dikau dihilangkan oleh-Nya, karena memper-Tuhan-kan kepintaran akalmu, yaitu karena kesalahanmu ‘mau coba-coba bikin Ruh,..’(hahahaha).
    Meski sebenarnya, kehidupanmu msh berjalan seperti biasa disana, hanya ditutup hubungan dengan kami sekarang, tapi sesungguhnya, dikau tahu dan kami pun tau kita terpisah sementara, dan akan bertemu lagi di masa depan?????”

    seperti kalimat indah :”Apa yang tidak bisa dibuat oleh manusia, semua bisa,…kecuali Ruh!!!!!”

  33. Posedion = Pasudan Kerennn!

    saya jadi tertarik dengan Atlantis…..

  34. Indonesia kembali menjadi pusat kebudayaan dunia, super power dimasa yang akan datang…semuanya mungkin jika Tuhan menghendaki dan manusia Indonesia sendiri berdoa dan berusaha seluruhnya tanpa kecuali..Insya Allah….tidak ada yang tidak mungkin…

  35. luar biasa…. suatu saat pasti rahasia itu pasti akan terbukti… kita serahkan saja pada allah swt ….wallahu a’lam hanya allah yg tahu…

  36. Kita sebagai manusia yang hidup dengan umur rata-rata 60 tahun hanyalah ibarat satu titik (dari milyaran atau triliyunan manusia yang diciptakan Allah) yang hidup pada sepenggal zaman yang maha panjang (hidup 60 tahun dari milyaran atau triliyunan tahun yang diciptakan Allah). Sangat mungkin berbagai peristiwa baik besar maupun kecil terjadi sebelum ataupun sesudah masa kita dihidupkan ini. Kita hanya bisa merasakan penggal zaman sepanjang umur yang diberikan kepada kita ini saja, selebihnya hanya sejarah, baik yang terungkap maupun tidak.

  37. [...] Pingback: Misteri Negara Atlantis mulai tersingkap ? « Bayt al-Hikmah Institute [...]

  38. Saya trimakasih sekali informasi yang penuh fakta. Benua atlatis di Indonesia. Saya kira mungkin saja. Sebetulnya kita diperkuat ditemukan manusia tertua fosilnya ditemukan disangiran bantaran sungai bengawan solo. kedua kita berinteraksi dengan belanda didalam beberapa sejarah dikatakan lamanya 350 tahun. saya kira bukan waktu yg sebentar. Tapi kita lihat apakah banyak keturunan kita yg tidak berubah ( mirip Belanda ). Artinya gen kita lebih kuat. Jadi apakah ini membuktikan keturunan yg paling tua. Dan ketiga kalau kita meninjau cerita habil dan qobil anak Kanjeng Nabi Adam as. Untuk beribadah kepada Alloh SWT untuk mempersembahkan hasil pertanian yg terbagus, sebagai bukti ketaatan pada Alloh SWT waktu itu. Apakah upacara grebekan dikraton Yogya dan beberapa ritual upacara dibali yang tidak ketinggalan menyertakan buah-buahan dan beberapa hasil pertanian, juga menunjukan peninggalan ritual masa lalu….
    Saya kira ini merupakan tantangan beberapa teman-teman sejarah untuk menyikap takbirnya…
    Trimakasih

  39. jarang orang berpikir bahwa plato menulis sebuah fiksi, bukan sejarah.
    tetapi sejarawan menganggap sebagai sesuatu yang serius.

    saya ingatkan: bangsa indonesia bisa besar bukan dengan cara menisbatkan diri pada sebuah peradaban besar bernama atlantis hasil angan angan seorang plato.

    akan terbukti kelak, bahwa Indonesia bisa maju melebihi semua bangsa lain justru ketika berani membuang semua atribut lain kecuali satu, yaitu atribut mukminin.

    • Tahukan anda mas Adil, bahwa Plato itu adalah seoarang Mukminin, bahkan menurut beberapa sufi Islam, Plato juga mungkin adalah Nabi Allah di antara 124 ribu Nabi Allah sepanjang zaman. Jadi jangan trus merasa atau meleceh Plato dan Karyanya, tanpa mempelajari dan meneliti lebih dalam siapakah Palto itu sebenarnya? apa yang dia pikirkan dan apa yang sudah dilakukannya untuk dunia dan kemanusiaan serta ketuhanan. Be carefull please Bro.

  40. asal usul ,web site, keturunan Melayu berasal dari Minangkabau? kajian DNA
    sifat asal melayu ialah sifat islam ,yaitu tidak berpuak puak ,sekiranya kita sudah menjadi ber puak puak ,pengertianya kita semakin jauh dari orang melayu ,tuhan sudah menjadikan menghantar para nabi dan rasul juga dihantar sekali raja pemimpin manusia dari belahan dari nabi dan rasul untuk di ikuti ,baik dari para nabi dan rasul atau raja yang di ikuti semuanya karena allah serta untuk mendapat keredaan allah jua .cuba fikirkan apa yang boleh menyatukan umat.

    sumber rujukan rasmi kajian DNA itu : https://yentown.us/wp-content/uploads/137/1.pdf
    penerangan lengkap kajian DNA itu : http://humpopgenfudan.cn/p/A/A1.pdf

  41. makin bingung.teori evolusi di gempur sama teori devolusi(atlantis/mu)

  42. PADA AWAL PERADABAN UMAT MANUSIA AGAMA MENG ESA KAN TUHAN DIPANGGIL AGAMA TAUHID BERMULA DI DALAM SURGA LAGI DI MANA NABI ADAM ALLAH TAALA NIKAHKAN DENGAN SITI HAWA DI DALAM SURGA DENGAN MAS KAHWIN NYA BERSALAWAT KE ATAS JUNJUNGAN BESAR NABI MUHAMMAD S A W ,SEBAGAI BUKTI SEBELUM SESUATU ALLAH TAALA CIPTAKAN ,MAKA ALLAH MENCIPTAKAN NUR MUHAMMAD S A W ,TERLEBIH DAHULU ,SETERUSNYA ALLAH SUBHANAHUATAALA ,MENCIPTAKAN SEKALIAN RUH ,SURGA DAN NERAKA ,PARA MALAIKAT ,SERTA 4 UNSUR ANGIN,AIR,API,TANAH,ARASY,LANGIT DAN ,BUMI,DARI NUR MUHAMMAD S A W,MAKA AGAMA TAUHID INI DI PIMPIN TIGA NABI DAN RASUL 3 KITAB UTAMA MASA ITU ,SERTA PARA NABI YANG LAINYA,KITAB ZABUR, DI TURUNKAN KEPADA NABI DAUD ALAISSALAM,KITAB TAURAT, DITURUN KAN KEPADA ,NABI MUSA ALAISSALAM,KITAB INJIL, DITURUNKAN ALLAH TAALA KEPADA NABI ISA ALAIHISSALAM,SETERUSNYA KITAB TERAKHIR DI TURUNKAN KEPADA NABI MUHAMMAD S A W,SEBAGAI NABI TERAKHIR YANG MEMBAWA MUKJZAT KITAB SUCI AL QUR AN,DENGAN MEMBAWA AGAMA SUCI AGAMA ISLAM ,SELEPAS KITAB SUCI AL QUR AN DI TURUNKAN MAKA KITAB KITAB YANG SEBELUMNYA DAN AGAMA AGAMA YANG SEBELUMNYA DI BATALKAN SERATA TIDAK DI AKUI LAGI,SEBABNYA ALLAH SUBHANAHUA TAALA TELAH MENYEMPURNAKAN KEBAIKAN ,DAN AJARANNYA KEPADA AGAMA ISLAM,SERTA ALLAH SUBHANAHUATAALA TELAH MEREDHAI AGAMA ISLAM SEBAGAI AGAMA YANG SAH DI TERIMA DI SISI ALLAH SUBHANAHUA TAALA

  43. PADA AWAL KEDATANGAN AGAMA ISLAM SELEPAS NABI MUHAMMAD S A W ,GOLONGAN MANA YANG SUKA MEMERANGI SERTA MEMBUNUH KELUARGA NABI ,APA ALASAN NYA TAK LAIN DAN TAK BUKAN HANYA SEMATA MATA IKUT NAFSU SERTA TIDAK REDHA DENGAN KETENTUAN ALLAH TAALA YANG MENGANGKAT SERTA MENJADIKAN KELUARGA NABI JADI PEMIMPIN DARI KALANGAN MASYARAKAT YANG IKHLAS KARENA ALLAH UNTUK MENDAPAT KEREDAAN ALLAH JUA ATAS TUJUAN INI LAH PARA NABI DAN RASUL SERTA RAJA DARI BELAHAN NABI ,ALLAH TAALA HANTAR UNTUK MEMBIMBING DAN UNTUK MEMIMPIN UMAT MANUSIA ,SEKARANG INI ADA ULAMA PEWARIS NABI YANG BERJUANG DAN BERJIHAD KARENA ALLAH DAN HANYA MENGHARAPKAN KEREDAAN ALLAH JUA SERTA TIDAK MEMINTAK UPAH DI ATAS KERJA DAKWAH YANG DI LAKUKANYA

  44. Mungkin ada kaitannya tentang kepercayaan pewayangan yang di akui di orang jawa pernah benar-benar ada. Masa Atlantis adalah masa Jawadwipa. Mungkin juga, kedepannya ada kaitannya dengan tanggal bulan tahun dan jam kemerdekaan Negara Indonesia :
    17 : satu tujuan
    08 : pusat dari delapan penjuru mataangin
    45 : sebagai wali 9 negoro
    10.10 : sudutnya membentuk angka”V”singkatan dari vectory = kemenangan

  45. masih banyak misteri atlantis yg belum terpecahkan apa mungkin atlantis itu indonesia…..???

  46. kita masih belum tahu apakah indonesia itu atlantis atau bukan

  47. terimakasih terimakasih terimakasih infonya…..saya ingin sebarkan kesemua manuisa indonesia…

  48. Banyak komentar dari sudut pandang agama,historis,geologis, geografis, fisafat,budaya dan lain sebagainya itu sangat berarti sehingga kita bisa mengkaji, minimal untuk diri sendiri. Semua itu bisa membuat kita semakin yakin bahwa indonesia adalah Atlantis yang hilang, atau justru semakin mengaburkan keyakinan bahwa kita adalah bangsa pewaris atlantis yang mercusuar purba itu. Yang pasti diskusi ini bagi saya malah menambah ketaqwaan dan rasa syukur kepada SANG PENCIPTA alam semesta, dan rasa cinta bangsa dan tanah air INDONESIA.

    Sebagai penghuni tanah leluhur yang subur, indah dan kaya remah serta mineral yang terkandung dalam perut bumi, tentu ada resiko karena tepat diatas lempengan yang rawan gempa, tsunami dan erupsi gunung gunung berapi. Tapi dibalik semua itu adalah rahmat ALLAH yang dilimpahkan kepada kita semua.

    Terima kasih kawan, sudah menyuguhkan bahan diskusi yang berkualitas dan menjadi wahana pencerdasan serta berhasil menggugah anak bangsa untuk mendalami sejarah leluhurnya.

  49. dulu belum ada pulau pulau, sehingga ketika terjadi pencairan es dikutub kemudian menggenangi dataran rendah hingga yang kelihatan hanyalah puncak puncak gunug, kemudian pada rentang waktu tertentu terjadi penurunan permukaan air laut, sehingga terbentuklah pulau pulau seperti sekarang ini.mengenai komentar tentang jawa sebenarnya dari kata jawi yang artinya peradapan. maka jangan heran kalo ada kemiripan bahasa [ sansekrit] atau tulisan antara jawa dengan thayland, sampai india. bahkan yang disebut kerajaan mataram kuno pun itu bukan dinasti sanjaya atau rakai pikatan yang kemudian mewariskan borobudur, itu adalah mataram ii. yang dimaksud dengan mataram kuno adalah dari kata metarem yang berkedudukan di rembang darai kata metarembang. ketika itupun pulau jawa belum terbentuk, masih belum terjadi penurunan permukaan air laut, masih berupa pulau pulau kecil puncak puncak gunung yang kemudian disebut sunda kecil dan beberapa yang besar disebut sunda besar. secara keseluruhan disebut nuswantoro atau nusantara. jadi dari apa yang saya tulis ini untuk sementara saya berpendapat bahwa atlantis itu masuk akal kalau memang adanya di wilayah indonesia sekarang ini. soal kebenarannya kita tunggu…………….sekalipun tidak akan ada dampak positif bagi negara kita, bahkan bisa jadi sumbeer mala petaka karena indonesia akan jadi ajang perburuan harta karun. minimal negeri kita ini akan diacak acak oleh bangsa asing dengan dalih penelitian tapi yang terjadi adalah pencurian dan perusakan alam. yang ada malah terjadi bencana atlantis ii………………… semoga tidak.w

  50. raja sedaulat dunia | February 29, 2012 at 3:39 am | Reply

    ibu bahasa judulnya ,= tiada bunyi tiada huruf ,yang jelasnya terjadi mengapa ia terjadi , sebab ia di jadikan , ya siapa yang menjadikan , yang menjadikan , yaitu yang terbesar sekali daripada seluruh alam ini , itulah allah subhanahuataala ,tuhan yang esa / tuhan yang satu , jadi cara mana mau melihat tuhan yang begitu besar , ya lihat saja pada diri sendiri serta kenalilah dahulu diri sendiri , kalau tidak kenal diri sendiri , kemungkinan mengenal allah , agak mustahil sama sekali

  51. untuk mengurangkan gejala murtad ,dalam agama islam sangat istimewa ,satu perkataan yaitu buka kulit tampaklah isi ,jadi bila agama islam yang di ajarkan kepada masyarakat ,seperti ajaran yang sebenar /yang asal ,yaitu ,sebar luaskan ciri ciri ulama pewaris nabi,dalam masyarakat ,inilah cara istimewa mendidik masyarakat ,ciri ciri ulama pewaris nabi , 1 tidak mintak upah / bayaran di atas dakwah yang di buatnya . 2 guru / rujukanya ulama ini ,langsung kepada allah taala dan rasulnya serta kesepakatan alim ulama , dalam negara / luar negara. di dalam memutuskan hukum / uandang undang dalam hal ehwal agama islam ……..

  52. Atlantis memiliki kekayaan yg sm seperti di Indonesia,,,
    akhir2 ini marak dgn pertambangan emas di beberapa tmpat di Indonesia bahkan menjadi serbuan bangsa2 eropa (zaman penjajahan) .
    Ada ribuan pulau (mungkin sisa2 zaman es) dgn berbagai macam bentuk dan otomatis berdiri di atas terumbu karang atau cadas yg berbentuk tebing kokoh di masing2 pulau..,,
    orang2 indonesia termasuk orang2 kokoh atau kuat dilihat dari warna kulit dan kepintaran tdk kalah bersaing dgn Negara2 berkembang lainnya…,,
    kapal KRI DEWA RUCI adalah “jenis” kapal pertama dunia yg berkembang dan populer dgn PINICI adalah Asli buatan masyarakat Sul-Sel sdh membuktikan kalau indonesia memiliki otak2 cemerlang yg kemudian di ciplak dan di klaim oleh bnyk negara yg sebenarnya milik nenek moyang kita…,,

    oh ya,,, jika anda ingin melakukan penelitan,,, cobalah berkunjung di sul-teng tepatnya di Teluk Tomini,,,,
    saat menggali sumur di pegunungan skalipun,, pasti anda akan menemukan kulit2 kerang…,
    itu membuktikan bahwa daratan Teluk Tomini dulunya adalah lautan..,,
    sdh bnyk peneliti dari luar yg melakukan penelitian tp hasilnya hanya dibuat koleksi pribadi saja,,,
    tdk sedikit lokasi2 harta karun di Pulau Sulawesi yg blm ditemukan yg konon berasal dari Sunda Land dan di timbun di pegunungan2 Sulawesi..,,

  53. Indonesia adalah pusat peradaban pertama yg pernah dipentaskan nabi adam yg pernah dihancurkan dan dibangkitkan dan dihancurkan lagi dan akan menjadi pusat peradaban terakhir ditandai dg beberapa ciri2 kuat. mau tahu ? buka blog kitabullah wa sunnaturrasul

  54. assalamualaikum ww, saudara mahmud shah ,keberuntungan umunya masyarakat melayu /minang kabau kususnya kerajaan pagaruyung ,sebabnya di wilayah ini allah taala telah melantik seorang kalifah ,yang hidupnya di abadikan hanya kepada allah subhanahuataala serta masyarakat dari kalangan kerabat raja pagaruyung yang tahan uji ,selepas didikan dari gurunya alim ulama ,angku yahyuddin/tuanku madinah yang di utus langsung dari madinah ke minang kabau untuk mengajarkannya ilmu agama yang seterusnya menyambung pengajian ilmu agama kepada, syekh abdurauf singkel / syekh kuala, di acheh juga utusan dari madinah arab ,syekh abdurauf singkel ini ,yang membawakan nama serta sepasang jubah dan kupiah beserta kitab kitab rujukan dari madinah untuk di serahkan kepada yang mulia, syekh burhanuddin ,yang bermakam di ulakan /sunua/pariaman ,minang kabau , buku sejarah hidupnya dengan tajuk ,lembaran sejarah di alam ghaib yang terpilih ke alam nyata .hal jepun pula saya mendapat maklumat semasa terkena musibah sunami baru yang lepas saya dapat tahu terdapat nya belahan diri dari raja minang kabau disana ,mereka juga sangat mengharapkan safaat dari umat islam dari sebelah sini terutamanya dari kalangan pendakwah yang berkebolehan serta tahan uji agar mereka dapat mengambil contoh serta tauladan dari pendakwah se umpama ini ,jadi bagaimana kita mau menghantar para pendakwah yang sedemikian rupa kesana ,sedang untuk di sini para pendakwah yang berkebolehan serta tahan uji juga berkurangan …… begitu juga hal nya dengan negeri china sekian wassalam dari saya

  55. masuk akal juga…..kita tunggu kebangkitan nya.hidup indonesiaku majulah negeriku…

  56. Salam..
    Satu pendapat..
    Amat besar IMPAK perbezaan antara sunnahku dan sunnahKU..
    Sunnah para NABIKU/RASULKU.. tiada terbeza..
    “MUHAMMAD” itu pelengkap NUBUWAH..seorang RASUL ALLAH..

    ATURAN/AJARAN PENCIPTA adalah NYATA
    TUNGGU..

  57. cerita plato mengenai poseidon menurut saya tidak cocok disandingkan dengan cerita ratu laut selatan (nyi loro kidul), lebih cocok di sandingkan dengan cerita pewayangan jawa yaitu tentang kisah betara guru (raja para dewa) dibawah ini : (maaf ceritanya saya singkat aja ya)
    singkat cerita:
    Kecantikan Pulau Jawa bahkan menarik hati Rajanya para dewa yaitu Betara Guru untuk mendirikan kerajaan dibumi. Turunlah dia dari domainnya di Swargaloka dan memilih tempat tinggal di gunung Mahendra. ( Kini disebut Gunung Lawu terletak diperbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur antara Surakarta dan Madiun). Betara Guru punya nama lain Sang Hyang Jagat Nata , ratunya Jagat Raya – The king of the Universe dan Sang Hyang Girinata, ratunya gunung-gunung, – the King of Mountains. Di kerajaan Mahendra, Sorga yang agung – The great Heaven , Betara Guru memakai nama Ratu Mahadewa.
    Karaton kerajaan Mahendra dibangun mirip seperti karatonnya yang di Kahyangan.

    Raja Dewa yang lain

    Setelah para dewa bisa tenang tinggal dibumi Jawa , menikah dengan putri pribumi dan punya anak keturunan, Betara Guru kembali ke Kahyangan.
    Beberapa putranya ditunjuk untuk meneruskan memimpin kerajaan-kerajaan selain di Jawa juga di Sumatra dan Bali.

    Di Sumatra :
    Sang Hyang Sambo bergelar Sri Maharaja Maldewa, di kerajaan Medang Prawa, di gunung Rajabasa .( Didekat Ceylon sekarang ada negeri Maldives).

    Di Bali :
    Sang Hyang Bayu , bergelar Sri Maharaja Bimo, di Gunung Karang , kerajaannya Medang Gora. ( Pulau Bali juga terkenal sebagai Pulau Dewata)

    Di Jawa :

    Sang Hyang Brahma bergelar Sri Maharaja Sunda, di gunung Mahera , Anyer, Jawa Barat. Kerajaannya Medang Gili.
    ( Asal mulanya penduduk yang tinggal di Jawa bagian barat disebut orang Sunda).
    Sang Hyang Wisnu bergelar Sri Maharaja Suman , di gunung Gora , Gunung Slamet , Jawa Tengah. Kerajaannya Medang Puro.
    Sang Hyang Indra, bergelar Sri Maharaja Sakra, di gunung Mahameru, Semeru , Jawa Timur. Kerajaannya Medang Gana.

    Karaton dipuncak gunung

    Menarik untuk diperhatikan bahwa para dewa selalu membangun karaton dipuncak-puncak gunung. Ini menggambarkan dewa itu berasal dari langit, dari tempat yang tinggi. Tempat tinggi, diatas itu artinya bersih, jauh dari hal-hal kotor, sikap harus dijaga tetap suci, baik, benar, sopan, bagi dewa yang telah menjadi manusia dan tinggal dibumi.

    Dipandang dari sudut spiritualitas, turunnya dewa ke bumi adalah gambaran dari merasuknya suksma, spirit, jiwa kedalam badan manusia dan lalu menjadi manusia. Oleh karena itu, manusia termasuk manusia Jawa adalah berasal dari suksma, spirit, dewa.

    dari cerita diatas poseidon punya anak 5 pasang yang masing2 diberi daerah kekuasaan (kerajaan) dalam cerita betara guru juga punya anak 5 pasang yang diberi kekuasaan (kerajaan).

  58. KENAPA MASYARAKAT JAWA TIDAK DAPAT MENINGGALKAN KEPERCAYAAN KARUT DAN MARUT HAL DEWA DEWI ,SEDANGKAN KEDATANGAN AGAMA ISLAM SUDAH LEBIH DARI 1400 TAHUN ,DI MANA AGAMA ISLAM TIDAK ADA MENGAMBIL KIRA DEWA DEWI YANG KAMU PERKATAKAN ITU,YANG DI AMBIL PERHATIAN DI DALAM AGAMA ISLAM IALAH DI UTUSNYA PARA NABI DAN PARA RASUL YANG JUMLAHNYA DI PERKIRAKAN SEKITAR 124000.00 ORANG BANYAKNYA SELAIN DARI WALI WALI ALLAH , ADAKAH KAMU MASYARAKAT JAWA LEBIH SUKA KESESATAN DARI PADA PETUNJUK DARI ALLAH SUBHANAHUATAALA ………

  59. Di belahan bumi manapun tidak ada yang punya selogan atau kata2 “TANAH AIRKU INDONESIA” cm ada di sini..!dari kata2 tersebut sharusx kita tau makna lbh dalam atau sejatinya..itu sbuah kata2 sanepan yg 100% kbenaranx,dan cara inilah nenek moyang kita mejang tentang ilmu.bgtu jg dewa pda titahx.tanah air>asal manusia dciptakan.indonesia>induk manusia(jadi manusia pertama(adam)itu turunx dsini..bhineka tunggal ika>biyen iko tunggal.e iko(ini arti dari kerajaan2 di indonesia asal muasal turunan dr langit)dimana dewa sndri yg brkhndak..sblm zaman manusia adam,trlbh dahulu adax zaman kaladewa/kadewatan.

  60. Kalau kita prediksi dengan semua temuan2 para ilmuwan dan ada juga yg mengatakan bahwa INDONESIA adalah ATLANTIS mungkin ada benar nya juga, dan diperkuat dgn ada nya beberapa ramalan di INDONESIA bahwa suatu saat nanti entah kapan INDONESIA akan menjadi negara yg makmur peradaban nya. Bisa saja TUHAN memperlihat kan dahulu sebelum terjadi seperti yg di alami ATLANTIS. Dan di INDONESIA mungkin akan mengalami kejadian yg sama tapi kebalikan dari kejadian yg di alami ATLANTIS. Maksud nya kalau ATLANTIS mengalami peradaban maju lebih dulu kemudian di hantam malapetaka, tp di INDONESIA mungkin malapetaka dulu terjadi baru peradaban nya yg maju..
    Tapi semua ini hanya lah TUHAN yang tahu, manusia hanya bisa bilang mungkin dan tdk bisa bilang pasti.

  61. sebelum membaca dan mendengar cerita ini…saya sering terpikir dan takjub dengan petuah petuah para pinesepuh yang kalau dikumpulkan sangat banyak dan mengandung nilai kehidupan yang sangat tinggi,baik dari filosofi hidup,ilmu alam,ilmu metafisik dll.Kesemuanya itu hanya lahir setelah manusia melawati batas kepuasan lahiriah(materi), negara-negara sekaya yang kita kenal sekarang belum mencapai tingkat itu.
    Oleh karenanya…..saya yakin bahwa leluhur kita telah pernah mencapai tingkat kualitas hidup seperti yang digambarkan Plato……

  62. mas bro maksich atas infonya…sebelumnya saya juga tertarik untuk mencari informasi yang berhubungan dengan ini semua..sebelumnya saya juga pernah mendapat info dari para orang2 tua kita dahulu (jawa) bahwa indonesia sesaat lagi akan ada pemimpin yang bijak dan berbudi luhur untuk membawa indonesia menjadi negara pemimpin dunia da sebagai pasukan2 yang nantinya mengawal imam mahdi untuk menhancurkan dajjal..sebagaimana semua itu akan terjadi.trims…

  63. pusat kota Atlantik ada di Sulawesi…..
    buktikan sendirilah….

  64. Samprazan
    kata guru sayah,,dulu ada salah satu bangsa benama Lemuria yang tinggal di sekitar yang sekarang bernama indonesia,bangsanya sangat maju peradabannya,rupawan,banyak meneliti dan merekayasa sesuatu,beradab,sangat baik ,santun.sehingga banyak menimbulkan kecemburuan bangsa bangsa lainnya seperti bangsa rama dan bangsa atlante atau atlantis.bangsa atlantis berada jauh di wilayah lain bumi ini bangsa ini memiliki temperamen sebagai agresor/penjajah sehingga bersama bangsa rama mulai merencanakan untuk menghancurkan bangsa lemuria (cikal bakal suku sunda) makanya dulu pulau bali dikatakan sebagai sunda kecil.sampai akhirnya dengan politik penyusupan yang licik berhasil menghancurkan bangsa lemuria dan bangsa atlantis ini menghancurkan semua peradaban,penemuan penemuan dari bangsa Lemuria.seperti situs gunung padang salah satunya yang mereka hancurkan.lalu bangsa atlantis ini mulai lah menyusun skenario pembuatan manuskrip manuskrip sejarah yang mereka sebarkan di gua gua,laut dsb untuk mengimformasikan catatan palsu bahwa bangsa atlantis ini adalah bangsa yang peradabannya maju,cantik rupawan,berbudi dsb yang disebarkan bila mana nanti ditemukan orang orang jaman sekarang akan berasumsi bahwa bangsa atlantis adalah bangsa yang beradab,maju dan tinggal pertama kali di wilayah isekitar indonesia padahal kenyataanya itu kebohongan bangsa atlantis di bawah rajanya yang bernama Bahlamin.keturunan bangsa ini sekarang mendiami wilayah benua eropa (salah satu siasat untuk menghancurkan peradaban bangsa lain mereka mengembangkan daun umbaka atau nama sekarang adalah tembakau)walahualam

  65. SIAPA YANG MAU MENULIS SEJARAH NUSANTARA ,MAKA MULAKAN MENULIS NYA DARI NAMANYA ,1. PULAU PACO/PERCA.PUNCAK GUNUNG TIMBUL DARI PERMUKAAN LAUT SEWAKTU BANJIR BESAR DI ZAMAN NABI NUH ALAIHISSALAM ,KECIL KECIL BAGAIKAN KAIN PERCA YANG DI GUNTING.SETERUSNYA. 2. PULAU EMAS KHUSUS UNTUK PULAU SUMATRA YANG BANYAK MENGHASILKAN EMAS ,SEBAB NYA PENDUDUK ASAL WILAYAH NUSANTARA INI BERASAL DARI PULAU SUMATRA,SETERUSNYA, 3. PULAU ANDALAS ,YANG TERAKHIR BARU NAMANYA, 4 .PULAU SUMATRA……..

  66. assalamualaikum w w,dari bagindo sinang rajo kapiceh suku koto kapado tuan tuan dan tuanku tuanku ,urang gadang batuah sadoenyo,asas dari adaik basandi syarak ,syarak basandi kitabbullah,nan partamo agamo nan kaduo adaik,nan katigo ekonomi,nan ka ampek silek/kemahiran bela diri ,tolong kambangkan ka ampek ampek Nyo sakambang kambang nyo

  67. sebuah penulisan yang hebat dan didukung banyak hal yang menguatkan dan meyakinkan…

  68. This article provides clear idea designed for the new people of blogging, that truly how
    to do blogging. Chasity can appreciably your own adquation and believability.

    One method to buy twitter followers would be to possess famous
    people bring in the posting in your case.
    more followers on twitter help out with improving consumer bottom, search engine results positioning, etc .

  69. Hey! I know this is sort of off-topic but I had to
    ask. Does operating a well-established blog like yours
    require a large amount of work? I’m completely new to running a blog but I do write in my journal daily. I’d like to start a blog so I can easily share my own experience
    and feelings online. Please let me know if you
    have any ideas or tips for brand new aspiring bloggers. Thankyou!
    If you want to Mozelle towards your twitter profile, there
    are numerous extremely effective ways.
    buy followers in twitter Harmless and simple in the most significant Twitter followers provider.

  70. kalo percaya kisah nabi sulaiman… yaa itulah masa kejayaaan dunia.. karena doa nabi sulaiman meminta pada Alloh untuk menghancurkan kerajaannya… agar umatnya tidak berlaku sombong… hayoo yang percaya kisah di Alquran pasti akan mudah memahaminya..

  71. SEBAGAI REVERENSI DAN KOREKSI MENDASAR…

    FOTO WAYANG YANG BERTULISKAN KRESNA ITU BUKANLAH SHRI BETHARI KRESNA…
    TAPI ITU ADALAH FOTO RADEN ANTAREJA, PUTRA PERTAMA DARI RADEN WERKUDARA/BIMA/BRATASENA DENGAN DEWI NAGAGINI…

    CMIIIWWW…!!!

  72. Maaf ats pendapt sy sodara2q yg seiman,,sbgai muslim kita sdh wariskan junjungan kit rasulullah saw dgn al-qu’an dn hadist,,sy rsa diantra kdua yg diwariskan trsbut tdk ada yg mnyebutkn tntang apa yg dibhas di ats tntang ngri atlantis,,

    Mari kit rujuk keblakng siap penctus teori trsbt diatas,,jls sdh sodaraq ini pmbhsan yg akan mlenceng kita dri apa aqidah kita skrg,ini adlah teori para penganut pagan mitologi dewa2,,subhanawllah

  73. I’m curious to find out what blog platform you happen to be
    utilizing? I’m having some small security issues with my latest website and I
    would like to find something more safe. Do you have any solutions?.
    reliable corporation i want to buy facebook fans
    low-cost along with rapid.
    purchasing facebook supporters, buy facebook likes
    In order to get more likes on facebook make sure you
    maintain the facebook profile up to date.

  74. I’m gone to convey my little brother, that he should also go to see this weblog on regular basis
    to take updated from hottest information. twitter followers it
    will be an incredibly smart financial commitment for ones enterprise.

    free followers Not any Code in addition to
    With out Subsequent.
    One way to twitter followers is usually to get famous people bring
    in a new post for yourself.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan Safari ANS

Terlambat Satu Detik Kerugian Satu Milyar

Women Terrace

Where is women can feel free

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.954 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: