1 Komentar

Oligarch-Plutocrat Zionis Di Belakang “Demokrasi” Amerika

Fakta Diplomasi Munafik Yahudi-AS

Naskah Resensi ini di muat di Jawa Pos edisis: Minggu, 24 Feb 2008,

usayahudi.jpg

………………………………………

Judul Buku : The Power of Israel in USA

Penulis : James Petras

Penerbit : Zahra, Jakarta

Cetakan : Pertama, Januari 2008

Tebal : 335 Halaman

………………………………………
Satu setengah abad lalu, Alexis De Toqueville, pengamat politik Amerika, menyatakan kekhawatirannya bahwa ancaman terhadap demokrasi yang mengerikan berada pada “tirani mayoritas”. Melalui kekuatannya, mayoritas akan bertindak semena-mena dan menindas kaum minoritas demi upaya mendapatkan kepentingan-kepentingan piciknya.

Namun, di era abad 21 ancaman terhadap demokrasi bukan di tangan mayoritas yang sulit dikendalikan sebagaimana analisis Toqueville, melainkan berada di tangan para penyokong dan penggalang dana dalam sebuah pesta demokrasi. Sebab sopir kendaraan politik adalah para penyokong dana, mereka memiliki pengaruh dan kekuatan yang luar biasa dalam menentukan kebijakan-kebijakan penting dalam sektor politik, ekonomi, dan hukum dalam sebuah negara. Hal ini sebagaimana terjadi di negara adikuasa Amerika Serikat. Sudah setengah abad lebih negara imperial pengusung demokrasi dan penjunjung tinggi perdamaian ini berada dalam cengkeraman orang-orang Yahudi pro-Israel.

Fenomena ini tidak lepas dari peran PACs (Political Action Committess) atau Badan Dana Yahudi pro-Israel yang menjadi mesin politik utama di Amerika melalui organisasi-organisasi zionis seperti AIPAC, ADL, yang memilki akses langsung maupun tidak langsung pada pusat-pusat kekuatan dan propaganda di AS, baik melalui kongres maupun kepresidenan.

Fakta menunjukkan bahwa sejak 1990-an PACs adalah penyumbang dana untuk Partai Demokrat sebesar 45 persen dan 25 persen untuk Partai Republik. Bahkan survei terbaru Richard Cohen dari Washington Post menunjukkan angka 60 persen untuk Demokrat dan 35 persen untuk Republik. Selain itu, Di Amerika proporsi keluarga Yahudi sangat besar di antara keluarga-keluarga terkaya di AS, 25-30 persen miliarder di AS adalah orang Yahudi. Bahkan sumbangan pada pihak firsters oleh miliarder Yahudi-Kanada bernilai lebih dari 30 persen pasar modal Kanada (hlm. 21-22).

Saat ini Partai Demokrat lewat senator Hillary Clinton dan Barrak Obama, lalu Partai Republik lewat John McCain dan Romney boleh saja saling berseteru dan mengobral janji politik. Siapa pun yang menduduki Gedung Putih nanti tidak akan ada pengaruhnya dalam membangun demokrasi dan perdamaian dunia. Sebab hubungan Israel-AS bukan hubungan orang per orang atau konfigurasi pembuatan kebijakan yang bersifat sementara, melainkan hubungan struktural yang bersejarah. Hal ini telah terbukti di mana posisi hegemoni Israel telah bertahan di bawah kepresidenan dari Partai Demokrat maupun Partai Republik selama setengah abad lebih.

Secara historis proyek-proyek diplomasi ala Yahudi dengan Amerika berjalan sejak era Presiden Jimmy Carter, kemudian kekuatan lobi Yahudi dikukuhkan dan mendapat dukungan penuh di era Presiden Reagen, berlanjut pada masa Clinton dan Bush hingga sekarang, di mana kebijakan-kebijakan AS senantiasa berada di bawah kendali kaum firsters (orang Yahudi yang hidup di Amerika) baik dalam bidang politik, ekonomi, militer hingga perang dan perdamaian di Timur Tengah. Saat ini posisi Yahudi dan Israel telah menjelma menjadi The Great Super Power Colony atau sang Super Power dan koloni sejati, Amerika telah menjadi penyambung tangan dalam menggapai misi-misi kolonialisme Yahudi-Israel.

Saat ini hubungan Yahudi Pro-Israel dengan AS bukanlah proyek minyak, bukan pula proyek memerangi terorisme atau memusnahkan senjata pengancam perdamaian dunia, sebagaimana isu-isu di publik. Melainkan memuluskan proyek-proyek kolonialisme zionis Israel untuk menjadikan Timur Tengah menjadi lingkungan kesejahteraan bersama AS-Israel. Fakta inilah yang menggugah James Petras, profesor sosiologi di Binghamton University, New York, untuk menganalisis secara kritis dan mendalam berdasarkan dokumentasi yang akurat tentang fakta hubungan Israel-AS.

Sebagai warga Amerika Petras merasa memiliki tanggung jawab untuk menjelaskan secara transparan kekayaan, kekuatan, tindakan, dan pengaruh lobi Pro-Israel, agar para intelektual dan masyarakat AS memiliki kesadaran akan gagasan membentuk gerakan kontra hegemoni yang bertujuan merekonstruksi sebuah republik demokrasi dengan merenggut kebebasan yang seutuhnya dalam berbagai aspek dan dimensi kehidupan dan kesejahteraan.Dua hal yang membuat buku Petras ini dikagumi banyak pihak adalah, pertama, analisisnya yang tajam tentang hubungan Israel-AS yang didukung data-data akurat yang jarang diungkap intelektual Barat.

Secara gamblang Petras mengungkap fakta tentang bagaimana kekuatan zionis di Amerika, peran pejabat pro-Israel dalam pemerintahan dan peran pihak lobi Yahudi dalam mempengaruhi kebijakan Timur Tengah AS, dan juga memberikan analisis dan dokumentasi atas kekuatan yang dikerahkan Israel melalui pihak lobi terhadap kebijakan AS untuk Timur Tengah.Kedua, melanjutkan apa yang dikatakan Edward Said bahwa mengkritisi Israel berarti membiasakan diri untuk berpikir tentang proyek kolonialisme zionis terhadap masyarakat dan wilayah Timur Tengah.

Karya Petras ini menegaskan bahwa Israel tidak berhenti di situ, Israel selama puluhan tahun juga telah menjajah pemerintah dan penduduk Amerika. Salah satu bukti penjajahan Israel terhadap rakyat Amerika adalah rakyat Amerika harus merelakan pajak jutaan miliar dolarnya untuk Israel, seperti dalam catatan taklimat CRS, yaitu kebijakan AS memberikan perlakuan istimewa terhadap Israel, seperti pembebasan utang Israel, penghapusan beacukai perdagangan Israel-AS, bantuan proyek militer, hingga bantuan tahunan yang bernilai miliaran dolar AS.Cengkeraman kaum Yahudi yang terstruktur dan sangat kuat secara politik dan ekonomi ini membuat Israel selalu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak di AS. mulai para profesor terhormat, banker investasi, jurnalis, penasihat politik, organisasi-organisasi besar di AS, militer, dan sebagainya.

Petras tidak berhenti pada eksplorasi tentang kekuatan dan pengaruh zionis di Amerika lewat diplomasi-diplomasi monumental dan kemunafikan Yahudi pro-Israel yang menjadikan Amerika mendukung Israel hingga tidak mempedulikan pelanggaran-pelanggaran HAM Israel di Timur Tengah. Dia juga mengungkap pelanggaran spionase yang dilakukan Israel terhadap Amerika, yang menjadikan Israel mengendalikan Amerika, bahkan membentuk citra negatif Amerika sebagai negara teroris yang dibenci umat se-dunia. Kasus invasi ke Irak, rekayasa kartun Denmark, hingga isu-isu ancaman nuklir Iran adalah rentetan dari hasil pendektean Israel terhadap Amerika.

Di akhir bab, secara intelektual Petras mengulas tentang debat politik yang sedang berlangsung tentang pentingnya pihak lobi pro-Israel dalam membentuk kebijakan imperealis AS. Secara khusus ia menampilkan satu per satu usaha penolakan Noam Chomsky untuk memperkecil peran pihak lobi dalam kebijakan AS.

Menurut Petras, Amerika harus merekonstitusi sebuah republik demokrasi baru, dengan jalan membebaskan diri dari jeratan lobi Yahudi pro-Israel, memberikan serangan ideologis terhadap zionis, dan menyatukan kesadaran publik rakyat Amerika dan dunia.

Moh Yasin, pustakawan, tinggal di Ciputat, alumnus Filsafat UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, kini Kuliah S-2 di Islamic College for Advanced Studies (ICAS) Paramadina Jakarta

One comment on “Oligarch-Plutocrat Zionis Di Belakang “Demokrasi” Amerika

  1. your artikel go go go, i was finish to downeload its, thanks,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Atlantis in the Java Sea

A scientific effort to match Plato’s narrative location for Atlantis

Sembrani

Membahas ISU-ISU Penting bagi Anak Bangsa, Berbagi Ide, dan Saling Cinta

Wirdanova

+62811-813-1917

aawanto

The greatest WordPress.com site in all the land!

Covert Geopolitics

Beyond the Smoke & Mirrors

Catatan Harta Amanah Soekarno

as good as possible for as many as possible

Modesty - Women Terrace

My Mind in Words and Pictures

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d blogger menyukai ini: