93 Komentar

MISTERI TEMPAT TURUNNYA NABI ADAM

MISTERI TEMPAT NABI ADAM TURUN

Berbagai versi menyebutkan di tempat mana di planet bumi ini Nabi Adam turun dari Surga. Bermacam orang dan agama banyak yang berpendapat beda. Lantas jangan dijadikan suatu permasalahan perbedaan itu. Toh kita semua pun juga tak tahu sejelasnya dimana Adam turun

telapak kaki raksasa pada tebing batu di kec kayangan KLU

. Mengingat sumber-sumber,bahkan dari al qur’an pun sengaja memberikan keterangan yang sedikit. Barangkali biar manusia yang berakal bisa mencari sendiri dengan kekuatan mereka.Ada yang bilang jika Nenek moyang kita itu Diturunkan di Srilanka,di bukit syafa dan marwa, ada juga yang percaya beliau diturunkan di belanda,skandinavia,di india dan masih banyak pendapat berbeda lainnya. Saya disini juga akan mengkaitkan dari apa apa yang telah kupelajari tentang keberadaan turunnya nabi Adam,semoga artikel saya bisa bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan buat kamu,lalu dapat memaklumi bila ada hal yang kurang nyaman di hati.

Memang banyak yang meyakini bahwa Nabi Adam pertama kali turun di Srilanka. Apalagi disana terdapat bekas jejak tapak kaki besar yang berada di gunung Sri pada. Yang dinamakan Adam peak yang dipercayai sebagai tapak kaki nabi Adam. TheAdamPeak ini terletak kira-kira 7359 kaki diatas permukaan laut. Bukan hanya sebagian islam dan agama kristen yang mempercayai. Bahkan Budha Dan Hindu juga percaya the Adam peak memiliki kesan sebagai tapak kaki Buddha dan Dewa Shiva(hindhu).

Tapi kalau saya juga boleh berpendapat. Masih ada hal yang kurasa kurang untuk ikut juga meyakini. Memang banyak orang percaya bahwa Adam itu adalah manusia raksasa. Bahkan suatu terjemahan hadist yang pernah kubaca pun juga berkata demikian. Tapi yang masih menimbulkan tanya buat saya itu adalah ketika aku juga membaca suatu artikel lagi bahwa Adam Diturunkan di India. Bukannya saya menentang pendapat bila Adam peak di Srilanka bukanlah jejak adam,tapi secara kebetulan diwaktu sebelumnya.saya telah memposting artikel dari yang telah kupelajari yang berceritakan perjalanan rama(Ramayana).Lalu adakah hubungannya,antara Nabi Adam,Adam peak di Srilanka,bahkan ramayana itu sendiri? Dan dibawah ini yang saya dapatkan dari pertanyaan pertanyaan saya selama ini.

Dalam Ramayana dikisahkan Bahwa Raja Rama bersama pasukan perang akan bertolak dari ayodhya(india kuno) menuju negeri alengka guna menyelamatkan devi sitha yang diculik raja ravana. Lalu adakah kaitan ramayana dengan adam peak di srilanka? Barangkali jika kamu juga pernah tau pewayangan. Raja Ravana atau Rahwana(jawa) itu bertubuh raksasa yang menguasai kerajaan alengkadiraja. Dan aku sendiri mulai meyakini bahwa negeri alengka itu adalah Srilanka yang ada sekarang. Yang membuat aku yakin adalah: jika ayodhya adlah bagian di India sekarang berarti antara india dan srilanka dipisahkan lautan. jadi lewat mana dan melalui apa pasukan rama pergi menyerbu raja ravana pemimpin negeri alengka? Diceritakan juga bahwa dalam keberangkatan raja rama bertempur,sang rama memerintahkan sebagian pasukan yaitu ras manusia kera yang sudah punah sekarang,untuk membangun jembatan menyeberangi laut yang menghubungkan antara ayodhya dan alengka guna sebagai jalan pasukan rama untuk memudahkan perjalanan pasukannya menyerbu alengka. Jembatan dinamakan Situbandha. Jika benar ayodhya di india dan alengka itu srilanka. Maka hal mencengangkan akan terjadi. Ternyata jembatan itu memang ada,jembatan yang ada peneliti mengatakan bahwa garis yang menghubungkan india-srilanka itu bukanlah terjadi oleh alam tapi ada yang membuatnya.mengingat jembatan itu terdiri atas bebatuan yang ditumpuk secara tertata. Bahkan ada yang nenyatakan kalau jembatan itu berusia lebih dari sejuta tahun! Itulah yang dinamakan Rama bridge atau Adam bridge. Yang akupun juga yakin bahwa itu jembatan situbandha,dimana sekarang sudah terendam air laut pasca peninggian air laut. Tapi masih
Jelas terlihat dari permukaan.

Sekarang mari kita hubungkan antara adam peak(tapak adam) di srilanka dan kisah raja ravana si ras manusia raksasa dari lanka(alengka). Menurut saya pribadi bahwa dugaan tapak kaki Adam di Srilanka itu bukanlah tapak nabi Adam. Melainkan tapak Ras manusia Raksasa seperti raja Ravana.  Jadi dimanakah Adam diturunkan? Saat ini saya cenderung memihak pendapat bahwa Sang Nabi diturunkan di INDIA,sedang Hawa terpisah dengan Adam dan diturunkan di JEDDAH. yang membuat tertarik adalah saat aku baca mungkin bersumber dari suatu hadist. Dikatakan bahwa Turunnya Nabi Adam adalah di India,di daerah Serendib. Secara gamblang disebutkan seperti itu. Ada yang bersumber mungkin dari hadist juga mengatakan, bahwa sebelum Mereka diturunkan ke bumi. Tidak ada emas disana lalu setelah Adam dan Hawa turun. Tuhan mulai perintahkan bumi untuk memproses pembuatan emas,sebagai peralatan dan mahar pernikahan anak cucu mereka. Lalu Adam bertempat di tanah yang subur. Banyak terdapat gunung berapi dan terdiri dari dua musim,inipun juga artikel yang pernah saya baca dimana asalnya dari sumber terpercaya juga.
Beberapa keterangan diatas,sedikitnya sudah membantu dalam kita mencari. Tapi dari keterangan-keterangan itu juga timbul masalah masalah baru.

Salah satu contoh permasalahan itu adalah,jika memang nabi Adam itu berada di India,lalu wilayah manakah Serendib yang disebutkan di atas tadi. Barangkali itu adalah kota india kuno yang sekarang telah diubah namanya. Jika benar daerah Serendib Oleh Tuhan Disengaja sebagai kode agar manusia mau berfikir dan mencari,maka rasanya Tuhan tak akan Menghilangkan jejak melainkan Mensamarkannya aja. Diketahui di India yang sekarang tidak ada daerah yang bernama Serendib itu. Kalau begitu,mungkinkah daerah Serendib berada Di India kuno?? Dari sini aku akan mulai mencoba mengungkap misteri ini.

Pernahkah kamu dengar tentang negeri atlantis? Yaitu kisah yang ditulis oleh filsuf yunani kuno plato. Mitos Atlantis ialah cerita penuh fantasi dimana  Manusia sudah Mencapai puncak peradabannya disana sebelum banjir besar meluluh lantahkan negeri hebat itu. Mitos atlantis dari masa kuno itu secara ironis mulai dicari kebenarannya. Banyak para peneliti yakin,kalau dahulu benua atlantis memang ada. Puncak dari keyakinan orang itu adalah,saat ahli nuklir berkebangsaan Brazil,prof.Arysio santos menyatakan sudah puluhan tahun mencari atlantis dan menemukannya sesuai dengan kriteria yang diungkap Plato mengenai atlantis. Bahwasanya Benua Atlantis yang hilang itu bukan berada di sekitaran eropa atau amerika,seperti kata peneliti peneliti sebelumnya. Tapi Benua Atlantis berada di Asia! Tepatnya disepanjang antara india-indonesia! Indonesi dan india diyakini dulu daratannya bersatu sebelum bencana memisahnya. Makanya Indonesia juga dikatakan sebagai india kuno,bahkan sampai saat ini. Ketika Masih dalam penjajahan Belanda pun, Negeri ini pernah dinamakan Hindia belanda,sebelum akhirnya berganti menjadi Indonesia sampai sekarang. Malah ada yang percaya bahwa kata INDONESIA berasal dari kata INDIAN-EAST-ASIA atau bangsa india asia timur!

jadi kalau wilayah Serendib tempat Nabi Adam turun tak ditemukan di India yang sekarang. Maka marilah kita cari di india asia timur kuno yaitu Indonesia. Barangkali kamu pun juga tak pernah mendengar daerah serendib di Indonesia. Memang tak ada,lalu apa yang kita cari disini? Sekarang sudah tak ada ,tapi belum tentu dulu juga tak pernah ada. Sebenarnya Serendib bukan evolusi dari kata Ceylon atau Sri lanka. Tapi Serendib Lebih condong ke kata Swarnadwipa,yaitu pulau Sumatera zaman kuno. Evolusi kata bisa saja terjadi,karena beda suku atau ras manusia ketika bertanya, maka  kadang beda pula telinga dan lidah menangkap dan menyampaikannya akan beda pula, biarpun tujuannya sama. Seperti kata ”Ereb”/matahari tenggelam lalu berubah menjadi ”Eropa”. Perhatikan antara Serendib dan Swarnadwipa, maka rasanya kita emang boleh menyamakannya.

Swarnadwipa/Sumatera/Pulau emas,barangkali oleh lidah orang arab lebih akrab dinamakan Serendib. Jadi di Sumatera kah Nenek Moyang manusia turun pertama kali?

Swarnadwipa/Serendib itu berasal dari bahasa sanskerta: Swarnadwipa yang berarti pulau emas. Dulunya sumatra,kalimantan dan jawa adalah bersatu. Memiliki tanah subur karena gunung berapinya banyak,dan itulah yang membuat subur. Konon ada peneliti bilang,jika tanah pulau jawa dikelola sebaik mungkin,maka tanah jawa akan mampu menumbuhkan setiap jenis tumbuhan diplanet bumi ini. Indonesia terletak di garis ekuator yang membuat suhu hangat,karena matahari bersinar sepanjang tahun dan jadikan indonesia memiliki dua musim. Barangkali disinilah jawaban misteri tempat Nabi Adam itu. Sebuah negeri yang Diberkahi Tuhan dengan segala kekayaannya. Jika nabi Adam turun di India,kenapa mayoritas penduduknya hindu? Jika nabi Adam ada di Srilanka,kenapa mayoritas penduduknya budha? Nabi Adam mencari Hawa lalu menemukannya di Jeddah (jiddah, yang juga mengandung arti: nenek) mereka Dikaruniai keturunan yang banyak, dan disuatu Ketika aku percaya Nabi Adam mengajak ,Hawa, dan anak-anaknya kembali ke tempat Nabi Adam turun pertama kali. di sana Anak anak Mereka Di ajari Ilmu Tauhid,yaitu mengajak manusia hanya menyembah Pada Tuhan Yang Esa, yakni Allah S.W.T, dari sinilah Islam pun berkembang pesat ,dan menjadikan Indonesia bukan hanya Diberkahi Allah dengan Kekayaan Alam yang tanpa Bandingnya ,tapi Allah juga Memberkahi INDONESIA sebagai negeri dengan penduduk Muslim terbanyak di Semesta Raya.

Demikian artikel dari saya. Sudah sepatutnya kita sebagai manusia yang saling menghargai saudaranya untuk bisa memaafkan jika saya membuat kesalahan. Manusia memanglah tak pernah sempurna. Dan Semoga Allah S.W.T Ampuni kekeliruan kita,semoga pula artikel ini bermanfaat. Amiin.(hendri-mustofa/http://atlantis7.jw.lt)

93 comments on “MISTERI TEMPAT TURUNNYA NABI ADAM

  1. menurut ceritera puun, pemimpin badui di pedalaman Banten , juga demikian beliau bercerita tentang Nabi Adam AS . dan asal muasal manusia dari sini{ indonesia/ jawa/sumatra}

  2. Tolong mas, mau cari daerah yg bernama bakkah. Prediksi sementara di palestina tepatnya di lembah yg berada pada daratan tinggi yaitu lembah … Ahh lupa mas, tapi gak usah dipikirin mas yg terpenting mohon bantuannya nyariin bakkah ya, thank’s…
    annuit coeptis novus.ordo_seclorum@rocketmail.com

    • nama bakkah disebutkan dlm al-kitab (injil), yg merujuk tmpt dimana abraham(nabi ibrahim) meninggalkan hajar dan ismael, lembah bakkah dlm injil itu bukan di palestina tapi di makkah yg sekarang, bakkah yg awalnya tandus diberkahi dg air zam zam dari kaki nabi ismael sehingga bnyak kafilah arab yg berkumpul dan jadilah pedesaan lalu perkotaan ,nabi ibrahim dan ismail yg bukan arab mungkn menyebut lembah itu bakkah, tp menjadi makkah dilidah org2 arab dan keturunan nabi ismael yg juga menjadi org2 arab muta’aribah,termasuk nabi muhammad

      • “nabi ibrahim dan ismail yg bukan arab mungkn menyebut lembah itu bakkah, tp menjadi makkah dilidah org2 arab dan keturunan nabi ismael yg juga menjadi org2 arab.”

        1.disebut nabi Ibrahim Dan nabi Ismael bukan orang arab,
        2. Kenapa keturunan nabi Ismael disebut menjadi orang2 Arab?
        3. Orang2 Arab sudah ada sebelum nabi Ibrahim Dan Ismael , jd tidak bisa keturunan nabi Ismael disebut orang2 arab

  3. Jika nabi Adam turun di India,kenapa mayoritas penduduknya hindu?
    Jika nabi Adam ada di Srilanka,kenapa mayoritas penduduknya budha?

    Memangnya apa hubungan nabi adam dengan itu semua? semua itu ada SETELAH nabi adam. jauh setelahnya.

  4. siapa yang mencarai bakkah. dulu bakkah sekarang tempat itu menjadi mekkah al mukaromah.

  5. indonesia lg,,indonesia lg,apa2 semua indonesia ujung2 psti indonesia,gk lama mngkin bkl ada yg nulis kalau tuhan itu orang indonesia(suku yg ada di indonesia),ydah kita bangsa yg plng segalax dr bangsa lain di muka bumi ini,indonesia adlh cikal bkl semuax,
    lanjutkan kengawuran ini

    • wkwkwkwkwkwkw….

    • maaf , jika anda tidak berkenan gaK usah komen gituan
      Prinsip Sejarah SEHARUSNYA Indonesia-Sentris
      ya, harusnya begini, memperkenalkan pada dunia luar jika Indonesia dulunya begini
      lagian ini ada buktinya, nah sekarang apa bukti Lo kalo ini asalnya bukan dari Indonesia ?

      seharusnya Lo bangga sama Indonesia,bukannya malah jadi penghianat di dalam negeri, kapan Indonesia jadi bangsa yang besar kalo penduduknya saja gak mau mendukung penemuan dalam negeri ?

      Lagian Indonesia punya lebih dari 200juta jiwa untuk setia mendukungnya, kehilangan Dirimu juga gak bakal buat Indonesia jadi Hancur

    • hijrah aja lu dari nusantara ini,nusantara ini tempat lahirnya peradaban dunia, orang beradab ….bukan biadab

    • memang benar turun nya di indonesia. coba cari tau ada nya di jawabarat.

  6. Ada suatu suku yg menghilangkan diri di Jambi yg hingga saat ini mengaku beragama/bernabikan Adam, meskipun mereka tetap mempercayai N. Muhammad sbg nabi terakhir jg sbg awal mahluk pertama di ciptakan (Nur Muhammad), sesuai dg ucapan dr N. Adam itu sendiri…
    Bahkan ketika para Waliullah hendak meng Islamkan nusantara mereka mendatangi kepala suku tsbt N meminta pendapat dr mereka…

  7. Gue degar sih diturunkan di india di ereng2 bukit himalaya, nama kampungnya diutarkasih, yg pertama datang keindonesi itu adalah kalau tak salah satu anak dari imam husain bin Ali bin abu tolip. Itulah asal awal islam di indonesia nuwun.

    • ada hadits bahwasanya nabi adam as di turunkan di al hind, dan juga catatan sejarah tentang surat menyurat khalifah mu’awiyyah bin abu syofyan kepada raja raja al hind di sumatera, namun nabi adam as adalah sbg khalifah fil ardi yg jelas kerjanya memutari bumi ini memasang pondasi awal dari ke tauhidan sehingga banyak bangsa2 yg mengklem bahwa ada bekas tapak kakinya, maka kita harus lebih kritis lg, dg bukti2 serta data yg akurat

  8. Menurut saya, Nabi Adam diturunkan pertama kali di Indonesia tepatnya di tanah Jawa Barat, ada nama salah satu kota di tanah Sunda yang mengandung arti “WADAH” yang dimaksud dengan wadah kehidupan.
    Hawa diturunkan di Mekkah. Hawa itu mengandung makna panas. Dalam perjalanan waktu mereka bertemu di suatu daerah yang bernama Babylon.
    Betul mengapa Indonesia penganut Islamnya terbesar di dunia? Karena Islam pertama kali ada ya Indonesia.. Kalimat Syahadat sudah ada sebelum Bumi ini diciptakan.. dan manusia pertama, yang disebut Adam ada di Indonesia. Maka yang taman Firdaus yang dikatakan sebenarnya ada di negeri ini.. Tidak salah suatu saat nanti akan terbukti bahwa kebudayaan yang ada di Indonesia lebih tua dari kebudayaan manapun di dunia.

  9. sekitar tahun 1980-an ada sekelompok orang di Bandung yang meyakini bahwa Nabi Adam AS diturunkan di daerah Cililin (Bandung Barat)

  10. saya setuju pemaparan awal dan bagus sekali,kita jangan malu mengakui negara kita sebenarnya supernya negara superpower…sayangnya sekarang…….mau bilang apa ya..tanah jawa adalah tanah paling sakral…dan dahulu kala semua pulau jadi satu..

  11. hanya ALLAH yang tahu kitamanusia wajib meyakini di manapun nabi di turun kan klo memang di indonesia ya SUBHANAULLAH

  12. indonesia….nasibmu kini

    • dengan wwsan..ilmu dn pgetahuan y sy mliki sy jg ykin klw indnesia adlah tmp brmula dn brakhirny khdupan ini mas..byk teori terlebih yg brsal dr luar smuany kbur dn sgaja mmberikn infrmasi y mmbgungkn..sy sbgai org melayu lbh ykin utk mnarik ksmpulan ttg asl muasal khdupan ini mlalui pndkatan bhsa..krna bhsa merpkan bdya mnsia seiring dgn kbrdaan mnusia pnuturny..bhsa asl mnsia adlh bhsa arab..sbgian bsar kosa kta dlm bhsa mlyu adlh bhsa arab..bhkn spi kata2 yg sgt jauh dr kosa kata yg terkait istlah dlm mmpljari islam pn trdpat ksamaan..tp kata tsbut mrpkan kosa kta mlyu dn itu mmg bhasa arab..apkah org mlyu ini dlu ny bbhsa arab?atw bhasa arab tsb mmg brsal dn hdup di bumi mlyu?klw kosa kata bhsa melayu yg hmpir 60% ny mmg bhsa arab d bwa olh saudgar dn pdgang ptnyaanny sbrpa sering mreka bdgang? dn brpa rmai?dn sjak kpn?dn bgmna pula bhsa tsb brbaur jk seandainy d bumi mlyu ini tlh mmpnyai bhsa yg lain?apkah smudh itu bhsa tsb bbaur?dn bgmna pula dgn pndpat yg sy ykni klw suku mlayu mrpkan suku asal?trma ksh

  13. semoga peniliti ini menemukan penelitian lebih lanjut tentang tapak nabi adam.

  14. Wallohu alam bissawab, tapi disiplin ilmu peneliti hrs dihormati..hrs ditindak lanjuti oleh ahli2 lainnya, sebagai contoh di Kabupaten kami Merangin Jambi baru 2 tahun diketahui adanya peninggalan Geo (orang2 ahli menyebutnya ‘Geopark”) yang fosil-fosil flora dan fauna nya katanya ditaksir umur nya ….3,5 juta tahun yang lalu..!! nah siapa mau lihat ke sana ..ayoooo!!!

  15. Assalamualaikum…..
    Saya sangat menghargai bagi seseorang yg sedang mencari kebenaran, baik cara lewat buku, diskusi dan internet. itu salah satu jalan menuju pada keimanan seseorang. Sekedar saran, jangan lupakan juga cara Riyadhoh (dengan puasa) bila kita ingin tau suatuhal yg sulit mendapat jawaban-nya. Insyaalloh, keingintahuan kita akan terjawab dengan jelas dan benar.

    wasalam……..’

  16. mungkin ada kaitanya juga,tapi hasil survey ini jgn selesai sampai disini harus di tindak lanjutin jangan lsg yakin kalau nabi adam di turunkanya di Indonesia toh bukti untuk mengunkap misteri semua itu juga masih kurang valid perlu untuk di dikte kembali,,,,
    lanjutkan kawan…..!!!!!!!!

    • Ya sebaiknya kita telusuri lagi,, alangkah baiknya kita pecahkan misteri gunung padang cianjur jawa barat kemudian situs batu kujang di tenjolaya sukabumi.. salam indonesia raya.. indahnya silaturahmi

  17. saya senang jika nabi adam di turunkan di india krna sya sangat menyukai india tapi prtnyaan sya knpa di india mayoritas nya hindu?tolng d jwb y..

  18. di galunggung nabi adam pertama kali di turunkan ceuk batur etage teuing tah wallohu alam

  19. Teruskan perjuanganmu sobat…
    Dunia ini memang banyak rahasia tapi percayalah Indonesia adalah sebuah daratn yang luar biasa, lambat laun maka Allah akan menunjukkannya kepada kita.
    Dengan ditemukan Gunung padang Padang Cianjur dan Garut akan merubah banyak sejarah dan kemungkinan merubah kiblat agama yang sudah diceritakan banyak orang.

  20. Ada benarnya juga. Luar biasa sangat bermanfaat.

  21. Teruskan penelitiamu kawan… dan biarkanlah orang yang berkomentar tidak sefaham menilai sesuai pikiran mereka! Jangan terpancing emosi, banyak sudah teladan pendahulu kita yang juga di tentang orang-orang kafir…LANJUTKAN…!! I LOVE ISLAM…and Indonesia..

  22. lanjutkan, lumayan sharing2 pendapat dan ilmu

  23. indonesia negara para nabi….
    hanya orang-orang yang berfikir dan mengkaji al-qur’an…
    kenapa di namakan indonesia?
    kenapa ada serambi makkah?
    kenapa ada pulau dewata?
    kenapa ada sabang dan merauke (timur – barat)…

  24. Budaya indonesia adalah suber dari budaya dunia,tlg cek bagi yg ragu.

  25. Nambah yah teman2. coba deh cari tentang indonesia. yang saya tahu imam mahdi turun dimekkah dan ia akan menuju indonesia.
    Rosul diutus untuk menyempurnakan akhlak sedangkan imam mahdi diutus untuk menyempurnakan akal. tenang kawan2 sekalipun indonesia saat ini masih agak gimana. insya allah imam mahdi akan mengajar ktia semua. dan ingat nabi pernah bersabda yang inti dari isinya. tidak ada satupun manusia yang paling fasih mengucapkan hruf Dhod. tapi ada salah satu negeri yang lisannya hampir menyerupaiku. siapa dia yah indonesia. sebab kalo mtq aza bertanding dengan arab sendiri indonesia yang menang. hidup indonesia, bangga jadi orang indonesia sekalipun masih begini, indonesia = indungna para manusia.

    • bukan hanya rosulullah aja, tp di indonesia masih terdapat 11 nabi yang berasal dari negeri ini …
      mengkaji tentang dimana nabi adam turun, carilah sumber tentang P. Sumbawa….???
      dalam al-qur’an buah2 surga smuanya ada di indonesia…..

    • 12 nabi yang berasal dari indonesia….

  26. Teruskan perjuangan mu kawan,…

  27. NABI ADAM TURUN DI PULAU SERENDIP…..SAWAHLUNTO SIJUNJUNG…..NAGARI SIGUMAWANG

  28. pancasila…..merupakan…..upaya manusia….untuk berbagi……sedangkan upaya berbagi..sudah..di jelaskan..allah…..dari awal dunia .dengan kedatangan…..nabi adam alaihissalam…….ke atas muka bumi ini…….sehingga disempurnakan …dengan kedatangan agama islam……yang di bawa junjungan.besar.nabi muhammad s.a.w…..dengan tidak meninggalkan…..utusan demi utusan tuhan/allah…..dari kalangan para nabi nabi….dan rasul rasul……..yang lainya………..dan seterusnya…..

  29. gotak gatik gathuk

  30. tapi sblum msuk islam hindu dan budha sudah ada duluan terbukti dari bnyk candi2 yg umurnya lebih tua daripada masjid,gi mana dong penjelasannya?

  31. nama ,kitab ,rujukan tertulis pada kulit luar kitab tersebut,do a seperti di bawah ini,…..al-gunyah ,lithalibi thariq al-haq ,azza wa jalla,menggapai puncak kelazatan,ibadah kepada allah,rahasia rahasia ibadah,syekh abdul qadir jailani,halaman ,35/202/203
    Amalan / Hadiah luar biasa yang begitu besar ,dari…nabi muhammad.S.A.W.kepada,nukminin,dan mukminat….
    dalam satu majlis rasulullah s.a.w.yang dihadiri,nabi khidir alaihissalam .
    yang di sampaikan….kepada ibrahim attaimi radhiallahu anhu
    dengan,sebahagian/sedikit dari keterangan ,dari keterangan yang panjang ,yang berbunyi….
    demi yang mengutusku sebagai nabi dengan kebenaran sesungguhnya,orang yang mengamalkannya,pada satu malam telah dicatat baginya kebaikan untuk nya dari setiap titik air hujan yang turun dari langit, semenjak dunia diciptakan hingga hari segala bentuk kebangkitan ,segala keburukan nya,dihapuskan sepadan setiap benih yang tumbuh di bumi,dan siapa saja,yang mengamalkan nya,dari kalangan,mukminin dan mukminat,baik yang terdahulu,dan yang terkemudian….itulah sebahagian ke untungangan yang akan diterima nya,serta ke untungan yang tidak akan habis selama lama nya…….ingatlah allah tidak melihat rupa bentuk kamu ,akan tetapi allah melihat apa yang ada dihati kamu………
    inilah…….amalam….nya
    1 -al-fatihah…..dibaca 7 kali…….
    2 -surah annas dibaca 7 kali…….
    3 -surah al-falaq dibaca 7 kali…….
    4 -surah al -ikhlas dibaca 7 kali…….
    5 -surah al-kafirun dibaca 7 kali…….
    6 -ayat kursi dibaca 7 kali…….
    7 -subhanallah,walhamdulillah,wala ilaha illallah,wallahu akbar dibaca 7 kali…….
    8 -allahummasalli alamuhammad wa ala alimuhammad wasahbihiwassalam dibaca 7 kali…….
    9 -minta ampun untuk diri sendiri,kedua ibu bapa,mukminin dan mukminat , 7 kali…….
    10 – allhumma rabaf a’l wabihim a’jilan wa a’jilan fii daiini wadunya wal akhirah maa antalaha walaa taf a’l binaaya maulanaa manahnulahu ahlan innaka ghafuuran haliim jawwaadan kariim barra ra uufurrahiim dibaca 7 kali……. hanya mereka yang ber untung…dunia akhirat……yang akan mengamalkan…nya…
    Seterus……… doa supaya hidup..senang serta bebas dari utang….selepas udhuk baca do ini….ya allah ya allah antallah balaa wallahu antallahu lailahaillaanta allah allah allah wallahu innahu lailahaillallah aqdi ‘annii hhazaddaini warzuqni baddaini….amalkan…nya insyaallah mendapat kemewahan
    DI BAWAH ,INI DOA DALAM PEPERANGAN ,
    doa ini ,dari malaikat jibril ,kepada rasulullah s.a.w,selepas menerima wahyu dari allah subhanahuataala,untuk hijrah ke madinah dari kota makkah…coba teliti ,dalam ke adaan apa,rasulullah ,sewaktu itu,ini doa nya ,yang disampaikan malaikat jibril..kepada rasulullah s.a.w,…….yakabiira kullikabiirin yasami’u yabasyiiru yamansyariikalahu walaa waziraa yakhaaliqassyamsi walkamarilmuniir ya ‘isiymatalbaa isyil khaa ifil mustajiir ya raaziqathiflisyaghiir ya jaabiral ‘uzzmil kasiir yaqaasimakulli jabbarin ‘aniid as aluka wa add ‘uuka du ‘aaa’ albaa isyilfaqiir du ‘aaa almudhtharrildhariir as aaluka bima ‘aaqidil ‘izzrimin ‘arsyika wamafaatiihirrahmatiminkitabika wabil asmaa issyamaaniyatilmaktuubati ‘ala qarnissyamsi …..seterusnya sanbung dengan doa untuk, keselamatan….diri /IBU BAPA /MUKMININ/MUKMINAT,muslimin dan muslimat…insyaallah…mendapat apa yang di hajat….kan…di harap berdoa sungguh sungguh sepenuh hati…….sebab allah melihat hati kita yang meminta……
    SEMUA DOA/ZIKIR/BACAAN….DIBACA DI DALAM,HATI ,SECARA TERTIB/BERDISIPLIN………….DALAM KE ADAAN DUDUK MENGHADAP ARAH KIBLAT/KAABAH/BAITULLAH/RUMAH ALLAH…..

  32. indonesia itu kyknya negara sakti yah,liat aja penjajah aja bikin suatu bangunan dr bantuan org indonesia.coba hub itu dgn semua yg ada dulu sebelum kita dan nenek moyang kita lahir.

  33. Assalamualaikum Wr.Wb
    Maap maz2 semua klau ada yng salah kok semua kaitanya soal Hindia???
    Ada yng mennyatakan klau Nabi Adam pertama turun itu d Demak apa kah benar???
    Mohon pengertiannya, dan ada yng bilng Indonesia itu nenek moyang dari negeri2 laen.

  34. Maaf pak mau nanya, ini foto jejaj kaki raksasanya di daerah mana ya? Mksh sebelumnya.

  35. Saya sangat berkeyakinan kalau Indonesia bermula dari sebuah tempat dengan peradaban yang sangat tinggi. Saya katakan sangat tinggi, karena segala peninggalan yang ada, semuanya sangat mengagumkan, bahkan orang jaman sekarang pun belum tentu mampu membangun situs2 spt peninggalan2 yg ada. Contoh, candi Borobudur, dibuat dengan rumus dan arsitektur yg sangat mengagumkan.
    Oya, ada satu kata yang hampir sama lafalnya untuk arti kata BUMI : dalam bahasa Jawa (dasanama) salah satunya bermakna ARDI. Bahasa arabnya ARD, dan bahasa Inngrisnya EARTH (kalau dirasakan dan dingerkan ketiganya hampir sama yaitu ARDI, ARD, EARTH). Ini juga cukup misterius bagi saya, mana yang lebih dulu, isitilah ARDI, ARD, atau EARTH. Mungkin ada yang tahu?

  36. manu mani man : Barata = bratha = brother, dulu sankrit semua

  37. jangan sok, seakan akan menyimpulkan dari pikiran sendiri bahwa adam turun di sumatra, padahal teori itu sudah ada sebelum kamu lahir……

  38. .
    Adam itu turunnya di kaki gunung Merapi di Minangkabau…
    Awalnya memang termasuk pembangkang, bahkan membangkang pada peringatan Allah. Yakni mengikuti bisikan setan dengan memakan buah quldi…
    Karena itu jika dibalik, namanya jadi MADA dalam bahasa Minangnya, alias KERAS KEPALA atau PEMBANGKANG. Saking pembangkangknya akhirnya dinamakan GAJAH MADA yang kemudian jadi patih di Jawa.

  39. sangat bermanfaat sekali ilmu2 seperti ini yang akhirnya menambah pemahaman kita dan jangan sampai salah pengertian di kemudian hari.. Allahu alam, hanya Allah SWT Yang Maha Mengetahui. Agama kepercayan pertama di Bumi adalah Islam, karena banyak yang berbeda dalam penyampaian serta pembawanya hingga terbagi dalam berbagai ajaran. Banyak bukti juga bahwa sebenarnya isi dari Wedha menyamai Al Quran kita, tongkat Trisula Shiva juga membentuk huruf ALLAH, Vishnu sebagai Dewa Pertama umat Hindhu yang akhirnya lahirlah Brahma dan Shiva..tetapi siapa mereka? dari sini mungkin bisa dikaji ulang lagi dimana Nabi ADAM diturunkan pertama kali dan siapa dia yang menurut ajaran agama lain. Semua cerita akan dipercaya jika bersamaan dengan bukti yang terpercaya dan bisa ditelaah. Saya sangat berharap juga bahwa Indonesialah tempat Nabi Pertama kita diturunkan. Terima kasih sudah share

  40. coba anda kaitkan dan cari sumber tentang adanya tapak kaki raksasa di wilayah aceh, yang sekarang di kenal dengan nama TAPAK TUAN.

    thanks
    wassalam.

  41. Wallahualam bishawab ya gan, entah Nabi Adam diturunkan dimana cuma Allah sang empunya jagat raya yang Maha tau. Nice info gan ^^

  42. awal mula kehidupan ada di Indonesia tepatnya pulau jawa, dan hari yg dijanjikan jg akan turun d tanah jawa,. percaya gk percaya semuanya akan trungkap

  43. Jarak antara Manusia pertama Adam dan trakh Islam itu jutaan tahun bumi, gak ada hubungannya Adam dengan Islam, jangan semua selalu dikaitkan dengan Islam, Islam itu ajaran di era setelah Muhammad, itu baru sekitar tahun 600-an Masehi, jangan ngasal semua dihubungkan dengan Iskam, jauuuhhhh……

    • Mas Ignatio, sbg info buat panjenengan yaitu adlh bhw Islam secara hakikat itu sudah ada berbarengan dengan diciptakannya seluruh alam dan bukan hanya alam semesta yg kita tempati. ISLAM = BERSERAH DIRI HANYA KEPADA ALLAH SWT. Seluruh Nabiyullah dan Rasulullah mulai dari Nabi Adam As hingga Nabi Muhammad Saw adlh muslim (orang2 yg berserah diri hanya kpd ALLAH SWT). Seluruh kitab2 samawi (Zabur,Taurat,Injil, namun injil yg dimaksud disini bukan bible loh ya) yg ALLAH SWT turunkan kpd para RasulNYA adlh bagian dari Kitabnya Islam yg kemudian disempurnakan/dirangkum dengan kitab terakhir yg bernama ALQUR’AN sbg kitab penyempurna (rangkuman dari semua kitab2 samawi) dan ALLAH SWT menetapkan sebutan nama agamaNYA adlh ISLAM. Jika ingin membuktikannya silahkan kupas seluruh kitab2 samawi yang ada. Bible anda meskipun isinya kacau balau namun tetap ada ayat2 injil didalam yg dimuat, krn si paulus (pengarang bible) tdk akan mungkin bisa mengarang bible kalo tdk mencatut beberapa bagian dari isi Kitab Injilnya ALLAH SWT yg diturunkan kpd Rasulullah Isa As. Sayang seribu kali sayang umat kristen dan katholik hanya mengikuti doktrin2nya paulus sementara ajarannya Nabi Isa As (sosok yg anda2 tuhankan) justru anda2 abaikan dan ingkari. Silahkan buka, baca dan pelajari kitab bible anda jika anda ingin tau buktinya. Makanya beragama itu jangan cuma mengikuti doktrin2 semata bung, pelajari benar2 konsepnya. Utk anda ketahui bhw seluruh alam semesta ini dan seluruh isinya adlh Islam. Bahkan tubuh anda sendiri juga Islam, cuma otak/pikiran dan hati anda saja yg tidak/belum Islam. Jadi kalo anda mengklaim kenapa semua2 dihubungkan dgn Islam, ya memang semuanya hakikatnya adlh Islam. Hanya saja Islam mengingatkan ada SURGA & NERAKA, dan dosa hanya bisa ditebus oleh masing2 individu pelakunya, Islam tidak kenal dosa warisan ataupun penebusan dosa oleh oknum yg bukan pelakunya. Islam adlh agama yg logik bukan agama yg mengajarkan iman khayalan dengan menyembah patung/berhala. Masa Nabi Isa As kalian jadian berhala/patung dgn cuma pakai popok doang dan digantung di kayu salib, katanya Isa adlh tuhan kalian, masa tuhan begitu lemahnya shg sekedar utk menebus dosa manusia aja harus mati…??? Kalo tuhan mati trus siapa penggantinya/penerusnya…??? SRI PAUS yach…??? Bukannya Sri Paus itu adlh slhstu pelaku dan pelindung prilaku freesex dan pemerkosa anak2 di dlm lingkungan gereja katholik, lha penerus tuhan koq sedemikian sikap prilakunya….???? Sungguh tdk masuk akal bukan…???. Mari kita berpikir. Semoga bermanfaat.

    • Jadi jika berbicara tentang Islam maka sebenarnya kita berbicara ttg awal mula seluruh alam dan isinya serta seluruh kehidupan, bhkan kehidupan manusia sebelum sampai ke dlm rahim ibunya pun sdh ALLAH SWT jelaskan di dlm Islam. Bahkan kehidupan di surga dan neraka pun dijelaskan oleh Islam. Islam adlh awal mula hingga akhir dari segalanya setelah ALLAH SWT itu sendiri. Namun Islam bukanlah ALLAH SWT. Islam adlh sebuah ketetapan akan seluruh ciptaanNYA yg telah ALLAH SWT tentukan dan perhitungkan. Rupanya anda memahami Islam hanya sebatas judul kitab penyempurnanya yg bernama ALQUR’AN. Anda salah besar bung Ignatio. Jika tidak ada Islam (Ketetapan ALLAH SWT) atas diri anda maka anda tidak akan pernah ada dan bernafas di muka bumi ini. Jadi intinya orang2 yg tdk memeluk Islam sesungguhnya yg tdk Islam hanyalah otak/pikiran dan hatinya saja yg otomatis mempengaruhi prilaku sikap hidupnya, nah kalo prilakunya tanpa sadar ada bbrp hal yg islami meskipun byk penyimpangan, krn bhkan di antara Ummat Islam sendiri juga tdk jarang prilakunya ada yg menyimpang dari ajaran Islam, itu manusiawi. Dan sejujurnya di dunia ini khususnya di Indonesia byk Ummat Islam yg Islamnya hanya sekedar warisan dari nenekmoyangnya yg keislaman nenekmoyangnya bisa jadi jg cuma Islam di KTPnya saja, sama jg dgn ummat agama lain di luar Islam. Wallauhu’alam.

  44. Yang jelas turunnya bukan di citayeum.tul ga?

    • “SUBHANALLADZI ASRO BI ‘ABDIHI LAILAM …” (MahaSuci Dia yg tlah memperjalankan hamba-NYA pd malam hari dr M. AlHaram ke M. AlAqsho, yg (jln penghubung kedua tempat suci itu) telah Kami Berkahi, agar (N.Muhammad S.A.W) melihat dg pandangan lahiriyah akan ayat2(tanda2 kekuasaan) Kami…)
      itu bisa dikatakan merupakan acuh untuk menemukan AlAqsho, setelah AlHaram diketahui dg jelas.
      dan jalan itu pastilah lurus, (karena ibarat kita menumpang pesawat yg tak butuh belok2lg). terlepas dr benar atau salah hasil penelitian itu, seharusnyalah kita menghargai jerih payah itu.

  45. xixixixiixi.. koment2nya!!!
    aku gak tau kebenarannya .. tp bisa buat cekiki’an,,
    entah aku yg ngawur menalarkannya untuk otakku!
    atau KITA MEMANG MENERKA SENGAWUR_NGAWURNYA ,,,

    BEBAS!! kenapa juga JAMAN KENABIAN SETELAHNYA tidak ada SEJARAHNYA?

    tp sisi baiknya adalah..
    kita semua BERIMAN dengan TURUNNYA NABI ADAM dari SURGA

  46. Adam aja ngucapin dukalimah shadat dimana gak nyambung sama islamnya…Mun teu salah…!

  47. menurut saya bahwa proses adanya isi alam ini termasuk Adam n Hawa terbentuk dari dzat ALLAH menuju ALLAH yang berproses menjadi SAJAROTUL YAKIN ( pohon kejadina) lalu berproses menjadi malaikat, alam semesta dan seisinya. lalu bagaimana dengan Adam dan Hawa ?
    semua itu merupakan bentuk baru yang menyesuaikan keadaan dari sajarotul yakin tersebut akan membentuk apa saja sesuai dengan keadaan dimana turunan tersebut akan berhabitat.
    Adam dan Hawa merupaka suatu keadaan dalam bahasa jawa disebut howo adem adalah merupaka sebuah situasi dan kondisi yang benar-benar enak, nyaman dan bahagia. terbentuknya manusia itu dari nukat ghoib / sajarotul yaqin tersebut yang menyesuaikan keadaan secara berpasangan makanya kita berbeda rupa dengan manusia dari benua lain karena memang keadaannya dan situasinya berbeda.
    pelanggaran makan buah khuldi itu adalah karena howo adem menjadikan manusia melakukan hubungan suami istri sehingga menjadi banyak.

    • Haiiizzz….ngawurnya jgn kejauhan Mas, penciptaan setiap makhluk itu ada semua penjelasannya di dalam ALQUR’AN (penjelasan dari ALLAH SWT), berbeda-beda bahan dasar pembuatannya dan tujuan diciptakannya serta asbabulnuzulnya. Masa panjenengan yg cuma makhluk merasa lebih tahu dari Yang Maha Tahu yg merupakan penciptanya itu sendiri. Weeesss….dunyo pikiran menungsone pancen reno-reno dan waaakeeh sing ngawur yo….hahahaaaaa….ono2 wae penjenengan kuwi. Belajaro makrifat dan hakikat dari kyai yg bener lalu silahkan melakukan penelitian ilmiah ttg ciptaan ALLAH SWT termasuk ttg di mana pertama kali Nabi Adam As diturunkan olehNYA. Jika bukti-bukti arkeologisnya sdh ditemukan maka silahkan umumkan ke publik….saya tunggu yach.

  48. Sebelumnya apa yang saya tulis di komentar ini hanyalah hasil pemikiran keras saya saja berdasarkan informasi-informasi dari buku,artikel,Al-Qur`an dan Hadits.Entah kenapa saya sependapat dengan saudara yang menyatakan bahwa Nabi Adam hidup dan tinggal di Atlantis(menurut Plato dan Prof.Ariyo Santos,wilayahnya meliputi India disebelah barat, Australia di sebelah selatan, Papua New Guinea sebelah Timur,Korea
    di sebelah utara dan Indonesia sebagai pusatnya.
    Nabi Adam kemungkinan besar diturunkan di Srilangka,puncak Adam( Adam Feet),mengingat ditemukannya tapak kaki raksasa disana.
    Berdasarkan hadits Bukhari tinggi Nabi Adam mencapai 30 meter dengan rentang usia 1000 tahun. Jika kita tarik ke ukuran tubuh manusia sekarang dimana Nabi Muhammad sebagai patokan maka usia manusia rata-rata 67 tahun. Terjadi perhitungan yang menarik..Jika Tinggi badan Nabi Adam dibagi dengan usianya maka akan muncul angka 3..tinggi Nabi Adam 30 meter = 3000 cm : 1000 = 3 cm.
    Umur Nabi Muhammad 63 tahun x 3cm = 189cm, itu sesuai dengan tinggi Nabi Muhammad yang menjadi patokan tinggi badan manusia di jaman sekarang.
    Tapi disini saya tidak membahas masalah ukuran tubuh manusia dari masa ke masa..
    Yang ingin saya nyatakan adalah jika benar Atlantis itu ada dan Indonesia termasuk di dalamnya tentu pasti ada peninggalannya. Mungkin Gunung Padang di Cianjur akan menjadi jawabannya,karena diperkirakan situs ini telah ada dari 11000 tahun SM,jauh melebihi dari situs tertua yang pernah ditemukan di Mesopotamia (Turki 3000 tahun SM).Lantas adakah korelasi antara peradaban di Atlantis( jika benar Gunung Padang sebagai buktinya) dengan peradaban Mesopotamia ??
    Jawabannya ADA..
    Kita semua tentu mengenal tentang kisah bahtera Nabi Nuh yang akhirnya terdampar di Bukit Ararat/Judi(menurut injil dan Al-Qur`an). Bahtera tersebut ditemukan disana dan ternyata bahan baku pembuat bahtera tersebut adalah kayu jati yang hanya terdapat di wilayah Asia Tenggara,perlu diingat Nabi Nuh menanam pohon ini secara khusus selama 40 tahun sebelum akhirnya dijadikan sebagai bahan baku pembuat bahtera yang artinya pohon ini bersifat endemik hanya terdapat di daerah tertentu.
    Artinya Nabi Nuh pun pernah tinggal di Atlantis sebelum akhirnya hijrah ke Turki dan membuat peradaban baru yang bernama Mesopotamia.
    Lantas peradaban umat manusia berlangsung disana dari kaum Ad yang dinyatakan sebagai bangsa yang besar dengan ukuran tubuh yang besar yang memiliki bangunan-bangunan yang besar (zaman Nabi Hud,yang akhirnya ditemukan situsnya di Yaman),lantas berlanjut ke peradaban Babilonia (Raja Tsamud) di zaman Nabi Ibrahim di sekitar wilayah Palestina,Nabi Ibrahim pernah hijrah ke Mesir dan ke Makkah dimana di Makkah beliau meninggalkan Siti Hajar dan Putranya Nabi Ismail atas perintah Allah SWT yang ternyata nantinya dari keturunan Nabi Ismail munculnya bangsa Arab Quraisy yang menjadi bangsa yang melahirkan Nabi penutup(Nabi Muhammad).Lantas di Palestina Nabi Ibrahim bersama Siti Sarah menghasilkan keturunan( Nabi Ishaq) yang menjadi cikal bakal adanya bangsa Bani Israil. Berlanjut ke zaman Mesir Kuno dengan Fir’aun sebagai penguasanya. Pada zaman Nabi Yusuf banyak Bani Israil yang hijrah dari Palestina ke Mesir. Waktu itu di Jazirah Arab terjadi krisis pangan sehingga Nabi Yusuf yang merupakan orang penting di Mesir pada saat itu mengajak Bani Israil untuk hijrah ke Mesir. Namun pada zaman Nabi Musa Fir`aun yang berkuasa pada saat itu menganggap Bani Israil sebagai ancaman untuk bangsa Mesir sehingga Ia menjadikan Bani Israil sebagai budak, dan bertindak keji terhadap mereka. Nabi Musa muda pernah membunuh seorang dari Bangsa Mesir yang sedang menyiksa dan menganiaya seorang dari Bani Israil guna menyelamatkan Bani Israil tersebut. Lalu karena Nabi Musa diburu oleh Firaun akhirnya Ia hijrah ke Palestina dan bertemu dengan Nabi Syuaib dan menikahi putrinya. Tapi Allah SWT memerintahkannya untuk kembali ke Mesir guna menyelamatkan Bani Israil dan membawa mereka pergi dari Mesir ke tanah yang dijanjikan. Dan Nabi Syuaib pun memberikan tongkat kepada Nabi Musa yang nantinya menjadi penyelamat Ia dan bangsa Bani Israil atas perintah Allah SWT. Muncul pertanyaan???1). Kemanakah Nabi Musa membawa Bani Israil??(tanah yang dijanjikan),lalu 2). laut manakah yang beliau belah atas izin Allah SWT???,saya akan coba mengulas secara ringkas berdasarkan pengetahuan dan hasil pemikiran saya.
    1).Selama ini kita beranggapan dan banyak riwayat yang menyatakan bahwa Nabi Musa membawa hijrah Bani Israil ke Palestina,tapi ini terasa janggal apakah benar tanah yang dijanjikan itu Palestina??tanah yang tandus,yang mengalami krisis pangan,sungguh sangat bertolak belakang dengan beberapa pernyataan yang menyatakan bahwa tanah yang dijanjikan itu adalah tanah surga,tanah yang subur,ada irigasi dan sawah,ada hewan ternak yang membajak ladang..
    2).Laut terbelah,selama ini kita beranggapan bahwa laut yang terbelah itu laut merah!
    Kembali terdengar janggal,untuk apa Nabi Musa harus membelah laut Merah,pada saat muda kan beliau pernah hijrah ke Palestina,jadi tentunya beliau sangat tahu jalan menuju kesana tanpa harus membelah laut. Dan beliau pun sering ke Bukit Sinai untuk menerima wahyu,tentunya beliau sangat tahu bahwa di semenanjung Sinai ada jalan menuju Palestina.Saat itu terusan Suez belum ada tentunya tidak ada rintangannya.
    Disini saya akan coba memberi gambaran,
    1).Bahwa tanah yang dijanjikan itu bukanlah Palestina akan tetapi Atlantis yang ditinggalkan Nabi Nuh,bukankah Nabi Musa menempuh perjalanan selama 40 tahun untuk menuju kesana??Ada riwayat yang menyatakan bahwa Nabi Musa membawa Bani Israil selama 40 tahun berkelana di padang pasir untuk mencari tanah yang dijanjikan,banyak yang menyatakan bahwa padang pasir tersebut adalah padang pasir di Palestina,kembali terdengar janggal,seorang Nabi yang dapat berbicara langsung dengan Allah SWT,berputar-putar disekitar padang pasir Palestina??Sungguh tidak mungkin Nabi Musa tersesat karena beliau dapat petunjuk langsung dari Allah SWT. Maka saya beranggapan padang pasir yang dimaksud adalah jalur sutra,padang pasir yang membentang dari Timur Tengah hingga ke China daratan.Melalui jalur inilah Nabi Musa mencapai Atlantis yang ditinggalkan Nabi Nuh.
    2).Laut yang terbelah,sungguh tidak mendasar jika laut merah lah yang dibelah Nabi Musa atas izin Allah SWT,karena Nabi Musa tidak perlu melakukan itu untuk mencapai
    Palestina.Ini hanya sekedar menguatkan bahwa Nabi Musa hanya hijrah ke Palestina lantas berputar-putar disana lantas menetap disana.Sungguh aneh dan janggal,maka saya beranggapan bahwa bukan Laut Merah lah yang dibelah Nabi Musa melainkan Laut Jindo(Korea Selatan),yang hingga saat ini masih terbelah sebanyak 2 kali dalam 1 tahun yang terbelah selama 1 jam. Disinilah Firaun menemui ajalnya setelah selama 40 tahun memburu Nabi Musa dan Bani Israil.
    Mengapa saya menyatakan demikian,..
    1. Plato pernah menyatakan bahwa ia mendengar kisah Atlantis dari cerita rakyat Mesir Kuno,terdapat korelasi bukan??bahwa ada gerbang menuju kesana(laut terbelah) yang menghubungkan ke wilayah-wilayah lainnya.Terdapat pilar-pilar Hercules(pegunungan tinggi),bukankah Nabi Musa melintasinya jika melewati jalur sutra.
    2.Kisah Sapi betina dalam surat Al-Baqarah,sungguh janggal jika itu terjadi di Palestina karena tidak ada tanda-tanda di wilayah palestina terdapat ladang-ladang yang dibajak oleh hewan ternak.
    Jika hal ini benar adanya maka ini akan menjawab kisah selanjutnya yakni Nabi Daud dan Nabi Sulaiman.
    Nabi Daud merupakan keturunan dari Nabi Musa yang terkenal sebagai Raja Gunung. Jika Nabi Daud hidup di Atlantis tentu hal ini sangat mendasar,karena wilayah Atlantis diliputi oleh pegununungan-pegunungan tinggi(ring of fire).
    Lantas Nabi Daud memiliki putra yakni Nabi Sulaiman. Dimana dikisahkan Allah memberikan mukjizat yang cukup banyak untuk beliau. Tapi saya hanya akan menyebutkan beberapa saja yang akan menguatkan dimanakah keberadaan beliau.
    1. Wilayah yang ditempati oleh Nabi Sulaiman haruslah wilayah yang terdapat angin Musonnya.Bukankah Atlantis sekarang Indonesia dilalui oleh angin Muson??
    2.Nabi Sulaiman membuat bangunan-bangunan tinggi berupa periuk-periuk(tungku) dan patung-patung. Adakah kita menemukan bangunan-bangunan tersebut di Timur Tengah???Jawabannya tidak karena Nabi Sulaiman tidak tinggal di Timur Tengah melainkan di Atlantis.
    Plato menyatakan Atlantis musnah dalam 1 malam,bukankah sepeninggalan Nabi Sulaiman kaum Saba(umat Nabi Sulaiman) di azab oleh Allah SWT dimana wilayahnya akhirnya terpecah belah dan berjauh-jauhan.Inilah yang menyebabkan di Indonesia dan wilayah sekitarnya menjadi wilayah kepulauan.
    Sebagai catatan bahwa dalam perjalanan Nabi Musa ke tanah yang dijanjikan tidak semua Bani Israil yang ikut karena jarak yang ditempuh sangat jauh dan keras sehingga mereka berputus asa dan Nabi Musa pun meninggalkannya.Mungkin ini pula yang menyebabkan Bani Israil hampir ada di seluruh wilayah di bumi,karena mereka kehilangan arah dan tanahnya.Sebagian Bani Israil ada yang tetap,menetap di Palestina dan sekitarnya.Dari garis keturunan mereka lah Nabi- nabi yang selanjutnya yang hidup di wilayah Timur Tengah termasuk Nabi Isa,hanya Nabi Muhammad lah sebagai pengecualian karena Nabi Muhammad bukanlah keturunan Bani Israil,melainkan dari garis keturunan Nabi Ismail yang mewarisi garis keturunan Arab Quraisy.
    Ada satu hal lagi yang cukup janggal menurut saya mengenai peristiwa isra mi`raj Nabi Muhammad dimana peristiwa Isra yakni perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Selama ini kita semua beranggapan bahwa Masjidil Aqsa(Masjid Terjauh) itu ada di Palestina,dan nama tempat atau daerahnya adalah Al-Quds.
    1. Tahukah Anda bahwa di Indonesia terdapat Masjid yang bernama Al-Aqsa di daerah yang bernama Al-Quds,Yakni Masjid Menara Kudus,yang bernama asli Masjid Al-Aqsa di kota Kudus.Menurut cerita dinamakan demikian dikarenakan Sunan Kudus pernah ke Mekkah untuk menyembuhkan wabah penyakit yang melanda disana.Lantas sebagai hadiah maka Sunan Kudus meminta batu dari Baitul Maqdis yang nantinya dijadikan batu pertama untuk membanggun Masjid yg sekarang kita kenal sebagai Masjid Menara Kudus(Aqsa).Dinamakan Masjid Aqsa karena terdapat tulisan di dinding Masjid yang menyatakan demikian.
    Tapi berdasarkan kisah diatas terdengar sangat janggal,.
    a. Apakah Sunan Kudus seorang Ahli Ilmu kedokteran sehingga dipanggil ke Mekkah untuk mengobati wabah penyakit disana,untuk apa??
    Bukankah di Jazirah Arab lebih banyak orang-orang hebat dalam ilmu kedokteran salah satunya Ibnu Sina.Yang bisa dibilang sebagai bapak dari ilmu kedokteran.
    b.Jika Mekkah yang meminta bantuan kenapa Palestina yang harus membayar??dengan memberikan batu dari Baitul Maqdis
    c. Meminta batu dari Baitul Maqdis guna membangun Masjid di Indonesia,terdengar seperti mengada-ada.Baitul Maqdis adalah hal yang sakral memintanya sama saja seperti meminta Hajar Aswad dari Mekkah untuk membangun Kabah baru disini..Tidak mendasar dan tidak masuk akal.
    Jadi,mengapa Masjid Menara Kudus bisa bernama Al-Aqsa,karena Nabi Muhammad lah yang menamakannya..Masjid terjauh,dikatakan terjauh dikarenakan memang jarak yang ditempuh sangat jauh,yakni jarak yang belum pernah ditempuh oleh Nabi Muhammad sebelumnya.Sedangkan Jarak dari Mekkah ke Palestina itu sudah biasa beliau tempuh,bukankah Nabi Muhammad muda sering berdagang ke negara-negara tetangga seperti Syam(Yaman) dll.
    Lantas Nabi Muhammad menyatakan beliau sempat salat berjamaah bersama dengan para Nabi,dan bertemu Nabi Musa di langit pertama.Pertanyaannya pada masa itu belum ada masjid di wilayah Palestina yang sekarang di klaim sebagai Masjid Al-Aqsa,saat itu Palestina masih dalam kekuasaan bangsa Nasrani.Masjid pertama yang dibangun disana adalah masjid yang dibangun oleh Khalifah Umar bin Khattab jauh setelah Nabi Muhammad meninggal dunia(masjid kubah mas).Dan wilayah Al-Aqsa yang diklaim sekarang ini baru benar-benar menjadi Masjid setelah Salahudin berhasil menaklukan Palestina.
    Artinya,Nabi Muhammad tidaklah salat berjamaah disana melainkan ditempat lain,yakni di Masjid Al-Aqsa dimana ia akhirnya bertemu Nabi Musa(di runutan cerita saya sebelumnya Nabi Musa hidup dan meninggal di Atlantis).
    Sekiranya demikianlah yang dapat saya kemukakan,jika banyak kesalahan mohon di maafkan,karena ini murni dari hasil pemikiran saya yang keras dan saya hanyalah manusia biasa.

    • Baru kepikiran,,bisa di share lbh jelas om? Dibikin sebuah artikel,,saya interest sekali

    • Maaf ya brother, saya tdk bermaksud membatasi pemikiran anda utk berproduktif, namun jelas-jelas mayatnya fir’aun sdh ditemukan yg mana mayat tsb menjadi mumi berbalut garam tanpa ada ditemukan bukti bhw mayat tsb dgn sengaja diawetkan namun terawetkan scra alamiah oleh krn ketetapan ALLAH SWT agar bisa dijadikan pelajaran bagi ummat2 setelahnya. Lalu anda berusaha membantahnya dgn daya khayal anda tanpa ada pembuktian ilmiah, jelaslah kali ini anda sangat ngawur dan ngelantur. Tentang Masjidil Aqso itu yg mana jg ada penjelasan yg sejelas-jelasnya di dlm ALQUR’AN, bukankah ALQUR’AN itu adlh Firmannya ALLAH SWT…??? Lalu koq anda pinter2an hendak memalsukannya dgn pemikiran anda yg ngawur tsb yach…??? Prihatin sekali saya thd anda.

  49. alhamdulillhirobbil alamin. sekirannya Allah tetap menjaga pemikiran kita semua untuk meneliti bukti sejarah tentang islam. Nama adam bukanlah bahasa arab tapi muarob atau diarabkan, kata Adam hampir mirip dengan bahasa Jawa “adem” (tidak penas/dingin) hal ini sesuai karena penciptaan Adam dari tanah yang mengandung unsur adem dan tidak menyala beda dengan penciptaan malaikat dan Iblis. Tanah yang diambil untuk menciptakan Adam adalah tanah yang memiliki unsur terbaik yang ada di Bumi, sekarang silahkan dikaji Tanah mana yang suburnya mampu menandingi tanag di wilayah Nusantara.

  50. Maaf ya temen2, mana literatur (dalil akli,dalil naqli serta bukti2 sejarah) dan bukti2 empirisnya yg valid yg menunjukan bhw Nabi Adam As turun di Indonesia atau tempat lain di muka bumi….??? saya pikir bhw tulisan admin adlh tdk lebih merupakan bentuk karya sastra bebas belaka.

  51. Saran saya tolong jika berkomentar pakailah ilmu yg memadai, dan jika tdk cukup ilmu sebaiknya belajarlah terlebih dahulu daripada anda2 berkomentar ngawur mblandang gak jelas, apalagi jika itu menyangkut dgn keilmuan yg hakiki. Emang sih di medsos tuh buaaanyak orang goblok yg ingin terlihat pintar shg ianya asal bunyi mengikuti kehendak nafsu dirinya pdhl sesungguhnya ianya kurang/tidak berilmu (sama-sekali).

  52. negri alengka bukan negri srilangka tp kota majalengka di jawa barat yg skrg lg berevolusi menjadi kota termaju di jabar

  53. Setuju perlu ditelusuri. Terbukti kapal raksasa yg ditemukan di gunung turki yg disinyalir adlh kapal nabi nuh ternyata kayunya adalah kayu jati. Cuma ada di pulau jawa kayu jati itu. Urutan nabi adlh adam idris nuh (tdk dijelaskan di alquran daerahnya) setelah nabi nuh baru lah nabi hut Dan sholeh masa kaum ad dan samut ada di yaman terbukti ada di yaman dgn makamnya. Masa nabi hut dan sholeh adlh masa pembangunan peradaban setelah banjir nabi nuh yg memporakporandakan sebagian besar bumi..jd mungkin saja kapal nabi nuh berangkat dari indonesia krn terbukti kayu jati. Dan indonesia saat air bah terendam sehinggaakibatnya terpisah pulau antar pulau spt saat sekarang.

  54. Memang nabi adam mungkin di turunkan di indoneysia.., secara logika orang awam.., kita manusia di buat dari apa? TANAH LIAT.., tanah liat cuman ada di indonesia..,,,
    Peradaban di bawa ke turki oleh nabi nuh ketika ada banjir besar.., dan sekarang ditemukan kapal nabi nuh terubuat dari kayu jati..,

  55. Hahahaha…kebanggaan yg berlebihan..ga perlu liat masa lalu,liatlah masa skrg..dl mgkn nenek moyang kita bs bangun candi tp sekarang buat bikin jalan bener aja ga mampu…kita kirim tenaga kerja keluar negeri cm jadi babu ma kuli..kita bangsa besar tp besar cm penduduknya aja…di luar negeri bangsa kita cm dipandang sebelah mata..cuih,mana mgkn nabi adam diturunkan disini,aneehhh..kebanggaan semu!

  56. Sekedar mengingatkan, alangkah baiknya hasil pemikiran kita tetap mengacu pd Qur’an dan hadist. Sehingga hasil olah pikir akan menjadi acuan bahkan tuntunan….bukan hny skedar tontonan.

  57. kitab adjar padang
    nabi adam tingginya 60 hasta / 30 m?
    ia diturunkan di hutan salasih tawang gantungan /suarndil kuna..bandung selatan
    yang sekarang menjadi hulu citarum / cisanti…..
    silahkan cek sendiri……
    ia ditunkan ke bumi dengan membawa batu hajar aswad , kayu cendana etc….
    ….

  58. Gunung semeru
    Meme : berarti ibu ru guru
    Banyak situs yang masih misteri di sekitar situ yang belum terkuak

  59. Cari terus info x pantas ja Raja arab berkunjung ke Indonesia

    • Kupikir yg merasa orang Indonesia/Nusantara harus hati2 bicara. kenyataan ucapan/tulisan komentar Pandy, telah gamblang tho. apalagi, sadar/tidak, tanah ini telah jd pusat perhatian dunia sejak Arab racing!

  60. masya Allah. luar biasa. saya kira diskusinya sangat menarik. terima kasih untuk yg terus mencoba menggali. jujur saya sudah lama penasaran tp dikarenakan keterbatasan saya. saya hanya mencari via internet dan buku yg dijumpai saja. tidak langsung terjun meneliti langsung. tetap semangat. saya yakin Allah Swt memberikan jl terbaik bagi orang yg berusaha

  61. Andai saya tdk baca Alquran dan hadist dan memang belum marifat maka sy membaca setiap post bro sekalian dg post dari ide beraneka pikiran lumaian menghuibur numpang ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha…ha…ha…ah, jadi ingat Yesus, ..pantes berita penyaliban beliaupunpun banyak versi, karena dari ide 40 orang (versi SSY) kebenaran kembali ke Alquranulkarim

  62. “Inilah sebahagian daripada sejarah-nya,
    Nama :
    nagari sigumawang !
    di sawah lunto .sijunjuang.
    “Pulau paco / perca !
    Andalas.
    Serendib.
    “Suwarnabhumi”
    “Suwarnadwipa”
    “Tanah emas (Sumatera)
    pulau Sumatera yang kita kenal sekarang ini dulunya disebut dengan nama Sansekerta: “Suwarnadwipa” yang berarti pulau emas atau
    “Suwarnabhumi” yang berarti tanah emas.
    “Tanah emas (Sumatera)
    “adalah asal-nya sebelum bernama nusantara !
    “nusantara !/Antaranusa/Antarabangsa ! Cuma nusantara ini ,yak an?
    ………………………………………………………………………….
    “ Membilang dimulai dari aso/satu (asal-mula bilangan).
    The inheritance is received, a message the old folks used to be:
    Nan (a) a line of abstinence is lost, forgotten path of abstinence.
    If missing nan (a) a line, try asking the teacher.
    If you forget a step, look for former tebangannya stump.
    The inheritance received,
    admonished by the teacher of religion:
    Chant starts alif.
    Advice from the mamak (uncle):
    Counted starting from aso / one (the origins of numbers).
    Nan (a) the origin,
    Allah.(God)
    two,
    earth.
    three,
    day
    Nan one of four,
    water praying
    Lima,(Five)
    the door of fortune.
    six,
    fetus in the mother’s womb.
    seven,
    human power.
    eight,
    rank of paradise.
    nine,
    rank of Muhammad.
    tenth
    Muhammad, God said we are there.
    Kun, said God.
    Fayakun, said Muhammad.
    Nabikun,
    said Gabriel.
    Yes Ibrahi, said the earth and sky.
    Kibrakun,
    said Adam, so all the work
    What happens nan.
    Since the sickness with Qalam (pen) to the Throne with Kurisyi, all of heaven to hell, to the moon with the sun, sky and earth with all its contents terkadung in wahdaniah (container) of God.
    Nan asal-mula,
    Allah.

    Dua,
    bumi.

    Tiga,
    hari

    empat,
    air sembahyang

    Lima,
    pintu rejeki.

    Enam,
    janin dalam kandungan ibunya.

    Tujuh,
    pangkat manusia.

    Delapan,
    pangkat surga.

    Sembilan,
    pangkat Muhammad.

    Kesepuluh
    Muhammad jadi, di situ berkata tuhan kita.
    Kun, katanya Allah.
    Fayakun, kata Muhammad.
    Nabikun, kata Jibrail.
    Ya Ibrahim, kata bumi dan langit.
    Kibrakun, kata Adam, jadi segala pekerjaan
    Apa nan terjadi.
    Sejak dari Luah dengan Qalam(kalam) sampai ke Arasy dengan Kurisyi, semua surga dengan neraka, hingga bulan dengan matahari, langit serta bumi dengan semua isinya terkadung di dalam wahdaniah(wadahnya) Tuhan.
    Are five cases
    Which one of five case.
    Trays of land, raw land, black soil, red soil with a white ground. (Note: People coming from the ground)
    Digengam ground by Gabriel,
    taken flight to the presence of God, terhantar on the table,
    in it the seeds into the stem, where the cotton into yarn,
    went up there the sky, hit the earth down there,
    there’s little it was named, there are large given the title,
    Adam took place there, he was the keeper of the world.
    Because long-very long, as well as home-coming,
    because of fog rolling collision, because the sea-empangnya estuary.
    Finished the year turned into years, then the mother melahirkanlah human, Eve, as many as forty less one or 39 people.
    So dikawinkanlah a person to a person
    The youngest are not paired, then bernazarlah prophet when Adam was.
    “Oh God, yes rabbil alamin, let me with all of our children and grandchildren me.”
    The will is being fulfilled, the request is granted, the intention being accepted of God.
    Lord said to Gabriel.
    Hi angel Gabriel, you go to heaven nan eight. Tell someone you know a child angel named Puti Dewanghari, son of Puti Andarasan that he would be taken by Sutan Rajo Alam over the world.
    Gabriel then fly to heaven to preach to the Puti nan Dewanghari eight, that he would be paired with Sutan Rajo Alam over the world.
    So memandanglah Puti Dewanghari to earth, behold the son of Adam on the nature Sigumawang, between huwa hiya conceived with Abun with Makbun.
    Wallahualam.
    Big heart, he gathered all peragat tools, is an umbrella-yellow banner, umbrella berjepit reciprocity, complete and yellow banners merawal, such as footwear, slippers studded with rhinestone diamonds man in heaven, then Meet them at the top of the hill Qaf , and married the owner of the kadi rambun Azali footbridge at the base of Seven, under the
    nan sacred tomb.
    Then baked white incense, the smoke rose into the air, all the angels were surprised, amazed all the angels, menyembar lightning in the sky, bergegar lightning above the earth, the sky lit up continues to the seventh, jerked into the presence of God as a witness to the marriage.
    Long, long time ago, after days turned into months, months turned into years gone, one of his children and grandchildren who holds a
    Sutan Sikandarareni (or Alexander the Alexander the Great)
    a king ruling over the world and have offspring.
    The first, Sutan Alif Maharaja, Maharaja Sutan Depang second, third and Sutan Maharajo Dirajo.
    Alif ruling Maharaja Sutan Banuruhum (continent Rum or Rome).
    Sutan Depang Maharaja ruled the country of China, while Sutan Maharajo Believe Dirajo go to the island (Sumatra), ruled in Pariangan Padang Panjang, at the foot of Mount Merapi in the country that has not been named Minang Kabau.
    Adalah lima perkara
    Mana yang lima perkara itu.
    Tanah baki, tanah baku, tanah hitam, tanah merah dengan tanah putih. (catatan: Manusia berasal dari tanah)
    Tanah digengam oleh Jibrail,
    dibawa terbang ke hadirat Tuhan, terhantar di atas meja,
    di situ biji menjadi batang, di sana kapas menjadi benang,
    di situ langit beranjak naik, di sana bumi menghantam turun,
    di situ si kecil maka diberi nama, di sana yang besar diberi gelar,
    di situ Adam bertempat, ia sebagai penunggu isi dunia.
    Karena lama-sangat lama, karena asal-berasal pula,
    karena bukit-tumbukan kabut, karena laut-empangnya muara.
    Habis tahun berganti tahun, maka melahirkanlah si ibu manusia, Siti Hawa, sebanyak empat puluh kurang satu atau 39 orang.
    Maka dikawinkanlah se orang kepada yang se orang
    Yang bungsu tidak berjodoh, maka bernazarlah nabi Adam ketika itu.
    “Ya Allah, ya rabbil alamin, perkenankanlah aku dengan anak cucu aku kesemuanya.”
    Kehendak sedang dipenuhi, permintaan sedang dikabulkan, maksud sedang diterima Tuhan.
    Berfirmanlah Tuhan kepada Jibrail.
    Hai malaikat Jibrail, pergilah engkau ke surga nan delapan. Kabarkan kepada anak bidadari yang bernama Puti Dewanghari, anak dari Puti Andarasan bahwa dia akan diambil oleh Sutan Rajo Alam di atas dunia.
    Maka terbanglah Jibrail ke surga nan delapan mengabarkan kepada Puti Dewanghari, bahwa dia akan dipasangkan dengan Sutan Rajo Alam di atas dunia.
    Maka memandanglah Puti Dewanghari ke atas dunia, tampaklah anak Adam di atas alam Sigumawang, antara huwa dengan hiya dikandung Abun dengan Makbun. …………………………………
    Wallahualam.
    Besar hati, maka dikumpulkannya alat-peragat kesemuanya, ialah payung-panji kuning, payung berjepit timbal-balik, lengkap serta umbul-umbul merawal kuning, seperti alas kaki-selop bertahtakan intan berlian buatan orang di surga, maka bertemulah mereka di puncak bukit Qaf, lalu dinikahkan oleh tuan kadi Rambun Azali di pangkal titian Tujuh, di bawah
    nisan nan keramat.
    Maka dibakarlah kemenyan putih, asap menjulang ke udara, terkejut sekalian malaikat, tercengang semua bidadari, menyembar kilat di langit, bergegar petir atas bumi, terang benderang terus ke langit yang ke tujuh, terhentak ke hadirat tuhan sebagai saksi pernikahan.
    Lama, sudah lama sekali, habis hari berganti bulan, habis bulan berganti tahun, salah seorang anak cucu beliau yang bergelar
    Sutan Sikandarareni
    (Iskandar Zulkarnain atau cyrus the great)penyatu empayar parsi kuno
    menjadi raja berkuasa seluruh dunia dan mempunyai keturunan.
    Yang pertama, Sutan Maharaja Alif, kedua Sutan Maharaja Depang, dan yang ketiga Sutan Maharajo Dirajo.
    Sutan Maharaja Alif memerintah di Banuruhum (benua Rum atau Roma).
    Sutan Maharaja Depang memerintah di negeri Cina, sedangkan Sutan Maharajo Dirajo pergi ke pulau Perca(Sumatra), memerintah di Pariangan Padang Panjang, di kaki gunung Merapi di negeri yang belum bernama Minang Kabau.
    Sutan trip Maharajo Dirajo
    The Sutan Sikandareni, natural rajo wise nan, saw the child is growing up, which is ripe with teaching practice martial arts, from indulging in the liver was about to get kids to go wander mancari knowledge and experience.
    Terpikirlah at that time with what the kids will sail off into the ocean
    wide.
    Terbayanglah large piece of wood that grows in the upper stem Masia (Egypt) named timber Sajatalobi, lush leaves, branches many, long, straight stems, too.
    Appear to be thinking about to cut them down to remove pencalang three children go wander.
    Then collected all the wise men in Arab lands
    Brought an ax and a pickaxe to chop wood, has a lot of people cut down, was seventy-seven beliuang (machetes) cleft, thirty-three axes are broken, but it does not stick as well go big fall, wondered what could cause.
    Because the pillars of the requirements were not met, then there came wise men, teaching hints, and many people were gathered.
    Kibasy and camels slaughtered, burned incense, white, smoke rose into the air, people pray for all of them, memintaklah Sutan Sikanderani “Oh God, yes rabbil alamin, let me cut the wood to navigate the vast sea Sajatalobi.”
    Wishes are granted, there is a request is received, the upstream stem berguncanglah Masie, earthquake nagari seven days and seven nights, so a lot of fallen timber including Sajatalobi rod.
    By knowledgeable people who take the leaves and stems.
    The leaves are mixed into the ink, tanned skin became paper used to write the divine word of the Koran nan many people.
    The bark is made into cloth to worship God.
    If throbbing toe master, jerking to the crown, green eyes, the breath passes, moving to the next world, we are sick in the grave dispute to the field mahsyar, warm light pole Throne, scattered rotting in hell.
    But if we have any prayer, Qur’an and hadith to be guidelines, have done, tegah stopped, all the news from our teachers, then go lovely stem into the upper reaches, the world’s number if understood, even if it comes the promise of the Hereafter, if the message is coming nagari , first promise kept, move to the next world, fun himself in the tomb, out into the field, mahsyar, light shaded pole throne, we went back to heaven,
    see side by side with Khadija lord in heaven jannatun naim.
    Sajatalobi fell unto the wood, cut off the stems into three for three pencalang makers as well.
    One pencalang Maharaja Sutan Alif, a pencalang Maharajo Depang and another one for Sutan Maharajo pencalang Dirajo.
    Day evening, malampun came, summoned all children, given the instruction manual, instead of wandering stock.
    Fell to Maharaja Sutan Alif receive a crown of gold, Sutan
    Maharaja Depang receive stock-shaped tool builders, Sutan Maharajo Dirajo receive the book contains laws.
    Subuhpun rooster crows arrived, the day the sun rises in the morning, went to her third child.
    The Maharaja Sutan Alif tambonya closed, not to be opened at this time.
    About Sutan Maharaja Depang story got out here!
    Maharaja Sutan Dirajo sailed to the island rag, making friends with the title of Sheikh Salah Cateri Say Clever, clever person wise wise scholar, son of Masia river.
    Somewhere along a friend who grew titled Tiger Campa, who again holds a goat Forest, the third title of Siamese cats, the other one parewa (thugs) nan Mualim titled Dogs.
    The Cateri Say (say) Clever – clever menorah (clearing)-menelakang, proficient menjarum-manjarumek, can brazing with saliva, good comb in the water – capable of shooting in the dark, dark, dim crazy blind, just crossed the dart, direct hit on the target – good at making sambang lodges nan (fortress) berpasak of the – not yet achieved is already open – immediately arrive at its destination.
    Perjalanan Sutan Maharajo Dirajo
    Adapun Sutan Sikandareni, rajo alam nan arif bijaksana, melihat anak sudah beranjak dewasa, yang sudah masak berlatih silat dengan pengajaran, timbul niat dalam hati hendak menyuruh anak pergi merantau mancari ilmu serta pengalaman.
    Terpikirlah pada masa itu dengan apa anak akan dilepas berlayar ke lautan
    luas.
    Terbayanglah sebatang kayu besar yang tumbuh di hulu batang Masia (Egypt) bernama kayu Sajatalobi, daunnya rimbun, rantingnya banyak, batang panjang lurus pula.
    Muncul pikiran hendak menebangnya guna dibuat pencalang tiga buah untuk melepas anak pergi merantau.
    Maka dikumpulkan semua cerdik pandai di tanah Arab
    Dibawa kapak dan beliung untuk menebang kayu tersebut, sudah banyak orang menebang, sudah tujuh puluh tujuh beliuang (parang)sumbing, sudah tiga puluh tiga kapak yang patah, namun batang kayu besar itu tidak juga kunjung rebah, apakah gerangan penyebabnya.
    Karena rukun syarat belum terpenuhi, maka datanglah orang cerdik pandai memberi petunjuk-pengajaran, lalu dikumpulkanlah orang banyak.
    Disembelih kibasy dan unta, dibakar kemenyan putih, asap menjulang ke udara, orang mendoa kesemuanya, memintaklah Sutan Sikanderani “Ya Allah, ya rabbil alamin, perkenankanlah aku menebang kayu Sajatalobi untuk mengarungi lautan luas.”
    Keinginan sedang dikabulkan, permintaan ada diterima, berguncanglah hulu batang Masie, gempa nagari tujuh hari tujuh malam, sehingga banyak kayu yang rebah termasuk batang Sajatalobi.
    Oleh orang yang berilmu diambil daun dan batangnya.
    Daun diramu menjadi tinta, kulit disamak menjadi kertas guna menuliskan kalam Ilahi dipakai mengaji umat nan banyak.
    Kulit batangnya dibuat menjadi kain untuk beribadat kepada Allah.
    Kalau berdenyut empu jari kaki, menyentak ke ubun-ubun, mata hijau, nafas berlalu, dunia berpindah ke akhirat, sakit kita dalam kubur sengketa sampai ke padang mahsyar, hangat cahaya tiang arasy, lapuk berserak di neraka.
    Tapi kalau kita ada sembahyang, Qur’an dan hadis menjadi pedoman, suruh dikerjakan, tegah dihentikan, sepanjang kabar dari guru-guru kita, maka elok masuk punca ke hulunya, bilangan dunia kalau dipahami, janji akhirat kalaulah tiba, pesan nagari kalau lah datang, janji dahulu ditepati, dunia berpindah ke akhirat, senanglah diri di dalam kubur, lepas ke tengah padang mahsyar, teduh cahaya tiang arasy, pulanglah kita ke surga,
    melihat junjungan bersanding dengan khadijah dalam surga jannatun naim.
    Rebahlah kayu Sajatalobi, batangnya dikerat menjadi tiga untuk pembuat pencalang tiga pula.
    Satu pencalang Sutan Maharaja Alif, satu pencalang Maharajo Depang dan satu lagi pencalang untuk Sutan Maharajo Dirajo.
    Hari petang, malampun datang, dipanggil anak kesemuanya, diberi petunjuk-pengajaran sebagai ganti bekal merantau.
    Jatuh kepada Sutan Maharaja Alif menerima mahkota emas, Sutan
    Maharaja Depang menerima bekal berbentuk perkakas tukang, Sutan Maharajo Dirajo menerima kitab berisi undang.
    Ayam berkokok subuhpun tiba, hari pagi matahari terbit, berangkatlah anak ketiganya.
    Adapun Sutan Maharaja Alif tambonya ditutup, belum akan dibuka saat ini.
    Tentang Sutan Maharaja Depang kisah habis sampai di sini saja !
    Sutan Maharaja Dirajo terus berlayar ke pulau Perca, berkawan dengan Syeh Soleh yang bergelar Cateri Bilang Pandai, orang cerdik bijak arif cendekia, anak orang hulu sungai Masia.
    Diperjalanan bertambah kawan yang seorang bergelar Harimau Campa, yang seorang lagi bergelar Kambing Hutan, yang ketiga bergelar Kucing Siam, yang seorang lagi parewa (preman) nan bergelar Anjing Mualim.
    Adapun Cateri Bilang (dikatakan)Pandai – orang pandai menorah(membabat)-menelakang, mahir menjarum-manjarumek, bisa mematri dengan air liur, pandai bersisir di dalam air – mampu memanah dalam kelam, kelam-temaram gila buta, bersilang saja anak panahnya, langsung kena di sasarannya – pandai membuat sambang loji nan(benteng yang) berpasak dari dalam – belum diraih sudah terbuka – langsung tiba di tujuannya.
    Neither did the Tigers Campa,
    brave people of India, the whole body hairy body – people are afraid to fight, when it hit like thunder, lightning fast foot tub – when hit the mountain, collapsing gunungpun – hit a rock, broke batupun – welcome to catch the clever, smart fan and took off – clever strive and berkiat, that jumps like a flash.
    If called Goat Forests,
    because betanduk in the head – hard running in the jungle, out of the field winding nan, know complicated headlands, rocky nan understand the headman, who will understand the roots wrapped around – berbenak in the big toe, have a king in the liver, bersutan in the eyes, hard allahurabbi careful – if the problem lies behind the count.
    Cats are studied Siampandai
    slipped on a piece of reed – take a do not miss – The lion sleep attitude, clever trick with twisted, if not stepping ripple, jump did not go off – supposedly hinged tongue, mouth like a sweet tengguli – if not scratched trace, it is poignant new light.
    Neither did the dog Mualim parewa (freeman),
    thugs who came from the Himalayas, red eyes like a saga, sharp teeth are venomous, hold breath, running fast. Clever lurking in the light, breathe in the muddy clever. Prior to succeed never give up, stabbing good live tracks, the trail was stabbed to death as well – a sharp nose like a knife – let the village was fenced, he had reached the inside.
    Begitu pula si Harimau Campa,
    orang berani dari India, badan berbulu sekujur tubuh – orang takut untuk melawan, bila memukul laksana guruh, cepat kaki bak petir – bila kena gunung, gunungpun runtuh – kena batu, batupun pecah – pandai menyambut dengan menangkap, pintar mengipas dan melepas – pandai bersilat serta berkiat, kalau melompat laksana kilat.
    Kalau disebut Kambing Hutan,
    karena betanduk di kepala – kencang berlari di dalam rimba, tahu di padang nan berliku, tahu di tanjung yang berbelit, mengerti di lurah nan berbatu, paham di akar yang akan melilit – berbenak di empu kaki, beraja di hati, bersutan di mata, keras hati allahurabbi – kalau masalah berhitung letak di belakang.
    Dikaji pula Kucing Siampandai
    menyuruk di ilalang sehelai – mengambil tidak kehilangan – sikap seperti Singa lelap, pandai menipu dengan menelikung, kalau melangkah tidak berdesir, melompat tidak berbunyi – konon lidahnya tidak berengsel, mulut manis bak tengguli – kalau menggaruk tidak berbekas, sudah pedih saja baru ketahuan.
    Begitu pula si Anjing Mualim parewa(freeman),
    preman yang datang dari Himalaya, mata merah bak saga, gigi tajam berbisa pula, nafas tahan, larinya kencang. Pandai mengintai di tempat terang, pandai bernafas di dalam bencah. Sebelum berhasil pantang menyerah, pandai menikam jejak tinggal, jejak ditikam mati juga – berhidung tajam bak sembilu – biar kampung sudah berpagar, dia sudah sampai di dalam.
    E
    Facts and interpretation:
    • Sijatajati gold crown-shaped horn society enshrined into tengkuluk (headgear) by women Minang.
    Sutan Sikandar Reni in the Qur’an called Alexander the king means having two horns or Alexander the Great, king of Macedonian
    Fakta dan interpretasi:
    • Mahkota emas Sijatajati yang berbentuk tanduk diabadikan masyarakat menjadi tengkuluk (tutup kepala) oleh kaum perempuan Minang.
    Sutan Sikandar Reni dalam al Qur’an disebut Iskandar Zulkarnain yang artinya raja yang mempunyai dua tanduk atau Cyrus the Great, king of Macedonia.
    In contrast to the Sutan Maharajo Alif (West), which give priority to power (the crown) and Maharaja Sutan Depang (East) to put the skills, then according to legend Maharaja Sutan Dirajo (Minang Kabau) are required to study the books and ethics.
    Further legend tells of
    Country that has not been named Minang Kabau this last hundred years has lived his whole Datuak Maharajo Dirajo Sutan or believed to be a demigod who was granted hundreds of years.
    After he died the government followed by Datuak Dirajo Suri, prince of his beliefs.
    One was a widow who holds a Datuak Maharajo Dirajo Puti Indo Julito, married by Cati Me Mine, a confidant of the deceased who then bring their children and their families Jatang Sutan Balun, Puti Jamilan, Sutan World Sakalap, Puti Reno’s and Mambang Sutan to Hamlet Tuo Limo The.
    Then, as they mature Datuak Suri Dirajo agree with Cati Me Mine to lift:
    Sutan Paduko with his tongue and Datuak Katumangguangan
    Sutan Jatang balun with a Datuak Perpatiah Sabatang Nan and
    Sutan Sakalap World with his nan Banego Datuak Surimarajo-negotiable as the prince of the powers that will help him.
    These decisions are agreed upon at the Nan Stone Tigo to drink water with a dagger Si Ganjo Erah oath of allegiance:
    Bakato bana (say right), babuek baiak (doing good), mahukum Adia (punish unfair), Bilo dilangga (if violated), ka Ateh indak bapucuak (not sprout upwards), under indak baurek ka (beruat not down), in- hands of hands of digiriak-beetle (in the middle of perforated beetles) or
    Telling the truth, doing good, punish the unjust. If violated (like a tree), the above does not sprout, not rooted to the bottom, in the midst of digirik beetles as well.
    Julito’s mother Puti Indo heirloom handed dagger and Siganjo Siganjo Erah Aia and Tungkek Janawi Haluih to Datuak Ketumangguangan.
    For Nan Parpatiah Datuak Sabatang accept keris Balangkuak plover Simundam Manti and Simundam Panuah and Payuang Kuniang Kabasaran (Minang first apply a legacy from the mother)
    Furthermore Istano Tuo Village continue its administrative leadership of the meghabiskan Datuak Suri Dirajo old age in Istano Koto Stone.
    Taking place at the top of the Rock Panta put together following the rules of the next government generated 22 rules consisting of four devices Customary Law.
    4 of Act Nagari.
    4 of Act Koto.
    4 of Act LUHAK and Nagari.
    4 Law Act.
    • Berbeda dengan dengan Sutan Maharajo Alif (Barat) yang mengutamakan kekuasaan (mahkota) dan Sutan Maharaja Depang (Timur) yang mendahulukan keterampilan, maka menurut tambo Sutan Maharaja Dirajo (Minang Kabau) dituntut untuk mempelajari buku dan etika.
    Selanjutnya tambo mengisahkan
    Negeri yang belum bernama Minang Kabau ini bertahan ratusan tahun sepanjang umurnya Sutan atau Datuak Maharajo Dirajo yang diyakini sebagai manusia setengah dewa yang dianugrahi umur ratusan tahun.
    Setelah beliau mangkat pemerintahan dilanjutkan oleh Datuak Suri Dirajo, penghulu kepercayaannya.
    Salah seorang janda Datuak Maharajo Dirajo yang bergelar Puti Indo Julito, dikawini oleh Cati Bilang Pandai, orang kepercayaan almarhum yang kemudian memboyong keluarga beserta anak-anaknya Jatang Sutan Balun, Puti Jamilan, Sutan Sakalap Dunia, Puti Reno Sudah dan Mambang Sutan ke Dusun Tuo Limo Kaum.
    Selanjutnya setelah mereka dewasa Datuak Suri Dirajo bermufakat bersama Cati Bilang Pandai untuk mengangkat:
    Sutan Paduko Basa dengan gelar Datuak Katumangguangan dan
    Jatang Sutan Balun dengan gelar Datuak Perpatiah Nan Sabatang serta
    Sutan Sakalap Dunia dengan gelar Datuak Surimarajo nan Banego-nego sebagai penghulu-penghulu yang akan membantu beliau.
    Keputusan ini dimufakati di atas Batu Nan Tigo dengan meminumkan air keris Si Ganjo Erah dengan sumpah setia:
    Bakato bana(berkata benar), babuek baiak(berbuat baik), mahukum adia(menghukum adil), bilo dilangga(bila dilanggar), ka ateh indak bapucuak(keatas tidak berpucuk), ka bawah indak baurek(kebawah tidak beruat), di-tangah-tangah digiriak kumbang (di tengah-tengah dilubangi kumbang)atau
    Berkata benar, berbuat baik, menghukum adil. Bila dilanggar (ibarat sebatang pohon), ke atas tidak berpucuk, ke bawah tidak berakar, di tengah-tengah digirik kumbang pula.
    Ibunda Puti Indo Julito menyerahkan pusaka keris Siganjo Erah dan Siganjo Aia serta Tungkek Janawi Haluih kepada Datuak Ketumangguangan.
    Untuk Datuak Parpatiah Nan Sabatang menerima keris Balangkuak Cerek Simundam Manti dan Simundam Panuah serta Payuang Kuniang Kabasaran (pertama Ranah Minang menerapkan warisan dari ibu)
    Selanjutnya Istano Dusun Tuo menjadi pusat pemerintahan melanjutkan kepemimpinan Datuak Suri Dirajo yang meghabiskan masa tua di Istano Koto Batu.
    Mengambil tempat di atas Batu Panta mulai disusun peraturan-peraturan pemerintahan yang selanjutnya dihasilkan 22 aturan yang terdiri dari 4 perangkat Undang-undang Adat.
    4 Undang-undang Nagari.
    4 Undang-undang Koto.
    4 Undang-undang Luhak dan Nagari.
    4 Undang-undang Hukum.
    After nan Act 22 was passed, in the hamlet of 4 Tribes with established Tuo Pangulu respectively are:
    • Interest Caniago led Datuak Sabatang.
    • Tribal House Tujuah(seven) Dt. Rajo Saie.
    • Tribe Tower Korong Dt. Sampono diamond and
    • Interest Sumagek by Dt. Rajo Bandaro.
    At that time also appointed two people Dubalang namely Sutan Congkong Tenggi and Sutan Hall Sijanguah all appointed under the pasumpahan Datuak Parpatiah Nan Sabatang Datuak Katumangguangan drink water while Kris Siganjo Aia.
    Not long after followed by the formation of 8 Tribes also equipped with pangulunya Pariangan areas are:
    Piliang tribe led by Nan Sinaro Datuak Bagabang.
    Koto Dt. Bases.
    Proto Dt. Bases.
    Banana Dt. Kayo
    Sikumbang Dt. Maruhun.
    Piliang Laweh Dt. Marajo Depang.
    Dalimo Dt. Suri Dirajo and Limo Long Dt. Tunaro.
    Then followed 5 Interest in Padang Panjang, namely:
    Kuantan tribe led by Amat Datuak Dirajo.
    Piliang Dt. Maharajo tongue.
    Dalimo Dt. Jo tongue.
    Piliang Laweh Dt. Indo Sajati.
    Dalimo length Dt. Maharajo Suri.
    Then followed six Guguak Tribes in the area are:
    Piliang tribe led by Rajo Datuak Mangkuto.
    Proto Dt. Tunbijo.
    Koto Dt. Tower.
    Dalimo Dt. Simarajo.
    Banana Dt. Cumano.
    Piliang Laweh Dt. Rajo Malano.
    Interest in the next 3 Sikaladi namely:
    Sikumbang tribe led by Datuak Tumbijo.
    Dalimo Dt. Barbangso
    Koto tribe Dt. Marajo.
    To 22 people Pangulu tribe is constituted by the Datuak Katumangguangan being pasumpahan to drink water Sampono Kris by Aia Ganjo Datuak Sabatang Parpatiah Nan.
    After the inauguration of the 22 Tribes, the Tribe commissioned Together Datuak Korong Stone Tower to maintain Panta.
    While Stone said Kasua Bunta tangguang Tujuah Home and Stone Tribal by Tribal Pacaturan Sumagek (the third historical stone is still preserved and can be seen in Hamlet Tuo Limo The Stone Cage).
    Although the establishment of Nan LUHAK Tigo has been underlined since the leadership Datuak Maharajo Dirajo dipuncak Merapi but the firmness of the boundaries do not exist, then both Datuak create firmness that marked with a stone split into 3 parts that are not broken dipangkalnya.
    This means LUHAK nan Tigo share, not a divorce but has not been followed by the division of interest (this stone can be seen in Hamlet Tuo The Limo).
    Held before the division of interest to LUHAK nan Tigo, Datuak Katumangguangan pounded the ground and make a nagari which later was named Sungai Tarab and put Puti Reno’s sister, along with 8 family and creating a Tribe 8, complete with the Tribe Piliang Pangulu under Datuak Rajo Pangkuto Sani, Piliang Laweh Dt. Indo Majo, Bendang Dt. Rajo Pangulu, Mandailiang Dt. Tamani, Bodi Dt. Sinaro, Bendang Dt. Simarajo, Piliang Dt. Rajo Nan Anam Malano and Tribes under Datuak Rajo Pangulu all of which are sworn in Kampuang Bendang.
    Then he pointed to his nephew, the son of Puti Reno’s, who holds Datuak Bandaro Putiah as Pangulu Pucuak.
    Performed by his own inauguration on the Rock 7 Tread with drinking water pasumpahan Kris Siganjo Aia (7 Tread Stone can be seen at the home of one resident in the River Tarab).
    Furthermore Datuak Ketumangguangan ordered Datuak Bandaro Putiah along Sungai Tarab 8 Pangulu other surrounding villages to be built 22 Koto Sungai Tarab as a fortress and fortifications.
    Among these 8 axes Radai Koto (Pati, Situmbuak, Selo, Sumaniak, Gunuang Medan and Padang Gutters Tangah Guguak Laweh).
    2 Ikua Koto (Sijangek and Koto length).
    2 Koto in kapalo (Koto Tuo and Pasia Laweh).
    1 Koto at the peak (crest Koto Baru).
    1 Koto as Katitiran in ujuang Tunjuak (Ampalu).
    Click to edit and see alternate translations
    Drag with shift key to reorder.
    Setelah Undang-undang nan 22 tersebut disahkan, di Dusun Tuo dibentuk 4 Suku dengan Pangulu masing-masing yaitu:
    • Suku Caniago dipimpin Datuak Sabatang.
    • Suku Tujuah Rumah Dt. Rajo Saie.
    • Suku Korong Gadang Dt. Intan Sampono dan
    • Suku Sumagek oleh Dt. Rajo Bandaro.
    Pada saat itu juga dilantik 2 orang Dubalang iaitu Sutan Congkong Tenggi dan Sutan Balai Sijanguah kesemuanya dilantik dibawah pasumpahan Datuak Parpatiah Nan Sabatang sedangkan Datuak Katumangguangan meminumkan Air Keris Siganjo Aia.
    Tidak berapa lama kemudian disusul pula pembentukan 8 Suku lengkap dengan pangulunya di daerah Pariangan yaitu:
    Suku Piliang dipimpin oleh Datuak Sinaro Nan Bagabang.
    Koto Dt. Basa.
    Malayu Dt. Basa.
    Pisang Dt. Kayo
    Sikumbang Dt. Maruhun.
    Piliang Laweh Dt. Marajo Depang.
    Dalimo Dt. Suri Dirajo dan Limo Panjang Dt. Tunaro.
    Kemudian disusul 5 Suku di Padang Panjang yaitu:
    Suku Kuantan dipimpin oleh Datuak Amat Dirajo.
    Piliang Dt. Maharajo Basa.
    Dalimo Dt. Jo Basa.
    Piliang Laweh Dt. Indo Sajati.
    Dalimo Panjang Dt. Maharajo Suri.
    Kemudian disusul 6 Suku di daerah Guguak yaitu:
    Suku Piliang dipimpin oleh Datuak Rajo Mangkuto.
    Malayu Dt. Tunbijo.
    Koto Dt. Gadang.
    Dalimo Dt. Simarajo.
    Pisang Dt. Cumano.
    Piliang Laweh Dt. Rajo Malano.
    Selanjutnya 3 Suku di daerah Sikaladi yaitu:
    Suku Sikumbang dipimpin oleh Datuak Tumbijo.
    Dalimo Dt. Barbangso
    Suku Koto Dt. Marajo.
    Ke 22 orang Pangulu Suku ini dilantik oleh oleh Datuak Katumangguangan sedang pasumpahan dengan meminumkan Air Keris Sampono Ganjo Aia oleh Datuak Parpatiah Nan Sabatang.
    Setelah peresmian Suku yang 22 ini, Datuak Berdua menugaskan Suku Korong Gadang untuk memelihara Batu Panta.
    Sedangkan Batu Kasua Bunta tangguang jawab Suku Tujuah Rumah dan Batu Pacaturan oleh Suku Sumagek (ketiga batu bersejarah ini sampai sekarang masih terawat dan dapat dilihat di Dusun Tuo Limo Kaum Batu Sangkar).
    Walaupun pembentukan Luhak Nan Tigo sudah digariskan sejak kepemimpinan Datuak Maharajo Dirajo dipuncak Merapi namun ketegasan batas-batas belum ada, maka kedua Datuak membuat ketegasan yang ditandai dengan mengeping sebuah batu menjadi 3 bagian yang tidak putus dipangkalnya.
    Hal ini bermakna Luhak nan Tigo berbagi, tidak bercerai namun belum diikuti dengan pembagian Suku (batu ini dapat dilihat di Dusun Tuo Limo Kaum).
    Sebelum diadakan pembagian Suku untuk Luhak nan Tigo, Datuak Katumangguangan memancang tanah dan membuat sebuah nagari yang kemudian diberi nama Sungai Tarab dan menempatkan adiknya Puti Reno Sudah, bersama 8 Keluarga sekaligus membentuk 8 Suku, lengkap dengan Pangulu yaitu Suku Piliang Sani dibawah Datuak Rajo Pangkuto, Piliang Laweh Dt. Majo Indo, Bendang Dt. Rajo Pangulu, Mandailiang Dt. Tamani, Bodi Dt. Sinaro, Bendang Dt. Simarajo, Piliang Dt. Rajo Malano dan Suku Nan Anam di bawah Datuak Rajo Pangulu yang kesemuanya dilantik di Kampuang Bendang.
    Selanjutnya beliau menunjuk kemenakannya, anak Puti Reno Sudah, yang bergelar Datuak Bandaro Putiah sebagai Pangulu Pucuak.
    Pelantikan dilakukan oleh beliau sendiri di atas Batu 7 Tapak dengan pasumpahan meminum Air Keris Siganjo Aia (Batu 7 Tapak ini bisa dilihat di rumah salah seorang penduduk di Sungai Tarab).
    Selanjutnya Datuak Ketumangguangan memerintahkan Datuak Bandaro Putiah bersama 8 Pangulu Sungai Tarab lainnya agar di sekeliling nagari Sungai Tarab dibangun 22 Koto sebagai benteng dan kubu pertahanan.
    Diantaranya 8 Koto Kapak Radai (Pati, Situmbuak, Selo, Sumaniak, Gunuang Medan, Talang tangah Guguak dan Padang Laweh).
    2 Ikua Koto (Sijangek dan Koto Panjang).
    2 Koto di kapalo (Koto Tuo dan Pasia Laweh).
    1 Koto di puncak (Gombak Koto Baru).
    1 Koto sebagai Katitiran di ujuang Tunjuak (Ampalu).
    Then along Datuak Parpatiah Nan Sabatang undergo LUHAK Agam by building Biaro with pangulu Pucuak Datuak Bandaro length.
    Baso under Datuak Bandaro Kuniang appointed and sworn faithfully to drink water in the hamlet Kris Siganjo Erah Tabek length.
    The next two Pangulu was commissioned to build villages-villages in LUHAK Agam.
    While in LUHAK 50 Koto datuak Situjuah both build villages, Marijuana Stone, Koto and Koto Nan Nan Tower is inaugurated Datuak Ampek and Rajo Nun and the subsequent Early Sadi Datuak commissioned to build villages in the LUHAK.
    After LUHAK Tigo dibari bapangulu nan, Nan Perpatiah Datuak Sabatang not want to miss the Datuak Katumangguangan.
    He expanded the area to the east to form a tribal hamlet Tuo with pangulunya among others in the Rock Hall Korong Napa River Tribe was formed under Datuak Basa, tuft Dt. Putiah.
    Under the expertise of both Datuak Ketumangguangan and Datuak Parpatiah Nan Sabatang customary governance systems become more sheen, until a few decades later arrival Adityawarman, a prince who wanted merobah Mojopahit a total system of customs administration in this country got a tough challenge from his tongue Datuak Ampek Hall (four markets ).
    Kemudian bersama Datuak Parpatiah Nan Sabatang menjalani Luhak Agam dengan membangun Biaro dengan pangulu Pucuak Datuak Bandaro Panjang.
    Baso di bawah Datuak Bandaro Kuniang yang dilantik dan disumpah setia dengan meminumkan Air Keris Siganjo Erah di dusun Tabek Panjang.
    Selanjutnya kedua Pangulu ini ditugaskan membangun nagari-nagari di Luhak Agam.
    Sedangkan di Luhak 50 Koto datuak berdua membangun nagari Situjuah, Batu Hampa, Koto Nan Gadang dan Koto Nan Ampek dan melantik Datuak Rajo Nun dan Datuak Sadi Awal yang selanjutnya ditugaskan membangun nagari di Luhak tersebut.
    Setelah Luhak nan Tigo dibari bapangulu, Datuak Perpatiah Nan Sabatang tidak mau ketinggalan dengan Datuak Katumangguangan.
    Beliau meluaskan daerah ke arah timur Dusun Tuo dengan membentuk suku dengan pangulunya antara lain di Korong Balai Batu dibentuk Suku Sungai Napa di bawah Datuak Basa, Jambak Dt. Putiah.
    Dibawah kepiawaian kedua Datuak Ketumangguangan dan Datuak Parpatiah Nan Sabatang sistem pemerintahan adat menjadi semakin kemilau, hingga beberapa dekade kemudian kedatangan Adityawarman, seorang Pangeran Mojopahit yang ingin merobah secara total sistem pemerintahan adat di negeri ini mendapat tantangan keras dari para Datuak Basa Ampek Balai(empat pasar).
    The presence of Mojopahit statesman is not no bright side, even some traditional government leaders and Bodi Kelarasan Koto Piliang Caniago opportunity comes in the palace with Adityawarman Mojopahit goodwill visit to mainland China’s imperial court.
    Even if the pattern of government ala Mojopahit ever want to be forced in the realm of Minang but did not last long.
    After Adityawarman killed in an incident, customary governance systems to be reapplied as it says “LUHAK dibari Bapangulu” and the system is the adoption by Kelarasan Koto Piliang, especially for areas outside LUHAK nan Tigo as Overseas Minang Kabau, as mentioned “Overseas Dibari Barajo “.
    Minang Kabau according Barih Balabeh Tambo Indigenous Minang Kabau
    Formerly Minang Kabau has no positive law, only law of the jungle “Who’s Who Malanda Strong, who high who manimpa” then by two wise men and the Datuak Katumanggungan Datuak Parpatiah nan Sabatang create a device Customary Law / Tribe in order to obtain peace in the villages where “nan weakly protected and justice for all children villages.
    So you can easily watch was made for the size of a good or bad actions and deeds “In ukua jo jangko, dibari balabeh, dicupak jo bushels, dibungka naraco jo, jo disuri banang”. (Measured with the term, given belebih, in the measuring life a place to cook rice, was measured by balance weights, embroidered with thread)
    Excerpted and translated from the converted text has been published by Arman Bahar Piliang Malin Bandaro
    Kehadiran negarawan Mojopahit ini bukan tidak ada segi positifnya, bahkan beberapa pimpinan pemerintahan adat Kelarasan Koto Piliang dan Bodi Caniago berkesempatan bersama Adityawarman hadir di istana Mojopahit melakukan kunjungan muhibah ke istana kaisar didaratan Cina.
    Kalaupun corak pemerintahan ala Mojopahit pernah ingin dipaksakan di ranah Minang namun tidak bertahan lama.
    Setelah Adityawarman tewas dalam suatu insiden, sistem pemerintahan adat diterapkan kembali sebagaimana dikatakan “Luhak dibari Bapangulu” dan sistem ini adopsi oleh Kelarasan Koto Piliang, terutama untuk daerah-daerah di luar Luhak nan Tigo sebagai Rantau Minang Kabau, seperti yang disebutkan “Rantau Dibari Barajo”.
    Minang Kabau menurut Barih Balabeh Tambo Adat Minang Kabau
    Dahulu Minang Kabau tidak memiliki hukum positif, yang ada hanya hukum rimba “Siapa Kuat Siapa malanda, siapa tinggi siapa manimpa” kemudian oleh dua orang bijak yaitu Datuak Katumanggungan dan Datuak Parpatiah nan Sabatang membuat sebuah perangkat Hukum Adat/Suku agar diperoleh Perdamaian dalam nagari dimana “nan lemah dilindungi dan keadilan bagi semua anak nagari.
    Agar mudah mengawasinya dibuatlah ukuran untuk baik atau buruk suatu tindakan dan perbuatan “Di ukua jo jangko, dibari balabeh, dicupak jo gantang, dibungka jo naraco, disuri jo banang”.(Diukur dengan jangka, diberi belebih, di ukur pakai tempat masak nasi, diukur dengan neraca timbangan, disulam dengan benang)
    Dikutip dan dialih bahasakan dari naskah yang telah dipublikasikan oleh Arman Bahar Piliang Malin Bandaro
    originl Tambo alam minagkabau in Minangkabau dialek languge sajak dari aso, na aso Allah duo bumi tigo hari nan satu ampek aie sumbayang limo pintu razaki anam budak dikanduang bundonyo tujuah pangkek manusia salapan pangkek sarugo sambilan pangkek Muhammaik kasapuluah Muhammaik jadi, sinan bakato tuhan kito Kun katonyo Allah Fayakun kato Muhammaik Nabikun kato Jibraie yaa Ibrahi kato bumi jo langik Kibrakum kato Adam,
    Jadi sagalo pekerjaan, apo bana nan tajadi, sajak dari Luah dengan Qalam sampai ka Arasy jo Kurisyi wago sarugo jo narako walo nak bulan jo matohari walau ndak langik dengan bumi samuik sameto sakalipun takanduang dalam wahdaniah tuhan, adolah limo parakaro, maanyo nan limo parkaro, tanah baki, tanah baku, tanah hitam tanah merah jo tanah putiah, tanah ditampo dek Jibraie dibaok mangirok kahadiraik tuhan talempa kahateh meja, disinan bijo mangko kababatang sinannyo kapeh kamanjadi banang disitu langik kamarenjeang naiak disitu bumi kamahantam turun disinan ketek mangko kabanamo disinan gadang mangko kabagala disinan Adam nan batamponyo iyo kapanunggu isi duya.
    Dek lamo bakalamoan dekasa baasa juo dek bukik tumbuakan kabuik dek lauik ampang muaro abih taun baganti taun mangko malahiekanlah ibu manusia Siti Hawa sabanyak 39 urang, mako dikawinkan dari saorang kasaorang dari nan surang ka nan surang nan bunsu indak bajodoh mangko banazalah nabi Adam katiko itu
    Ya Allah ya rabbil alamin perkenankanlah aku dengan anak cucu aku kasadonyo kandak sadang kabuliah pintak sadang kabalaku mukasuik sadang disampai kan tuhan.
    Bafirman tuhan ka Jibraie, hai malaikaik jibraie mangirok engkau kasarugo nan salapan, kabakan ka anak puti bidodari nan banamo Puti Dewanghari anak dek Puti Andarasan bahaso inyo kadiambiak istri dek Sutan Rajo Alam diateh duya, mako mangiriok lah Jibraie kasarugo nan salapan kamangabakan ka Puti Dewanghari bahaso inyo ka dijadikan istri dek Sutan Rajo Alam diateh duya, mako mamandang lah Puti Dewanghari kaateh duya nampaklah anak Adam diateh alam Sigumawang antaro huwa dengan hiya dikanduang Abun jo Makbun wallahualam gadangnyo hati.
    Mako dikumpuekanlah alat perhiasan kasadonyo, apo alat perhiasan nan dibaok, iyolah payuang panji kuniang payuang bahapik timba baliak lengkap sarato jo marawa kuniang cando kajajakan bertatah intan dengan podi buatan urang disarugo, mako batamulah urang tu dipuncak bukit Qaf.lalu dinikahkan dek kali Rambun Azali dipangka Titian Tujuah dibawah Mejan nan kiramaik dibaka kumayan putiah asok manjulang kaudaro takajuik sakalian malaikaik tacengang sagalo saluruah Bidodari manyemba kilek ateh langik bagaga patuih diateh duya tarang bandarang cahayonyo lapeh kalangik nan katujuah tahantak kahadiraik tuhan sabagai sasi pernikahannyo.
    Dek lamo bakalamoan abih bulan baganti bulan abih taun baganti taun, salah saurang anak cucu baliau nan bagala Sutan Sikandarareni nan manjadi rajo kuaso sadaulat dunia mampunyoi katurunan nan partamo Sutan Maharajo Alif kaduo Sutan Maharajo Depang katigo Sutan Maharajo Dirajo, Sutan Maha Rajo Alif mamarentah Banuruhum, Sutan Maharajo Depang mamarentah dinagari Cino sadangkan Sutan Maharajo Dirajo lapeh kapulau Paco mamarentah di Pariangan Padang Panjang dipuncak gunuang Marapi mambagi nagari manjadi tigo luhak partamo Luhak Tuo Tanah Data kaduo Luhak Agam nan bongsu Luhak Limo Puluah.
    Perjalanan Sutan Maharajo Dirajo
    Adaopun Syekh Sikandareni rajo alam nan arih bijaksano, mancaliak anak lah mulai gadang lah masak alemu jo pangaja timbue pikiran dalam dado timbualah niaik didalam hati nak manyuruah anak pai marantau mancari alimu jo pangalaman, mako tapikialah maso itu joa anak nak kadilapeh balie dilauik basa, nampaklah sabatang kayu gadang tumbuah dihulu batang Masie banamo kayu Sajatalobi, daun rimbun rantiangnyo banyak batang panjang luruih pulo, tabik pangana andak manabangnyo kadibuek pincalang tigo buah untuak palapeh anak pai marantau.
    Mako dikumpuekanlah sagalo cadiak pandai ditanah Arab dibaok kapak jo baliuang panabang kayu nantun, lah banyak urang nan manabang lah tujuah baliuang sumbiang lah tigo puluah kapak nan patah kayu nan indak kunjuang rabah, apolah sabab karanonyo rukun saraik alun tabaokkan, datanglah urang cadiak pandai sarato jo urang arih bijaksano maagiah pitunjuak jo pangaja, mako dikumpuakanlah urang katiko itu, didabiah kibasy sarato unto dibaka kumayan putiah asok manjulang kaudaro, urang mandoa kasadonyo.
    Mamintaklah Sutan Sikandareni katiko itu ya Allah ya rabbil alamin perkenankanlah aku manabang batang kayu Sajatalobi untuak mengharungi lauik basa, kandak sadang kabuliah pintak kabalaku, baguncanglah hulu batang Masie gampolah hari tujuah hari tujuah malam sahinggonyo rabahlah batang kayu nantun, mako datanglah urang nan baalimu maambiak daun jo batangnyo, daun diramu manjadi dawaik kulik diolah jadi karateh kapanulih Quran tigopuluah juih untuak mangaji dek umaik nan banyak, kulik batangnyo diolah manjadi kain untuak sumbayang panyambah Allah dengan rasul.
    Lah rabah kayu Sajataboli, batangnyo dikarek tigo kapambuek pincalang tigo buah, sabuah kapincalang Sutan Maharajo Alif nan cieklai untuak Sutan Maharajo Depang ciek pulo untuak Sutan Maharajo Dirajo, hari patang malampun tibo dipanggie anak kasadonyo diagiah pitujuak jo pangaja sarato baka pai marantau. Tantangan Sutan Majo Alih diagiah baka Mangkuto Ameh Sijatajati, sadangkan Sutan Majo Depang diagiah baka pakakeh tukang, adopun Sutan Maharajodirajo dibakali kitab barisi undang didalamnyo. Ayam bakukuak subuah pun tibo pagi datang matohari tabik, barangkeklah anak katigonyo marantau kakampuang urang.
    Adopun tantang Sutan Maharajo Alif tambonyo ditutuik samantaro, sadangkan Sutan Maharajo Depang carito dihantikan sampai disiko, salorong pado Sutan Maharajo Dirajo taruih balaie ka Pulau Andaleh nangko, sabalun Sutan Maharajo Dirajo pai mahadang silauik lapeh mandapek kawan nan banamo Syekh Shole nan bagala Cati Bilang Pandai urang nan cadiak candokio sarato arih bijaksano barasa dari hulu sungai Masie, dalam pajalanan singgahlah Sutan di tanah Parsi, Himalaya, India, Campo jo Siam, mandapek pulo kawan nan diangkek manjadi kapalo dubalang, nan surang bagala Harimau Campo nan kaduo Kambiang Hutan nan katigo Kuciang Siam ampek bilangan jo Parewa nan bagala Anjiang Mualim.
    Adopun Cati bilang pandai, pandai manarah manalakang pandai manjarum manjarumek pandai mamati jo aie liua pandai manyisia dalam aie pandai manembak dalam kalam, kalam kapiek gilo buto, basilang sajo palurunyo lah kanai sajo disasarannyo, pandai mambuek sambang loji pakai pasak datang dari dalam alun diraiah lah tabukak lah tibo sajo dijangkonyo, baitu pulo si Harimau Campo, urang bagak dari India, badan babulu kasadonyo, urang takuik malawannyo makan tangannyo bak cando guruah, capek kakinyo bak cando patuih tibo digunuang gunuang runtuah tibo dibatu batu tambuih pandai manyambuik jo manangkok bisa mangipeh jo malapeh pandai basilek jo balabek jikok malompek bak cando kilek, kok disabuik tantang si Kambiang Hutan, bak batanduak dikapalonyo pandai balari ditangah rimbo tau di padang nan baliku tantu jo tanjuang nan babalik tau jo lurah nan babatu tau jo aka nan kamambalik, babanak ka ampu kaki, barajo di hati basutan di mato kareh hati Allahurabi,kok pakaro hetong di balakang,
    Dikaji pulo tantang si Kuciang Siam, kok manyuruak dihilalang sahalai, maambiak indak kahilangan, bantuak bak cando singo lalok, santiang manipu jo manepong, kok malangkah indak balasia, malompek indak babuni, kunun lidahnyo indak baense, muluik manih bak tangguli kok manggauik indak mangasan, lah padiah sajo mangko ka tau, baitu pulo tantang si Anjiang Mualim, Parewa nan datang dari Himalaya, mato sirah bak cando sago gigi tajam babiso pulo, angoknyo tahan larinyo kancang, pandai maintai di nan tarang pandai mahangok dalam boncah, sabalun sampai pantang manyarah, pandai manikam jajak tingga, jajak ditikam mati juo, bahiduang tajam bak sambilu, bia kampuang lah papaga, inyo lah dulu sampai didalam.
    Catatan:
    • Mangkuto Ameh Sijatajati yang berbentuk tanduk diabadikan masyarakat menjadi tudung kepala kaum Bundo Kanduang di Ranah Minang.
    • Sutan Sikandar Reni dalam al Qur’an disebut Raja Iskandar Zulkarnain yang artinya Raja yang mempunyai dua tanduk atau cyrus The Great King penyatu empayer kuno parsi
    Mudah2an sejarah Urang Minang diatas ado gunonyo, ambiak sajo sado nan paralu, dih

    Adopun warih nan bajawek pusako nan batarimo umanaik nan bapakai dari rang tuo dahulunyo, nan sabarih bapantang hilang satapak bapantang lupo, kok hilang nan sabarih ka guru cubo tanyokan kok lupo nan satapak cari tunggue panabangan nyo.
    Adopun warih nan Bajawek, pituah dek guru mangaji sajak dari Alif, pituah dek mamak babilang
    Untuk melihat Information Lengkap silahkan klik
    sumber data
    https://makmureffendi.wordpress.com/tag/adat-minangkabau/
    minangkabau coin 183 with sunfolewr pantjar matohari

  63. “umat manusia itu ya,jika di bagi kepada 2 kumpulan ya !.
    1,terdiri dapada bangsa Arab / bangsa yang besar !.
    2 terdiri daripada bangsa Ajam / bukan arab.
    Dan,
    “jika umat manusia itu di bagi kepada 4 kumpulan ya !.
    1 terdiri daripada bangsa Arab / bangsa yang besar !.
    2 terdiri daripada bangsa farsi !.
    3 terdiri daripada bangsa rum /rom /eropah !.
    4 terdiri daripada bangsa habsy / Afrika !.
    dan diri Anda / kamu itu bisa aja ya ,
    mau masuk bangsa yang mana aja ,yang kamu itu suka ,ya 1
    yang paling penting-nya ! reality-nya itu ya !.
    Nama :
    “Pulau paco / perca !
    pulau Sumatera yang kita kenal sekarang ini dulunya disebut dengan nama Sansekerta: “Suwarnadwipa” yang berarti pulau emas atau
    “Suwarnabhumi” yang berarti tanah emas.
    “Tanah emas (Sumatera)
    “adalah asal-nya sebelum bernama nusantara !
    “nusantara !/Antaranusa/Antarabangsa !nusantar ini Cuma ,yak an?
    “rajo minangkabau asa rajo di sa antero alam salagi lai baguru juo jo alam nan takambang !?.
    “pagaruyung batusangka = itu samo artinyo jo bangunan batu nan di pabuek dari batu barupo sangka itu ruponyo yo , jadi apo artinyo : asal samulo bangunan nan di buek dari pado batu itu asa mulo-nyo dari nagari minangkabau ko juo yo asa mulo-nyo tu = pagaruyung batusangka juo asa mulo-nyo yo kan.
    universiti yang terlibat dalam kajian DNA yang membuktikan bahawa bangsa di timur Asia itu berasal dari DNA minangkabau/Melayu
    “bahawa bangsa di timur Asia itu berasal dari DNA minangkabau/Melayu
    1) Chinese National Human Genome Center, Shanghai, CHINA
    2) Institute of Genomics and Integrative Biology, New Delhi,
    3) University of Tokyo, JAPAN
    4) Center for Genome Science, Korea National Institute of Health, Seoul, KOREA
    5) Universiti Sains Malaysia, Kubang Kerian, Kelantan, MALAYSIA
    6) Genome Institute of SINGAPORE
    7) Institute of Biomedical Sciences, Academia Sinica, Taipei, TAIWAN
    8) Affymetrix, Inc. USA
    “tiongkok dapek namonyo asal dari namo tiang bungkuak tu mah ,sabaok-nyo tiang bungkuak tu bana urang partamo nan manaroka ma agiah namo nagari tiongkok itu yo kan ,itu bana asa dari namo tiongkok tu / tiang bungkuak itu sendiri yo kan != itu sabaok-nyo tiongkok itu bengkok juo sampai jo maso kini ko di tambah pulo bengkok-nyo juo di nagari muangthai / thailand /Bangkok / bengkok namo ibu nagari-nyo sampai kiniko juo ,batua yo !?
    “kekuatan sabalun agamo islam itu ialah empayer rom di sebelah barat dan bangsa / agama kristen hoaxs ya ,dan / “majusi / empayer parsi di sebalah timur seluruh bahagian timur itu di bawah kekuasaan parsi .
    Kata kunci: tampeik turun-nyo nabi ADAM alaihissalam!?
    1= NAGARI SIGUMAWANG

    2= PULAU SERENDIP
    keturunan Melayu berasal dari Minangkabau? kajian DNA / sumber rujukan rasmi kajian DNA itu : https://yentown.us/wp-content/uploads/137/1.pdf

    penerangan lengkap kajian DNA itu : http://humpopgenfudan.cn/p/A/A1.pdf

  64. Tambo Sutan Nan Salapan
    November 14, 2011 in Kerajaan, Tambo |
    Pada tahun 1050 H (1680 M) Kerajaan Pagaruyung telah mengeluarkan satu keputusan berupa Sunnah 1050 yang berisikan penempatan Raja-Raja di Rantau ( Darat dan Laut ) di mana ada terdapat masyarakat yang berasal dari ketiga Luhak di Minangkabau.
    Naskah ini disebut juga Tambo Nan Salapan dengan isi sebagai berikut:
    1) Adapun nan tingga di tanah Aceh ialah nan banamo Sultan Syariat berpangkat Rahim. Anak cucu Daulat yang dipertuan dalam Nagari Pagaruyung, asal mulonyo rajo-rajo di negeri Aceh, malimpah ka Patahan Batu, lalu ka tanah labuah kaliliang, lalu ke Deli. Adapun Deli taklukkan Aceh. Itulah kebesaran Rajo Aceh nan turun tamurun, lalu sakarang kini, nan tiada marubah rubah, waris nan manjawek dek Rajo Aceh, nan di tarimo dari Niniak kito. Wallahualam.
    2) Adapun nan tingga di dalam nagari Banten, malimpah lalu ka Batawi, Sultan Nan Banamo: Marhabat Maruhum Alam, anak cucu yang dipertuan di dalam nagari Pagaruyung, tatkala asa mulonyo Raja di tanah Jawa, lalu ke Johor ka Manggali, kaliliang Banten Batawi, semuanya tanah Banten ialah kebesaran Raja Banten, beroleh khalifah dari yang dipertuan nan sati, memberi ijin mutlak serato sumpah sati, kalalamullah di dalam Koto Pagaruyung, Darussalam

    3) Adapun nan tinggal turun temurun di dalam nagari Jambi Sultan Bagindo Tuan Rabbi, anak cucu Daulat yang di pertuan dalam nagari Pagaruyung, tatkala asa yang dipertuan dalam nagari Pagaruyung, tatkala asa mulonyo jadi rajo dalam nagari Jambi, lalu melimpah ka Batang Hari sampai ka hulu Batang Sangie, tatkala asa mulonyo jadi Rajo di dalam nagari Jambi 12 Koto Sungai Babi, tatkala masa dahulunyo, itulah kabasaran dan mukjizat, Sultan Bagindo Rabbi, nan dijawek turun tamurun, beroleh derajat nan tinggi di bari Allah Subhanahuwataala, amin ya rabbal alamin.
    4) Adapun yang turun tamurun ka Palembang katurunan di tanah Jawa asal mulonyo jadi Raja ialah, nan banamo Sultan Bagindo Ibnu Rahim, anak cucu Daulat yang dipertuan di dalam nagari Pagaruyung, Tinggal di dalam Nagari Palembang, malimpah lalu ka Musi, sampai turun ka Bugis Makasar, di dalam laut kaliliang tanah Bugis, ialah darajat dan mukjizat Sultan Bagindo Ibnu Rahim, Khalifatullah Muhammad Rasulullah. Amin
    5) Adapun nan turun tamurun ka nagari Pariaman tatkala, akan badiri, belum banamo Tiku Pariaman, hanyo banamo Sungai Salak, nan tingga didalam nagari Pariaman, ialah nan banamo Sultan Maharajo Dewa, anak cucu Daulat yang dipertuan Nan Sati di dalam Koto Pagaruyung, tatkala asa mulonyo manjadi Rajo di Pariaman, malimpah lalu ka Natal sakuliliangnyo, kurnia Allah subhanahuwataala, baroleh Khalifah dari pado bapaknyo, karena mukjizat Tuanku Nan Sati, dalam Nagari Pagaruyung, Nan Khalifah datang dari dalam syurga jannatun naim. Rahman Muhammad Rasulullah.
    6) Adapun nan turun tamurun dalam nagari Indrapura, tatkala asa mulonyo jadi Raja Indrapura, nan banamo Sultan Muhammad Syah, anak cucu daulat nan dipertuan nan Sati, didalam nagari Pagaruyung, itulah yang mulo-mulo jadi Rajo di Indrapura, balahan tingga di dalam nagari Muko-Muko, Partamuan Rajo Rajo dahulunyo, balun banamo Muko Muko, sakalian hamba rakyat mangko turun ka tanah Padang, hinggo Lawik Nan Sadidiah, lalu ka pulau kaliliangnyo, kapado Rajo Indrapura Kaliling itu, itulah kabasaran Sultan Muhammad Syah Indrapura, nan oleh Khalifah di bari Allah, katurunan Daulat nan dipertuan Sati, Khalillullah di Pagaruyung.
    7) Adapun nan turun tamurun ka dalam nagari Sungai Pagu, iolah nan banamo Sultan Besar, Barambuik Putieh, Bajangguik Merah, anak cucu daulat dipertuan nan Sati, dalam koto Pagaruyung, asa mulonyo jadi Rajo dalam Alam Sungai Pagu, malimpah lalu kabandar Nan Sapuluah, di situlah Rajo nan Barampek, keliliang Alam Sungai Pagu. Semuanya itu beroleh Khalifah, dari pado Tuhan yang banamo Rahman, tatkala manjunjung mangkuto alam nan mamilih Tanah Nan Sakapa di dalam alam nangko, berwasiat Sungai Pagu yang terjadi di dalamnyo.
    8) Adapun nan turun tamurun ka nagari Indragiri, Sultan Kadhi Indra Sakti, anak cucu daulat nan dipertuan di dalam nagari Pagaruyung, asa mulonyo manjadi Rajo di nagari Indragiri lalu ka Kuantan sampai ka Riau, kaliling Indragiri Riau, adapun Riau takluk pado Indragiri, Riau baroleh Khalifah dari Indragiri, katurunan daulat nan Sati dari nagari Pagaruyung, itulah daulat nan baroleh mukjizat, nan di bari Allah swt Alaihissalam, katurunan Adam di dalam syurga jannatun nain, amin ya rabbalalamin Tuhan Yang Maha Esa.
    Bamulo Sultan Nan Salapan Rajo ialah nan banamo Sultan Rajo Siak anak cucu nan dipertuan dalam nagari Pagaruyung jua adonyo, ialah nan Kerajaannya di nagari Siak Malimpah lalu ka Kualo Kampar.
    Tambo ini ganti baganti, salin basalin, turun tamurun kapado urang tuo kito, datang datang sakarang kini, barubahpun tidak barang sadikit syak dan mungkir akan tambo ini, dimakan kutuk daulat yang dipertuan, dimakan biso kawi dinagari, karena itulah adanya perkataan tulah,artinya menyalahi /menyimpang dari kebaikan serta dilarang sama sekali……..
    . Pendapat Thambo
    Dari beberapa tambo yang ditemui seperti Tambo Pariangan dan Tambo Sawah Tangah yang tidak diketahui penulisannya, maupun tambo yang dikenal penulisannya, pada dasarnya mempunyai kesamaan sejarah lahirnya nama Minangkabau. Salah satu di antaranya transkipsi Tambo Pariangan nama Minangkabau diceritakannya sebagai berikut :
    “tidak berapa lama di antaranya datang lagi raja itu membawa seekor kerbau besar yang tanduknya sepanjang delapan depa. Maka raja itu bertaruh atau bertanding, seandainya kalah kerbau kami, maka ambilah isi perahu ini. Maka dijawablah oleh raja, kemudian minta janji selama tujuh hari. Keesokan harinya dicarilah seekor anak kerbau yang sedang erat menyusu, lalu dipisahkan dari induknya. Anak kerbau tadi dibuatkan tanduk dari besi, yang bercabang dua yang panjangnya enam depa. Setelah sampai janji itu maka dipasanglah tanduk palsu itu dikepala anak kerbau yang disangka induknya tadi. Melihat kerbau besar tersebut, maka berlarilah anak kerbau itu menuju kepada kerbau besar yang dipisahkan dari induknya sendiri untuk menyusu karena demikian haus dan laparnya. Lalu anak kerbau itu berbuat seperti menyusu sehingga tanduk palsunya masuk perut kerbau besar itu dan akhirnya iduk kerbau itu mati. Maka mufakatlah seluruh rakyat akan menamakan negeri itu Minangkabau“.
    Atas kemenangan pertarungan kerbau yang diungakpkan oleh tambo tersebut juga diungkapkan dalam bentuk talibunnya sebagai berikut:
    Karano tanduak basi paruik tajelo
    Mati di Padang Koto Ranah
    Tuo jo Mudo sungguahpun heran
    Datangnya indak karano diimbau
    Dek karano Cadiak Niniak kito
    Lantaran manyambuang di galanggang tanah
    Dipadapek tuah kamujuran
    Timbualah namo Minangkabau

  65. (karena tanduk besi tanduk terjela, mati dipadang koto ranah, tua dengan muda sangat heran, datangnya karena tidak dihimbau, karena cerdik nenek kita lantaran menyambung digelanggang tanah, diperoleh tuah kemujuran timbulah nama Minangkabau).
    Pendapat dari tambo ini merupakan pendapat yang umum Minangkabau. Walaupun banyak pendapat yang lain seperti yang telah dikemukakan di atas tetapi tidak didukung oleh orang Minangkabau sendiri. Lain halnya pendapat tambo yang beberapa hal sebagai berikut:
    a. Sampai sekarang di arena tempat pertarungan kerbau tersebut masih diperoleh nama-nama tempat yang tidak berobah dari dahulu sampai sekarang. Nagari tempat pertarungan ini sekarang masih bernama nagari Minangkabau (lebih kurang 4 km dari kota batusangkar). Di nagari Minangkabau tempat gelanggang pertarungan kerbau ini sekarang masih tetap bernama Parak Bagak (kebun berani). Di tempat inilah kerbau yang kecil tersebut memperlihatkan keberaniannya. Disamping itu juga ada nama Sawah Siambek dimana kerbau yang kalah itu lari dan kemudian dihambat bersama-sama.
    b. Pendapat yang dikemukakan tambo didukung oleh masyarakat Minangkabau dari dahulu sampai sekarang dan tidak sama halnya dengan pendapat-pendapat lainnya.
    c. Asal nama Minangkabau karena menang kerbau juga ditemui dalam “Hikayat Raja – Raja Pasai” seperti yang dikemukakan oleh Drs. Zuber Usman dalam bukunya “Kesusasteraan Lama Indonesia”. Dalam buku hikayat raja-raja pasai itu dikemukakan raja majapahit telah menyuruh Patih Gajah Mada pergi menaklukkan Pulau Perca dengan membawa seekor kerbau keramat yang akan diadu dengan kerbau Patih Sewatang. Dalam pertarungan ini Patih Sewatang mencari anak kerbau yang sedang kuat menyusu. Setelah sekian lama tidak menyusu kepada induknya baru dibawa ke arena pertarungan. Karena haus dan kepalanya diberi minang (taji yang tajam), ketika pertarungan terjadi anak kerbau tersebut menyeruduk kerbau Majapahit tadi. Dalam pertarungan ini kerbau Patih Sewatang yang menang.
    Berdasarkan kepada tambo mungkin ada yang bertanya mengapa tidak disebut manang kabau tetapi Minangkabau. Jawabnya karena kemenangan itu lantaran anak kerbau tadi memakai “minang” yaitu taji yang tajam dan runcing sehingga merobek perut lawannya.
    Asal nama Minangkabau lantaran kemenangan seperti yang dikemukakan tambo juga ada pesan-pesan tersirat yang disampaikan kepada kita dan enerasi selanjutnya bahwa sifat diplomatis haruslah dipergunakan dalam menghadapi sesuatu masalah. Pertentangan fisik harus dihindarkan seandainya masih ada alternatif lainnya. Disamping itu juga secara tidak langsung memberi inspirasi kepada kita sekarang untuk meniru meneladani cara berbuat dan berfikir seperti yang telah dilakukan oleh orang-orang Minangkabau pada masa dahulu. Dimana dibiasakan menggunakan otak sebelum menggunakan otot, diplomasi adalah langkah yang terbaik dalam menyelesaikan suatu pertikaian, dengan diplomasi musyawarah, berunding dan lain-lain, resiko yang lebih berat dapat dapat dihindari.
    Akhirnya dapat disimpulkan bahwa nama Minangkabau yang bersumber dari kemenangan kerbau tidak diragukan lagi kebenarannya. Disamping itu juga dapat disimpulkan bahwa pemakaian nama Minangkabau dipergunakan untuk nama sebuah nagari dekat kota Batusangkar, untuk suku bangsa Minangkabau dan wilayah kebudayaan Minangkabau, nama Minangkabau yang berasal dari cerita adu kerbau inilah yang kita yakini kebenarannya. Sedangkan nama-nama yang dikemukakan oleh para ahli sejarah lainnya, kita terima juga sebagai pelengkap perbendaharaan kita dalam menggali sejarah Minangkabau selanjutnya.

    ` seputar Minangkabau kuno`


    “yang di ketahui !
    Kerajaan Kandis, Kerajaan Tertua di nusantara !

  66. “raja melayu / raja Asal di sa Antero Alam.yang asal itu adalah kerajaan pagaruyung batusangka…..kalau di gali dari pada sejarah asal darpada nama pagaruyung batu sangkar itu maka kesimpulan yang di ambil ,daripada pagaruyung ,artinya= pagar yang di bikin daripada ruyung pokok kelapa yang di ambil dari teras pokok kelapa yang sudah sangat tua itu, ……dan batu sangkar itu artinya = bangunan daripada batu yang menyerupai sangkar burung itu ya ,kesimpulan-nya bangunan yang di perbuat daripada batu ,asal buatan-nya /kepakaran/kemahiran/kepandain-nya yang berasal daripada pagaruyung batusangka itu ,betul ya…..dan lagi ….
    Awal zaman peradaban manusia : Alam takambang manjadi guru .
    Artinya: berguru ke Alam yang terbentang luas ini !.
    “inilah falsafah Awal yang ada di peradaban dunia ini ya !.
    Yang ber : Asal daripada ,Pagaruyung batusangkar ya !.minangkabau !. betul ya !.
    “lambang kesenian saluang dari bamboo / buluah /seruling daripada /dari asal-nya samaso zaman alun-barabalun,yang panuah kasunyian dan panuah kesepian di Awal peradaban dunia ,itulah asa samulo-nyo pagaruyuang batusangka,di ranah minangkabau tu,tampaik basarang ula nago……… betul ya !.
    1.Dt Sri Maharaja kawin dengan Puti Sariputi, beranak dua: Rajo Natan Sang Seto Sangkalo, Dt Suri Dirajo dan Puti Indo Jalito
    2.Rajo Natan kawin dg PR Jani, beranak : PR Kumani
    3.Puti Indo Jalito kawin dg Hyang Indojati Tuan Cati, beranak : PR Jalito, PR Sudah, Dt Sri Maharajo Nan Banego-nego, Puti Reno Mandi, Dt Parpatih nan sabatang, dt katumanggungan, PR Sudi.
    4.Puti Reno Jalito kawin dg Adityawarman, beranak: Ananggawarman, Dewi Reno Dewi Ranggowani
    5.Ananggawarman kawin dg Puti Reno Dewi, beranak : Puti Reno Panjang Rambut I, Puti Reno Selaras Pinang Masak dan Puti Reno Bungsu (Puti Silindung Bulan).
    6.Dewi Reno Dewi kawin beranak : Dewang Pandan Putowano.
    7.Dewang Pandan Putowano (Tuanku Marajo Sati I) kawin dengan Puti Reno Bungsu Silindung Bulan, beranak Puti Panjang Rambuik II.
    8.Puti Panjang Rambuik II beranak : Dewang Pandak Salasiah Banang Raiwano (Dang Tuanku) dan Dewang Ramowano (Cindurmato, lain ayah)
    9.Raiwano kawin dg PR Kamuniang Mego (Puti Bungsu), beranak : Dewang Sari Dewano
    10.Dewang Sari Dewano (Tuanku Marajo Sati II) kawin dg PR Rani Dewi, beranak : Dewang Sari Magowano dan PR Mahligai Cimpago Dewi.
    11.Ramowano (Cindurmato) kawin dg PR Marak Rindang Ranggowani, beranak : PR Rani Dewi dan Dewang Ranggowano.
    12.Dewang Ranggowano (Sutan Lembang Alam) kawin dg PR Maharani, beranak : PR Nalo Nali, PR Nango
    13.Dewang Sari Magowano (Sri Raja Maharaja) kawin dg PR Nalo Nali, beranak : Rajo di Buo III, PR Jalito, Puto Rajo Bawang
    14.PR Nango beranak PR Lenggo Geni dan Puto Buyung Rajo Nasution.
    15.Puto Rajo Bawang kawin dg PR Lenggo Geni.
    16.Banang Sutowano kawin dg PR Jalito, beranak : PR Pomaisuri
    17.PR Mahligai kawin dg Dewang Patualo Sanggowano Rajowano, beranak BPD Sutowano, PR Suto Dewi.
    18.Rajo di Buo III kawin dg PR Suto Dewi, beranak Sultan Alif I.
    19.Sultan Alif I kawin dg PR Pomaisuri, beranak : Sultan Syaiful Aladdin, PR Awan Tasingik, Yamtuan Rajo Kuaso I, PR Sadi, PR Rampiang, Yamtuan Rajo Gamuyang I.
    20.Yamtuan Rajo Gamuyang I kawin dg Puti Andam Dewi, beranak : Yamtuan Rajo Manguyang
    21.Yamtuan Rajo manguyang beranak : Puti Sari Antan, Yamtuan Rajo Gandam, Yamtuan Rajo Pangat I
    22.Yamtuan Rajo Pangat I beranak Yamtuan Rajo Bagewang
    23.Yamtuan Rajo Bagewang kawin dg PR Kumalo, beranak : Yamtuan Rajo Gamuyang
    24.Yamtuan Rajo Gamuyang kawin dg TG Reno Suto (anak dari Rajo Bagagarsyah Alam dg TGR Janggo, anak dari PR Kuniang dg Yamtuan Rajo Pingai, PR Kuniang anak dari PR Baruaci dg Sultan Ahmadsyah, ia bersaudara dg Sultan Alif II), beranak : TG Aluih, Yamtuan Bawang Sultan Alam Muningsyah I dan Yamtuan Alam Perhimpunan.
    25.Sultan Ahmadsyah anak dari Sultan Syaiful Aladin dg Puti Reno Kumalo. Ia bersaudara dg YDP Sari Maharajo I, Yamtuan Arif Badrunsyah, Yamtuan Buyuang.
    26.Rajo Bagagarsyah Alam anak dari Sultan Alif II dg TG Saruaso III. Ia bersaudara kandung dg : YDP Tuanku Rajo Sumpur, PR Duato, PR Jati, TG Saruaso IV.

    27. Yamtuan Muningsyah I kawind g PR Intan, beranak : Muningsyah II (Patah), Yamtuan Pandak Raja Beringin Sultan Alam Muningsyah I, YDR Bakumih
    Dear Syafroni Malin Marajo,
    Assalamua’alaikum..
    Apakah dari silsilah raja-raja tersebut ada yg bergelar atau dikenal dengan sebutan lain “Patih Sebatang”? atau Pak’Syafroni tahu tentang cerita “Patih Sebatang” yang dikenal sebagai saudagar yg menikah dengan putri dayak dan melahirkan kebudayaan Suku Dayak Tomun di Kudangan, Kalimantan Tengah? Mohon refrensinya ya, pak..
    Wassalamu’alaikum..
    Jabat Erat,
    DN Sheera Paninting Tarung
    28. Muningsyah II kawin dg TGR Janji, beranak : Yamtuan Bujang Nan Bakundi, ST Syariful Alam Bagagarsyah, TGR Sori, TG Tembong, YDP Batuhampar,
    …………………………………………………………………………………….
    Dear Sheera Paninting Tarung
    Waalaikum salam wr wb
    maaf, sebelumnya saya mau tanya, anda berasal dar daerah mana? apakah dari Kudangan?
    di Minangkabau sangat populer nama tokoh “Datuk Perpatih Nan Sebatang”. Beliau adalah saudara laki-laki dari istri Adityawarman yang bernama Puti Reno Jalito alias Puti Jamilan.
    Datuk Perpatih Nan Sebatang bersama Datuk Ketumanggungan dikenal sebagai sebagai pencetus adat Minangkabau yaitu Adat Perpatih (Kelarasan Bodi Caniago) yang terkenal dengan azaz demokrasi egaliternya dan Adat Ketumanggungan / Adat Tumenggung (Kelarasan Koto Piliang) yang terkenal dengan azaz aristokrasi feodalismenya.
    dan sebenarnya yang bergelar Perpatih Sebatang ini bukanlah seorang saja, melainkan gelar ini diwarisi secara turun temurun dan bahkan sebelum Datuk Perpatih Nan Sebatang, gelar ini sudah ada.
    dan bisakah anda ceritakan tentang Patih Sebatang versi Dayak Tomun Kudangan itu?
    terimakasih
    wassalam
    Malin Marajo
    Jika kita mendengar istilah Koto-Piliang dan Bodi-Caniago di Minangkabau, maka ada 2 makna yang sekaligus dikandungnya, yaitu:
    •Nama Suku yaitu Suku Koto, Suku Piliang, Suku Bodi dan Suku Caniago
    •Nama Kelarasan yaitu Kelarasan Koto Piliang dan Kelarasan Bodi Caniago
    Sebagian orang luar Minang akan sedikit bingung tentang perbedaan dan korelasi kedua konteks dan makna ini.
    •Sebagai suku, keempat suku di atas adalah representasi klan di Minangkabau yang diwariskan secara matrilineal. Suku akan punah jika tidak ada lagi keturunan perempuan dari suku tersebut. Suku pula yang menjadi salah satu syarat pembentukan nagari. Dalam adat disebutkan:
    Nagari bakaampek suku
    Dalam suku babuah paruik
    Kampuang bamamak ba nan tuo
    Rumah dibari batungganai
    Suku-suku diluar suku yang empat diatas akan mengelompok kedalam aliansi masing-masing kelarasan ini.
    Di bawah Payung Kelarasan Koto-Piliang terdapat suku-suku:
    1.Suku Malayu
    2.Suku Tanjung
    3.Suku Sikumbang
    4.Suku Bendang
    5.Suku Guci
    6.Suku Kampai
    7.Suku Panai
    Selain tujuh suku diatas berbagai suku-suku baru hasil pemekaran Koto dan Piliang secara tradisional adalah anggota Kelarasan Koto Piliang. Begitu pula halnya dengan suku-suku hasil pemekaran ketujuh suku lainnya.
    Jadi sampai saat ini saya sudah menginventarisir 4 keterkaitan antara Negeri Champa dengan Minangkabau, yaitu:
    •Sistem Konfederasi Kota yang mirip dengan Nagari di Minangkabau atau Mini Republik di Yunani Kuno dan Gandhara.
    •Sistem Matrilineal yang masih diamalkan oleh masyarakat Minangkabau sampai saat ini.
    •Simbol Harimau Campa yang juga menjadi simbol budaya pada masyarakat Champa
    •Motif Ukiran dan Pahatan yang mirip dengan Ukiran Minangkabau.
    Belum termasuk soal Hikayat Suku Jambak yang memang belum jelas sumbernya dan kesamaan nama Kerajaan Inderapura dengan nama ibukota Champa di puncak kejayaannya.
    Motif Kuciang Lalok jo Saik Galamai
    Jika kita membuang unsur siku-siku saik galamai dalam motif ukiran di bawah, maka akan ditemukan kemiripan unsur dengan pahatan pada candi myson yang ada di Champa. Unsur bunga segi empat ini disebut bungo cino dalam ukiran Minangkabau.
    Ukia ragam kuciang lalok
    Salo manyalo saik galamai
    Latak di pucuak dindiang hari
    Disingok di ujuang paran
    Parannyo ulua mangulampai
    Asanyo di Gudam Balai janggo
    Di dalam Koto Pagaruyuang
    Ukiran Rajo Tigo Selo
    Raja penghulu adalah ketua para penghulu terutama suku Caniago. Raja Penghulu kemudian mendapat gelar Datuk sehingga menjadi Datuk Raja Penghulu. Raja Penghulu merupakan seorang penghulu pucuk, diatas penghulu bawah paruik, penghulu andiko dan penghulu selingkar kaum.
    Bendahara Sakti adalah turunan dari Tuan Titah (Tuan Penitahan) di Sungai Tarab. Dan Tuan Titah sendiri adalah juru bicara dimana perintah raja keluar melalui mulutnya atau dibacakan olehnya. Beliau bergelar Datuk Bendahara Putih, sukunya Caniago. Bendahara Sakti kemudian mendapat gelar datuk pula sehingga menjadi Datuk Bendahara Sakti.
    Sultan Di Langit merupakan sebuah gelar kehormatan dan penyanjungan bagi seorang sultan. Ia dianggap sebagai sultan di langit karena ia menjadi sultan lantaran kedekatannya dengan pesan-pesan langit atau agama. Sultan Di Langit pun memperoleh gelar Datuk sehingga bergelar Datuk Sultan Di Langit atau disingkat menjadi Datuk Tandilangit.
    Ketiga datuk inilah leluhur-lehuhur yang mulia dimata kami.
    berikut nama-nama ibu dari imam2 syiah:
    1. Fatimah binti Asad (ibu Imam Ali)

    2. Fatimah binti Muhammad (ibu Imam Hasan dan Imam Husein)
    3. Fatimah binti Hizam al Qilabiyah (ibu Imam Muhammad al Hanafiyah)
    4. Syahrbanu binti Yazdigard III (kaisar terakhir Persia)
    5. Fatimah binti Hasan bin Ali (ibu dari Imam Muhammad al baqir)
    6. Jaydah al Shindi (ibu dari Imam Zaid bin Ali)
    7. Ummu Farwah (Farwah binti Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar), ibu dari Imam ja’far
    8. Hamidah Khatun (ibu dari Imam Musa al Kadzim)
    9. Fatimah al Hasan, keturunan Imam Hasan (ibu dari Imam Ismail)
    10. Najmah ummul Baniin (ibu dari Imam Ali Reza)
    11. Sabikah (dari Khaizuran) (ibu dari Imam Muhammad at taqi/al jawad)
    12. Sumanah (ibu dari Imam Ali al hadi)
    13. Haditsah/Susan/Salil (ibu dari Imam Hasan Askari)
    14. Narjis/Rayanah/Sayqal/Sawsan (ibu dari Imam Muhammad al Mahdi)
    Tujuh orang dari wanita-wanita ibu para imam syiah ini adalah awalnya budak-budak yang dibeli dan dimerdekakan oleh para Imam.
    Tabel 1. Kerajaan di Indonesia berdasarkan tahun berdirinya
    No
    Nama Kerajaan
    Lokasi Situs
    PerkiraanTahun Berdiri
    1.
    Kerajaan Kandis*
    Lubuk Jambi, Riau
    Sebelum Masehi
    2.
    Kerajaan Melayu Jambi
    Jambi
    Abad ke-2 M
    3.
    Kerajaan Salakanegara
    Pandeglang, Banten
    150 M
    4.
    Kepaksian Skala Brak Kuno
    Gunung Pesagi, Lampung
    Abad ke-3 M
    5.
    Kerajaan Kutai
    Muara Kaman, Kaltim
    Abad ke-4 M
    6.
    Kerajaan Tarumanegara
    Banten
    Abad ke-4 M
    7.
    Kerajaan Koto Alang
    Lubuk Jambi, Riau
    Abad ke-4 M
    8.

    Kerajaan Barus
    Barus, Sumatra Utara
    Abad ke-6 M
    9.
    Kerajaan Kalingga
    Jepara, Jawa Tengah
    Abad ke-6 M
    10.
    Kerajaan Kanjuruhan
    Malang, Jawa Timur
    Abad ke-6 M
    11.
    Kerajaan Sunda
    Banten-Jawa Barat
    669 M
    12.
    Kerajaan Sriwijaya
    Palembang, Sumsel
    Abad ke-7 M
    13.
    Kerajaan Sabak
    Muara Btg. Hari, Jambi
    730 M

    14.
    Kerajaan Sunda Galuh
    Banten-Jawa Barat
    735 M
    15.
    Kerajaan Tulang Bawang
    Lampung
    771 M
    16.
    Kerajaan Medang
    Jawa Tengah
    820 M
    17.
    Kerajaan Perlak
    Peureulak, Aceh Timur
    840 M
    18.
    Kerajaan Bedahulu
    Bali
    882 M
    19.
    Kerajaan Pajajaran
    Bogor, Jawa Barat
    923 M
    20.
    Kerajaan Kahuripan
    Jawa Timur
    1009 M
    21.
    Kerajaan Janggala
    Sidoarjo, Jawa Timur
    1042 M
    22.
    Kerajaan Kadiri/Panjalu
    Kediri, Jawa Timur
    1042 M
    23.
    Kerajaan Tidung
    Tarakan, Kalimantan Timur
    1076 24
    Kerajaan Singasari
    Jawa Timur
    1222 M25
    Kesultanan Ternate
    Ternate, Maluku
    1257 M26
    Kesultanan Samudra Pasai
    Aceh Utara
    1267 M
    27
    Kerajaan Aru/Haru
    Pantai Timur, Sumatra Utara
    1282 M
    28
    Kerajaan Majapahit
    Jawa Timur
    1293 M
    29
    Kerajaan Indragiri
    Indragiri, Riau
    1298 M
    30
    Kerajaan Panjalu Ciamis
    Gunung Sawal, Jawa Barat
    Abad ke-13 M
    31
    Kesultanan Kutai
    Kutai, Kalimantan Timur
    Abad ke-13 M
    32
    Kerajaan Dharmasraya
    Jambi
    1341 M
    33
    Kerajaan Pagaruyung
    Batu Sangkar, Sumbar
    1347 M
    34
    Kesultanan Aceh
    Banda Aceh
    1360 M.
    35
    Kesultanan Pajang
    Jawa Tengah
    1365 M
    36
    Kesultanan Bone
    Bone, Sulawesi Selatan
    1392 M
    37
    Kesultanan Buton
    Buton
    Abad ke-13 M
    38
    Kesultanan Malaka
    Malaka
    1402 M
    39
    Kerajaan Tanjung Pura
    Kalimantan Barat
    1425 M
    40
    Kesultanan Berau
    Berau
    1432 M
    41
    Kerajaan Wajo
    Wajo, Sulawesi Selatan
    1450 M
    42
    Kerajaan Tanah Hitu
    Ambon, Maluku
    1470 M
    43
    Kesultanan Demak
    Demak, Jawa Tengah
    1478 M
    44
    Kerajaan Inderapura
    Pesisir Selatan, Sumbar
    1500-an M
    45
    Kesultanan Pasir/Sadurangas
    Pasir, Kalimantan Selatan

    1516 M
    46
    Kerajaan Blambangan
    Banyuwangi, Jawa Timur
    1520-an M
    47
    Kesultanan Tidore
    Tidore, Maluku Utara
    1521 M
    48
    Kerajaan Sumedang Larang
    Jawa Barat
    1521 M
    Kesultanan Bacan
    Bacan, Maluku
    1521 M
    49
    Kesultanan Banten
    Banten
    1524 M
    50
    Kesultanan Banjar
    Kalimantan Selatan
    1526 M
    51
    Kesultanan Cirebon
    Jawa Barat
    1527 M
    52
    Kesultan Sambas
    Sambas, Kalimantan Barat
    1590-an M
    53
    Kesultanan Asahan
    Asahan
    1630 M
    54
    Kesultanan Bima
    Bima
    1640 M
    55
    Kerajaan Adonara
    Adonara, Jawa Barat
    1650 M
    56
    Kesultanan Gowa
    Goa, Makasar
    1666 M
    57
    Kesultanan Deli
    Deli, Sumatra Utara
    1669 M
    58
    Kesultanan Palembang
    Palembang
    1675 M
    59
    Kerajaan Kota Waringin
    Kalimantan Tengah
    1679 M
    60
    Kesultanan Serdang
    Serdang, Sumatra Utara
    1723 M
    61
    Kesultanan Siak Sri Indrapura
    Siak, Riau
    1723 M
    62
    Kasultanan Surakarta
    Solo, Jawa Tengah
    1745 M
    63
    Kesltn. Ngayogyakarto Hadiningrat
    Yogyakarta
    1755 M
    64
    Praja Mangkunegaran
    Jawa Tengah-Yogyakarta
    1757 M
    65
    Kesultanan Pontianak
    Kalimantan Barat
    1771 M
    66
    Kerajaan Pagatan
    Tanah Bumbu, Kalsel
    1775 M
    67
    Kesultanan Pelalawan
    Pelalawan, Riau
    1811 M
    68
    Kadipaten Pakualaman
    Yogyakarta
    1813 M
    69
    Kesultanan Sambaliung
    Gunung Tabur
    1810 M70
    Kesultanan Gunung Tabur
    Gunung Tabur
    1820 M
    71
    Kesultanan Riau Lingga
    Lingga, Riau
    1824 M
    72
    Kesultanan Trumon
    Sumatra Utara
    1831 M
    73
    Kerajaan Amanatum
    1832 M
    74
    1877 M
    75
    Kesultanan Langkat
    Sumatra Utara
    Republik Indonesia
    Kepulauan Nusantara
    17-8-1945
    …………………………………………………………….
    Dituliskan dalam: Pagaruyung ♦ Sejarah
    1.Adityawarman
    2.Ananggawarman, anak Adityawarman
    3.Dewang Pandan Putowano (Tuanku Marajo Sati I), menantu Ananggawarman
    4.Puti Panjang Rambut I (Bundo Kandung)
    5.Dewang Ramowano (Cindurmato)
    6.Dewang Ranggowano (Sultan Lembang Alam)
    7.Dewang Sari Deowano (Tuanku Marajo Sati II), Yamtuan Bakilap Alam
    8.Dewang Sari Magowano (Sri Raja Maharaja), Yamtuan Pasambahan
    9.Sultan Alif I Khalifatullah
    10.Yamtuan Rajo Gamuyang I
    11.Sultan Ahmadsyah Yamtuan Barandangan
    12.Sultan Alif II, anak Sultan Ahmadsyah
    13.Yamtuan Rajo Bagagar Alamsyah, anak Sulthan Alif II
    14.Yamtuan Rajo Bagewang, anak dari Yamtuan Rajo Pangat I—cicit Sultan Alif I
    15.Yamtuan Rajo Gamuyang II, anak dari Yamtuan Rajo Bagewang
    16.Sultan Zainal Arifin Muningsyah
    17.Yang Dipertuan Patah, anak dari Muningsyah
    18.Sultan Tangkal Syariful Alam Bagagarsyah, anak dari YDP Patah
    ………………………………………………………………………………………………………..
    1.Dt Sri Maharaja kawin dengan Puti Sariputi, beranak dua: Rajo Natan Sang Seto Sangkalo, Dt Suri Dirajo dan Puti Indo Jalito
    2.Rajo Natan kawin dg PR Jani, beranak : PR Kumani
    3.Puti Indo Jalito kawin dg Hyang Indojati Tuan Cati, beranak : PR Jalito, PR Sudah, Dt Sri Maharajo Nan Banego-nego, Puti Reno Mandi, Dt Parpatih nan sabatang, dt katumanggungan, PR Sudi.
    4.Puti Reno Jalito kawin dg Adityawarman, beranak: Ananggawarman, Dewi Reno Dewi Ranggowani
    5.Ananggawarman kawin dg Puti Reno Dewi, beranak : Puti Reno Panjang Rambut I, Puti Reno Selaras Pinang Masak dan Puti Reno Bungsu (Puti Silindung Bulan).
    6.Dewi Reno Dewi kawin beranak : Dewang Pandan Putowano.
    7.Dewang Pandan Putowano (Tuanku Marajo Sati I) kawin dengan Puti Reno Bungsu Silindung Bulan, beranak Puti Panjang Rambuik II.
    8.Puti Panjang Rambuik II beranak : Dewang Pandak Salasiah Banang Raiwano (Dang Tuanku) dan Dewang Ramowano (Cindurmato, lain ayah)
    9.Raiwano kawin dg PR Kamuniang Mego (Puti Bungsu), beranak : Dewang Sari Dewano
    10.Dewang Sari Dewano (Tuanku Marajo Sati II) kawin dg PR Rani Dewi, beranak : Dewang Sari Magowano dan PR Mahligai Cimpago Dewi.
    11.Ramowano (Cindurmato) kawin dg PR Marak Rindang Ranggowani, beranak : PR Rani Dewi dan Dewang Ranggowano.
    12.Dewang Ranggowano (Sutan Lembang Alam) kawin dg PR Maharani, beranak : PR Nalo Nali, PR Nango
    13.Dewang Sari Magowano (Sri Raja Maharaja) kawin dg PR Nalo Nali, beranak : Rajo di Buo III, PR Jalito, Puto Rajo Bawang
    14.PR Nango beranak PR Lenggo Geni dan Puto Buyung Rajo Nasution.
    15.Puto Rajo Bawang kawin dg PR Lenggo Geni.
    16.Banang Sutowano kawin dg PR Jalito, beranak : PR Pomaisuri
    17.PR Mahligai kawin dg Dewang Patualo Sanggowano Rajowano, beranak BPD Sutowano, PR Suto Dewi.
    18.Rajo di Buo III kawin dg PR Suto Dewi, beranak Sultan Alif I.
    19.Sultan Alif I kawin dg PR Pomaisuri, beranak : Sultan Syaiful Aladdin, PR Awan Tasingik, Yamtuan Rajo Kuaso I, PR Sadi, PR Rampiang, Yamtuan Rajo Gamuyang I.
    20.Yamtuan Rajo Gamuyang I kawin dg Puti Andam Dewi, beranak : Yamtuan Rajo Manguyang
    21.Yamtuan Rajo manguyang beranak : Puti Sari Antan, Yamtuan Rajo Gandam, Yamtuan Rajo Pangat I
    22.Yamtuan Rajo Pangat I beranak Yamtuan Rajo Bagewang
    23.Yamtuan Rajo Bagewang kawin dg PR Kumalo, beranak : Yamtuan Rajo Gamuyang
    24.Yamtuan Rajo Gamuyang kawin dg TG Reno Suto (anak dari Rajo Bagagarsyah Alam dg TGR Janggo, anak dari PR Kuniang dg Yamtuan Rajo Pingai, PR Kuniang anak dari PR Baruaci dg Sultan Ahmadsyah, ia bersaudara dg Sultan Alif II), beranak : TG Aluih, Yamtuan Bawang Sultan Alam Muningsyah I dan Yamtuan Alam Perhimpunan.
    25.Sultan Ahmadsyah anak dari Sultan Syaiful Aladin dg Puti Reno Kumalo. Ia bersaudara dg YDP Sari Maharajo I, Yamtuan Arif Badrunsyah, Yamtuan Buyuang.
    26.Rajo Bagagarsyah Alam anak dari Sultan Alif II dg TG Saruaso III. Ia bersaudara kandung dg : YDP Tuanku Rajo Sumpur, PR Duato, PR Jati, TG Saruaso IV.

    27. Yamtuan Muningsyah I kawind g PR Intan, beranak : Muningsyah II (Patah), Yamtuan Pandak Raja Beringin Sultan Alam Muningsyah I, YDR Bakumih
    Dear Syafroni Malin Marajo,
    Assalamua’alaikum..
    Apakah dari silsilah raja-raja tersebut ada yg bergelar atau dikenal dengan sebutan lain “Patih Sebatang”? atau Pak’Syafroni tahu tentang cerita “Patih Sebatang” yang dikenal sebagai saudagar yg menikah dengan putri dayak dan melahirkan kebudayaan Suku Dayak Tomun di Kudangan, Kalimantan Tengah? Mohon refrensinya ya, pak..
    Wassalamu’alaikum..
    Jabat Erat,
    DN Sheera Paninting Tarung
    28. Muningsyah II kawin dg TGR Janji, beranak : Yamtuan Bujang Nan Bakundi, ST Syariful Alam Bagagarsyah, TGR Sori, TG Tembong, YDP Batuhampar,

  67. Sumatra yang terpisah …..dulunya serangkai dengan semenanjung tanah Arab !.

Tinggalkan komentar

Atlantis in the Java Sea

A scientific effort to match Plato’s narrative location for Atlantis

Sembrani

Membahas ISU-ISU Penting bagi Anak Bangsa, Berbagi Ide, dan Saling Cinta

Wirdahanum

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

aawanto

The greatest WordPress.com site in all the land!

Covert Geopolitics

Beyond the Smoke & Mirrors

Catatan Harta Amanah Soekarno

as good as possible for as many as possible

Modesty - Women Terrace

My Mind in Words and Pictures

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.