Tinggalkan komentar

Wakil PM Belanda: Kebangkitan Indonesia Pelajaran Buat Eropa

Laporan dari Den Haag

Wakil PM Belanda: Kebangkitan Indonesia Pelajaran Buat Eropa

Eddi Santosa – detikfinance
Jumat, 07/09/2012 14:00 WIB
Verhagen, Resepsi Diplomatik HUT ke-67 RI (e.santosa/detikcom)
Den Haag - Ekonomi Indonesia kini menunjukkan pertumbuhan sangat mengesankan dengan rata-rata lebih dari 6% per tahun berturut-turut. Dalam masa-masa ketidakpastian saat ini, Eropa dapat belajar dari pengalaman Indonesia.
Demikian disampaikan Wakil Perdana Menteri merangkap Menteri Ekonomi, Pertanian dan Inovasi Maxime Jacques Marcel Verhagen dalam sambutannya selaku tamu kehormatan pada Resepsi Diplomatik dalam rangka HUT ke-67 RI di Wisma Duta, Wassenaar, Rabu malam atau Kamis (6/9/2012) WIB.”Kini ekonomi Indonesia menunjukkan angka-angka pertumbuhan sangat mengesankan, dengan pertumbuhan GDP rata-rata lebih dari 6% per tahun berturut-turut,” ujar Verhagen.

Dikatakan, 14 tahun lalu Indonesia mengalami krisis berat menyusul krisis keuangan Asia. Sekarang beban utang Indonesia telah menyusut dari 150% GDP menjadi kurang dari 25% GDP pada 2011, salah satu terendah di ASEAN.

“That is making most European countries jealous these days. Hal itu membuat sebagian besar negara-negara Eropa saat ini iri,” imbuh Verhagen, yang sebelumnya menjabat Menlu di era Hassan Wirajuda itu.

Menurut Verhagen, dengan prestasinya itu tidak aneh jika Indonesia menjadi pasar luar negeri sangat penting bagi perusahaan-perusahaan Belanda seperti Unilever dan Friesland Campina. Juga tidak aneh bahwa banyak perusahaan-perusahaan lainnya telah mengikuti jejak mereka.

“Itulah pula mengapa Belanda menjadi investor asing terbesar ke empat di Indonesia,” cetus Verhagen.

Pada bagiannya, lanjut Verhagen, Belanda bangga menjadi mitra dagang Indonesia terbesar kedua di UE. Belanda juga merupakan pintu gerbang ke UE, sebagaimana banyak ekspor Indonesia mencapai tujuannya melalui pelabuhan Rotterdam atau Bandara Internasional Schiphol.

Selain itu Asosiasi Eksportir Belanda (Fenedex) menempatkan Indonesian pada ranking ketiga setelah Cina dan India dalam hal ekspektasi pertumbuhan.

“Separuh dari anggota Fenedex memperkirakan akan mencapai angka penjualan lebih tinggi di Indonesia tahun ini,” pungkas Verhagen.

Selain Verhagen, resepsi diplomatik itu dihadiri oleh 400 tamu penting antara lain Ketua Mahkamah Agung G.J.M. Corstens, Panglima AB Jenderal Tom Middendorp, mantan Menlu Bernard Bot, anggota senat dan parlemen, para Sekjen dan Dirjen pemerintahan Belanda, para Dubes negara sahabat, kalangan bisnis dan profesional, serta tokoh masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Verhagen menerima potongan pertama nasi tumpeng dari Dubes RI untuk Kerajaan Belanda Retno LP Marsudi, dengan iringan harapan agar hubungan Indonesia-Belanda tetap mesra dan mendatangkan manfaat bagi rakyat.

Resepsi juga dimanfaatkan untuk mempromosikan Indonesia dengan paket bingkisan bagi para tamu berisi sampel produk dan informasi mengenai Indonesia. Juga top kuliner dalam sajian rijstafel berupa nasi goreng, sate kambing, sate ayam, cendol, gethuk Magelang, lumpia, risoles, ragam minuman dan aneka jajanan pasar lainnya.

Produk-produk dan kelezatan khas kuliner Indonesia yang mengesankan diharapkan dapat membekas dan mendorong orang untuk mengunjungi Indonesia atau restoran-restoran Indonesia di Negeri Belanda dan negara lainnya, terutama negara asal para Dubes negara-negara sahabat.

(es/es)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Towards Emancipation

Freedom, ...our responsiblity.

Catatan Safari ANS

Terlambat Satu Detik Kerugian Satu Milyar

Women Terrace

to say something that i never talk before

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.973 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: