Tinggalkan komentar

Profesor Harvard: Beberapa Umat Kristen Percaya Yesus Menikah

Washington (AFP/ANTARA) – Beberapa orang Kristen awal percaya bahwa Yesus sendiri menikah, ujar seorang profesor Harvard mengatakan kepada Kongres Internasional Studi Koptik ke-10, Harvard Gazette melaporkan pada Selasa.

Profesor Karen King, yang mengajar di Harvard Divinity School, mengumumkan adanya sebuah teks dalam bahasa Koptik kuno yang ditulis di papirus (tanaman air yang dikenal sebagai bahan untuk membuat kertas pada zaman kuno) termasuk kata-kata: “Yesus berkata kepada mereka, istri saya.”

“Tradisi Kristen sudah lama berpendapat bahwa Yesus tidak menikah, meskipun tidak ada bukti sejarah yang dapat diandalkan untuk mendukung klaim itu,” katanya kepada kongres di Roma.

“Gospel baru ini tidak membuktikan bahwa Yesus pernah menikah, namun memberitahu kita bahwa seluruh pertanyaan ini hanya datang sebagai bagian dari perdebatan gencar tentang seksualitas dan perkawinan.

“Dari awal, orang Kristen tidak sependapat tentang apakah lebih baik tidak menikah, tapi setelah lebih dari satu abad setelah kematian Yesus baru mereka mulai mempertanyakan ulang status perkawinan Yesus untuk mendukung posisi mereka,” tambahnya.

Referensi terhadap pasangan hidup di dunia bagi Kristus pasti tidak sejalan dengan apa yang banyak orang Kristen percaya, tetapi keyakinan umum tersebut tidak terdokumentasi, King menekankan.

“Keempat kata yang muncul di fragmen tersebut diterjemahkan menjadi ‘Yesus berkata kepada mereka, istri saya,'” laporan itu melanjutkan.

Kata-kata, yang ditulis dalam bahasa Koptik, bahasa orang Kristen Mesir, berada pada sebuah fragmen papirus dengan besar sekitar 3,8 cm sampai 7,6 cm, katanya.

Sementara beberapa ahli setuju bahwa kata-kata di papirus coklat kekuningan itu autentik, namun, “penilaian akhir (keaslian) fragmen berdasar pada pemeriksaan oleh rekan-rekan dan pengujian lebih lanjut, terutama dari komposisi kimia dari tinta,” menurut King.(yg/ml)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Towards Emancipation

Freedom, ...our responsiblity.

Catatan Safari ANS

Terlambat Satu Detik Kerugian Satu Milyar

Women Terrace

to say something that i never talk before

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.969 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: