19 Komentar

Tentang Film Nabi Yusuf AS di TVRI

FILM NABI YUSUF ‘alaih salam
Diproduksi Setelah 8 Tahun Riset, Menelaah 60 Kitab Tafsir
====================================

Kisah-kisah al-Qur’an yang diangkat ke layar lebar atau dijadikan film tentu bukan pekerjaan mudah. Diperlukan banyak nara-sumber baik kitab-kitab klasik sejarah, tafsir, hadis, serta beragam eksplorasi lainnya.

Pasti yang lebih pelik lagi adalah ketika menukil sumber-sumber hadis yang sahih dan membedakannnya dari hadis-hadis Israiliyyat yang banyak bersileweran dalam berbagai kitab hadis.

Mengutip dari situs http://www.isyraq.wordpress kita bisa melihat betapa seriusnya  penggarapan film ini. Film ini dibuat selama 4 tahun dengan menelan biaya produksi kurang-lebih 70 Milyar Rupiah.

Film besutan /Farajullah Salahsyur/ ini merupakan hasil dari 8 tahun riset di perpustakaan al-Azhar Mesir dan telaah kurang-lebih 60 kitab tafsir disamping kunjungan ke museum /Musée du Louvre/, Paris, lantaran di museum ini, benda-benda purbalaka peradaban kuno Mesir banyak tersimpan.

Untuk memproduksi film ini agar betul-betul mendekati keadaan sebenarnya, di pinggiran kota Teheran, dibangun replika kota “Thebes” (yang selama berabad-abad merupakan ibu kota Mesir Kuno) sebagaimana Thebes yang asli, ada sungai Nil, ada patung Luxor atau Spinx, pahatan-pahatan kuno, dan patung Amenhotep III ayah Amenhotep IV, yang kemudian mengubah gelarnya menjadi Akhenatun setelah menjawab seruan Yusuf menyembah Tuhan Yang Esa.

Kini setelah dua tahun proses pembuatan film Nabi Yusuf as ini, replika kota Thebes itu pun dijadikan sebagai museum oleh dinas pariwisata dan kebudayaan pemerintah setempat.

================================

Selama ini kita mengetahui kisah Nabi Yusuf as ini hanya secara narasi
lewat Al-Quran dan dari buku-buku.

Maka melalui film yang cukup panjang ini … hampir semua kehidupan Nabi
Yusuf dikisahkan secara detil dan ‘hidup’.

Dengan menonton film sepanjang 34 episode ini, kita akan benar-benar
memahami bagaimana beratnya tempaan yang dihadapi oleh Yusuf as yang
harus menghadapi berbagai ujian dan cobaan sehingga akhirnya beliau
dianugerahi derajat kenabian.

Lewat film ini pula keluarga kita, terutama anak-anak kita akan belajar
contoh-contoh nyata akhlak islamiah seperti misalnya bagaimana
senantiasa berlindung dan bergantung hanya kepada Allah SWT, selalu
dekat dengan Allah, menyayangi kaum terlantar, para dhuafa dan
masyarakat yang tertindas.

Satu hal juga yang membuat kita patut kagum dengan produsen film ini,
sebagaimana seharusnya film Islami, film besutan sineas Iran ini tampil
dengan para pemain yang semuanya menutup aurat dengan sopan. Kendati ada
segmen kehidupan Mesir Kuno, di mana para wanitanya bermodel rambut khas
mereka, namun pakaian para wanita ditampilkan tertutup, sehingga sangat
aman kita tonton bersama anak-anak kecil sekalipun.

About these ads

19 comments on “Tentang Film Nabi Yusuf AS di TVRI

  1. sayangnya sekarang udah ga diputerin lagi film nabi yusuf

  2. Salam. Kata Bu Isti nanti tanggal 7 agustus pukul 03.00 sudah bisa tayang kembali. alhamdulillah. kita tunggu kabarnya.

  3. bukannya sudah tidak boleh di tayang lagi oleh MUI?

  4. om bagus..itu tanggal 7 mulai awal Lagi ato di ulang dari awal ya??

  5. om bagus..itu tanggal 7 mulai awal Lagi ato nyambung yg kmaren??

    *hihihi..ralat.. (tired)

  6. iyah yah padahal lagi seru2nya tapi udah ga diputerin lgi kenapa yah…..

  7. kalau mau download dimana ya ? capek sm tvri yang ga konsisten nayanginnya. kadang tayang kadang ga, padahal kan film ini bagus banget. tiap sahur aku tungguin, eh malah ganti cerita lain.

  8. udah telat banyak nich… btw, ada link downloadnya gak?

  9. berarti nti mlam gak tayang dong

  10. oya.. terahir saya liat kmren mlam jm 3’an.. tpi ps mlam takbir dh gak tayang gi

  11. Aduh sayang bgt deh udah ga tayang lg,bener dr mlm takbiran sampe sekarang udah ga tayang lg (tumben banget sengaja bangun jam 3 pagi buat nyetel tvri),klo download ada ga ya subtitle bahasa Indonesia???

  12. MUI terlalu bersikap antipati td Syiah, krn yg memproduksi film ini berasal dr Iran, negara yg penduduknya bermazhab Syiah… sungguh memalkan MUI!!!

  13. putar aja pak, ini kan cuma kisah, semua juga tahu kalo para pemainnya cuman peran pengganti, ndak menghina nabi kok…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Towards Emancipation

Freedom, ...our responsiblity.

Catatan Safari ANS

Terlambat Satu Detik Kerugian Satu Milyar

Women Terrace

to say something that i never talk before

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.962 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: