6 Komentar

Wow, Inikah Gerbang Menuju Situs Purbakala Gunung Padang?

Selasa, 26 Juni 2012, 03:09 WIB

ancientneareast.tripod.com
  

Wow, Inikah Gerbang Menuju Situs Purbakala?
Situs purbakala/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR—Juru kunci Situs Megalit Gunung Padang, di Kecamatan Campaka, Cianjur, Jabar, Senin, mengaku telah menemukan pintu masuk situs yang terletak dibagian timur 40 tahun yang lalu bersama ayahnya.
Dadi (52), juru kunci itu, menceritakan saat usianya 12 tahun, dia sering menemani ayahnya mencari sarang madu lebah liar yang ada di daerah tersebut. Ketika itulah, dia pernah masuk ke dalam perut situs melalui goa yang memiliki gerbang layaknya sebuah rumah.

“Posisinya sejajar dengan teras pertama, di sebelah timur. Ketika itu, rasa penasaran sempat membuat saya nekad untuk masuk lebih dalam, namun ayah saya melarang saya untuk terus masuk ke bagian dalam,” kisahnya.
Ketika itu, ayahnya bercerita perihal pantangan masuk ke bagian dalam situs tersebut karena di dalamnya terdapat harta karun yang berlimpah, namun dijaga beberapa ekor ular besar.

“Sejak saat itu, saya tidak berani melanggar larangan ayah saya itu, termasuk masyarakat di sekitar situs ini. Tidak ada yang berani masuk sekalipun mereka mengetahui gerbang masuk ke dalam situs,” katanya.

Pengakuan Dadi tersebut, membuat tim ahli, dengan menggunakan alat canggih berusaha memindai dari atas altar pertama, tepatnya dari permukaan maupun tebing. Hasil geolistrik dan georadar 3D ditemukan dua pintu masuk dalam lorong. Saat ini, lorong tersebut diupayakan untuk dibuka.

Pemindaian yang dilakukan, memperkuat indikasi keberadaan lorong tersebut. Setelah para geolog bekerja, kata ketua tim ahli, Danny Hilman, selanjutnya pihaknya menyerahkan penelitian selanjutnya ke tim arkeolog.
“Untuk memastikan titik tersebut, kami masih melakukan penelitian, namun kami melihat ada lapukan batuan, sehingga kondisinya labil, sehingga dapat mengakibatkan langit-langit runtuh,” kata Ali Akbar, ketua tim arkeolog.

Sementara itu, beberapa orang arkeolog masih bekerja di lokasi, untuk mencari kebenaran gerbang masuk situs tersebut. Mereka bekerja dengan sangat hati-hati, menggunakan alat sederhana seperti pacul, kuas, untuk membuat kotak ekskavasi.
“Temuan terbaru saat ini, tim telah menemukan tangga yang kondisinya rusak. Diduga tangga tersebut, menuju pintu utama bangunan di perut Gunung Padang,” tandasnya.

Redaktur: Endah Hapsari
Sumber: antara

Ada Pintu Masuk ke Ruangan 10 M2 di Perut Gunung Padang

Jumat, 22/06/2012 – 21:43

CIANJUR, (PRLM).- Keberadaan celah yang ada Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur diyakini merupakan pintu masuk ke bagian perut struktur Gunung Padang.

Hal ini diungkapkan Dr. Pon Purajatnika Ketua Ikatan Arsitek Indonesia yang menjadi bagian Tim Terpadu Riset Mandiri Gunung Padang.

“Kami sudah mencek keberadaan bagian bibir dari celah yang diduga sebagai pintu masuk ke dalam perut struktur gunung padang. Celah ini belum tersentuh oleh penelitian karena masih menunggu proses pemindayan dengan menggunakan geo radar dan geo listrik oleh tim geologi belum selesai,” katanya, Jumat (22/6/12).

Setelah tim geologi selesai, kata Pon, baru akan dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai lorong yang diperkirakan sebagai pintu masuk bersama tim arkeologi. “Tim geologi yang menjadi bagian dari Tim Terpadu Penelitian Mandiri Gunung Padang memastikan telah menemukan ruang di bagian perut gunung padang,” tuturnya.

Anggota tim peneliti lainnya, Erick Rizky meuturkan adanya ruangan di dalam perut Gunung Padang yang berukuran panjang 10 m, Lebar 10 m dan tinggi 10 m dikedalama 25 meter tersebut yang akan diungkap.

“Untuk kepastiannya, kami menunggu hasil data prosesing yang menggunakan survei geolistrik 3-D di atas situs dan bagian tebing sebelah timur . Hasil 3-D akan memperlihatkan struktur disekitarnya yang paling mungkin adalah merupakan ruang kosong(chamber),” ujarnya.

Semua hasil penelitain ini akan ditindak lanjuti oleh para arkeolog yang akan mulai bekerja esok. Tim yang dipimpin arkeolog senor Ali Akbar akan membuktikan semua hasil geo radar dan geo listrik yang telah dilakukan sejak kemarin hingga hari ini. (A-186/A-108)***

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/node/193371

About these ads

6 comments on “Wow, Inikah Gerbang Menuju Situs Purbakala Gunung Padang?

  1. Saya Pon S Purajatnika, Mohon ma’af, bahwa saya tidak pernah memberikan statement perihal ruang dalam gn Padang, karena bukan bidang saya. Mohon kiranya berita tsb diralat. Terimakasih

  2. MUDAHMUDAHAN benar bila di eskapasi secara besar besaran ada bangunan piramid berteras namun sayang semua harapan itu masih jauh terealisasi dengan 1001 macam dalih

  3. dulu piramid bosnia juga banyak orang yang tida prcaya tetapi setelah di gali terbukti keberadaan pirmidnya dan moga moga di sini juga di sit. gn padang ,sadahurip ,lalakonbisaa terbukti dan untuk tahap pertama sit. gn padang dulu di sesuaikan dengan anggaran yang minim

  4. apakah gambar diatas itu asli atau hanya imajinasi

  5. sampai sekarang belum jelas beritanya, sudah berbulan-bulan berita pintu masuk ditemukan. tapi sampai sekarang ga ada bagian isinya yg kelihatan, ga tau deh peneliti masuk ke mana

  6. untuk para peneliti gunakanlah robot robot bila ingin meneliti ruangan ruangan yang ada di piramid gn padang jangan mengandalkan teori yang di reka reka sebab negara negara lain juga bila meneliti sesuatu sering menngunakan robot sebab sekarang hidup di jaman serba modern bukan hanya teori teori doang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan Safari ANS

Terlambat Satu Detik Kerugian Satu Milyar

Women Terrace

to say something that i never talk before

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.977 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: