Tinggalkan komentar

DIALOG Andang Bakhtiar TTG GUNUNG PADANG

Andang Bachtiar

DIALOG TTG GUNUNG PADANG

Q: Ass wr wb, Kang klo boleh saya tau..bidang apa yg Kang Andang dalami..?
A: Sedimentologi dan Stratigrafi
Q: Oh, apa ada hubungannya dngn sejarah..?
A: Saya mempelajari lapisan2 bumi yg “mengubur” peninggalan sejarah. Sebenarnya asal mulanya adlh dlm rangka mencari data poin untuk melengkapi statistik periodisitas (keberulangan) jenis2 bencana tertentu spt gempa bumi, letusan gn api, tsunami, banjir bandang, longsor, dan sejenisnya. Dengan mendata sifat dan umur lapisan2 yg diendapkan di daerah2 tertentu di muka bumi tsb, maka saya akan mendapatkan lebih sedikit ketidakpastian siklus berulangnya bencana yg nantinya dipergunakan dlm mitigasi. Nah, kebetulan dlm riset2 saya dan kwn-kwn 2 th terakhir kami temukan indikasi2 peninggalan2 sejarah (purbakala?) yg terkubur oleh lapisan2 bencana tsb… Disitulah pertautannya!!!


Q: Oh begitu, soalnyaa..dulu saya pernah pelajari sejarah tentang apa yg terjadi d bumi nusantara ini, baik secara spiritual juga melalui pelajaran dari buku2 sejarah+buku lontar.. kalau menurut kang Andang bgmn?..
A: Tidak ada salahnya menggabungkan pengetahuan spiritual untuk mempertajam irisan analisis intelektual. Malah bbrp kali saya bekerja bersama kawan2 yg punya kelebihan untuk menangkap “getaran2″ gelombang dr alam untuk lebih memfokuskan langkah; tp pada akhirnya yg bisa diterima di kalangan akademisi versi mainstream ya hal2 yg bisa dijelaskan secara natural (bukan supranatural); tapi gak masalah juga; yg penting tujuan akhirnya tercapai: kemaslahatan bersama, kesadaran akan adanya budaya (tinggi) terdahulu dan pengetahuan ttg adanya siklus2 bencana, yg dengan itu kita bisa mengantisipasi kejadian berikutnya secara lebih berilmu dan tdk sekedar pasrah, taklid buta belaka…
Q: ..Saya masih ingat klo orang tua saya,termasuk karuhun abdi aya buku/kitab peninggalan yg menceritakan kejadian sblmnyaa juga tentang pulau Jawa/bumi Nusantara..juga tentang gunung padang. Kalau urang sunda bilang gunung Padang itu gunung Sanghyang..ya saya cmn senang membaca dan belajar tentang gejala alam yg sdh terjadi dan akan terjadi..tpi sy pake ilmu spiritual + geologi yg dulu pernah saya pelajari d sekolah + dari orang tua saya..
A: Sippp….kombinasi,..kita gunakan semua resources yg ada di diri kita maupun sekeliling kita u/memahami sunatullah spy bisa jadi berkah,..nah, kalo menurut buku peninggalan tsb bgmn cerita ttg gn Padangnya?
Q: Kerajaan yg ada sblm Masehi, klo d buku tersebut d sebut kerajaan Salaka Kuno..klo mau liat prasati-nyaa ada d sblh Selatan Gunung Padang..letaknya dkt mata air..insya alloh ada peninggalan yg d simpan oleh para karuhun supaya kita bisa belajar tentang apa yg telah terjadi.. Tpi tulisan’a pake huruf sangkrit, bukan palawa/sangsekerta..
A: Saya sdh cek ke daerah Cihandeuleum, 2km arah baratdaya gn Padang, dimana banyak mata-air dan bekas2 bangunan berundak (tapi belum pernah didata oleh Arkenas dan Balai)… Mungkinkah lokasi itu yg dimaksud menyimpan prasasti? Harus dibongkar, krn masih tertutup hutan…
Q: Semua butuh perjuangan, tapi hati2 kalau masuk daerah sana.. kalau bisa nembus sampe ke gua tmpt penyimpanan prasastinya… Diantara gunung Padang sampe ke Cihandeleum ada satu peninggalan juga ada gua,.coba d teliti lagi karna ada bnyk peninggalan yg terpendam..
A: Kami rencanakan mendata daerah tsb dg geolistrik 3dimensi dan juga georadar dan geomagnet, shg minimum dapat bayangan geometri bangunan yg hanya kelihatan bekas2nya di permukaannya saja…mudah2an bisa nampak sesuatu ..sblm kita serahkan ke ahli arkeologinya u/ekskavasi nantinya..
Q: Amin.. ada lagi satu peninggalan di sekililing gunung padang..mudah2an cepet terkuat kebenaran..tentang tanah Jawa..
A: Saya juga dikasi tau 3 orang petapa yg ada di Puncak Gn Padang selama kami survey sd Pebruari kmrn bahwa di daerah ke arah Cihandeuleum tsb ada gua yg ada peninggalan sejarahnya, dan mrk titip pesan kalau menemukan goa tsb tolong temukan juga rangka seorang petapa yg mati disitu,…
Q: Gua tersebut ada d bawah, tdk keliatan kalau tdk d buka dulu.. karna d dlm gua tersebut ada artefak peninggalan zaman kuno, juga tulisan yg seperti ada d Mesir.. tpi agak berbeda..gua tersebut agak luas dan dalam.. Peninggalan gunung padang kaitannya sampe ke daerah Ciwidey..kang
A: Ok, mudah2an info2 tsb dpt kita telusuri. Keep in touch.

Tinggalkan Balasan

Catatan Safari ANS

Terlambat Satu Detik Kerugian Satu Milyar

Women Terrace

to say something that i never talk before

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.977 pengikut lainnya.

