7 Komentar

Telaah Historis Gerakan Ratu Adil di Jawa

Telaah Historis Gerakan Ratu Adil di Jawa

Oleh Santri Ciganjur

Selama abad ke-19 dan awal abad ke-20 di Indonesia terus-menerus timbul pemberontakan, kerusuhan, kegaduhan, brandalan dan sebagianya, yang semua itu cukup menggoncangkan masyarakat dan pemerintahan waktu itu. Peristiwa-peristiwa itu terutama sekali banyak terjadi di daerah pedesaan. Gerakan yang hampir terjadi tiap tahun ini mengambil bentuk radikal yang ditimbulkan oleh ajaran-ajaran mesianistis atau mileranistis dan juga dengan pandangan eskatologi yang bersifat revolusioner. Sebagai aktifitas kolektif, gerakan sosial yang didukung oleh rakyat bawah—meski pemimpin mereka kebanyakan dari kalangan elit— bertumpu pada semangat yang sama, yakni mengadakan perubahan demi perbaikan kehidupan.

Motivasi dan Bentuk

Motivasi yang melatari tindakan radikal itu bisa bervariasi, begitu pula dengan bentuk-bentuk gerakan yang mereka jalani. Gerakan mesianistis paling tua terkenal dengan apa yang disebut Pemberontakan Diponegoro (yang lebih dahulu) pada sekitar tahun 1720.[1] Selama abad ke-19 gerakan semacam ini tersebar luas ke seluruh daerah Jawa dan muncul dalam wajah yang beragam. Dalam pertengahan pertama dari abad itu secara berurutan gerakan itu muncul secara lokal, dan tercantum dalam laporan tertulis sehingga jelas menunjukkan bahwa harapan-harapan mesianistis di kalangan rakyat merupakan faktor yang penting di mata pemerintah. Sifat nativistis dari gerakan itu tercermin dalam harapan-harapannya akan kembalinya kerajaan pribumi. Selama pertengahan kedua abad ke-19 ide mesianistis semakin tampak.

Sartono Kartodirdjo menjelaskan, perkembangan yang telah dicapai dalam tahun 1880-an mengisyaratkan bahwa gerakan kegamaan berusaha membenarkan aspirasi-aspirasi politik. Di satu pihak ada rasa ketersingkiran politik, dan di lain pihak memperkuat kembali tradisi. Mayoritas keum elite agama, yang sudah kehilangan hak-hak mereka di bidang politik, bertindak sebagai sebagai kelompok protes, yang menantang lembaga-lembaga baru.[2] Kehadiran lembaga dan suasana kehidupan baru, tentu akan memicu banyak reaksi manakala isi yang dibawanya tidak aspiratif terhadap kebutuhan masyarakat. Akibatnya, kebangiktan kebali tradisi, baik berlatar agama maupun kultur setempat, menjadi hal yang lumrah, guna menekan dan meminimalisir terjadinya alienasi serta ketertindasan rakyat bawah.

Dalam segi-segi keagamaan, gerakan ini selalu menyertakan unsur-unsur nativistis, kehidupan kembali mitos-mitos lama atau suatu kerinduan terhadap kembalinya zaman keemasan pada masa lampau. Kerinduan rakyat untuk menemukan kembali zaman keemasan yang mistis itu, ditunjukkan dalam ramalan-ramalan mesianistis, dan rakyat melahirkan rasa dendamnya terhadap pemerintah asing, serta keinginan mereka untuk mengusirnya tergambar dalam penghidupan kembali harapan-harapan mereka akan kedatangan Ratu Adil. Tetapi harapan-harapan itu selalu mengandung diagnose terhadap keburukan kehidupan sosial dan ekonomi yang telah mencekik penduduk pedesaan.

Gerakan di Jawa

Pada tahun 1903 seorang kiai dari desa Samentara di Kabupaten Sidoarjo, bernama Kasan Mukmin, mulai bertindak sebagai orang yang menerima wahyu dan mengaku sebagai pejelmaan Imam Mahdi yang akan mendirikan sebuah kerajaan baru di Jawa. Ia berkhotbah bahwa perang jihad akan diumumkan untuk melawan pemerintah belanda. Sebelum memproklamirkan diri sebagai juru selamat, Kasan Mukmin telah mengumumkan sekelompok pengikut di sekelilingnya. Ia membagi-bagikan jimat dan menyatakan bahwa ia memiliki kekuatan untuk menyembuhkan penyakit. Tetapi pengetahuannya tentang ajaran Islam tampak kurang, sedangkan menurut penasehat Belanda, “pengetahuanngelmu-nya tentang masalah-masalah Islam sangat meragukan.”[3]

Berlatar belakang sebagai seorang santri dan punya koneksi dengan beberapa orde tarekat, Kasan memobilisir sekaligus meyakinkan pengikutnya akan kemenangan terhadap senapan-senapan Belanda. Di samping dimodali kepercayaan akan kesaktian tertentu, misalnya kekuatan kebal peluru, mereka juga ‘dihibur’ oleh kenikmatan surgawi jika memang harus mati di medan petempuran. Karenanya, tak perlu khawatir untuk meninggalkan anak-istrinya, mereka akan terpelihara.

Menurut rencana semula, pemberontakkan akan dilaksanankan pada hari Minggu 29 Mei atau Ahad Legi 14 Maulud, kemudian diajukan pada hari Jumat  tanggal 27 Mei  bertepatan dengan Grebeg Mauud, yaitu perayaan hari kelahiran Nabi. Singkat cerita, melalui ritus dan penggunaan simbol-simbol khusus, rombongan yang kurang lebih bejumlah seratus orang tersebut akhirnya bertempur sengit dengan Bupati Sidoarjo. Pertempuran berakhir singkat, dan dalam kondisi ketakutan para pemberontak melarikan diri untuk menghindari tembakan dari pasukan pemerintah. Dalam pertempuran itu residen menderita luka-luka dan meninggalkan korban sejumlah 40 orang mati dan 20 orang laiinnya luka-luka. Sejumlah orang yang dicurigai dan pemberontak yang dikenal, ditangkap.Kasan Mukmin sendiri akhirnya terbunuh karena menolak untuk ditawan. Jumlah orang yang ditawan ada 83 orang.[4]

Gerakan mesianisme pada masa berikutnya munsul pada tahun 1907 di desa Bendungan wilayah Kabupaaten Berbek di Karesidenan Kediri. Pemimpin dari gerakan ini bernama Dermodjojo, seorang petani kaya dari desa Bendungan yang berusia 60 tahun. Di samping tersebar di  masyarakatnya bahwa ia punya cerita ajaib di masa kelahirannya, ia juga termasuk seorang santri tekun yang berkeliling untuk menimba ilmu dari beberapa pesantren dan Kiai.[5]

Belum diketahui secara pasti kapan gerakan ini dimulai. Tapi yang jelas, setelah Dermodjojo memproklamirkan dirinya sebagai ratu adil. Ia bermimpi telah ditakdirkan untuk menjadi Ratu Adil, dan hal ini diperkuat dengan cerita-cerita orang lain yang memimpikan dia akan menjadi tokoh pejuang ideal tersebut. Proklamasi Dermodjojo sebagai Ratu Adil terjadi pada bulan Januari 1907, yaitu ketika diadakan perayaan untuk menyambut pengumumannya itu yang jatuh pada tanggal 23 bulan Besar (bulan Jawa). Sesudah itu ia banyak melakukan indroktrinasi kepada para pengikuutnya tentang kepercayaan bahwa Tegog dan Semar akan darang untuk membebaskan rakyat. Dua tokoh ini membawa air titra wilayat yang dapat menghidupkan orang yang telah meninggal. Kepercayaan ini ternyata kian memperkuat para pengikut Dermodjojo melancarkan serangan terhadap musuhnya.

Setelah tersiar berita bahwa Dermodjojo sedang menggalang pengikut untuk merencanakan pemberontakan, maka pada 29 Januari bupati Ngajuk bersama-sama sepasukan polisi bergerak menuju ke desa Bendungan untuk kemudian mengepung rumah Dermodjojo. Tidak kurang dari satu hari, pemberontakkan segera padam, dengan kekalahan di pihak Dermodjojo beserta para pengikutnya. Dermodjojo beserta 19 anak kandungnya, dan 49 orang ditawan, serta 9 orang lainnya luka-luka.

Sepertinya pemberontakkan yang dikomandoi Dermodjojo tidak sebatas dijiwai oleh perasaan tidak puas dari pihak rakyat pedesaan, melainkan juga hasil ketaatan membabibuta para pengikut yang mempecayai mitos keistimewaan dan keratu-adilan Dermodjojo.

Gambaran lain yang mirip dengan gerakan mesianisitis ini juga dapat dilihat dalam Peristiwa Dietz, yaitu suatu gerakan mesianistis yang dipimpn oleh orang yang bernama Dietz. Kemunculannya sekitar tahun 1918 dengan sepektrum pengaruh di kawasan Jawa Tengah. Ia mengaku sebagia satu-satunya putra Ratu Kedaton, permaisuri Sultan Yogyakarta yang telah wafat, Hamengkubuwono V. Sebagaimana gerakan sebelumnya, ia pun mengaku dirinya sebagai Ratu Adil dan calon pemegangn tahta di Yogyakarta.

Meluasnya gerakan ini ke seluruh daerah Jawa Tengah Selatan diikuti oleh meluasnya tentang kepemimpinannya sebagai juru selamat, dengan segala ajaran dan petuah-petuahnya kepada rakyat. Di daerah surakarta misalnya, tersebar berita bahwa pewaris kesultanan sebenarnya adalah Pangeran Surjengalogo yang meninggal beberapa tahun sebelumnya, tetapi ia telah menjelma kembali ke dalam diri Gusti Muhammad Herucokro sebagia Ratu Adil penyelamat umat. Tidak ada catatan mengenai aktivitas dan tindakan dari gerakan ini secara terperinci, hanya bisa disebutkan bahwa ketika ia tiba di Surakarta ia disambut oleh dua ribu orang, dan ada pengerahan tenaga dari Yogyakarta sebanyak dua ratus orang, dan dua ratus lima puluh orang lainnya dari tempat lain yang pernah ipekerjakan dalam pembangunan istana.

Gerakan mesianis lainnya dapat disebutkan misalnnya, gerakan Nur Hakim dan Malangjuda, yang terjadi berturut-turut 1870-1875 dan 1885-1886. Hampir bersamaan dengan gerakan tersebut, terdapat gerakan Ratu Adil yang meletus di daerah lain yang terenal dengan peristiwa Amat Ngisa. Di daerah Banyumas, gerakan-gerakan semacam ini juga muncul sekitar tahun 1920, di antaranya timbul dua buah gerakan mesianistis yang dapat dikatakan menonjol pada waktu itu. Yang pertama terjadi pada tahun 1919, dengan munculnya seorang pemimpiin agama dari Prembun yang bernama Amadkosdi, dengan mengambil gelar Ratu Gambiranom, dan mengajarkan dan menganjurkan perang melawan orang kafir. Gerakan itu antara lain dilakukan dengan mengadakan penyerangan terhadpa orang-orang Cina di Sidorejo dengan pengikut 50 orang. Gerakan kedua dipimpin oleh Muhammad Sirad yang memproklamasikan diri sebagai Imam Mahdi. Latar belakang gerakan ini upanya lebih dititikberatkan kepada dua hal; pertama, penolakannya terhadap lumbung padi, dan kedua penolakannya untuk mengakui perkawinan menurut tata cara Islam yang resmi. Sifatnya yang demikian itu menggambarkan suatu kecenderungan yang kuat tentang rasa kebenciannya terhadap golongan atau suatu lembaga yang sangat kuat kedudukannya dalam masyarakat, di samping itu juga mencerminkan agitasi yang diarahkan untuk menentang pembagian kemakmuran yang tidak merata.[6]

Alhasil, dari pemaparan di atas dapat ditarik pelajaran bahwa gerakan pemberontakan baik yang bercorak kultural maupun politik telah menjadi bagian menyejarah dalam kehidupan Nusantara. Ketidakpuasan atas kondisi, serta sistem asing yang mengalienasi masyarakat mau tidak mau telah membangkitkan jiwa rakyat untuk bergerak melawan demi terlepas dari keterpurukan. Memang, legitimasi kepemimpinan boleh dipandang bersifat ‘manipulatif’ dan mungkin juga politis, tapi yang lebih penting dari itu adalah semangat perubahan secara progresif meskipun dimulai dari hal yang sangat lokal dan tradisional. (bieb)

Daftar Bacaan Bacaan

Marwati Djoened Poeponegor dan Nugroho Notosusanto, Sejarah Nasional IV, 1990, Jakarta: Balai Pustaka

Sartono Kartodirdjo, Pemberontakan Petani Banten tahun 1888: Kebangkitan Kembali Agama, dalam Islam di Asia Tenggara, 1989, Jakarta: LP3ES

Abdurrahman Wahid, Mahdiisme dan Protes Sosial, Jurnal Prisma, Januari 1977

______________, Penafsiran Kembali Ajaran Agama: Dua Kasus dari Jombang, Jurnal Prisma, April 1978


[1] Marwati Djoened P dan Nugroho N, Sejarah Nasional IV, 1990 (Jakarta: Balai Pustaka), h. 306, merujuk tulisan J. Brandes, Iets over ouderen Dipanegara in verband met een prototype ven de voorspelling ven jayabaya, TBG, Jilid XXXXXII (1889), h. 268-430.

[2] Sartono Kartodirdjo, Pemberontakan Petani Banten tahun 1888: Kebangkitan Kembali Agama, dalam Islam di Asia Tenggara, 1989 (Jakarta: LP3ES), h. 218

[3] Marwati Djoened P dan Nugroho N, Sejarah Nasional IV, h. 313, merujuk catatan Snouck Hurgronje, appendix dari Laporan Residen Surabaya, tanggal 10 juni 1904, no. 189/Geh.

[4] Ibid, h. 315-316

[5] Ibid, h. 318

[6] Ibid, h. 321-322

(Sumber: http://www.pesantren-ciganjur.org/page.php?lang=id&area=Zmlyc3RfcGFnZQ%3D%3D&lks=ZGluYW1pY0RldGls&cid=NA%3D%3D&idNya=488)

2 Responses to “Telaah Historis Gerakan Ratu Adil di Jawa”

  • Kalfatar:

    SISTEM EKONOMI SUNDA GLOBAL STAMO~3012
    —————————————————–
    MANDALAJATI NISKALA Seorang Filsuf Sunda Abad 21
    Menjelaskan Dalam Buku SANG PEMBAHARU DUNIA DI ABAD 21,
    Mengenai Ekonomi Global Stamo~2013
    Dan Kesejahteraan Umat Manusia
    —————————————————–
    Inilah cuplikannya:
    —————————————————–

    Kelengkapan pemahaman dalam berbagai cabang ilmu hanyalah merupakan dampak logis dari pendalaman filsafat yang fitrah dan wiwitan. Demikian sebuah istilah “Weruh disewu anu saestu” merupakan kompetensi yang digambarkan Sang Prabu Siliwangi terhadap manusia yang dikaruniai aneka macam kecerdasan alam .
    Kondisi seperti itu hampir melekat pada sosok Mandalajati Niskala .
    Sebuah teori ekonomi Sunda “STAMO 2013” ditemukan dan digali oleh beliau pada tahun 2002. Ini tak lain berupa sistem ekonomi global yang akan dihadirkan bagi peruntukan abad 21 ke depan.

    Digali oleh Mandalajati Niskala untuk dipersembahkan kepada “Sang Khalifah Ratu Adil” dalam mewujudkan kesejahteraan umat manusia diseluruh Dunia.
    Lagi-lagi ini bisa membuat para ekonom tercengang, karena beliau begitu cemerlang merekonstruksi kesalahan cara berfikir. Melalui Stamo 2013 nampaknya Mandalajati Niskala akan membatalkan seluruh teori ekonomi yang saat ini berjalan dipermukaan Bumi.

    Stamo 2013 yang tadinya sangat dirahasiakan karena waktunya belum tiba, di tahun 2008 beliau memprintout dalam jumlah cukup, berupa Selayang Pandang STAMO 2013 dan menyebarkannya kepada banyak pihak, dengan maksud, beliau hendak mengecek kepekaan para tokoh dan para akhli, yang skaligus beliau menghadirkan stimulasi kearah berfikir mendeka.

    Sayang para tokoh Sunda, yang notabene banyak para akhli tak mampu mengejar ketertinggalan dari melesatnya sulur buah fikiran Mandalajati Niskala.
    Jujur saja saat ini banyak yang mencuplik Stamo 2013 dan ada indikasi dijalankan orang, namun nampaknya pada takut karena Mandalajati Niskala mengeluarkan peringatan keras berupa ancaman Tuhan.
    STAMO 2013 merupakan Sistem Ekonomi Global yang dilahirkan oleh Sunda bagi kepentingan umat manusia.

    Banyak hal yang mendasari dilahirkannya system ekonomi ini, sebab system ekonomi baik kapitalis maupun sosialis telah gagal mewujudkan amanah kehidupan dalam menghadirkan keadilan ekonomi yang mengakomodir semua kepentingan terutama masyarakat dunia.
    STAMO 2013 disusun berdasarkan rasa kemanusiaan dengan mempertimbangkan hal yang fitrah dan sangat esensi dalam tuntutan kehidupan manusia itu sendiri. Banyak faktor yang menjadikan pertimbangan logis bahwa STAMO 2013 tersebut harus dilahirkan oleh Sunda, untuk kepentingan seluruh umat manusia.

    Dibawah ini adalah cuplikan dari Selayang Pandang STAMO 2013 yang dikeluarkan oleh Mandalajati Niskala tahun 2009:
    ………………………………………………………………………
    ……………………………………………………………………dst.
    Pertama: Manusia Sunda menyadari; bahwa dirinya diberkati cara berfikir benar yang terpatri pada setiap diri; bahwa Tuhan YMK-lah yang menjadi penyebab segala sesuatu menjadi ada. Demikian pula menjadi tujuan Sang Pencipta; keberadaan, kesetimbangan, keadilan dan kesejahteraan kehidupan Bumi dapat terwujud. Manusia sebagai khalifah diberi mandat untuk mengelola keberadaan kesetimbangan, keadilan dan kesejahteraan Bumi sesuai dengan tujuan Tuhan YMK menciptakannya.
    Semuanya dimaksudkan agar seluruh kehidupan di Bumi ini, menghamba dan bersyukur kepadaNya.

    Kedua: Sunda menyadari bahwa dalam mengelola kehidupan selalu mengawali dengan cara berfikir filosofi sampai pada titik akar masalah. Cara berfikir yang demikian akan menemukan sesuatu, mencapai titik fitrah sesuai dengan yang ditetapkan Tuhan YMK. Cara berfikir fitrah seperti ini dipandang oleh Sunda; Bahwa segala sesuatu itu, telah melalui ”pertimbangan hakekat” hingga mencapai titik benar sebagai sebuah keputusan yang maslahat bagi kehidupan seluruh manusia dan alam sekitarnya.

    Ketiga: Pada prinsipnya bahwa Tuhan YMK memberikan segala kekayaan yang ada di Bumi ini untuk seluruh manusia. Para pemimpin dimanapun di Bumi ini memiliki tugas memberdayakan dan mengatur sistem keadilan dan kesejahteraan untuk dinikmati oleh seluruh manusia sesuai keinginan Sang Pencipta. Sunda memiliki akar filsafat yang mengacu pada prinsif ini.

    STAMO 2013 singkatan dari ”Sistim Tribanda Aset Masyarakat Otomatis 2013”. Merupakan sebuah sistem keadilan ekonomi yang disusun berdasarkan hal-hal di atas.
    Kita semua mengetahui, walaupun secara hakekat bahwa seluruh kekayaan bumi diperuntukan dan menjadi milik seluruh masyarakat atau seluruh manusia, namun secara syariat dibutuhkan sebuah Sistem pemanfaatan yang mendekati rasa keadilan.
    STAMO 2013 melahirkan sebuah sistem keadilan dengan membagi aset ekonomi kepada tiga pihak secara otomatis dengan pembagian aset yang sama besar. Seluruh ketentuan dan rincian yang mengatur ketiga pihak ini tertuang dalam KITAB STAMO 2013.
    ……………………………………………………………………………………
    ……………………………………………………………………………………dst.
    Kegiatan ekonomi tidak bisa terlepas dari kebutuhan yang menjadi tuntutan kehidupan manusia; STAMO 2013 akan menimbulkan loyalitas pasar dan Solidaritas pasar yang datang dengan sendirinya; sebab sistem ini dianggap oleh masyarakat Dunia merupakan sebuah sistem keadilan ekonomi yang akan memberi jaminan kasetimbangan kekayaan kepada seluruh manusia di bumi ini.

    Sisi lain bangkitnya sentimen pasar seperti ini tidak akan bisa dicegah, sebab seluruh manusia menyadari bahwa haknya terfasilitasi oleh STAMO 2013. Ini menjadi alasan logis bahwa seluruh produk yang menggunakan lebel STAMO 2013, akan dikonsumsi oleh masyarakat Dunia, sebab masyarakat menyadari bahwa pada produk-produk tersebut terdapat sepertiga aset yang menjadi milik masyarakat.
    Walaupun STAMO 2013 tidak akan mengatur sebuah sistem pasar, namun sentimen pasar yang berpihak kepada STAMO 2013 akan tercipta dengan sendirinya dan STAMO 2013 otomatis akan menjadi ”Brand Image” atau ”Legal Brand” milik pasar atau milik masyarakat yang tidak akan tergoyahkan oleh sistem pasar manapun.

    Beberapa pihak mencoba menterjemahkan Ratu Adil namun tidak pernah berhasil. Sistem sosialis pasca Kemerdekaan RI tidak berhasil menterjemahkan makna Ratu Adil, sekalipun Soekarno sebagai Presiden pertama sering mendengungkannya; Demikian pula bersamaan dengan itu sistem kapitalis melalui Westerling merebut gelar Ratu Adil dengan mendeklarasikan Angkatan Perang Ratu Adil; Juga tidak berhasil. Sebab kesemuanya menterjemahkan Ratu Adil dalam kepentingan politik dan kekuasaan, yang saling menghancurkan antara Kapitalisme dan Sosialisme.
    Ratu Adil yang benar adalah sebuah sistem yang mampu memfasilitasi atau mengakomodir seluruh kepentingan bagi keadilan yang tidak ada batas. Itulah yang dimaksud oleh KITAB STAMO 2013.
    …………………………………………………………………………………………
    …………………………………………………………………………………………dst.
    Kendati kita memahami bahwa Sunda dengan Sistem Tri Tangtu Di Buana yang merupakan Tatanan Fitrah telah menemukan titik akhir dari tiga cita-cita perjalanan hidup manusia di alam Dunia, yaitu:
    Keluhuran Derajat Kehidupan sebagai wujud dari nilai-nilai LOGIKA ,
    Kelungguhan Martabat Kemanusiaan sebagai wujud dari nilai-nilai ETIKA dan
    Keluhungan Adat Budaya sebagai wujud dari nilai-nilai ESTETIKA .
    Kini semua itu hanya menyisakan cerita dan manuskrif-manuskrif yang sarat akan Sandi Rahasia dan tidak gampang untuk dibaca serta dipetakan kembali dalam kehidupan (Sunda = Sandi yang terpetakan).
    Kunci kunci untuk melakukan pemetaan atau merekonstruksi ketiga nilai di atas diselimuti oleh Rahasia Rasa yang terpetakan dalam Filsafat Puragabasa, yang senantiasa hidup pada fitrah setiap diri manusia namun sulit untuk disadari.
    Ini menjadi sebuah keunikan tersendiri dimana Sunda yang sangat fitrah ini, secara system memiliki apa yang disebut Logika Rasa .

    Sangat dibutuhkan beberapa aspek penting dan kompetensi khusus dimana seseorang mampu menyeruak Sandi Rahasia dan menemukan apa yang menjadi hasanah kekayaan Sunda; Selain dibutuhkan kecukupan waktu, pemahaman Filsafat Puragabasa, juga metoda lainnya yang berhubungan dengan Logika Rasa mutlak dibutuhkan.
    Disiplin ini sangat berbeda dengan metodologi umum lainnya yang kita kenal sebagai metoda ilmiah seperti yang sekarang banyak dilakukan orang.

    Esensi dari STAMO 2013 merupakan hasil penjelajahan memasuki Rahasia Rasa yang merupakan hasanah kekayaan Sunda yang ditemukan kembali; yang sebelumnya diawali dengan sebuah statement diri bahwa: Segala temuan hasanah kekayaan Sunda, bagi para pelaku penjelajah Rahasia Rasa seperti saya, tidak boleh memiliki niatan apa yang ditemukannya itu untuk dikuasainya.
    Untuk hal tersebut di atas sejak tahun 2002, temuan STAMO 2013 saya selamatkan sebagai amanah Sunda dan tidak tergiur dengan bujukan uang puluhan miliar untuk dijual ke Negara Tetangga. Di sisi lain sayapun tidak khawatir muatan-muatan STAMO 2013 akan dijiplak Negara lain; karena ternyata berbagai system yang dimiliki oleh Sunda telah dilengkapi oleh sebuah Proteksi Rahasia yang Sakral dan sangat ampuh, yaitu yang namanya Supata Sunda atau Supata Indung.

    Kesimpulannya siapapun yang menjiplak STAMO 2013 untuk kepentingan sendiri dan keserakan, pasti tidak akan bisa mulus, karena Sistem ekonomi ini sangat fitrah mengikuti hukum-hukum alam yang mendapatkan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

    STAMO 2013 adalah sebuah hasanah kekayaan Sunda, yang merupakan Sistem Ekonomi Fitrah; memiliki kesanggupan untuk mewujudkan keadilan ekonomi Dunia, yang manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh umat manusia di seluruh Dunia.
    Keadilan yang “maha besar” ini dilakukan serta merta secara otomatis, dan hanya merupakan dampak dari keadaan bahwa Sistem Sunda hakekatnya; MENGGUMULUNG dalam KOKOPAN sifat-sifat Sang Pencipta Yang Maha Besar dan Maha Adil.
    Dari keadaan seperti ini tak heran manusia Sunda berenang-renang dalam hasanah kekayaan filsafat kehidupan, kemudian yang ditemukannya juga selalu orsinil pada kadar yang sangat esensial, integral, universal dan sistemik yang holistik mengikuti sifat-sifat Qudrat dan Irodat Tuhan.
    ……………………………………………………………………………
    …………………………………………………………………………… dst.

    —————————————————–
    Naskah ini dicuplik dari Editing Penulis.
    Judul Buku: SANG PEMBAHARU DUNIA DI ABAD 21
    Sub Judul: “SERIBU JABANGTUTUKA SUNDA”
    Serial: “Jabangtutuka 1 Mandalajati Niskala”
    Tebal Buku 200 Halaman, Jilid Lux, Harga Rp 30.000,-
    Mulai beredar di toko buku bulan Maret 201
    —————————————————–

    Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.
    Naskah ini dikirim oleh : Kalfatar

  • Kalfatar:

    SOSOK MANDALAJATI NISKALA

    Mandala Jati Niskala adalah tokoh Filsafat Sunda Abad 21
    Lahir di Bandung, Usia 54 tahun.

    Penemuan penting:

    1)STAMO~2013, Sebuah Sistem Tribanda Aset Masyarakat Otomatis.
    Ditemukan tahun 2002, berupa SISTEM EKONOMI SUNDA YANG FITRAH,
    yang akan dipersembahkan kepada SANG RATU ADIL, sebagai alat untuk mensejahterakan umat manusia di seluruh Dunia.

    2)Menemukan Aksara Sunda Talahawa sebagai wujud “CICIREN JAMAN”,
    Sunda menepaki sejarah peradaban Abad 21.
    Keistimewaan Aksara Sunda Talahawa: Indah menawan, bentuknya dinamis,
    sarat makna filosofis, lancar belajar TULIS BACA cukup hanya membutuhkan
    waktu satu jam

    3)Menemukan Rahasia Sastra Jendra Hayu Ningrat Pangruwating Diri,
    sebagai kunci untuk menyingkap berbagai RAHASIA DUNIA.

    4)Menemukan HAKEKAT DIRI serta RAHASIA HIDUP & RAHASIA MATI

    5)Menemukan banyak hal yang berhubungan dengan Filsafat, Spriritual dll.
    ———————————————————————————————
    ~Kalfatar

    http://baruga.mahafatna.com/telaah-historis-gerakan-ratu-adil-di-jawa/

About these ads

7 comments on “Telaah Historis Gerakan Ratu Adil di Jawa

  1. BANDUNG tidak banyak diceritakan.
    BANDUNG disembunyikan oleh berbagai macam kepentingan,
    tapi BANDUNG akan mengungkap banyak cerita.

    Bandung sebenarnya SEBAGAI IBUKOTA DUNIA.
    Bandung sebagai SURALAYA PUSAT PARAHYANGAN.
    Bandung sebagai Sunda Pura dgn keraton Sri Bima Punta Narayana Madura Suradipati.
    Bandung sebagai pusat kedudukan Para Khalifah & Maha Raja Pemimpin Seluas Bumi.
    Bandung sebagai PUSAT PEMERINTAHAN RATU ADIL
    (Bani Israil & Yahudi sangat menjaga rahasia ini karena mereka ingin merebut & menguasainya)

    Batas Keraton Sri Bima Punta Narayana Madura Suradipati, yaitu:
    Batas Utara yaitu JALAN SILIWANGI
    Batas Barat yaitu SUNGAI CIKAPUNDUNG
    Batas Selatan yaitu REL KERETA API
    Batas Barat yatu JALAN DAGO.

    Bagian Selatan dari Wilayah Keraton adalah KEBUN RAJA.
    Bagian Utara Barat dari Wilayah Keraton adalah KEBUN BINATANG, MERUPAKAN TAMAN SARI.
    Pusat Keraton adalah DI INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG.

    INILAH SATU~SATUNYA TEMPAT TERPENTING DI DUNIA, karena tempat ini sebagai Pusat Pemerintahan Khalifatulfilard sejak jaman Nabi Adam hingga Para Maha Raja yang memiliki cakupan seluas Bumi.
    Dalam waktu dekat akan muncul di Bandung “Manusia Sakti” yang diberi gelar Sang Heru Cakra atau Ratu Adil yang akan memimpin wilayah Bumi.

    Sebaiknya konfirmasikan kepada Tuhan Sang Maha Kuasa, agar anda meyakininya berkat petunjuk dan hidayahnya.

    JIKA ANDA MERASA KAGET, SAYAPUN ADALAH ORANG YANG LEBIH DULU MERASA KAGET.

    Terima kasih
    Embah Jambrong

  2. I can understand that the information from the Embah Jambrong, is invaluable.
    I am very interested to wait and see.
    Indeed Bandung is where I suspected from the first.
    Ratu Adil is a powerful man who can unite the world.

  3. Informasi dari Embah Jambrong sangat berharga, namun juga sangat mengagetkan karena Bandung sebelumnya tidak banyak diceritakan, terutama yang berhubungan dengan Ratu Adil.

    Kebetulan kuliah di salah satu kampus di Jl Taman sari. Setelah saya tanya ke beberapa pihak yang memahami mengenai spiritual, memang daerah yang digambarkan oleh Embah Jambrong merupakan daerah yang sakral dan penuh misteri.
    Apa jadinya nanti?
    Tentu saja akan sangat menggoncangkan Dunia.
    Dan saya percaya.

  4. Di Selatan Tangkuban Paraha ada TEMPURAN SUNGAI YANG HILANG.

    Sungai yang membelah dua kemudian bertemu kembali, bisa disebut TEMPURAN SUNGAN atau SUNGAI YANG BERADU atau SUNGAI YANG BERTEMPUR.

    Ada Sungai yang membelah Kota Bandung yaitu SUNGAI CIKAPUNDUNG dan membentuk tempuran sungai seperti di atas.
    Diantara BELAHAN dan TEMPURAN membentuk pulau.
    Tempuran tersebut dihilangkan sehingga pulaunyapun menjadi hilang.
    Pulau tersebut berada di TAMAN SARI, sehingga pulau itu dinamakan PULAU SARI.
    TEMPURAN dan PULAU SARI yang hilang itu, masih menyisakan nama yaitu DAERAH PULAU SARI di Jl Taman Sari Bandung, di tepian Sungai Cikapundung.
    Kita sangat memahami bahwa istilah TAMAN SARI merupakan istilah UNTUK TAMAN YANG BERADA DISEKITAR KERAJAAN.

    Nama TAMAN SARI yang berada di Kota Bandung, setelah saya tanyakan ke beberapa sumber ditambah referensi dari buku Semerbak Bunga Di Bandung Raya, karangan Haryoto Kunto, ternyata sudah ada sejak dahulu kala, kemudian oleh Pemerintahan Belanda dijadikan nama jalan, yaitu JALAN TAMAN SARI. Disana ada Kebun Binatang yang merupakan BAGIAN DARI TAMAN SARI.

    Beberapa tahun yang lalu di Jl Taman Sari yaitu di Sungai Cikapundung DITEMUKAN PRASASTI YANG CUKUP MENGHEBOHKAN.

    Betul juga yang dikatakan Embah Jambrong bahwa BANDUNG AKAN MENGUNGKAP BANYAK CERITA.
    Silahkan deh pihak yang berwenang untuk segera meneliti, agar Cikapundung yang merupakan siloka dari RATU ADIL YANG PUNDUNG SEGERA KEMBALI KE SINGGASANANYA.
    Bandung memang sangat mengagetkan.
    Saya sangat yakin itu.

  5. ‘RATU ADIL’ IS A WORLD LEADER, APPEARS IN THE CENTER OF THE EARTH, ‘PARAHYANGAN’
    ‘RATU ADIL’ FROM WHERE, DO NOT BE A PROBLEM.

    RATU ADIL║True Leader, came up with the approval of God. spoke very “magical” and energetic.
    RATU ADIL║True Leader, came very confidential, as presented by the power of God
    RATU ADIL║True Leader, came to fix the lives of the people, who have been ravaged.
    RATU ADIL║True Leader, arrived with a certainty, for justice and the welfare of his people.
    RATU ADIL║True Leader, arrived with the symbol of philosophy, in accordance with the provisions of his Lord.
    RATU ADIL║True Leader, arrived with a secret philosophy, unloaded to a value of nature, becomes a true consciousness.
    RATU ADIL║True Leader, came not from the crowd and the arena of power ambitions.
    RATU ADIL║True Leader, comes to dealing with serious obstacles, but it will be passed without getting hurt.
    RATU ADIL║True Leader, came out from the conspiracy and engineering imaging.
    RATU ADIL║True Leader, arrived with his own system, to change the existing system, towards a system of nature.
    RATU ADIL║True Leader, came very surprising, because the leader was not understood by many people.
    RATU ADIL║True Leader, came itself naturally, now present, but not known who it was.
    RATU ADIL║True Leader, came gild force for every human being, for the sake of nation and state.
    RATU ADIL║True Leader, came with terrible force, which is respected by the whole world.
    RATU ADIL║True Leader, came to quell the feud due to incitement.
    RATU ADIL║True Leader, came without an opponent, because no one could beat him.
    RATU ADIL║True leader, came to conquer wrath, without people feeling defeated.
    RATU ADIL║True leader, came up with did not have enemies, because not to seek the enemy.
    RATU ADIL║True leader, arrived with a message of motherhood, to fulfill the longings and hopes of its people.
    RATU ADIL║True leader, came to liberate the individual citizens of the difficulties of life.
    RATU ADIL║True leader, arrived with the divine blessing, to liberate people from exploitation.
    RATU ADIL║True leader, did not come to judge the result, but to fix the cause.
    RATU ADIL║True leader, comes then back away, after the entire plan can be realized.
    RATU ADIL║True leader, came and went, accompanied by longing and happiness of all mankind.
    RATU ADIL║True leader, is a long-awaited leader of the past until now and they believe, will now be present.

    Bandung, 1/1/2013
    Sandi Kaladia

  6. █▀█▀█░█░█▀▀▀░▀█▀░█▀▀▀░█▀█░░█
    █░█░█░█░▀▀▀█░░█░░█▀▀▀░█▀▀█░█
    ▀░▀░▀░▀░▀▀▀▀░░▀░░▀▀▀▀░▀░░▀░▀
    █▀▀▀░█░░█░█▀▀█░█▀▀▄░█▀▀█
    ▀▀▀█░█░░█░█░░█░█░░█░█▄▄█
    ▀▀▀▀░▀▀▀▀░▀░░▀░▀▀▀░░▀░░▀
    ▀▀▀█░█▀▀█░█░▀▀▀█
    █▀▀▀░█░░█░█░▀▀▀█
    ▀▀▀▀░▀▀▀▀░▀░▀▀▀▀

  7. █▀▀║█▀█║█▀█║█▀▄║█
    ▀▀█║█▄█║█║█║█║█║█
    ▀▀▀║▀║▀║▀║▀║▀▀║║▀
    █║█║║█▀█║█║║█▀█║█▀▄║█║█▀█
    █▀▀█║█▄█║█║║█▄█║█║█║█║█▄█
    ▀║║▀║▀║▀║▀▀║▀║▀║▀▀║║▀║▀║▀

    ║MINDSET REVOLUTION║Nature teaches the universality of consciousness (HI RATIONAL). Humans trap themselves in the interests of Ras (RATIONAL)♥
    ║REVOLUSI MINDSET║Alam mengajarkan pada kesadaran Kesemestaan (HI RASIONAL). Manusia menjebak kan diri pada kepentingan Ras (RASIONAL)♥

    ║MINDSET REVOLUTION║Nature teaches awareness of “original”. Humans trap themselves in the interests of “a moment”♥
    ║REVOLUSI MINDSET║Alam mengajarkan pada kesadaran “original”. Manusia menjebak kan diri pada kepentingan “sesaat”♥

    ║MINDSET REVOLUTION║Nature teaches awareness of “togetherness”. Humans trap themselves in the interests of “himself”.♥
    ║REVOLUSI MINDSET║Alam mengajarkan pada kesadaran “kebersamaan”. Manusia menjebak kan diri pada kepentingan “dirinya sendiri”.♥

    ║MINDSET REVOLUTION║Give each other the good of each other, is the beginning of world peace.♥
    ║REVOLUSI MINDSET║Saling memberi kebaikan satu sama lain, merupakan awal dari perdamaian dunia.♥

    ║MINDSET REVOLUTION║World peace begins from the heart. If the liver is not holy, then world peace is only a falsehood alone.♥
    ║REVOLUSI MINDSET║Perdamaian dunia dimulai dari hati. Jika hati tidak kudus, maka perdamaian dunia hanya merupakan kepalsuan saja.♥

    ║MINDSET REVOLUTION║Nusantara is a source of wealth of the world. Why did the people of the Nusantara, his life miserable?♥
    ║REVOLUSI MINDSET║Nusantara merupakan sumber kekayaan dunia. Mengapa rakyat Nusantara, hidupnya melarat?♥

    ║MINDSET REVOLUTION║Should appear in the Nusantara of world leaders, to keep the wealth of the Nusantara for the world community.♥
    ║REVOLUSI MINDSET║Akan muncul di Nusantara pemimpin dunia, untuk menjaga kekayaan Nusantara bagi masyarakat dunia.♥

    ║MINDSET REVOLUTION║Love and lust almost equal but opposite. Love toward immortality, lust leads to destruction.♥
    ║REVOLUSI MINDSET║Cinta dan nafsu hampir sama tapi bertolak belakang. Cinta menuju kekekalan, nafsu menuju kepada kerusakan.♥

    ║MINDSET REVOLUTION║Every world leader must be born in the land of Parahyangan, because Parahyangan the World Center.♥
    ║REVOLUSI MINDSET║Setiap Pemimpin Dunia pasti lahir di tanah Parahyangan, karena Parahyangan merupakan Pusat Dunia.♥

    ║MINDSET REVOLUTION║Over the past 500 years the Earth lost the World Leader. Now awaited appearance in ground Parahyangan.♥
    ║REVOLUSI MINDSET║Selama 500 tahun Bumi kehilangan Pemimpin Dunia. Kini dinanti kemunculannya di tanah Parahyangan.♥

    ║MINDSET REVOLUTION║All human beings, already bored with something bad. It’s time to do good.♥
    ║REVOLUSI MINDSET║Seluruh umat manusia, sudah bosan dengan sesuatu yang buruk. Sudah waktunya untuk berbuat baik.♥

    ║MINDSET REVOLUTION║Each individual on the go, would like fidelity. Trust me.♥
    ║REVOLUSI MINDSET║Setiap individu di mana saja, akan menyenangi kesetiaan. Percayalah.♥

    ║MINDSET REVOLUTION║Humans anywhere in the world enjoying the hospitality. Why my brother is friendly, changed?♥
    ║REVOLUSI MINDSET║Manusia di belahan dunia manapun menyenangi keramahtamahan. Mengapa saudaraku yang ramah, berubah?♥

    ║MINDSET REVOLUTION║Nusantara very wealthy; but controlled by foreigners, so that its people destitute. Embarrassing.♥
    ║REVOLUSI MINDSET║Nusantara sangat kaya raya; tapi dikuasai oleh orang asing, sehingga rakyatnya melarat. Memalukan.♥

    ║MINDSET REVOLUTION║Actually, the Nusantara can provide sufficient food and clothing world. Why so miserable?♥
    ║REVOLUSI MINDSET║Sebenarnya, Nusantara bisa memberikan kecukupan sandang pangan dunia. Kok jadi melarat?♥

    ║MINDSET REVOLUTION║Political stupidity is characteristic of greed. Ready at risk of abandoning, the interest of nation and state.♥
    ║REVOLUSI MINDSET║Kedunguan politik menjadi ciri keserakahan. Dgn resiko siap menelantarkan, kepentingan bangsa & negara.♥

    ║MINDSET REVOLUTION║I asked myself: “The period of my life just to spend time”?║My life for humanity.♥
    ║REVOLUSI MINDSET║Aku bertanya pada diriku: “Masa hidupku hanya untuk menghamburkan waktu”?║Hidupku untuk kemanuiaan.♥

    ║MINDSET REVOLUTION║If you are offended, you may sue for and protected by law║But remember it’s not a life solution.♥
    ║REVOLUSI MINDSET║Jika kamu tersinggung, kamu bisa menuntut & dilindungi hukum║Tapi ingat itu bukan solusi kehidupan.♥

    ║MINDSET REVOLUTION║Do we understand? That the procedures set life has been delegated by God to man?♥
    ║REVOLUSI MINDSET║Apakah kita paham? Bahwa tata atur kehidupan telah dilimpahkan Tuhan kepada manusia?♥

    ║MINDSET REVOLUTION║Do not be discouraged. Continue to struggle. One day you will succeed║You must make sure.♥
    ║REVOLUSI MINDSET║Jangan berkecil hati. Terus berjuang. Suatu saat anda akan berhasil║Anda harus yakin.♥

    ║PEACE║♥║The more people who do good, the better this World║♥║
    ║PEACE║♥║Semakin banyak orang yang berbuat baik, semakin baik Dunia ini║♥║

    ║PEACE║♥║World peace must begin with a peaceful heart║♥║
    ║PEACE║♥║Perdamaian Dunia harus diawali dengan hati yang damai║♥║

    ║PEACE║♥║World peace can not be done by someone whose heart rebelled║♥║
    ║PEACE║♥║Perdamaian Dunia tdk mungkin dpt dilakukan oleh seseorang yg hatinya berontak║♥║

    ║PEACE║♥║World peace can only be done by someone whose heart is peaceful and has the Power of Love║♥║
    ║PEACE║♥║Perdamaian dunia hanya bisa dilakukan oleh seseorang yg hatinya damai & mempunyai Kekuatan Cinta║♥║

    ║PEACE║♥║World peace must be through peace between individuals, who love each other honestly║♥║
    ║PEACE║♥║Perdamaian Dunia harus melalui perdamaian antar individu, yg saling mencintai dgn jujur║♥║

    Bandung, 24/1/13
    Sandi Kaladia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan Safari ANS

Terlambat Satu Detik Kerugian Satu Milyar

Women Terrace

to say something that i never talk before

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.978 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: