33 Komentar

Filsafat SASTRA JENDRA HAYU NINGRAT PANGRUWATING DIYU YANG ADA KAITANNYA DENGAN BAHASA IBU

MANDALAJATI NISKALA Seorang Filsuf  Sunda Abad 21 Menjelaskan Dalam Buku SANG PEMBAHARU DUNIA DI ABAD 21, Mengenai Filsafat SASTRA JENDRA HAYU NINGRAT PANGRUWATING DIYU YANG ADA KAITANNYA DENGAN BAHASA IBU 
Filsafat Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu oleh Mandalajati Niskala dianalogikan bagai sebuah kotak yang berisi rahasia besar. Kotak itu berukuran panjang 1M, lebar 1M dan tinggi 1M. Kotak terbuat dari bahan yang tidak bisa dihancurkan oleh kekuatan apapun, sebab kotak itu diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Kemudian kotak dikunci dengan gembok rahasia yang juga tidak bisa dibobol oleh kekuatan apapun karena gembok rahasia itupun diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.
Di atas kotak tersebut diletakan Handbook sebagai pedoman untuk membuka kotak rahasia, dan harus didahului bagaimana caranya membuka gembok rahasia itu. Jika gembok rahasia telah mampu dibuka, di dalamnya terdapat isi yang sangat rahasia dan misteri yang bernama Sastra Jendra Hayu Ningrat Pangruwating Diyu. Aneh bin ajaib jangankan isi kotak, gemboknya saja hingga kini abad 21 belum ada yang sanggup membuka. Handbook kotak tersebut berisi simpul-simpul dan simpul-silmpul tersebut merupakan cerita; Resi Wisrawa memulai penjabaran apa arti ilmu Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu.
Namun sebelum wejangan berupa penjabaran makna ilmu Sastra Jendra Hayu Ningrat Pangruwating Diyu diajarkan kepada Dewi Sukesih, Resi Wisrawa memberikan sekilas tentang ilmu itu kepada Sang Prabu Sumali. Resi Wisrawa berkata lembut, bahwa seyogyanya tak usah terburu-buru, kehendak Sang Prabu Sumali pasti terlaksana. Jika dengan sesungguhnya menghendaki keutamaan dan ingin mengetahui arti sastra jendra.
Ajaran Ilmu Sastra Jendra itu adalah, barang siapa yang menyadari dan menaati benar makna yang terkandung di dalam ajaran itu akan dapat mengenal watak diri pribadi. Nafsu-nafsu ini selanjutnya dipupuk, dikembangkan dengan sungguh-sungguh secara jujur, di bawah pimpinan kesadaran yang baik dan bersifat jujur. Dalam pada itu yang sifat buruk jahat dilenyapkan dan yang bersifat baik dikembangkan sejauh mungkin. Kesemuanya di bawah pimpinan kebijaksanaan yang bersifat luhur, dan seterusnya……, dan seterusnya hingga cerita tuntas setebal buku.
Handbook itu diperebutkan dan diklaim sebagai kitab Sastra Jendra Hayu Ningrat Pangruwating Diyu. Muncullah disana-sini akhli kitab Sastra Jendra, sebab disangkanya Sastra Jendra Hayu Ningrat Pangruwating Diyu itu berupa “KIWIR KIWIR SETEBAL BUKU”, padahal buku yang terletak diatas kotak itu, hanyalah sebuah Handbook untuk membuka gembok rahasia agar kotak dapat dibuka.
Jika kotak ternyata dapat dibuka karena Handbook dibaca dengan benar, di dalam kotakpun masih ada Handbook lainnya sebagai pegangan tata-titi untuk membuka rahasia Sastra Jendra Hayu Ningrat Pangruwating Diyu.
Sampai saat ini kotak itu masih tertutup rapat dan gembok rahasiapun belum ada yang sanggup membuka. Ketahuilah jika nanti Gembok rahasia dapat diketahui kuncinya, sehingga kotak itu dapat dibuka, maka Kitab Sastra Jendra Hayu Ningrat Pangruwating Diyu beserta Handbooknya HILANG DITELAN ALAM atas izin Tuhan Yang Maha Kuasa, melanglang jagat “Trimurti” menemui “Sejati Diri”, mengendap merelung darah “HUDAR, HADIR, HIDIR”, sehingga orang yang berebut untuk mewarisinya hanya mendapati kotak dengan RUANG KOSONG.
Inilah sebuah analogi yang disampaikan oleh Mandalajati Niskala mengenai Filsafat Sastra Jendra Hayu Ningrat Pangruwating Diyu yang masih menjadi sebuah misteri besar dalam dunia filsafat dan spiritual. Menurut pandangan Mandalajati Niskala bahwa Filsafat Sastra Jendra Hayu Ningrat Pangruwating Diyu merupakan kamus ilmu yang tanpa limit dalam sebuah sistem filsafat kehidupan semesta, namun hingga kini bagi banyak kalangan akhli masih terbalut selaput tebal. Mandalajati Niskala mampu menyingkapnya menjadi sebuah mustika ilmu pengetahaun yang luar bisa. Jujur saja rata-rata para pakar seperti kami, tidak faham akan kandungan filsafat Sastra Jendra dan hanya terjebak pada alur cerita Wisrawa, Dewi Sukesih, dll.
Terbongkarnya kandungan filsafat Sastra Jendra oleh Mandalajati Niskala, ditandai dengan penjelasan panjang lebar yang beliau sampaikan pada bahasan filsafat di banyak pertemuan. Akibatnya banyak kalangan yang intinya ingin memahami lebih jaun mengenai Sastra Jendra dan bertanya kepada beliau tentang rahasia yang terkandung didalamnya. Kami mengikuti dan mengamati apa yang dijelaskan Mandalajati Niskala sangat berbeda dengan yang dipahami oleh mereka yang mengklaim para akhli budaya. Mereka umumnya hingga kini masih buta dan meraba-raba. Gambaran rahasia Sastra Jendra Hayu Ningrat Pangruwating Diyu ditandai dengan lahirnya syair “Nitis Ngawanci” yang beliau tulis sebagai berikut: ———————————–
Cur pulung Mandala Agung,
- Mandala Sastrahing Jendra,
- Mandala Hayuning Ratu,
- Mandala Pangruwating Diyu,
- Mandala jatining rasa Geus ngucur jati rahayu,
- Jati Langit Lohing Mahpud,
- Nitis Bumi Loh Jinawi,
- Nitis sumereping ati,
- Ati kula ati Sunda,
- Matarema Insun – Dia,
- Ati rasa nu sajati,
- Nu ngancik na jero diri.
Pur ngempur cahyahing Mandalajati, nu ngebrak gilang gumilang, Nu hurung jero kurungan
Pur ngempur Mandala Agung Cahyahing gilang gumilang Nu nyaangan Pawenangan Sastrahing Jendra Hayuning Ratu Pangruwating Diyu PANGGUMULUNG “keun upayakeun” Mandala Jati kana “kun fayakuning” Mandala Agung.
Rep rerep sumerep-hing gumulung nyarungsum balung Tis nitis tumitis-hing ngagetih ngaati Jleg ngadeg Sastra-hing Jendra Hayun-hing Ratu Pangruwat-hing Diyu Nyurup ngamanusa Sunda Dina adegan Khalifah,
- —————————–
Begitu dahsyat kandungan syair Nitis Ngawanci, yang menyebabkan kami ingin menggali lebih jauh. Sastra Jendra Hayu Ningrat Pangruwating Diyu dalam penjelasan Mandalajati Niskala yang sempat kami simak, ternyata sebuah wahana rahasia raksasa yang tersimpan di Lauh Mahfud yang merupakan Trinata dari Sistem Asmaakullaha, yang kemudian melahirkan seluruh system turunan lainnya diantranya; Sistem Tatanan Ilmu Kalam, Sistem Tatanan Kehidupan, Sistem Tatanan Wujud dsb. Sastra Jendra Hayu Ningrat Pangruwating Diyu hanyalah sebuah istilah yang dibuat berdasarkan kaidah pada ketetapan Tuhan YMK dalam Ayat Kauniyah, bukan pada Ayat-ayat Kauliyah. Kandungannya tidak mungkin dapat dikitabkan karena Maha Luas, Maha Menyeluruh dan tanpa limit, mengikuti sifat-sifat Tuhan Yang Maha Segalanya. Jika ada orang mengatakan bahwa ada kitab Sastra Jendra karangan Si A, Si B dan seterusnya, jelas itu merupakan kebohongan nyata yang lahir dari sifat kebodohan dan ketidakfahaman akan Sastra Jendra itu sendiri.
Demikian kata Mandalajati Niskala. Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu adalah sebuah Sistem Tri Tangtu di Buana yang tidak terlepas dan merunut pada hukum-hukum Tuhan yang bermula dari sebuah titik Jawahar Awal sebagai “ASAL MUASAL” kehidupan, surup ke Jawahar Akhir. Sastra Jendra tak lain adalah cahaya ilmu yang di pancarkan dari LOH MAHFUD (Loh=Lauh) menerangi LOH JINAWI sebagai titik pusat Bumi, yang terletak di Puser Parahyangan. LOH MAHFUD sendiri adalah sebagai Pusat dan Dokumentasi ilmu Jagat Raya yang tanpa limit. Karena itu Sastra Jendra Hayu Ningrat Pangruwating Diyu adalah merupakan sebuah ILMU KALAM yang maha luas dan tanpa limit, yang berada di Lauh Mahfud sebagai Pusat Ilmu Alam Semesta, yang dapat diakses pada Pusat Bumi Lauh Jinawi sebagai Pusat Pemerintahan Sang Ratu Adil. Ilmu Kalam tanpa limit adalah ilmu sastra yang maha luas tanpa limit. Maha luas tanpa limit disebut JENDRA. Kalau memiliki titik limit tidak disebut JENDRA tetapi disebutnya JENDRAL. Dengan demikian maka arti Sastra Jendra sebenarnya adalah SEBUAH ILMU RAHASIA BAHASA YANG MEMILIKI KEKAYAAN KOSAKATA YANG TANPA LIMIT. itulah Bahasa Sunda yang tanpa limit sebagai Handbook yang akan membongkar rahasia Sastra Jendra Hayu Ningrat Pangruwating Diyu.
Kalau tidak percaya, coba bandingkan antara kamus bahasa Inggris yang hanya memiliki perbendaharaan 100.000 kosakata dengan bahasa Sunda Saptapuraga yang memiliki perbendaharaan kata sebanyak 1.300 TRILIUN KOSAKATA. Apabila kosakata Saptapuraga dijadikan kamus seperti kamus bahasa inggris, maka akan berjumlah 13 MILIAR KAMUS. Jika ukuran volume kamus bahasa Inggris 25X30X8cm yaitu 6.000cm3 atau 0,006M3 maka volume kamus bahasa Sunda Saptapuraga adalah 78 JUTA METER KUBIK. Jika kamus disusun dengan ketinggian satu meter maka lahan yang dibutuhkan untuk menyimpan kamus tersebut seluas 78 JUTA METER PERSEGI. Dapat dibayangkan Kota Bandung akan penuh dengan kamus bahasa Sunda Saptapuraga.
Demikian Mandalajati Niskala menjelaskan kepada kami. Semua orang akan merasa heran dengan jumlah kosakata bahasa Sunda sebanyak itu. Kami mencoba menanyakan dengan maksud supaya kami betul-betul yakin terhadap ucapan Mandalajati Niskala: “Apakah betul kosakata bahasa Sunda seluruhnya ada 1.300 Triliun Kosakata”? Mandalajati Niskala menjawab: “SALAH……. Saya katakan tanpa limit, BUKAN SEBANYAK ITU. Itu hanya dalam cakupan Saptapuraga, maksudnya hanya contoh untuk dibandingkan dengan “KAMUS YAHUDI””. Waduh……., penulis tambah bingung dan tambah penasaran. Baik kami akan mencoba bertanya terus untuk meyakinkan kami dan para pembaca: “Apakah 1.300 TRILIUN KOSAKATA anda mamahaminya”? Mandalajati Niskala menjawab: “Bukan memahaminnya tapi insyaalloh saya hafal seluruhnya di luar kepala”. Tentu saja sangat mengagetkan, setengah tidak percaya namun keyakinan yang terpantul pada raut wajah Mandalajati Niskala dengan jawaban yang tandas, menjadikan rasa penasaran kami semakin meningkat. Kami tanyakan lebih jauh: “Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membaca kamus sebanyak 1.300 Triliun Kosakata”? Beliau menjawab sambil seloroh: “Wa…ah anda pura-pura tidak bisa menghitung. Begini, jika membaca satu kosakata membutuhkan waktu rata-rata 2 detik, kemudian kita baca kamus tersebut terus menerus sampai selesai tanpa istirahat, maka waktu yang dibutuhkan adalah 80 JUTA TAHUN. Silakan anda hitung sendiri…!!! Heheeh lucu ya…!!!”
Mandalajati Niskala menatap dengan mata yang disorotkan sambil langsung menebak kebenaran perasaan kami dengan sebuah pertanyaan sebagai berikut: “Pasti anda akan bertanya manusia mana yang punya umur sepanjang itu?” Bener juga tebakan Mandalajati Niskala ini….! Selanjutnya kami mencoba mengkorek pendapat Mandalajati Niskala mengenai para Budayawan Sunda: “Kalau boleh saya tahu; Apakah seperti Ajip Rosidi, Hidayat Suryalaga alm., Nina Lubis, Ibu Oce Jungjunan dan lain-lain yang memiliki predikat sebagai Akhli Budaya Sunda memahami masalah ini; Soalnya kami perhatikan berpuluh tahun mereka malah punya pemahaman bahwa kosakata bahasa Sunda banyak menyerap dari bahasa lain”?
Jawaban Mandalajati Niskala: “Maaf disiplin ilmu tiap orang bisa berbeda. Demikian pula pasti mereka punya rujukan ilmu. Saya yakin tiap orang punya kelebihan pada disiplin ilmunya, karena mereka semua mengorbankan waktu untuk sebuah ilmu. Janganlah hal-hal yang saya uraikan dijadikan standar untuk mengukur kompetensi orang lain, sebab bisa jadi dapat merusak citra orang lain”. Para Pembaca Mandalajati seperti yang malas untuk mengkritisi para akhli budaya, selanjutnya Mandalajati Niskala menjelaskan bahwa bahasa Sunda adalah bahasa primer tanpa limit yang tak lain adalah Sastra Jendra Hayu Ningrat Pangruwating Diyu. Tutur Mandalajati Niskala berikutnya: “Ada tiga filsafat kalam yang semuanya tanpa limit, yaitu Filsafat Sastra Jendra, Filsafat Hayu Ningrat dan Filsafat Pangruwating Diyu. Itulah yang seyogyanya dibongkar oleh para filsuf, kemudian diregulasi oleh para ilmuwan menjadi sajian ilmu. Sehingga hasanah pengetahuan yang luar biasa ini tidak distigma sebagai mitos.
Anggapan mitos terhadap khasanah kekayaan Sunda bisa jadi hanya dikarenakan ketidaktahuan dan ketidakfahaman mengenai Filsafat Sunda. Para filsuf Sunda sampai hari ini masih sembunyi. Mereka punya tugas yang lebih dari sekedar diskusi di forum-forum. Mereka semua sedang berhadapan dengan Dazal dan Yahudi. Perlu saya tegaskan, sebenarnya jika rahasia Sastra Jendra terbuka maka terbukalah Dunia dan telanjanglah Dazal dan Yahudi yang selalu memanipulasi ilmu pengetahuan.
Tidak boleh menutup mata bahwa ilmu pengetahuan yang kita konsumsi saat ini adalah produk Dzal dan Yahudi. Baik itu masuk melalui PINTU BARAT maupun masuk melalui PINTU TIMUR. Sastra Jendra tak lain adalah ilmu kalam berupa AYATULLAH KAUNIYAH untuk membuka kebenaran rahasia alam ini. Sekian lama Sastra Jendra bergeser dari titik pusatnya. Diluar pusatnya manusia manapun tidak akan sanggup untuk membongkar kandungannya, karena kandungan Sastra Jendra harus dibongkar menggunakan bahasa primer yaitu bahasa Sunda. Jika demikian bahasa Sunda memiliki kecakapan untuk menterjemahkan ‘makna energy’ seluruh bahasa di Dunia. INILAH YANG DIMAKSUDKAN BAHASA IBU ATAU IBU BAHASA. Bahasa Ibu atau Ibu bahasa tak lain Bahasa Babon atau Bahasa Bibit. Bahasa ini tentunya sebagai bahasa wiwitan yang fitrah, yang sejatinya adalah bahasa yang dipakai oleh Ibu Hawa. Bahasa-bahasa yang sekarang dipakai diseluruh permukaan Bumi adalah merupakan bahasa turunannya YANG SEYOGYANYA DIKATAKAN SEBAGAI BAHASA ANAK atau ANAK BAHASA. Kita digiring mengikuti jalan pikiran Dazal dan Yahudi yang sengaja berniat memanipulasi supaya manusia lupa kepada bahasa ibunya yang asli, yaitu Bahasa Sunda. Semua bahasa dikatakan sebagai bahasa Ibu dan istilah IBU BAHASA ditiadakan diganti dengan istilah BAHASA IBU, dengan maksud untuk mempermudah memanipulasikan makna. Istilah Ibu Bahasa disembunyikan, kemudian dipublikasikan istilah Bahasa Ibu dalam berbagai konfrensi bahasa untuk melahirkan devinisi. Gagasan kejahatan ini berlangsung sangat tidak terasa. Intinya AKAN MENGHILANGKAN KEBERADAAN BAHASA BABON, SEBAB BAHASA BABON ITU AKAN MENGARAH KEPADA BAHASA SUNDA”.
Demikian yang dituturkan Mandalajati Niskala sambil menambahkan: “Saya tegaskan. Sebenarnya yang dimaksud oleh Dazal dan Yahudi bahwa bahasa Ibu itu adalah Ibu bahasa. Selanjutnya Boleh-boleh saja bahasa manapun mengatakan sebagai Bahasa Ibu atau Ibu bahasa asal mampu memenuhi syarat-syarat sebagai bahasa ibu. Setelah istilah Ibu bahasa berganti menjadi bahasa Ibu, maka menjadi logis bahasa Ibu itu didefinisikan sebagai bahasa ‘Si Mamah’ kepada anaknya. Harapannya jika ibu-ibu di permukaan Bumi ini lancar berbahasa Inggris, maka dia akan merasa bangga melatihkan tutur kata keseharian kepada anak-anaknya. Suatu saat akan timbul keadaan bahwa bahasa Ibu itu bahasa Inggris, karena secara realita dan fakta bahwa bahasa Inggis merupakan bahasa yang dipakai sebagai tutur kata seorang ‘Mama’ kepada anaknya diseluruh permukaan bumi. Jika kondisi sudah seperti ini maka istilah bahasa Ibu akan dikembalikan menjadi Ibu bahasa, dan logis jika dikatakan bahwa Ibu bahasa adalah bahasa Inggris. . . . Heheheh……, KOP BAE MANGGA DAZAL UPAMI TIASA MAH….!’” . Mandalajati Niskala membeberkan lebih rinci sebagai berikut: “Inilah rekayasa akibat kedengkian Dazal. Ketahuilah bahasa terlahir bukan atas sebuah kesepakatan atau rekayasa manusia. Bahasa akan terlahir mengikuti kaidah alam yang fitrah; yang merupakan ‘energy kalam’ dari PURAGABASA, UNGKARABASA, TANGARABASA, UGABASA dan WARUGABASA. Di sisi lain ada yang namanya AZASI BAHASA dan ‘Panca Maha Buta’. Tentu saja semua orang ‘BLENG’ termasuk ‘Sang Juru Rekayasa’ terhadap istilah dan kosakata di atas. Bahasa adalah energy kalam yang muncul alami selaras dengan cakupan alam. Cakupan alam dalam ruang lingkup Semesta Jagat Raya, maka logis bahasa itu dikatakan sebagai BAHASA TUHAN atau selanjutnya menjadi BAHASA KHALIFAH. Cakupan alam dalam ruang lingkup Bumi, maka logis bahasa itu dikatakan sebagai BAHASA IBU atau disebut sebagai BAHASA IBU HAWA. Cakupan alam dalam ruang lingkup Nusa, maka logis bahasa itu dikatakan sebagai BAHASA NUSA atau BAHASA BANGSA. Bahasa yang muncul secara runut dalam ruang lingkup Nusa disebut bahasa et~nusa atau bahasa etnis. Bahasa yang muncul tersebut otomatis akan selaras dengan alam ke~nusa~an yang ada disekitarnya. Inilah yang disebut ANAK BAHASA. Runut munculnya anak bahasa sebagai berikut: nu~’SA’ :: ma~nu~’SA’ :: et~nu~’SA’ :: ba~’SA’ (bahasa) Belajar bahasa atau sastra bagi para akhli bukan hanya soal belajar bicara, belajar buat puisi dan sebagainya, tapi seyogyanya menyelidiki keberadaan bahasa tersebut sampai pada tingkat filosofi atau tingkat hakekat. Ketahuilah bukan sebuah pendapat atau hipotesa bahwa segala sesuatu itu ada ketentuannya atau hukum-hukumnya. Keberadaan hukum ini menjadi ketetapan Tuhan dalam mengatur keselarasan alam. Selanjutnya hukum ini bisa disebut hukum alam.
Demikian juga dalam hal bahasa ada ketentuan alamnya. Ketentuan alam ini disebut KETENTUAN FITRAH dalam berbahasa. Tentu saja semua bahasa memiliki ketentuan Fitrah karena bahasa itu lahir mengikuti ketentuan Tuhan YMK. Bahasa Fitrah yang saya maksudkan adalah bahasa awal yang dipakai umat manusia sejak jaman Ibu Hawa”. “Jika kita mancermati secara teliti; sebuah bahasa dapat dikatakan sebagai bahasa awal umat manusia yang digunakan sejak jaman Ibu hawa, harus mampu melahirkan bahasa-bahasa turunannya. Bahasa Ibu Hawa tersebut lazim disebut sebagai Bahasa Ibu; atau Ibu Bahasa atau Bahasa Wiwitan karena memenuhi ketentuan alam SEBAGAI BAHASA AWAL. Inilah yang saya maksudkan bahwa bahasa Sunda sebagai BAHASA AWAL YANG DIGUNAKAN OLEH IBU HAWA, karena memiliki ketentuan alam yang tidak bisa dicapai oleh bahasa manapun. Ketentuan alam tersebut sebagai berikut:
1.BAHASA IBU HAWA harus memenuhi HUKUM-HUKUM RASIONAL, yaitu harus mampu menggambarkan KEKAYAAN KOSAKATA yang tanpa limit, karena kekayaan kosakata ini akan diwariskan kepada ‘turunannya’. Kekayaan kosakata yang tenpa limit ini disebut SASTRA JENDRA.
2.BAHASA IBU HAWA harus memenuhi KETENTUAN IRASIONAL yaitu harus mampu menggambarkan KEKAYAAN dan KELUHURAN NILAI yang tanpa limit, kerena nilai ini akan diwariskan kepada ‘turunannya’. Kekayaan dan keluhuran nilai yang tanpa limit ini disebut HAYU NINGRAT.
3.BAHASA IBU HAWA harus memenuhi KETENTUAN HIRASIONAL yaitu harus mampu menggambarkan KEKAYAAN ENERGI yang tanpa limit, kerena kekayaan energi ini akan diwariskan kepada ‘turunannya’ Kekayaan energi yang tanpa limit ini disebut PANGRUWATING DIYU”. “Saya yakin para akhli sastra, budaya, pilolog, antropolog dsb., akan bingung menyimak tiga ketentuan di atas; Walaupun notabene mereka para akhli, tetap saja mereka sangat tidak faham karena sederat gelar kesarjanaan yang dicapai selama ini dan dijadikan kebanggaan sebagai buah pendidikan hanyalah merupkan korban produk pemikiran Dazal Barat dan Dazal Timur, kemudian dibuat tidak sadar menjadi para propaganda pemikiran Dazal tersebut di dalam Dunia Pendidikan”. Mandalajati Niskala menjelaskan lebih lanjut sekaligus mengklarifikasi agar tidak menimbulkah fitnah, bahwa kesalahan itu terletak pada sistem yang dibuat oleh Dazal. Penjelasan beliau sebagai berikut: “Saya katakan dengan tegas bahwa sama sekali para akhli di atas tidak salah, karena sistem yang dibuat oleh Dazal yang menjadikan kita tidak sadar; Yang salah adalah dunia pendidikan tidak pernah melahirkan para filsuf yang handal dan hakiki, sehingga sistem dunia pendidikan dikendalikan Dazal Barat maupun Dazal Timur. Mungkin layak kita pertanyakan; Siapa Sang Produser dari Dazal Barat dan Dazal Timur yang bercokol disana? Saya sendiri tidak berniat untuk merubah scenario pendidikan, karena akan membuang energy dan bisa dikatakan melangkah terlalu cepat hingga akan terjebak di kubangan. Soal di atas bukan hal yang pokok dalam sebuah kebangkitan. Biarkan saja jangan hiraukan nantipun akan ada yang merobahnya”. Demikian ungkapan Mandalajati Niskala yang tidak bisa kami tuangkan seluruhnya, namun kami telah menagkap kesimpulan bahwa beliau memiliki kekayaan sulur buah fikiran yang luar biasa. Untuk hal tersebut rasanya kami tidak salah menenpatkan beliau sebagai FILSUF SUNDA Jabangtutuka Satu dari “Seribu Jabangtutuka Sunda” yang secara bergiliran akan muncul pada buku Sang Pembaharu Dunia Di Abad 21.
————————————————————
Naskah ini dicuplik dari Editing Penulis.
Judul Buku: SANG PEMBAHARU DUNIA DI ABAD 21
Sub Judul: “SERIBU JABANGTUTUKA SUNDA” Serial: “Jabangtutuka 1 Mandalajati Niskala”
Tebal Buku 200 Halaman, Jilid Lux, Harga Rp 30.000,-
Mulai beredar di toko buku bulan Maret 2012 ————————————————————
Mohon maaf & Terima kasih Kalfatar.
About these ads

33 comments on “Filsafat SASTRA JENDRA HAYU NINGRAT PANGRUWATING DIYU YANG ADA KAITANNYA DENGAN BAHASA IBU

  1. komentar untuk Sastrajendra.

    ternyata kita adalah bangsa yang kaya raya dengan dengan berbagai ilmu karena kita punya bahasa Ibu. kenapa selama ini kita hanya mengacu ke barat dan timur? kita sering dianggap tidak ilmiah karena tidak menggunakan referensi dari barat dan timur yang sudah terlanjur dianggap MODERN . ketika kita disalahkan oleh barat dan timur, kita merasa senang karena kita merasa sedang diajari yang baik.
    ini persis seperti kejadian di suatu kampung, dimana para petaninya tidak punya lagi sawah dan ladang, mereka kelaparan karena sawah dan ladang nya di rampok. si perampok yang CERDAS mengutus anak buahnya untuk mengirim nasi bungkus pada para petani yang sedang kelapara, petani yang kelaparan jelas senang karena dikasih makan walau hanya satu kali. maka para petanipun berterimakasih pada yang memberi makan (si perampok). darisitulah kondisi psikologis petani berubah, mereka bukannya mengusir perampok, tapi menganggap bahwa perampok adalah PAHLAWAN karena memberi makan. bodohnya kita !

  2. Woooow Subhannalloh…………!!!
    Terima kasih Kang Ahmad Y. Samanto

    Tergali juga DI AKHIRA ZAMAN INI.
    Kemungkinan besar KEBOHONGAN DAZAL DALAM BERBAGAI ASPEK SEGERA TERBONGKAR.
    Dari dulu saya hanya berbekal perasaan saja, bahwa TANAH PARAHYANGAN akan memunculkan manusia yang punya kemampuan berfikir kelas Dunia bagi kemaslahatan Umat manusia.

    Saya berharap datangnya PARA PEMBAHARU DARI TANAH PARAHYANGAN yang mampu menjelaskan berbagai persoalan kehidupan.

    Sangat bersyukur kepada Alloh SWT, saat ini banyak sekali di situs-situs cuplikan naskah hasil dari buah fikir Mandalajati Niskala.

    Naskah Sastra Jendra seperti di atas, sangat mengagetkan siapapun.
    Bayt al-Hikmah Institute sebaiknya menampilkan juga naskah Mandalajati Niskala lainnya yang tersebar di situs-situs untuk mempermudah pendokumentasian bagi para peminat, seperti:
    HAKEKAT DIRI,
    STAMO~3012 SISTEM EKONOMI RATU ADIL SUNDA GLOBAL,
    PRO KONTRA RATU ADIL, dan naskah lainnya.

    Terima kasih untuk keluarga besar Bayt al-Hikmah Institute.

    ~Hiz. Lasykar Langit

  3. MANDALAJATI NISKALA Seorang Filsuf Sunda Abad 21
    Menjelaskan Dalam Buku SANG PEMBAHARU DUNIA DI ABAD 21,
    Mengenai Ekonomi Global Stamo~2013 Dan Kesejahteraan Umat Manusia
    ———————————————————————————–
    Kelengkapan pemahaman dalam berbagai cabang ilmu hanyalah merupakan dampak logis dari pendalaman filsafat yang fitrah dan wiwitan. Demikian sebuah istilah “Weruh disewu anu saestu” merupakan kompetensi yang digambarkan Sang Prabu Siliwangi terhadap manusia yang dikaruniai aneka macam kecerdasan alam .
    Kondisi seperti itu hampir melekat pada sosok Mandalajati Niskala .
    Sebuah teori ekonomi Sunda “STAMO 2013” ditemukan dan digali oleh beliau pada tahun 2002. Ini tak lain berupa sistem ekonomi global yang akan dihadirkan bagi peruntukan abad 21 ke depan.

    Digali oleh Mandalajati Niskala untuk dipersembahkan kepada “Sang Khalifah Ratu Adil” dalam mewujudkan kesejahteraan umat manusia diseluruh Dunia.
    Lagi-lagi ini bisa membuat para ekonom tercengang, karena beliau begitu cemerlang merekonstruksi kesalahan cara berfikir. Melalui Stamo 2013 nampaknya Mandalajati Niskala akan membatalkan seluruh teori ekonomi yang saat ini berjalan dipermukaan Bumi.

    Stamo 2013 yang tadinya sangat dirahasiakan karena waktunya belum tiba, di tahun 2008 beliau memprintout dalam jumlah cukup, berupa Selayang Pandang STAMO 2013 dan menyebarkannya kepada banyak pihak, dengan maksud, beliau hendak mengecek kepekaan para tokoh dan para akhli, yang skaligus beliau menghadirkan stimulasi kearah berfikir mendeka.

    Sayang para tokoh Sunda, yang notabene banyak para akhli tak mampu mengejar ketertinggalan dari melesatnya sulur buah fikiran Mandalajati Niskala.
    Jujur saja saat ini banyak yang mencuplik Stamo 2013 dan ada indikasi dijalankan orang, namun nampaknya pada takut karena Mandalajati Niskala mengeluarkan peringatan keras berupa ancaman Tuhan.
    STAMO 2013 merupakan Sistem Ekonomi Global yang dilahirkan oleh Sunda bagi kepentingan umat manusia.

    Banyak hal yang mendasari dilahirkannya system ekonomi ini, sebab system ekonomi baik kapitalis maupun sosialis telah gagal mewujudkan amanah kehidupan dalam menghadirkan keadilan ekonomi yang mengakomodir semua kepentingan terutama masyarakat dunia.
    STAMO 2013 disusun berdasarkan rasa kemanusiaan dengan mempertimbangkan hal yang fitrah dan sangat esensi dalam tuntutan kehidupan manusia itu sendiri. Banyak faktor yang menjadikan pertimbangan logis bahwa STAMO 2013 tersebut harus dilahirkan oleh Sunda, untuk kepentingan seluruh umat manusia.

    Dibawah ini adalah cuplikan dari Selayang Pandang STAMO 2013 yang dikeluarkan oleh Mandalajati Niskala tahun 2009:
    ………………………………………………………………………
    ……………………………………………………………………dst.
    Pertama: Manusia Sunda menyadari; bahwa dirinya diberkati cara berfikir benar yang terpatri pada setiap diri; bahwa Tuhan YMK-lah yang menjadi penyebab segala sesuatu menjadi ada. Demikian pula menjadi tujuan Sang Pencipta; keberadaan, kesetimbangan, keadilan dan kesejahteraan kehidupan Bumi dapat terwujud. Manusia sebagai khalifah diberi mandat untuk mengelola keberadaan kesetimbangan, keadilan dan kesejahteraan Bumi sesuai dengan tujuan Tuhan YMK menciptakannya.
    Semuanya dimaksudkan agar seluruh kehidupan di Bumi ini, menghamba dan bersyukur kepadaNya.

    Kedua: Sunda menyadari bahwa dalam mengelola kehidupan selalu mengawali dengan cara berfikir filosofi sampai pada titik akar masalah. Cara berfikir yang demikian akan menemukan sesuatu, mencapai titik fitrah sesuai dengan yang ditetapkan Tuhan YMK. Cara berfikir fitrah seperti ini dipandang oleh Sunda; Bahwa segala sesuatu itu, telah melalui ”pertimbangan hakekat” hingga mencapai titik benar sebagai sebuah keputusan yang maslahat bagi kehidupan seluruh manusia dan alam sekitarnya.

    Ketiga: Pada prinsipnya bahwa Tuhan YMK memberikan segala kekayaan yang ada di Bumi ini untuk seluruh manusia. Para pemimpin dimanapun di Bumi ini memiliki tugas memberdayakan dan mengatur sistem keadilan dan kesejahteraan untuk dinikmati oleh seluruh manusia sesuai keinginan Sang Pencipta. Sunda memiliki akar filsafat yang mengacu pada prinsif ini.

    STAMO 2013 singkatan dari ”Sistim Tribanda Aset Masyarakat Otomatis 2013”. Merupakan sebuah sistem keadilan ekonomi yang disusun berdasarkan hal-hal di atas.
    Kita semua mengetahui, walaupun secara hakekat bahwa seluruh kekayaan bumi diperuntukan dan menjadi milik seluruh masyarakat atau seluruh manusia, namun secara syariat dibutuhkan sebuah Sistem pemanfaatan yang mendekati rasa keadilan.
    STAMO 2013 melahirkan sebuah sistem keadilan dengan membagi aset ekonomi kepada tiga pihak secara otomatis dengan pembagian aset yang sama besar. Seluruh ketentuan dan rincian yang mengatur ketiga pihak ini tertuang dalam KITAB STAMO 2013.
    ………………………………………………………………………………
    ………………………………………………………………………………dst.
    Kegiatan ekonomi tidak bisa terlepas dari kebutuhan yang menjadi tuntutan kehidupan manusia; STAMO 2013 akan menimbulkan loyalitas pasar dan Solidaritas pasar yang datang dengan sendirinya; sebab sistem ini dianggap oleh masyarakat Dunia merupakan sebuah sistem keadilan ekonomi yang akan memberi jaminan kasetimbangan kekayaan kepada seluruh manusia di bumi ini.

    Sisi lain bangkitnya sentimen pasar seperti ini tidak akan bisa dicegah, sebab seluruh manusia menyadari bahwa haknya terfasilitasi oleh STAMO 2013. Ini menjadi alasan logis bahwa seluruh produk yang menggunakan lebel STAMO 2013, akan dikonsumsi oleh masyarakat Dunia, sebab masyarakat menyadari bahwa pada produk-produk tersebut terdapat sepertiga aset yang menjadi milik masyarakat.
    Walaupun STAMO 2013 tidak akan mengatur sebuah sistem pasar, namun sentimen pasar yang berpihak kepada STAMO 2013 akan tercipta dengan sendirinya dan STAMO 2013 otomatis akan menjadi ”Brand Image” atau ”Legal Brand” milik pasar atau milik masyarakat yang tidak akan tergoyahkan oleh sistem pasar manapun.

    Beberapa pihak mencoba menterjemahkan Ratu Adil namun tidak pernah berhasil. Sistem sosialis pasca Kemerdekaan RI tidak berhasil menterjemahkan makna Ratu Adil, sekalipun Soekarno sebagai Presiden pertama sering mendengungkannya; Demikian pula bersamaan dengan itu sistem kapitalis melalui Westerling merebut gelar Ratu Adil dengan mendeklarasikan Angkatan Perang Ratu Adil; Juga tidak berhasil. Sebab kesemuanya menterjemahkan Ratu Adil dalam kepentingan politik dan kekuasaan, yang saling menghancurkan antara Kapitalisme dan Sosialisme.
    Ratu Adil yang benar adalah sebuah sistem yang mampu memfasilitasi atau mengakomodir seluruh kepentingan bagi keadilan yang tidak ada batas. Itulah yang dimaksud oleh KITAB STAMO 2013.
    ………………………………………………………………………………… ………………………………………………………………………………dst.
    Kendati kita memahami bahwa Sunda dengan Sistem Tri Tangtu Di Buana yang merupakan Tatanan Fitrah telah menemukan titik akhir dari tiga cita-cita perjalanan hidup manusia di alam Dunia, yaitu:
    Keluhuran Derajat Kehidupan sebagai wujud dari nilai-nilai LOGIKA ,
    Kelungguhan Martabat Kemanusiaan sebagai wujud dari nilai-nilai ETIKA dan
    Keluhungan Adat Budaya sebagai wujud dari nilai-nilai ESTETIKA .
    Kini semua itu hanya menyisakan cerita dan manuskrif-manuskrif yang sarat akan Sandi Rahasia dan tidak gampang untuk dibaca serta dipetakan kembali dalam kehidupan (Sunda = Sandi yang terpetakan).
    Kunci kunci untuk melakukan pemetaan atau merekonstruksi ketiga nilai di atas diselimuti oleh Rahasia Rasa yang terpetakan dalam Filsafat Puragabasa, yang senantiasa hidup pada fitrah setiap diri manusia namun sulit untuk disadari.
    Ini menjadi sebuah keunikan tersendiri dimana Sunda yang sangat fitrah ini, secara system memiliki apa yang disebut Logika Rasa .

    Sangat dibutuhkan beberapa aspek penting dan kompetensi khusus dimana seseorang mampu menyeruak Sandi Rahasia dan menemukan apa yang menjadi hasanah kekayaan Sunda; Selain dibutuhkan kecukupan waktu, pemahaman Filsafat Puragabasa, juga metoda lainnya yang berhubungan dengan Logika Rasa mutlak dibutuhkan.
    Disiplin ini sangat berbeda dengan metodologi umum lainnya yang kita kenal sebagai metoda ilmiah seperti yang sekarang banyak dilakukan orang.

    Esensi dari STAMO 2013 merupakan hasil penjelajahan memasuki Rahasia Rasa yang merupakan hasanah kekayaan Sunda yang ditemukan kembali; yang sebelumnya diawali dengan sebuah statement diri bahwa: Segala temuan hasanah kekayaan Sunda, bagi para pelaku penjelajah Rahasia Rasa seperti saya, tidak boleh memiliki niatan apa yang ditemukannya itu untuk dikuasainya.
    Untuk hal tersebut di atas sejak tahun 2002, temuan STAMO 2013 saya selamatkan sebagai amanah Sunda dan tidak tergiur dengan bujukan uang puluhan miliar untuk dijual ke Negara Tetangga. Di sisi lain sayapun tidak khawatir muatan-muatan STAMO 2013 akan dijiplak Negara lain; karena ternyata berbagai system yang dimiliki oleh Sunda telah dilengkapi oleh sebuah Proteksi Rahasia yang Sakral dan sangat ampuh, yaitu yang namanya Supata Sunda atau Supata Indung.

    Kesimpulannya siapapun yang menjiplak STAMO 2013 untuk kepentingan sendiri dan keserakan, pasti tidak akan bisa mulus, karena Sistem ekonomi ini sangat fitrah mengikuti hukum-hukum alam yang mendapatkan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

    STAMO 2013 adalah sebuah hasanah kekayaan Sunda, yang merupakan Sistem Ekonomi Fitrah; memiliki kesanggupan untuk mewujudkan keadilan ekonomi Dunia, yang manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh umat manusia di seluruh Dunia.
    Keadilan yang “maha besar” ini dilakukan serta merta secara otomatis, dan hanya merupakan dampak dari keadaan bahwa Sistem Sunda hakekatnya; MENGGUMULUNG dalam KOKOPAN sifat-sifat Sang Pencipta Yang Maha Besar dan Maha Adil.
    Dari keadaan seperti ini tak heran manusia Sunda berenang-renang dalam hasanah kekayaan filsafat kehidupan, kemudian yang ditemukannya juga selalu orsinil pada kadar yang sangat esensial, integral, universal dan sistemik yang holistik mengikuti sifat-sifat Qudrat dan Irodat Tuhan.
    ……………………………………………………………………………
    …………………………………………………………………………… dst.

    ————————————
    Naskah ini dicuplik dari Editing Penulis.
    Judul Buku: SANG PEMBAHARU DUNIA DI ABAD 21
    Sub Judul: “SERIBU JABANGTUTUKA SUNDA”
    Serial: “Jabangtutuka 1 Mandalajati Niskala”
    Tebal Buku 200 Halaman, Jilid Lux, Harga Rp 30.000,-
    Mulai beredar di toko buku bulan Maret 201
    ——————————————————–
    Terima kasih Al Mukarom Ahmad Y. Samanto
    Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.
    Naskah ini dikirim oleh : Kalfatar Cakrapati

  4. assalamualaikum sampurasun…
    alhamdulillah setelah membaca seluruh kata demi kata yang tertulis dan tersirat makna kandungannya, semoga kita di jauhkan dari tipu dazal dan yahudi, amin

  5. okey
    okey
    okeeeeeyy….!!!
    terima kasih pk ahmad samanto,
    jadikan situs ini sebagai INFORAMASI SANG PEMBAHARU DI ABAD 21

    Saya bersyukur kepada alloh swt,
    sekarang saatnya SANG PENGUASA ALAM memunculkan SANG PEMBAHARU

    saran saya kepada para Budayawan Sunda Nasional & Dunia TOLON BERI SUPORT, Sebab Para Pembaharu membawa ENERGI GLOBAL “KETUHANAN” yang mampu menggilas PENGHADANG YANG TAK BERMAKNA BAGI KEMASLAHATAN & PEMBAHARUAN DUNIA

    saya sangat mengafresiasikan produk berfikir kesemestaan yang disajikan Pak Ahmad Samantho

    terima kasih

  6. Sae pisan pedarannana. mung kedah di emut koncina, nyaeta:
    1. Naha enya rumasa?
    2. Naha enya Manusana.?
    3. Naha enya kahayangna?
    4.Tur sidikeun dimana tempatna?
    Tileumanneun keur urang ayeuna, Kingkilaban kiwari arang nembongan. Tileuman urang sadayana keur ngaguarna.
    @ Rief Tohar .-

  7. Ass. Sampurasun Wr. Wr.
    Salam Sejahtera Kang Ahmad Samantho.
    Mandalajati Niskala meluncurkan SMS ilmu yang panjang-panjang kepada banyak pihak. Hingga saat ini tidak terhitung jumlahnya. Mungkin sudah ribuan SMS.

    SMS ilmu tsb disebarkan KEPADA PARA TOKOH SUNDA, tapi Para Tokoh Sunda yang HPnya JADUL rata-rata setelah membaca langsung menghapusnya, maklum SMSnya panjang sekali mencapai hampir 2.000 karakter. Ada pula yang rajin menyimpannya dengan cara menuliskan kembali ke dalam buku.

    Inilah beberapa contoh SMS yang disebarkan oleh Mandalajati Niskala kepada Para Tokoh Sunda:
    ————————————————————————————
    DITUJUKAN KEPADA PARA TOKOH SUNDA MENGENAI PLATO & SOKRATES
    ————————————————————————————
    Info Ilmu
    BAHAN RENUNGAN bahwa SEGALA RAHASIA DI PUSAT PARAHYANGAN SEGERA TERUNGKAP, SEBAGAI SINYAL SUNDA SIAP BANGKIT MENJELAJAH DUNIA.
    Contoh:
    Sebuah pertanyaan tentang TUHAN dan RUANG yang tidak mampu dijawab oleh Plato dan Sokrates secara tepat.

    Aksioma yang disepakati oleh Plato dan para filsuf lainnya, yaitu; Bahwa keberadaan segala sesuatu mutlak membutuhkan ruang. COBA PIKIRKAN PERTANYAAN PLATO dan SOKRATES dibawah ini:

    1)Besar TUHAN besar RUANG ukurannya?
    Jika dijawab besar TUHAN daripada RUANG, kata Plato dan Sokrates tidak mungkin.
    Dimana ditempatkan wujud Tuhan kalau bukan pada RUANG, sebab keberadaan sesuatu mutlak membutuhkan ruang?
    Jadi kalau begitu apakah seharusnya RUANG lebih besar daripada TUHAN?
    Jika dijawab RUANG lebih besar daripada TUHAN; Plato dan Sokrates juga mengatakan tidak mungkin, sebab berarti TUHAN tidak Maha Besar, karena ada yang mengungguli kebesaran ukurannya; dan TUHAN Maha Besar bisa menjadi gugur oleh RUANG.
    Plato dan Sokrates bingung karena tidak memiliki tool untuk memahami ini.

    Satu lagi pertanyaan diluncurkan;
    2)Duluan TUHAN atau duluan RUANG?
    Jika dijawab duluan TUHAN. Plato dan Sokrates bingung, sebab dimana Tuhan menempatkan diri kalau ruang itu belum ada?
    Jika dijawab RUANG lebih dulu daripada TUHAN.
    Plato dan Sokrates tambah bingung, sebab siapa yang menciptakan Ruang itu?; juga bisa menyebabkan gugurnya teori bahwa Tuhan Sang Maha Awal. Plato dan Sokrates bingung tidak mampu memecahkan persoalan ini, kemudian mengada-ada teori untuk menutup kelemahan sebagai seorang filsuf.

    KETAHUILAH Ilmu Tuhan yang mampu menjawab MISTERI GAIB INI yaitu ilmu Kalam atau Sastra Jendra Hayu Ningrat Pangruwating Diyu yang kunci-kuncinya dipegang oleh para filsuf Sunda.
    Segala misteri dan rahasia bisa dibongkar, sehingga anda mendapatkan penjelasan yang sederhana, mudah dimengerti, SANGAT LOGIS, SUPRA RASIONAL dan HIRASIONAL. Para filsuf Sunda akan memberikan jawaban dengan TEPAT dan MUDAH DIMENGERTI.

    Bandung, 11/02/2011
    Mandalajati Niskala.
    ————————————————————————————
    DITUJUKAN KEPADA PARA TOKOH SUNDA MENGENAI PENJELASAN UNTUK PLATO & SOKRATES.
    ————————————————————————————
    Info Spiritual
    Penjelasan buat Plato dan Sokrates mengenai TUHAN dan RUANG.

    RUANG:
    Mun aya vokal (ungkara) ngarangkep, berarti diantara vocal eta aya konsonan (puraga) “H” atanapi “HH”. Mangka kecap RUANG tadina tina kecap RUHANG atanapi RUHHANG. Kecap RUHHANG robah jadi RUANG nuduhkeun kata sifat. Kata sifat kaayaanana gaib, Mangka konsonan “H” atanapi “HH” tina kecap RUHHANG ngagaib atanapi digaibkeun; mangka diseratna RUANG.
    Janten RUHHANG teh kecap kaayaan tina RUANG.
    Naon atuh hartosna RUHHANG teh?

    RUHHANG dina system Sastra Jendra Hayu Ningrat Pangruwating Diyu nyaeta tina kecap RUH sareng kecap HANG.
    RUH teh nyaeta mangrupikeun energy hirup anu berpusat ti Sang Maha Tunggal.
    HANG mangrupikeun energy HUNG anu nungtung ngalawung, mancer kasagala arah.
    HUNG teh Gusti Nu Maha Tunggal tea.
    Urang devinisikeun we bilih panjang teuing upami dirinci dugi ka tingkat detail mah.

    RUHHANG nyaeta: “Energi hirup anu mancer ka sagala arah, anu ngajadikeun WUJUD GUSTI NU MAHA TUNGGAL”.
    Jadi RUANG teh Gusti tea alias TUHAN YME.
    Urang kokojayan dina RUANG alias dina awak Gusti, alias dina WUJUD TUHAN YME.

    Si Plato dan Sokrates teu apaleun yen RUANG teh GUSTI tea, malah para ulama sa jagat ge teu arapaleun.
    Sederhana nya….!!!
    Anu oon mah urang Yahudi (Plato, Sokrates) bet nyieun pertanyaan bloon…???
    Sarua jeung nyieun pertanyaana the kieu: “ Besar mana TUHAN dengan TUHAN? Duluan mana TUHAN dengan TUHAN?
    Heheh lalieur maranehna…!!!
    Piwarang sarakola deui ahli filsafat sa Dunya di Bandung.

    Salam baktos
    Mandalajati Niskala
    ——————————————————————————————
    DITUJUKAN KEPADA PARA TOKOH SUNDA MENGENAI PENJELASAN TAMBAHAN BUAT PLATO dan SOKRATES
    ——————————————————————————————
    Info Spiritual:
    PENJELASAN TAMBAHAN BUAT PLATO dan SOKRATES
    Ngenaan Rusiah HUDARA atanapi RUHANG HUDARA (Ruang Udara)
    Zat Tunggal mangrupakeun Zohar Awal anu disimbulan ku “HU+DA+RA”, atanapi Zat Antiga dina SISITEM MAKROKOSMOS sbb:

    “HU” = Sang Maha Tunggal dalam bentuk SISTEM RUH,
    anu mibanda 3 energi abadi dina satuan ATOM, nu teu bisa dipisahkeun dina SISTEM MIKROKOSMOS:
    1)Parotanullah,
    2)Nataronullah,
    3)Halaktaronulah,
    anu disebut TRI ACINING tea nyaeta;
    Acining Cai disebutna Acining “HU”
    Acining Taneuh disebutna Acining “DA”
    Acining Seuneu disebutna Acining “RA”
    Kaayaana ngahiji dina SISTEM MIKROKOSMOS satuan atum

    “DA” = Sang Maha Tunggal dalam bentuk SISTEM WUJUD, anu mibanda 5 daya abadi nu teu bisa dipisahkeun nyaeta:
    1)Asmaullah; nyaeta Sistem Energi Kalam atawa Sastra Jendra Hayu Ningrat Pangruwating Diyu (Ke dijelaskeun panjang lebar).
    2)Zatullah; nyaeta Sistem Fisika jeung Metafisika (Ke dijelaskeun panjang lebar).
    3)Af`alullah; nyaeta Sistem Wujud (Ke dijelaskeun panjang lebar).
    4)Sifatullah; nyaeta Sistem Karakteristik (Ke dijelaskeun panjang lebar).
    5)Irazatullah; nyaeta Sistem Efek Manfaat tina hubungan interaktif (Ke dijelaskeun panjang lebar).

    “RA” = Sang Maha Tunggal dalam bentuk SISTEM SEUNEU (Nar Nir Nur) anu mibanda 5 nafsu abadi nu teu bisa dipisahkeun nyaeta:
    1)Sirullah; nyaeta energy nu boga kamampuan mengkordinasi hubungan. (Ke dijelaskeun panjang lebar)
    2)Budhiyullah; nyaeta anu boga kamampuan pikeun nata, ngatur, nyusun, sangkan sasuatu jadi tertata, teratur jeung sampurna.
    Budi dina sistem olah akal disebut BUDI PAKARTI.
    Budi dina system olah rasa disebut BUDI PARANGI.
    Budi dina system olah jasad disebut BUDI HUNI (Buhun).
    3)Ciptaullah; nyaeta energy enu mibanda kamampuhan rancang bangun (Ke dijelaskeun panjang lebar).
    4)Rashaullah; nyaeta energy anu mibanda kamampuhan menditeksi kaayaan (Ke dijelaskeun panjang lebar).
    5)Karsaullah; nyaeta energy anu mibanda kamampuhan pikeun ngabangkitkeun motivasi, niatan, jsb. (Ke dijelaskeun panjang lebar)

    KASIMPULAN:
    “HU” Sistem RUH
    “DA” Sistem WUJUD
    “RA” Sistem NAFS.
    Ieu nu ngarana SAJATINING “HU”+”DA”+”RA” anu ngamanunggal teu bisa dipisahkeun anu jadi HAKEKAT GUSTI NU MAHA TUNGGAL.
    Urang hirup dina cangkreman HUDARA, alias kokojayan di awak Gusti Nu Maha Tunggal; anu disebut MANUNGGAL TEA. Cag.

    Ditalungtik Ku
    Mandalajati Niskala
    1102/2011 ~ 2011/2011.
    ———————————————————————
    Terima kasih Kang Ahmad Samantho.
    Semoga bermanfaat. Amin.
    ~Kalfatar Cakrapati.

  8. Tanpa bermaksud berlebihan atau lebay kalo kata anak muda jaman sekarang, saya hanya bisa berkomentar bahwa masyarakat indonesia, khususnya urang sunda sangat beruntung memiliki seorang filsuf seorang MANDALAJATI NISKALA atau yang saya akrab panggil Abah !
    beliau adalah sosok orang yang pengetahuannya ibarat buku ensiklopedia yang tidak ada habis-habisnya..saya percaya perkenalan saya dengan Abah merupakan bagian dari doa2 saya selama ini…karena saya menyakini bahwa tidak ada suatu gerakan makhluk hidup yang terjadi tanpa campur tanganNYA di dunia ini (bahkan saya bisa menulis komentar ini pun pasti sudah digerakkan olehNYA) sebelumnya saya sering berdzikir dan meminta kepada ALLAH SWT untuk diberi sedikit saja rahasia dari ilmu kalamNYA..terus terang saja,dulu niat saya itu sifatnya sangat duniawiah sekali (sangat bermuatan jasadiah) tapi belakangan justru niat itu luntur seiringan dgn kuatnya keinginan saya untuk menghapus hijab diri pribadi ini (yg saya rasa sangat tebal dan berat!!!!!) agar bisa melebur dengan Sang Empunya Diri…berbarengan waktunya itulah saya bisa dipertemukan dengan seorang Mandalajati Niskala.
    Meskipun kini tidak terlalu intens berhubungan tetapi banyak sekali pencerahan2 yang saya dapatkan dari beliau..yang terutama membuka lebih luas lagi ruang berpikir saya tentang identitas saya yang kebetulan asli turunan sunda.
    Hanya saja dikarenakan keterbatasan waktu dan kekurangan terbesar saya dalam berbahasa sunda,sehingga masih banyak sekali ketertinggalan2 saya dalam mendapatkan ilmu dari Abah…tapi beliau dengan sabarnya dan kerendahan hatinya tidak pernah bosan untuk terus mengupdate saya dgn info2 terbarunya yang sangat filosofis lewat sms,,(oleh karena itu saya berdoa semoga setiap amal kebaikan yang beliau lakukan dan kerjakan selama ini terutama tentang perjuangan untuk membuka tabir mengenai jati diri SUNDA sesungguhnya akan mendapatkan pahala berpuluh-puluh kali lipat oleh GUSTI ALLAH ..aamiin ya Rabbaalamiin)…..saya berkeyakinan bahwa suatu saat nanti (firasat saya insya ALLAH tidak lama lagi) apa yang selama ini beliau perjuangkan ke muka publik akan mendapatkan kebenarannya,,karena satu persatu sekarang pun semua tabir rahasia itu mulai terungkap sedikit demi sedikit…mulai dari heboh teori bahwa indonesia adalah keturunan bangsa atlantis which is mulai banyak ilmuwan barat dari berbagai disiplin ilmu yang menguatkan teori ini, ahli genetika dna dari jerman stephen oppenheimer dgn buku kontroversialnya yang mengungkapkan bahwa kemungkinan peradaban manusia moderen pertama kemungkinan dimulai dari kawasan yang disebut dgn SUNDALAND…sampai ke temuan paling akhir mengenai piramida di gunung sadahurip di garut yg diduga jauh lebih tua dibandingkan dgn piramida di giza (walaupun masih kontroversi karena kebenaran dari penemuan piramida di sadahurip itu masih belum bisa dibuktikan),,,kesemuanya itu seakan-akan digerakan oleh Gusti Allah untuk menguatkan apa2 dari yang selama ini mandalajati niskala beritahukan kepada saya dan komunitas sunda sebelumnya !!
    buat Abah atau Mandalajati Niskala…saya ucapkan beribu terima kasih atas usahanya selama ini yang tidak mengenal kata menyerah ..dan atas keteguhan hatinya yang tidak silau oleh kapitalisme yang merupakan buah produk dari ismenya kaum zionis yang menyembah Dajjal sang laknattulah !! teruslah berjuang abah…insya ALLAH saya akan membantu perjuangan abah dgn porsi yang saya bisa..dan saya doakan smoga Abah senantiasa sehat terus dan dimudahkan segala suatunya ,,,,Aamiin YRA

  9. ibu bahasa judulnya ,= tiada bunyi tiada huruf ,yang jelasnya terjadi mengapa ia terjadi , sebab ia di jadikan , ya siapa yang menjadikan , yang menjadikan , yaitu yang terbesar sekali daripada seluruh alam ini , itulah allah subhanahuataala ,tuhan yang esa / tuhan yang satu , jadi cara mana mau melihat tuhan yang begitu besar , ya lihat saja pada diri sendiri serta kenalilah dahulu diri sendiri , kalau tidak kenal diri sendiri , kemungkinan mengenal allah , agak mustahil sama sekali

  10. sebabnya sayalah filosof ,ibu bahasa itu …..

  11. ‘raja sedaulat dunia’ yang dimulyakan Allah.
    Kata-kata yang anda lontarkan itu sangat dalam sekali.
    Mandalajati Niskala sangat menyenangi kata-kata itu.
    Beliau memesankan kepada saya agar menyampaikan
    Assalamu’alakum Wr. Wb. kepada anda.
    Berikut do’a beliau: “Semoga anda berada dalam limpahan rahmat dan perlindungan Allah SWT”.

    “Juga buat ; Neng Nasca, Arif Sudrajat, Dendri Eka Alegre, Eka Abdul Wahid, Fajar, Hiz. Laskar Langit, Kalfatar Cakrapati sertra siapapun yang singgah di situs ini, semoga berada dalam limpahan rahmat dan perdamaian, serta perlindungan Allah SWT. Amin”

    Tak lupa Mandalajati Niskala berpesan untuk menyampaikan RASA HORMAT YANG SEDALAM-DALAMNYA kepada Bapak Ahmad Y. Samantho yang telah peka terhadap perubahan menuju perbaikan kehidupan umat manusia.

    Mandalajati Niskala menyampaikan siloka: “Ketika SUNAH dan SUNDA bertemu, maka MAKHLUK SEISI JAGAT tidak boleh ada yang terluka, karena RAHMATAN LIL ‘ALAMIN adalah CAHAYA ILAHI yang TAK TERKALAHKAN dan penuh perdamaian”.

    (pesan disampaikan lewat tlp)

  12. MANDALAJATI NISKALA SANG PEMBAHARU DUNIA ABAD 21

    Saya adalah orang yang terbilang lama mengikuti perjalanan Mandalajati Niskala. Dalam tiga tahun terakhir saja kurang lebih saya telah mengikuti 150 kali ceramah mingguan rutin MANDALAJATI NISKALA pada diskusi Filsafat dan Spiritual Sunda di LEMURIA SPIRITUAL CENTRA M~15.

    Banyak materi yang disampaikan SELURUHNYA MERUPAKAN REKONSTRUKSI SISTEM MENUJU FITRAH. Beliau membongkar seluruh kebohongan Dazal yang kini berjalan sistemik dalam semua aspek kehidupan.

    Di tahun 2005 Mandalajati Niskala mengangkat sumpah kepada SANG MAHA KUASA yang cukup mengerikan dengan menggunakan bahasa Sunda yang sebahagian sumpahnya kurang lebih begini;
    —————————————————————————————–
    WALLOHI WALLOHI WALLOHI. KURING MANUSA SUNDA NYEBAKEUN DIRI KA GUSTI NU MAHA SUCI. TENGAH POE ERENG~ERENGAN. TEU GUGUR TEU ANGIN. AYA MANUSA MODAR KABENTAR GELAP. NGAJERIT MARATAN LANGIT. NGOCEAK MARATAN JAGAT. TUTUNG SAAWAK~AWAK. NU NGARANA CWW MANDALAJATI NISKALA, TEGES MANEHNA GEUS NGARUKSAK TUR HIANAT DINA KAHIRUPAN UMAT MANUSA KATUT ALAM SAEUSINA.
    —————————————————————————————–
    Kesungguhan tekad yang mengerikan ini beliau ucapkan dengan sungguh-sunggah agar semua orang menjadi saksi jika nanti ada kabar bahwa CWW Mandalajati Niskala MATI DI SAMBAR GLEDEG, jelas bahwa dirinya adalah ORANG YANG TIDAK BERMANFAAT BAGI KEHIDUPAN.

    Mandalajati Niskala BERTEKAD MEMBONGKAR SEMUA KEBOHONGAN ILMU PENGETAHUAN YANG DIRANCANG OLEH DAZAL SECARA SISTEMIK. Salah satu yang sangat penting bagi terciptanya Keadilan dan Kesejahteraan umat manusia di seluruh Dunia adalah SISTEM EKONOMI GLOBAL.

    Inilah sebahagian pandangan beliau pada pemaparan SISTEM EKONOMI SUNDA GLOBAL STAMO~2013 seperti di bawah ini:
    —————————————————————————————–
    Pandangan saya mengenai Koperasi: Koperasi tidak patut dibanggakan ”samenelpun”, walaupun katanya diberi payung hukum yang kuat oleh UUD’45; sebab hakekat koperasi yaitu kagiatan ekonomi ”Kapitalisme”, hanya dikatagorikeun ”Kapitalisme Main-mainan” alias ”Kapitalisme Lemah atau Cebol” , alias ”Kapitalisme Ecek-ecek Komunal Lokal” mencontoh Dunia Barat, yang menganut ”Kapitalisme Global”. Koperasi dipuji oleh Dunia Barat seolah-olah hebat. Padahal pujian itu RACUN ; agar kita menjadi bangga memiliki koperasi. Padahal logikanya begini; Koperasi yang merupakeun ”Sistim Ekonomi Kapitalisme Lokal dan Cebol” tidak bakal mampu menghadapi ekonomi Barat yang menganut ”Sistim Ekonomi Kapitalisme Raksasa dan Global”. MAKSUDNYA; DUNIA BARAT MEMBERI RACUN, BANGGA PADA BARANG RONGSOKAN, AKIBATNYA KITA MELARAT SEPANJANG MASA.

    Demikian cuplikan sebagian dari pandangan Mandalajati niskala dalam Selayang Pandang Stamo~2013 yang disampaikan kepada banyak tokoh. Namun sayang kami tidak melihat adanya indikasi dan reaksi kesadaran ekonomi dari para Tokoh Sunda yang diperuntukan bagi kepentingan kesejahteraan Global. Setelah kami mendapatkan penjelasan secara langsung dari beliau terutama dalam hal Koperasi, beliau menerangkan bahwa rakyat tidak perlu mengumpul-ngumpul uang seperti pada koperasi. Pada Stamo~2013, rakyat diproteksi secara HUKUM GLOBAL oleh STAMO~2013 sebagai PEMILIK SAHAM EKONOMI OTOMATIS karena dia SECARA HAK adalah sebagai ”Pemilik Suatu Negara” , dan rakyat berhak mendapatkan bagian keuntungan ekonomi secara rutin dalam setiap transaksi ekonomi dimanapun mereka berada. Hal demikian, Mandalajati Niskala dalam Stamo~2013 memberikan logika yang sangat mendasar dan alasan yang sangat kuat. Memang benar HAKEKETNYA NEGARA INI DIPERUNTUKAN OLEH TUHAN KEPADA RAKYAT dan Negara ini bukan milik penguasa atau pengusaha tapi milik rakyat. Mandalajati Niskala mengingatkan kepada kami agar hati-hati dalam memahami ekonomi fitrah ini, seraya menambahkan:
    ” Stamo~2013 bukan ekonomi Materialis Kapitalis. Bukan ekonomi Sosialis komunis. Bukan ekonomi kerakyatan apalagi Koperasi dsb. Stamo~2013 merupakan RE~EKONOMI FITRAH yang memiliki kemampuan mengakomodir semua sistem ekonomi, dengan mengendalikan hasil SECARA ADIL bagi terciptanya kesejahteraan umat manusia di seluruh Dunia. Sistem perbankan dirombak tanpa bekas. Bisnis Perbankan yang biasa dijalankan para kaum Kapitalis dan sejenisnya ditiadakan, WALAUPUN MENGGUNAKAN BAJU AGAMA TETAP SAJA PERBANKAN ADALAH SENJATA KEJAHATAN KAPITALIS. Berbeda dengan Stamo~2013, Perbankan hakekatnya hanya lembaga pengamanan asat ekonomi dan bertugas memberikan sistem layanan. Sistem Perbankan yang dirancang STAMO~2013 diseluruh Dunia hanya ada tiga, yaitu Bank yang mengamankan sepertiga aset keuntungan yang menjadi hak Negara disebut BANK NEGARA STAMO~2013, Bank yang mengamankan sepertiga aset keuntungan yang menjadi hak Para Pengusaha disebut BANK NIAGA STAMO~2013 dan Bank yang mengamankan sepertiga aset keuntungan yang menjadi hak rakyat disebut BANK RAKYAT SETAMO~2013. Terpaksa perbankan yang selama ini tidak mampu memberikan sumbangsih bagi terciptanya kesejahteraan rakyat harus dirombak dan ditempatkan kedudukannya lebih mulia menjadi lembaga pelayanan kesejahteraan”…………………………………………………………….
    …………………………………………………………………………………………………
    —————————————————————————————–
    Salam sejahtera kepada yang mengunjungi situs ini.
    Semoga gambaran ini memberi manfaat.
    Terima kasih kepada Al Mukarom Ahmad Y Samantho, yang dengan kemurahan hati telah menyajikan pemikiran Mandalajati Niskala.

    HELMI ADAM PRAMUDYA

  13. waduh……. hatur nuhun pisan ka para pini sepuh tanah sunda…..sim abdi sajatina teu weleh nitenan…kinten2a saha nu bade muncul ti tatar pasundan teh…gening ieu kutan……abdi ngiring bingah nu teu aya wates wangena….ku dongkapna SANG PEMBAHARU ABAD 21 pun ABAH MANDALAJATI NISKALA…..assalamualaikum abah…abdi seja ngahaturkeun rebu hormat nu saikhlas2na……..mugi sing katampi ku abah kalayan kabingahan…..sim abdi pasti ngantos2 pisan percikan elmu luhungna ….mugi urang sadayana sing aya dina pituduh jg kaberkahan ti MANTENNA….amiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnn ya mujibassaaailiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnn….

    • Wahai Tuhan Yang Merajai Jagat Ini.
      Aku persembahkan Maha Karya~MU ini untuk menerangi
      Insan Kamil yang angannya memenuhi Alam~Mu.
      Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu adalah Maha Karya~MU.
      Aku hanya diberikan sedikit percikan oleh~MU.
      Engkaulah hakekat Sang Sastra Jendra, Sang Hayu Ningrat, Sang Pangruwating Diyu, Sang Ka~Alam Yang Tiada Tapal Batas.
      Maha Suci Engkau Rabb Yang Maha Rahim.

      Waalaikumsalam Wr. Wb tercurah kepada Hamba Alloh alimmahmud.
      Salam hormat disertai rasa gembira yang ikhlas.
      Semoga Allohurabbul’alamin mempersatukan hati orang orang yang berserah diri kepada~NYA. Amin

  14. Ass.Wr.Wb. Sampurasun
    Terima kasih kepada Bapak Ahmad Y Samantho yang telah memberikan ruang komentar yang sangat leluasa.

    Salam hormat kepada Bapak Mandalajati Niskala yang telah sudi menumpahkan keluhungan Filsafat & Ilmu Sunda.

    Saya menyimak Buku Sunda Membedah Zaman yang ditulis oleh Mandalajati Niskala. Buku saku yang tidak terlalu tebal itu, isinya sangat fenomenal dan mencengangkan.
    Tentu saja saya berharap buku selanjutnya bisa beredar di pasaran.
    Sejak akhir 2011 saya menunggu munculnya buku “SANG PEMBAHARU DUNIA DI ABAD 21″. Saya mencoba berkeliling ke tiap toko buku namun tidak menemukan. Beruntung saya diberi tahu oleh teman bahwa buku tersebut dilarang oleh Bapak Mandalajati Niskala untuk beredar di pasaran karena dapat mencengangkan Dunia, sedangkan manusia Sunda belum siap untuk menerima kedatangan tamu mancanegara yang mencari tahu tentang “KEBENARAN SUNDA”
    Kalau memang alasannya seperti itu saya turut bersyukur bahwa Bapak Mandalajati Niskala sangat bijak mensikapi keadaan.

    Belakangan ini bermunculan gerakan-gerakan Sunda yang mengarah pada pembaharuan & perubahan paradigma. Tentu harapan saya, semua perubahan menuju pembaharuan, akan sesuai dengan yang digambarkan oleh Bapak Mandalajati Niskala pada buku Sunda Membedah Zaman.

    Perkembangan terbaru muncul INSTITUT BUDAYA SUNDA, saya harap Bapak Mandalajati Niskala ikut nimbrung agar dalam perjalanannya dapat selaras dengan cita-cita Sunda. Terima kasih.

    Demikian komentar saya, semoga kita semua mendapat perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa. Amin.

    Cag. Wassalam.

  15. saya kira td bapak Mandalajati Niskala adalah tokoh khayal, ternyata memang ada, maka, salam dari kami kaum sufi kalimantan., pada saatnya kami akan menemui anda. o ya kalo ketemu kai kunci (sahibul wilayah kaltim) di masjid Rasullah tiap malam jumat, mohon petuah dan pesannya.wslm, @ hanafi hans..,

    • Wahai Tuhan Yang Merajai Jagat Ini.
      Aku persembahkan Maha Karya~MU ini untuk menerangi
      Insan Kamil yang angannya memenuhi Alam~Mu.
      Sastra Jendra Hayuningrat Pangruwating Diyu adalah Maha Karya~MU.
      Aku hanya diberikan sedikit percikan oleh~MU.
      Engkaulah hakekat Sang Sastra Jendra, Sang Hayu Ningrat, Sang Pangruwating Diyu, Sang Ka~Alam Yang Tiada Tapal Batas.
      Maha Suci Engkau Rabb Yang Maha Rahim.

      Yang mulia hamba Alloh Hanafi Hans .
      Salam hormat disertai rasa mutmainah yang tulus.
      Waalaikumsalam Wr. Wb senantiasa tercurah untuk saudaraku sahibul kaum sufi kalimantan di masjid Rasullah.
      Dengan segala hormat bukan hendak menggurui, ada sedikit oleh-oleh dari Bandung yg mungkin bisa bermanfaat untuk menjadi bahan tafakur:

      Bukalah rahasia NAFAS, Dialah Sang ‘HU’, Sang ‘DA’, Sang ‘RA’. Sejatining ‘HU~DA~RA’, Sejatining NAFAS, Sejatinging JAWAHAR AWAL, Sejatining HIDUP. Jika HU~DA~RA terputus maka hidup akan terputus. Setiap Makhluk berenang-renang dalam tubuh ‘SANG HUDARA’, ‘SANG NAFAS’. Jika Sang Hudara atau Sang Nafas dikenali maka Sang Rabbul’alamin akan sertamerta dikenali.
      Semoga bermanfaat. Amin,

      Semoga Allohurabbul’alamin mempersatukan hati orang orang yang berserah diri kepada~NYA. Amin

  16. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Terima kasih Bapak Ahmad Yuana Samantho, juga kepada para pembaca lainnya.
    Saya membaca konten pada setiap situs ahmadsamantho sangat berharga. Demikian pula yang berhubungan dengan jalan fikiran Mandalajati Niskala.
    Sastra Jendra dalam uraian Mandalajati Niskala sangat original dan mengkagetkan.
    Di situs lain saya juga membaca jalan fikiran Mandalajati Niskala mengenai HAKEKAT DIRI. Uraian akibat penjelajahan yang mendalam dan hekiki yang dilakukan Mandalajati Niskala, telah melahirkan MAHA KARYA yang dahsyat dan luar biasa.
    Juga oleh-oleh Mandalajati Niskala yang ditujukan kepada Bapak Hanafi Hans, sahibul kaum sufi kalimantan di masjid Rasullah:
    //Bukalah rahasia NAFAS, Dialah Sang ‘HU’, Sang ‘DA’, Sang ‘RA’. Sejatining ‘HU~DA~RA’, Sejatining NAFAS, Sejatinging JAWAHAR AWAL, Sejatining HIDUP. Jika HU~DA~RA terputus maka hidup akan terputus. Setiap Makhluk berenang-renang dalam tubuh ‘SANG HUDARA’, ‘SANG NAFAS’. Jika Sang Hudara atau Sang Nafas dikenali maka Sang Rabbul’alamin akan sertamerta dikenali.//

    Saya sangat heran dengan jalan fikiran Mandalajati Niskala yang hakiki, original dan “ajaib” dalam penjelasan mengenai Hakekat Diri. Saya berharap semoga Mandalajati Niskala terus memberikan pencerahan kepada kita semua.
    Saya copykan naskah mengenai Hakekat Diri sbb:

    MANDALAJATI NISKALA Seorang Filsuf Sunda Abad 21
    Menjelaskan Dalam Buku
    SANG PEMBAHARU DUNIA DI ABAD 21,
    Mengenai HAKEKAT DIRI

    Salah seorang peneliti Sunda yang sedang menulis buku
    “SANG PEMBAHARU DUNIA DI ABAD 21,
    bertanya kepada Mandalajati Niskala:
    “Apa yang anda ketahui satu saja RAHASIA PENTING mengenai apa DIRI itu? Darimana dan mau kemana?

    Jawaban Mandalajati Niskala:
    “Saya katakan dengan sesungguhnya bahwa pertanyaan ini satu-satunya pertanyaan yang sangat penting dibanding dari ratusan pertanyaan yang anda lontarkan kepada saya selama anda menyusun buku ini.
    Memang pertanyaan ini sepertinya bukan pertanyaan yang istimewa karena kata “DIRI” bukan kata asing dan sering diucapkan, terlebih kita beranggapan diri dimiliki oleh setiap manusia, sehingga mudah dijawab terutama oleh para akhli.

    Kesimpulan para Akhli yang berstandar akademis mengatakan BAHWA DIRI ADALAH UNSUR DALAM DARI TUBUH MANUSIA.
    Pernyataan semacam ini hingga abad 21 tidak berubah dan tak ada yang sanggup menyangkalnya. Para Akademis Dunia Barat maupun Dunia Timur banyak mengeluarkan teori dan argumentasi bahwa diri adalah unsur dalam dari tubuh manusia.
    Argumentasi dan teori mereka bertebaran dalam ribuan buku tebal.
    Kesimpulan akademis telah melahirkan argumentasi Rasional yaitu argumentasi yang muncul berdasarkan “Nilai Rasio” atau nilai rata-rata pemahaman Dunia Pendidikan.
    Saya yakin Andapun sama punya jawaban rasional seperti di atas.

    Tentu anda akan kaget jika mendengar jawaban saya yang kebalikan dari teori mereka.
    Sebelum saya menjawab pertanyaan anda, saya ingin mengajak siapapun untuk menjadi cerdas dan itu dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana.

    Coba kita mulai belajar melacak dengan memunculkan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kata DIRI, JIWA dan BADAN, agar kita dapat memahami apa DIRI itu sebenarnya.

    Beberapa contoh pertanyaan saya susun seperti hal dibawah ini:
    1)Apa bedanya antara MEMBERSIHKAN BADAN, MEMBERSIHKAN JIWA dan MEMBERSIHKAN DIRI?

    2)Apa bedanya KEKUATAN BADAN, KEKUATAN JIWA dan KEKUATAN DIRI?

    3)Kenapa ada istilah KESADARAN JIWA dan KESADARAN DIRI sedangkan istilah KESADARAN BADAN tidak ada?

    4)Kenapa ada istilah SEORANG DIRI tetapi tidak ada istilah SEORANG BADAN dan SEORANG JIWA?

    5)Kenapa ada istilah DIRI PRIBADI sedangkan istilah BADAN PRIBADI tidak ada, demikian pula istilah JIWA PRIBADI menjadi rancu?

    6)Kenapa ada istilah KETETAPAN DIRI dan KETETAPAN JIWA tetapi tidak ada istilah KETETAPAN BADAN?

    7)Kenapa ada istilah BERAT BADAN tetapi tidak ada istilah BERAT JIWA dan BERAT DIRI?

    8)Kenapa ada istilah BELA DIRI sedangkan istilah BELA JIWA dan BELA BADAN tidak ada?

    9)Kenapa ada istilah TAHU DIRI tetapi tidak ada istilah TAHU BADAN dan TAHU JIWA?

    10)Kenapa ada istilah JATI DIRI sedangkan istilah JATI BADAN dan JATI JIWA tidak ada?

    11)Apa bedanya antara kata BER~BADAN, BER~JIWA dan BER~DIRI?

    12)Kenapa ada istilah BER~DIRI DENGAN SEN~DIRI~NYA tetapi tidak ada istilah BER~BADAN DENGAN SE~BADAN~NYA dan BER~JIWA DENGAN SE~JIWA~NYA?

    13)Kenapa ada istilah ANGGOTA BADAN tetapi tidak ada istilah ANGGOTA JIWA dan ANGGOTA DIRI?

    Beribu pertanyaan seperti diatas bisa anda munculkan kemudian anda renungkan. Saya jamin anda akan menjadi faham dan cerdas dengan sendirinya, apalagi jika anda hubungkan dengan kata yang lainnya seperti; SUKMA, RAGA, HATI, PERASAAN, dsb.

    Kembali kepada pemahaman Akhli Filsafat, Ahli Budaya, Akhli Spiritual, Akhli Agama, Para Ulama, Para Kyai dan masyarakat umum BAHWA DIRI ADALAH UNSUR DALAM DARI TUBUH MANUSIA.
    Mulculnya pemahaman para akhli seperti ini dapat saya maklumi karena mereka semua adalah kaum akademis yang menggunakan standar kebenaran akademis.

    Saya berani mengetasnamakan Sunda, bahwa pemikiran di atas adalah SALAH.
    Dalam Filsafat Sunda yang saya gali, saya temukan kesimpulan yang berbeda dengan pemahaman umum dalam dunia ilmu pengetahuan.

    Setelah saya konfirmasi dengan cara tenggelam dalam “ALAM DIRI”, menemukan kesimpulan BAHWA DIRI ADALAH UNSUR LUAR DARI TUBUH MANUSIA. Pendapat saya yang bertentangan 180 Derajat ini, tentu menjadi sebuah resiko yang sangat berat karena harus bertubrukan dengan Pendapat Para Akhli di tataran akademik.

    Saya katakan dengan sadar ‘Demi Alloh. Demi Alloh. Demi Alloh’ saya bersaksi bahwa diri adalah UNSUR LUAR dari tubuh manusia yang masuk menyeruak, kemudian bersemayam di alam bawah sadar. ‘DIRI ADALAH ENERGI GAIB YANG TIDAK BISA TERPISAHKAN DENGAN SANG MAHA TUNGGAL’.
    ‘DIRI MENYERUAK KE TIAP TUBUH MANUSIA UNTUK DIKENALI SIAPA DIA SEBENARNYA’.
    ‘KETAHUILAH JIKA DIRI TELAH DIKENALI MAKA DIRI ITU DISERAHTERIKAN KEPADA KITA DAN HILANGLAH APA YANG DINAMAKAN ALAM BAWAH SADAR PADA SETIAP DIRI MANUSIA’.

    Perbedaan pandangan antara saya dengan seluruh para akhli di permukaan Bumi tentu akan dipandang SANGAT EKSTRIM. Ini sangat beresiko, karena akan menghancurkan teori ilmu pengetahuan mengenai KEBERADAAN DIRI.
    Aneh sekali bahwa yang lebih memahami mengenai diri adalah Dazal, namun sengaja diselewengkan oleh Dazal agar manusia sesat, kemudian Dazal menebarkan kesesatan tersebut pada dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan ‘DI UFUK BARAT’ maupun ‘DI UFUK TIMUR’.

    Sebenarnya sampai saat ini DAZAL SANGAT MEMAHAMI bahwa DIRI adalah unsur luar yang masuk menyeruak pada seluruh tubuh manusia.

    DIRI merupakan ENERGI KEMANUNGGALAN DARI TUHAN SANG MAHA TUNGGAL. Oleh karena pemahaman tersebut DAZAL MENJADI SANGAT MUDAH MENGAKSES ILMU PENGETAHUAN.
    Salah satu ilmu yang Dia pahami secara fasih adalah Sastra Jendra Hayu Ningrat Pangruwating Diyu. Ilmu ini dibongkar dan dipraktekan hingga dia menjadi SAKTI.
    Dengan kesaktiannya itu Dia menjadi manusia “Abadi” dan mampu melakukan apapun yang dia kehendaki dari dulu hingga kini.
    Dia merancang tafsir-tafsir ilmu dan menyusupkannya pada dunia pendidikan agar manusia tersesat.
    Dia tidak menginginkan manusia mamahami rahasia ini.
    Dazal dengan sangat hebatnya menyusun berbagai cerita kebohongan yang disusupkan pada Dunia Ilmu Pengetahuan, bahwa cerita Dazal yang paling hebat agar dapat bersembunyi dengan tenang, yaitu MENGHEMBUSKAN ISU bahwa Dazal akan muncul di akhir jaman, PADAHAL DIA TELAH EKSIS MENCENGKRAM DAN MERUSAK MANUSIA BERATUS-RATUS TAHUN LAMANYA HINGGA KINI.
    Ketahuilah bahwa Dazal bukan akan datang tapi Dazal akan berakhir, karena manusia saat ini ke depan akan banyak yang memahami bahwa DIRI merupakan unsur luar dari tubuh manusia YANG DATANG MERUPAKAN SIBGHOTALLOH DARI TUHAN SANG MAHA TUNGGAL.

    Sang Maha Tunggal keberadaannya lebih dekat dari pada urat leher siapapun, karena Sang Maha Tunggal MELIPUT SELURUH JAGAT RAYA dan kita semua berada TENGGELAM “Berenang-renang” DALAM LIPUTANNYA.

    Inilah Filsafat Sunda yang sangat menakjubkan.
    Perlu saya sampaikan agar kita memahami bahwa Sunda tidak bertubrukan dengan Islam, saya temukan beberapa Firman Allohurabbul’alamin dalam Al Qur’an yang bisa dijadikan pijakan untuk bertafakur, mudah-mudahan semua menjadi faham bahwa DIRI adalah “UNSUR KETUHANAN” yang masuk ke dalam tubuh manusia untuk dikenali dan diserah~terimakan dari Sang Maha Tunggal sebagai JATI DIRI, sbb:

    1)Bila hamba-hambaku bertanya tentang aku katakan aku lebih dekat (Al Baqarah 2:186)

    2)Lebih dekat aku daripada urat leher (Al Qaf 50:16)

    3)Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda kami disegenap penjuru dan pada nafasmu sendiri (Fushshilat 41:53)

    4)Dzat Allah meliputi segala sesuatu (Fushshilat 41:54)

    5)Dia (Allah) Bersamamu dimanapun kamu berada (Al Hadid 57:4)

    6)Kami telah mengutus seorang utusan dalam nafasmu (AT-TAUBAH 9:128)

    7)Di dalam nafasmu apakah engkau tidak memperhatikan (Adzdzaariyaat 51:21)

    8)Tuhan menempatkan DIRI antara manusia dengan qolbunya (Al Anfaal 8:24)

    9)Aku menciptakan manusia dengan cara yang sempurna (At Tin 95:4)

    Jawaban mengenai APA DIRI ITU. DARIMANA & MAU KEMANA (Sangkan Paraning Dumadi), akan saya jelaskan secara rinci dan tuntas pada sebuah buku YANG JIKA SANG EMPUNYA MENGIJINKAN akan saya luncurkan di akhir 2012”.

    Naskah ini dicuplik dari
    Editing Penulis.

    Judul Buku:
    “SANG PEMBAHARU DUNIA DI ABAD 21
    dicopy dari zu408.blogdrive.com/archive/82.html

  17. Welcome to the world reformers.
    I tried updating from the other side.
    I will give a warning to countries giant, who committed the crime world.

    TRISULA WEDA is SUPER STRENGTH, to PARALYZE GIANT STATE CRIME.
    STATE SUPER POWER, HAVE ANY ASSUMPTION CAN DO.
    DO NOT BE AFRAID. I AM COMING TO CANCEL THE THEORY OF SUPER POWER COUNTRIES.
    THIS CONCEPT “TRISULA WEDA” WILL OPEN A NEW WORLD.

    Open the human mind to understand the nature of life that is inseparable from the existence of the universe is the duty of the “New Man”.
    Sandi Kaladia come stunned World. I was a “New Man”

    That might be a big surprising news, that the universe, in the body of God.
    All life is in God’s body, therefore the Lord able to feel everything that happens in the body.
    Sure. Excavation of Philosophy, from Sandi Kaladia: It is shocking the World.
    You think having the distance with God? You think life outside the body of the Lord? Be careful to kufr.

    2013 will be universally understood, that our lives are in God’s body.
    If we have been convinced that life is in God’s body, then all the lies would be revealed.
    On human beings full of mystery. It was there that God’s many secrets.
    If someone has found itself, it will be understood the existence of God.

    TRY TO THINK, THE SECRET OF THREE ELEMENTS of DEVINITY JOIN TO BE ONE (Trisula Weda):
    1)Water comes from “ACINING~CAI” is a supernatural element. Element of divinity.
    2)Land comes from “ACINING~TANEUH” is a supernatural element. Element of divinity.
    3)Fire comes from “ACINING~SEUNEU” is a supernatural element. Element of divinity.
    1+2+3) The air is “SAJATINING~HUDARA” is a supernatural authenticity. Divine authenticity.

    All forecasts are engineering science capabilities. This situation can be realized by anyone who has reached such dimensions. It is unfortunate that they stigmatize natural disaster,

    when in fact it is a super engineering. But do not be arrogant I will thwart all prophecy.

    I say to everyone, that everyone in the body of God, therefore, must be safe and not get hurt, but if it’s a kind of disorder cancer, I would definitely destroy, to be a lesson.
    I will alert the giant state and its crimes against humanity. Hurry up you’re all doing good, and abstain from evil.
    Do not until you receive a fatal consequence of your crime. We will forgive you.

    Please wake peace with love.
    PLEASE, FIX THIS LIFE WITH LOVE ::

    ‘Bridge of Love’ will be a liaison trip, meeting someone with God.
    ‘Bridge of Love’ can enhance meaning: From the ‘Sense of Humanity’ to the ‘Taste of Divinity’.
    ‘Bridge of Love’ can enhance meaning: From the ‘Sense of Divinity’ to the ‘Taste of Caring’.
    ‘Bridge of Love’ can enhance meaning: From the ‘Sense of Caring’ to the ‘Sense of Belonging’.
    ‘Bridge of Love’ can enhance meaning: From the ‘Sense of Belonging’ to the ‘Sense of Maintaining’.
    ‘Bridge of Love’ can enhance meaning: From the ‘Sense of Maintaining’ to the ‘Sense of Glorifying’.
    ‘Bridge of Love’ can enhance meaning: From the ‘Sense of Glorifying’ to the ‘Sense of Devotion’.
    ‘Bridge of Love’ can enhance meaning: From the ‘Sense of Devotion’ to the ‘Sense of Truth’.
    ‘Bridge of Love’ can enhance meaning: From the ‘Sense of Truth’ to the ‘Sense of Absolute’.

    Bandung
    Sandi Kaladia

  18. ‘RATU ADIL’ IS A WORLD LEADER, APPEARS IN THE CENTER OF THE EARTH, ‘PARAHYANGAN’
    ‘RATU ADIL’ FROM WHERE, DO NOT BE A PROBLEM.

    RATU ADIL║True Leader, came up with the approval of God. spoke very “magical” and energetic.
    RATU ADIL║True Leader, came very confidential, as presented by the power of God
    RATU ADIL║True Leader, came to fix the lives of the people, who have been ravaged.
    RATU ADIL║True Leader, arrived with a certainty, for justice and the welfare of his people.
    RATU ADIL║True Leader, arrived with the symbol of philosophy, in accordance with the provisions of his Lord.
    RATU ADIL║True Leader, arrived with a secret philosophy, unloaded to a value of nature, becomes a true consciousness.
    RATU ADIL║True Leader, came not from the crowd and the arena of power ambitions.
    RATU ADIL║True Leader, comes to dealing with serious obstacles, but it will be passed without getting hurt.
    RATU ADIL║True Leader, came out from the conspiracy and engineering imaging.
    RATU ADIL║True Leader, arrived with his own system, to change the existing system, towards a system of nature.
    RATU ADIL║True Leader, came very surprising, because the leader was not understood by many people.
    RATU ADIL║True Leader, came itself naturally, now present, but not known who it was.
    RATU ADIL║True Leader, came gild force for every human being, for the sake of nation and state.
    RATU ADIL║True Leader, came with terrible force, which is respected by the whole world.
    RATU ADIL║True Leader, came to quell the feud due to incitement.
    RATU ADIL║True Leader, came without an opponent, because no one could beat him.
    RATU ADIL║True leader, came to conquer wrath, without people feeling defeated.
    RATU ADIL║True leader, came up with did not have enemies, because not to seek the enemy.
    RATU ADIL║True leader, arrived with a message of motherhood, to fulfill the longings and hopes of its people.
    RATU ADIL║True leader, came to liberate the individual citizens of the difficulties of life.
    RATU ADIL║True leader, arrived with the divine blessing, to liberate people from exploitation.
    RATU ADIL║True leader, did not come to judge the result, but to fix the cause.
    RATU ADIL║True leader, comes then back away, after the entire plan can be realized.
    RATU ADIL║True leader, came and went, accompanied by longing and happiness of all mankind.
    RATU ADIL║True leader, is a long-awaited leader of the past until now and they believe, will now be present.

    Bandung, 1/1/2013
    Sandi Kaladia

  19. Analogi keilmuan Sastro Djendro Hayudiningrat Pangruwating Hiyu bisa digambarkan –> “Nyoto Tanpo Moto”, “Weruh Tanpo Diwuruki”, “Perang Tanpo Bolo”, “Menang Ora Ngasorake”. Dan sampai detik ini saya menulis belum ada patok atau pembatas dari keilmuan “Sastro Djendro…”.

  20. Wah. Ujung ujungnya kok sunda centris? BUKANYA sastro jendro hayuningrat pangruwating dyu itu bahasa batak? kalo kamusnya aja segitu banyak, trus tokonya segede apa? tanah sunda kali ya? orang2 sunda pada tinggal dimana

  21. Top Markotop…membaca artikel ini Saya benar2 merasa bodoh…Salam takdzim ti Sim Kuring buat Abah Mandalajati Niskala… Semoga Kita bisa menjadi Insan yg Rahmatan lil alaamin..

  22. SELAMAT DATANG
    █▀█║█▀█║║║█║█▀█║║║█║█▀█║█▀█║║█▀█║█▀█
    █▀▀║█▀█║║║█║█▄█║║║█║█▄█║█▀▀█║█▄█║█║█
    ▀║║║▀║▀║▀▀▀║▀║▀║▀▀▀║▀║▀║▀║║▀║▀║▀║▀║▀
    █▀█║█▀█║█║█║█▀█║█▀█
    █▄█║█║█║▀▀█║█▄█║█▀▀█
    ▀║▀║▀║▀║▀▀▀║▀║▀║▀║║▀
    SELAMAT BERLOMBA MERAIH GELAR RATU ADIL
    ▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀
    ZARO BANDUNG ZARO AGUNG MAJELIS AGUNG
    █▀█║█▀█║█▀█║║█▀█║█║█║█║█║█▀█║█▀█║█▀▀║█▀█║█▀█
    █▀▀║█▀█║█▀▀█║█▄█║█▀█║▀▀█║█▀█║█║█║█║█║█▄█║█║█
    ▀║║║▀║▀║▀║║▀║▀║▀║▀║▀║▀▀▀║▀║▀║▀║▀║▀▀▀║▀║▀║▀║▀
    █▀█║█▀█║█║█║█▀█║█▀█║║║║▀▀█║█▀█║█║▀▀█║
    █▀█║█║█║▀▀█║█▀█║█▀▀█║║║█▀▀║█║█║█║▀▀█║
    ▀║▀║▀║▀║▀▀▀║▀║▀║▀║║▀║║║▀▀▀║▀▀▀║▀║▀▀▀║
    MANDALAJATI NISKALA
    Sang Pembaharu Dunia Di Abad 21

  23. Terima kasih untuk semuanya… Ini sangat luar biasa……
    Belajar itu tanpa batas usia dan waktu… mari kita harga semua buah pikiran/ masukan / ide / pendapat / saran / kritikan yang ada disini….. yang perlu diingat oleh kita semua adalah tetap bijak dalam melontarkan perkataan dalam tulisan….

    • Setuju Bung Fajar.
      Alam tak akan bisa dimanipulasi.
      Mandalajati Niskala bergerak bersama alam untuk membatalkan kemapanan ilmu pengetahuan yang sarat manipulasi.
      Coba perhatikan berbagai hipotesa mengenai Jagat Raya yang dilontarkan oleh Mandalajati Niskala untuk menghancurkan segala kebohongan ilmu pengetahuan.

      Kita tahu semua akhli sepakat bahwa panas di bagian Inti Matahari mencapai 15 Juta Derajat Celcius.
      Dalam sebuah diskusi rutin saya bertanya kepada Ki Mandalajati Niskala:
      “Ki, berapa panas di bagian Inti Matahari”?
      Mandalajati Niskala menjawab: “SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN”.
      Saya jadi penasaran khawatir Ki Mandalajati Niskala salah
      mendengar pertanyaan sehingga salah memberikan jawaban.
      Saya mengulang pertanyaan:
      “KI, BERAPA PANAS DI BAGIAN INTI MATAHARIIIIIIII”?
      Beliau serentak menjawab: “PANAS DI BAGIAN INTI MATAHARIIIIIIII ADALAAAAH SEDINGIIIIIN AIIIIR PEGUNUNGAAAAAAN”.
      Beliau menambahkan: “KALAU TIDAK PERCAYAAAAA SILAKAN BUKTIKAN SENDIRIIIII”.
      Saya kaget: “WOOOOOOOOOW MANDALAJATI NISKALA GILAAAAAAA……!”

      Beliau mengatakan bahwa kulit Matahari memang sangat panas, tapi suhu Inti Matahari TETAP SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN.

      Mandalajati Niskala sangat logis menjelaskan kepada banyak pihak bahwa MATAHARI ADALAH GUMPALAN BOLA AIR RAKSASA YANG BERADA PADA RUANG HAMPA BERTEKANAN MINUS, SEHINGGA DI BAGIAN SELURUH SISI BOLA AIR RAKSASA TERSEBUT. IKATAN H2O PUTUS MENJADI GAS HIDROGEN DAN GAS OKSIGEN, YANG SERTA MERTA AKAN TERBAKAR DISAAT TERJADI
      PEMUTUSAN IKATAN TERSEBUT. Suhu kulit Matahari menjadi sangat panas karena Oksigen dan Hidrogen terbakar, tapi suhu Inti Matahari TETAP SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN.

      Mandalajati Niskala menegaskan:
      “CATAT YA SEMUA BINTANG TERBUAT DARI AIR DAN SUHU PANAS INTI BINTANG SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN. TITIK”.
      Begitu kata Mandalajati Niskala.

      Memang mandalajati Niskala ORANG GILA KALIIIIII…..!!!
      TEORI YANG SUDAH MAPAN AMBRUK DIANTITESIS.

      Filsuf Sunda Mandalajati Niskala dalam banyak dialog sering mengungkap rahasia ke~Jagatraya~an. Beliau banyak melontarkan hipotesa, bahkan sering menyatakan antitesis yang sangat fenomenal terhadap kemapanan ilmu pengetahuan.

      Belakangan ini Mandalajati Niskala ‘berantitesis’: “GAYA GRAVITASI BUKAN DITIMBULKAN OLEH ADANYA MASSA PADA SEBUAH ZAT ATAU BENDA”.

      Berbicara soal Gravitasi, banyak Para Akhli bertanya: “Bagaimana Jika Gaya Gravitasi Bumi Menghilang”?
      Menurut Mandalajati Niskala: “Pasti semua orang DENGAN MUDAH SEKALI dapat membayangkan sebuah keadaan yang akan terjadi jika Bumi kehilangan Gaya Gravitasi”.

      Kata Mandalajati Niskala jika ada pertanyaan seperti itu, SEBENARNYA PERTANYAAN KURANG MENARIK.
      Mungkin tiga pertanyaan dari Mandalajati Niskala di bawah ini cukup menantang bagi orang-orang yang mau berpikir:
      1) BAGAIMANA TERJADINYA GAYA GRAVITASI DI PLANET BUMI?
      2) BAGAIMANA MENGHILANGKAN GAYA GRAVITASI DI PLANET BUMI?
      3) BAGAIMANA MEMBUAT GAYA GRAVITASI DI PLANET LAIN YG TIDAK MEMILIKI GAYA GRAVITASI?

      Pernyataan yang paling menarik berupa Hipotesa dari Mandalajati Niskala sbb:
      1) Matahari tidak memiliki Gravitasi tapi memiliki ANTI GRAVITASI.
      2) Suhu di Inti Matahari SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN, padahal kata Para Akhli di seluruh Dunia suhu Inti Matahari LIMA BELAS JUTA DERAJAT CELCIUS.
      3) Jumlah bintang di Alam Semesta adalah 1.000.000.000.000.000.000.000.000.000
      4) Jumlah galaksi di Alam Semesta adalah 80.000.000.000.000
      5) Jumlah bintang di setiap Galaksi sekitar 13.000.000.000.000

      Saya mendapat penjelasan dari Mandalajati Niskala, namun tentu tidak akan saya jelaskan kembali disini. Yang pasti Filsuf Sunda Mandalajati Niskala memiliki semua jawaban tersebut secara tuntas.

      Memang pernyataan Mandalajati Niskala bisa membuat para akhli geleng kepala.
      Santra Jendra dalam kupasan Mandalajati Niskala adalah SISTEM SASTRA YANG UNLIMITED, yang mencakup perbendaharaan SEMESTA KOSAKATA & SELURUH TERMINOLOGI YANG DIGUNAKAN OLEH SELURUH UMAT MANUSIA.
      Pantas Mandalajati Nisakala dapat memahami seluruh ilmu pengetahun.

      Mandalajati Niskala pantas jika menyandang gelar
      Sang Pembaharu Dunia di Abad 21

      Selamat berfikir
      @Sandi Kaladia

  24. Sastra Jendra Hayu Ningrat itu adalah sastra paling kuno yang tak akan pernah jadi kuno. Isinya sangat pendek, Hanya 2 suku kata. Sejak dilahirkan ke dunia setiap manusia telah memiliki ilmu ini. Hanya tinggal “eling” atau tidak.
    Hanya orang yang berani yang mau mempelajarinya.
    Kebanyakan gagal karena takut. Takut miskin, takut bodoh, takut mati.

  25. llahhumma Sholli ‘ala Muhammad Wa Ali Muhammad. Assalamu’alaikum w.wbk. Yang di muliakan Allah Swt. Bpk Mandalajati Niskala, dan juga Bpk Akhmad Y Samantho. Pujisyukur ke hadirat Gusti Yang Maha Agung Nu Weulas Sareng Asih Na teu aya Bandingan nana. Saya yg bodoh dan fakir dari segala hal, mohon bimbingannya dari Bpk, agar saya bisa menapaki hidup yg FITRAH, berjuang bersama-sama tuk mewujudkan STAMO 2013 untuk kepentingan Bangsa dan Nagara. Terimakasih yg tak terbatas, hingga sulit terucap karena semua kehadiran GUSTI SANGHIANG WIDI. Smg Bpk Mandalajati Niskala dan Bpk Akhmad Y Samantho sll dlm keadaan Terjaga. Amin Ya Robbal ‘Alamin…

  26. “Sastra Jendra Hayu Ningrat Pangruwating Diyu. Aneh bin ajaib jangankan isi kotak, gemboknya saja hingga kini abad 21 belum ada yang sanggup membuka..”

    Wah, terlalu under estimate…..Ada lah pastinya, hanya saja org2 yg benar2 bisa membuka pasti tdk mau obral sana sini.

    • Saya sudah coba mempelajari paparan dr bah “Mandalajati Niskala”, baik di FB, blog2 sampai mendengarkan & bertatap muka langsung di Bandung.. Saya akui kalau dr konsep & semangat sangat bagus dan sangat saya hargai..
      Tapi dikarenakan tata bahasa sangat rumit, hingga yg mendengarkan/baca cenderung bingung, dan sulit mengerti akan konsep2 beliau. Tapi sepertinya beliau menganggap para pendengarnya nya bingung karena ilmunya ketinggian…. Waduh..
      Konsep2 sulit dinilai benar atau salah karena semua nya diungkapkan hanya teori dalam bentuk kata2 baik lisan maupun tulisan.
      Harapan saya beliau bisa mengungkapkan semua dlm bentuk bahasa yg lebih sederhana dan dimengeri semua kalangan. Mohon maaf bila salah..

  27. Semoga bisa di implementasikan, memang sulit kalau dipikir dgn Logika karena akan sangat berbenturan dgn tatanan dunia yg skrang mencengkeram baik didunia barat dan timur Kapitalisme ekonomi yg berbasis pd spekulasi yg penuh riba dibalut dgn demokrasi siapa lagi klo dibaliksemua itu adalah Zionis Yahudi kecuali diwujudkan dgn Revolusi untuk meruntuhkanya yg akan dilakukan Sang Ratu Adil/ Imam Mahdi suatu saat nanti karena beliau yg diberi Mandat atau otoritas dari Tuhan Robbul Alaamin. Walloohu A’lam…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan Safari ANS

Terlambat Satu Detik Kerugian Satu Milyar

Women Terrace

to say something that i never talk before

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.978 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: