4 Komentar

Teras Piramida di Gunung Padang Berumur 6700 Tahun

foto

Wisatawan berkunjung ke kawasan punden berundak Gunung Padang, Desa Karya Mukti, Kecamatan Campaka, Cianjur, Jawa Barat, Minggu (29/1). Akses jalan yang buruk membuat situs megalitik terbesar di Asia Tenggara ini masih kurang populer kalangan umum. TEMPO/Prima Mulia

Berita Terkait

Teras Piramida di Gunung Padang Sejak 6700 Tahun

Sketsa Piramida Gunung Padang yang dibuat oleh Dr. Pon S. Purajatnika

TEMPO.CO Jakarta -Situs megalitikum Gunung Padang yang terletak di Cianjur ternyata memendam rahasia besar di dalam tanah selama ribuan tahun. Struktur tanah unik ditemukan menopang teras-teras berhias batu yang berada di permukaan.

Tim Bencana Katastropik Purba melakukan survei geologi di daerah ini sejak beberapa bulan terakhir. Mereka menerapkan tiga metode pengujian yaitu geolistrik, geomagnet, dan georadar. Ketiga metode ini terbukti sanggup memindai berbagai hal yang tersimpan di dalam tanah bagaikan melihat janin menggunakan USG.

Data geolistrik misalnya, memperlihatkan keberadaan tiga struktur ganjil di bawah permukaan Gunung Padang. Ketiga struktur ini tersebar di lima teras.

“Ada dua kemungkinan: struktur berisi tanah pejal atau hampa,” ujar anggota Tim Katastropik Purba, Danny Hilman Natawidjaja  di Jakarta, Selasa, 7 Februari 2012.

Penggalian di dekat lokasi struktur ganjil membuktikan hal lain. Struktur ganjil yang berada di bawah permukaan tanah tersebut ternyata diisi oleh lapisan pasir halus. Lapisan ini berada mulai pada kedalaman 8-10 meter.

Menurut ahli sedimentasi Andang Bachtiar takjub dengan temuan ini. Soalnya, pasir sangat halus tak mungkin terbentuk oleh proses alam. Karenanya ia memastikan bahwa pasir ini haruslah dibenamkan oleh peradaban manusia.

Usia pasir halus sendiri sangat mengejutkan. Lapisan pasir terbenam jauh di bawah lapisan tanah di atasnya yang berusia 6700 tahun. Artinya, pasir ini sudah dijejalkan ke dalam lokasi sekarang setidaknya pada tahun 4700 Sebelum Masehi.

Menurut Andang, pasir halus di bawah tanah ini memiliki fungsi unik yang kemudian bisa mempertahankan susunan batu yang ada di atasnya. Situs Gunung Padang sendiri terdiri dari lima tingkatan teras yang dihias oleh batu alam.

ANTON WILLIAM

Rute menuju Lokasi, Tips perjalanan, dan lainnya dapat dilihat ke sumbernya gaan http://www.indonesia.travel/id/desti…anjur/getthere

Berita Terkait
Bagaimana Gunung Sadahurip Terbentuk Alami
Bentuk Piramida Sadahurip Mirip Borobudur  
Ini Alasan Ahli Percaya Sadahurip Adalah Piramida
Staf Khusus SBY Bantah Cari Piramida di Gunung
Tim Bahas Piramida Dibentuk Staf Khusus SBY
Ahli: Tak Ada Emas di ‘Piramida’ Gunung Sadahurip  
Benarkah Ada Piramida di Gunung Sadahurip dan Lalakon?

http://kaskustravellers.pitoong.com/?p=5

About these ads

4 comments on “Teras Piramida di Gunung Padang Berumur 6700 Tahun

  1. Wow amazing….klo dipikir2 arsitektur Indonesia emang Top dah khususnya peninggalan2 bersejarah warisan budaya leluhur nusantara,,memadukan estetika, fungsional, dan tak lupa aplikasi ilmu science didalamnya… :)

  2. Menurut A.A. Navis, Minangkabau lebih kepada kultur etnis dari suatu rumpun Melayu yang tumbuh dan besar karena sistem monarki,[4] serta menganut sistem adat yang khas, yang dicirikan dengan sistem kekeluargaan melalui jalur perempuan atau matrilineal,[5] walaupun budayanya juga sangat kuat diwarnai ajaran agama Islam, sedangkan Thomas Stamford Raffles, setelah melakukan ekspedisi ke pedalaman Minangkabau tempat kedudukan Kerajaan Pagaruyung, menyatakan bahwa Minangkabau adalah sumber kekuatan dan asal bangsa Melayu, yang kemudian penduduknya tersebar luas di Kepulauan Timur.[6]
    Saat ini masyarakat Minang merupakan masyarakat penganut matrilineal terbesar di dunia.[7][8] Selain itu, etnik ini juga telah menerapkan sistem proto-demokrasi sejak masa

  3. gunung padang.. jka di kaji lbih jauh n para ahli arkeolog bsa dngn sngt tliti menentukn umur peradaban gunung pdng trsbut,, padahal sbenarny bkan berumur 6700 thun tpi 7320 tahun.. silahkn buktikn jka eg prcya…

  4. [...] dan Peta Menuju Lokasi dari Cianjur Sumber Sketsa:http://ahmadsamantho.wordpress.com/2…ur-6700-tahun/ Perjalanan kami lakukan menggunakan kendaraan (mobil), rute yang kami lalui adalah dari Cianjur [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Towards Emancipation

Freedom, ...our responsiblity.

Catatan Safari ANS

Terlambat Satu Detik Kerugian Satu Milyar

Women Terrace

to say something that i never talk before

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.962 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: