2 Komentar

Korespondensi Armahedi Mahzar dengan Ahmad Y Samantho

 

ANTARA INTEGRALISME ARMAHEDI DAN TRANSUBSTANTIAL MOVEMENT MULLA SADRA ?

— ay_samantho wrote:

Salam,
Pak Armahedi Mahzar YTh.

Saya sangat terkesan dengan tulisan-tulisan dan buku Bapak. begitu juga kuliah Filsafat sains yang bapak sampaikan di ICAS jakarta 3 tahun yang lalu.activities-of-icas-jkt-in-early-years-16.jpg

Setelah saya baca ulang buku Bapak Revolusi Integtralisme Islam, saya menemukan bahwa ide dan pikiran Bapak banyak kemiripan dengan pemikiran Mulla Sadra, filosof Iran terkemuka, walaupun istilah-istilah yang Bapak Pakai adalah istilah saintifik (Physic), tapi ide dasarnya hampir sama, padahal Bapak tak pernah menyebut-nyebut refensinya kepada Mulla Sadra.

Saya sangat terinspirasi oleh pikiran Bapak sejak masih kuliah di Unpad Bandung tahun 1980-an, sampai sekarang. Bagaimana kabar Bapak? Mengapa Bapak tak mengajar ladi di ICAS-Paramadina jakarta?

Wassalam,
Ahmad Samantho

normal_kaaba_1.jpg

Armahedi Mahzar <armahedi@yahoo.com> wrote:

Assalamu alaikum

Senang bertemu dengan bekas mahasiswa. Bagaimana sudah ambil doktor? Mudah-mudahan sudah dapat dicapai.

Perkara pikiran Mulla Sadra dan saya mungkin memang agak mirip karena keduanya menginterpretasikanfilsafat yang sama: filsafat mistik Ibnu Arabi. Yang saya tidak bisa terima dari Mulla Sadra adalah Harakah al-Jawhariah alias Transformasi Substansial.

Saya tak bisa menerima bagaimana benda bisa berubahwujud jadi roh lalu berubah wujud jadi Tuhan.

Integralisme mengenal Harakah al-Suriyah alias Transformasi Morfologis di mana struktur-struktur sederhana menjadi kompleks karena integrasi atau kooperasi yang berdampingan dengan diferensiasi melalui diferensiasi. Integrasi/diferensiasi atau

kooperasi/kompetisi adalah sayapkiri/sayap kanan dari proses evolusi: kosmologis, geologis, biologis, psikologis dan sosiologis bahkan teknologis.

Dalam psikologis dorongan integrasi adalah cinta dan dorongan diferensiasi adalah perjuangan. Karena dorongan itu maka secara sosiologis muncullah berbagai jenis organisasi yang semakin lama semakin besar dan kompleks. Jadi kompleksifikasi adalah kepala sang Burung Evolusi. Kooperasi dan kompetisi adalah sarana-sarana dari kompleksifikasi yang dibawa oleh evolusi.

Kenapa saya tak mengajar lagi di ICAS-Paramadina, tanyakan saja pada rektor ICAS. Tetapi untunglah saya tidak diminta lagi untuk mengajar lagi di sana, karena sekarang saya sibuk mengajar di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Buat saya ini lebih menantang, karena ini berarti kesempatan untuk mengembangkan psikologi integral sebagai interpretasi dari Psikologi Transpersonal yaitu judul matakuliah yang saya harus

berikan.

Wassalamu alaikum
AM

ate:

Tue, 18 Dec 2007 19:03:54 -0800 (PST)

From:

“Ahmad Samantho” <ay_samantho@yahoo.com> Add to Address BookAdd to Address Book Add Mobile Alert

Subject:

Re: Pikiran Armahedi & Mulla Sadra

To:

Send an Instant Message “Armahedi Mahzar” <armahedi@yahoo.com>

YAHOO.Shortcuts.hasSensitiveText = true; YAHOO.Shortcuts.sensitivityType = ["adult"]; YAHOO.Shortcuts.doUlt = false; YAHOO.Shortcuts.location = “us”; YAHOO.Shortcuts.lang = “us”; YAHOO.Shortcuts.document_id = 0; YAHOO.Shortcuts.document_type = “”; YAHOO.Shortcuts.document_title = “”; YAHOO.Shortcuts.document_publish_date = “”; YAHOO.Shortcuts.document_author = “”; YAHOO.Shortcuts.document_url = “”; YAHOO.Shortcuts.document_tags = “”; YAHOO.Shortcuts.annotationSet = { “lw_1198035080_0″: { “text”: “Jakarta”, “extended”: 0, “startchar”: 1097, “endchar”: 1103, “start”: 1097, “end”: 1103, “extendedFrom”: “”, “predictedCategory”: “PLACE”, “predictionProbability”: “0.978052″, “weight”: 0.35, “type”: ["shortcuts:/us/instance/place/destination", "shortcuts:/us/instance/place/id/town"], “category”: ["PLACE"], “context”: “saya sekarang kerja di ICAS Jakarta mengelola website ICAS dan Manajemen”, “metaData”: { “geoArea”: “226.905″, “geoCountry”: “Indonesia”, “geoIsoCountryCode”: “ID”, “geoLocation”: “(106.82911, -6.1828699)”, “geoName”: “Jakarta”, “geoPlaceType”: “Town”, “geoState”: “Jakarta Raya”, “geoTown”: “Jakarta”, “type”: “shortcuts:/us/instance/place/id/town” } }, “lw_1198035080_1″: { “text”: “segera”, “extended”: 0, “startchar”: 1551, “endchar”: 1556, “start”: 1551, “end”: 1556, “extendedFrom”: “”, “predictedCategory”: “PLACE”, “predictionProbability”: “0.566612″, “weight”: 0.963609, “type”: ["shortcuts:/us/instance/place/ambiguous"], “category”: ["PLACE"], “context”: “saya Pak agar saya bisa segera menyelesaikan Thesis saya yang tertunda”, “metaData”: [ { "geoArea": "2.38855", "geoCountry": "Tanzania", "geoIsoCountryCode": "TZ", "geoLocation": "(38.550499, -5.3242102)", "geoName": "Segera", "geoPlaceType": "Town", "geoState": "Tanga", "geoTown": "Segera", "type": "shortcuts:/us/instance/place/tz/town"}, { "geoArea": "4", "geoCountry": "Papua New Guinea", "geoIsoCountryCode": "PG", "geoLocation": "(143.54102, -8.2367897)", "geoName": "Segera", "geoPlaceType": "Town", "geoState": "Western", "geoTown": "Segera", "geoZip": "336", "type": "shortcuts:/us/instance/place/pg/town"} ] }, “lw_1198035080_2″: { “text”: “segera”, “extended”: 0, “startchar”: 1712, “endchar”: 1717, “start”: 1712, “end”: 1717, “extendedFrom”: “”, “predictedCategory”: “PLACE”, “predictionProbability”: “0.566612″, “weight”: 0.963609, “type”: ["shortcuts:/us/instance/place/ambiguous"], “category”: ["PLACE"], “context”: “Husein dan Rektor ICAS untuk segera menyelesaikan Thesis saya paling lambat”, “metaData”: [ { "geoArea": "2.38855", "geoCountry": "Tanzania", "geoIsoCountryCode": "TZ", "geoLocation": "(38.550499, -5.3242102)", "geoName": "Segera", "geoPlaceType": "Town", "geoState": "Tanga", "geoTown": "Segera", "type": "shortcuts:/us/instance/place/tz/town"}, { "geoArea": "4", "geoCountry": "Papua New Guinea", "geoIsoCountryCode": "PG", "geoLocation": "(143.54102, -8.2367897)", "geoName": "Segera", "geoPlaceType": "Town", "geoState": "Western", "geoTown": "Segera", "geoZip": "336", "type": "shortcuts:/us/instance/place/pg/town"} ] }, “lw_1198035080_3″: { “text”: “Bandung”, “extended”: 0, “startchar”: 2412, “endchar”: 2418, “start”: 2412, “end”: 2418, “extendedFrom”: “”, “predictedCategory”: “PLACE”, “predictionProbability”: “0.973621″, “weight”: 0.35, “type”: ["shortcuts:/us/instance/place/destination", "shortcuts:/us/instance/place/id/town"], “category”: ["PLACE"], “context”: “dan ngaji kepada Bapak di Bandung Alamat rumah Bapak masih yang”, “metaData”: { “geoArea”: “21.0809″, “geoCountry”: “Indonesia”, “geoIsoCountryCode”: “ID”, “geoLocation”: “(107.60691, -6.9124198)”, “geoName”: “Bandung”, “geoPlaceType”: “Town”, “geoState”: “Jawa Barat”, “geoTown”: “Bandung”, “type”: “shortcuts:/us/instance/place/id/town” } }, “lw_1198035080_4″: { “text”: “ala”, “extended”: 0, “startchar”: 3292, “endchar”: 3294, “start”: 3292, “end”: 3294, “extendedFrom”: “”, “predictedCategory”: “PLACE”, “predictionProbability”: “0.566612″, “weight”: 0.883539, “type”: ["shortcuts:/us/instance/place/us/state"], “category”: ["PLACE"], “context”: “masih menganut/terpengaruh teori kekalan materi/energi ala Newtonian Maaf bukankah pada perkembangan”, “metaData”: { “geoArea”: “133921″, “geoCountry”: “United States”, “geoIsoCountryCode”: “US”, “geoLocation”: “(-86.68074, 32.614471)”, “geoName”: “Ala.”, “geoPlaceType”: “State”, “geoState”: “Ala.”, “geoStateCode”: “AL”, “type”: “shortcuts:/us/instance/place/us/state” } }, “lw_1198035080_5″: { “text”: “Ken Wilber”, “extended”: 0, “startchar”: 4001, “endchar”: 4010, “start”: 4001, “end”: 4010, “extendedFrom”: “”, “predictedCategory”: “PERSON”, “predictionProbability”: “0.997984″, “weight”: 0.517768, “type”: ["shortcuts:/us/instance/person/author"], “category”: ["PERSON"], “context”: “Bapak seperti Fritcof Capra Schuon Ken Wilber dll Dan bukankan di dalam” }, “lw_1198035080_6″: { “text”: “Indonesia”, “extended”: 0, “startchar”: 4970, “endchar”: 4978, “start”: 4970, “end”: 4978, “extendedFrom”: “”, “predictedCategory”: “PLACE”, “predictionProbability”: “0.983469″, “weight”: 0.35, “type”: ["shortcuts:/us/instance/place/destination", "shortcuts:/us/instance/place/id/country"], “category”: ["PLACE"], “context”: “filosofis terhadap Problem-Krisis IPOLEKSOSBUD HANKAMNAS Indonesia kontemporer Tapi proposal ini pun”, “metaData”: { “geoArea”: “1.89757e+06″, “geoCountry”: “Indonesia”, “geoIsoCountryCode”: “ID”, “geoLocation”: “(113.9174, 0.10974)”, “geoName”: “Indonesia”, “geoPlaceType”: “Country”, “type”: “shortcuts:/us/instance/place/id/country” } }, “lw_1198035080_7″: { “text”: “Jakarta”, “extended”: 0, “startchar”: 5688, “endchar”: 5694, “start”: 5688, “end”: 5694, “extendedFrom”: “”, “predictedCategory”: “PLACE”, “predictionProbability”: “0.978052″, “weight”: 0.35, “type”: ["shortcuts:/us/instance/place/destination", "shortcuts:/us/instance/place/id/town"], “category”: ["PLACE"], “context”: “Iran atau di UIN Syahid Jakarta Kemarin saya 2 bulan sudah”, “metaData”: { “geoArea”: “226.905″, “geoCountry”: “Indonesia”, “geoIsoCountryCode”: “ID”, “geoLocation”: “(106.82911, -6.1828699)”, “geoName”: “Jakarta”, “geoPlaceType”: “Town”, “geoState”: “Jakarta Raya”, “geoTown”: “Jakarta”, “type”: “shortcuts:/us/instance/place/id/town” } }, “lw_1198035080_8″: { “text”: “http://www.ahmadsamantho.wordpress.com&#8221;, “extended”: 0, “startchar”: 6402, “endchar”: 6439, “start”: 6402, “end”: 6439, “extendedFrom”: “”, “predictedCategory”: “”, “predictionProbability”: “0″, “weight”: 1, “type”: ["shortcuts:/us/instance/identifier/URL"], “category”: ["IDENTIFIER"], “context”: “Al Faqir Ahmad Y Samantho http://www.ahmadsamantho.wordpress.com Armahedi Mahzar armahedi@yahoo.com wrote Assalamu” }, “lw_1198035080_9″: { “text”: “armahedi@yahoo.com”, “extended”: 0, “startchar”: 6482, “endchar”: 6499, “start”: 6482, “end”: 6499, “extendedFrom”: “”, “predictedCategory”: “”, “predictionProbability”: “0″, “weight”: 1, “type”: ["shortcuts:/us/instance/identifier/email_address"], “category”: ["IDENTIFIER"], “context”: “Y Samantho http://www.ahmadsamantho.wordpress.com Armahedi Mahzar armahedi@yahoo.com wrote Assalamu alaikum Senang bertemu” }, “lw_1198035080_10″: { “text”: “Iran”, “extended”: 0, “startchar”: 8950, “endchar”: 8953, “start”: 8950, “end”: 8953, “extendedFrom”: “”, “predictedCategory”: “PLACE”, “predictionProbability”: “0.955073″, “weight”: 0.35, “type”: ["shortcuts:/us/instance/place/ir/country", "shortcuts:/us/instance/place/place_of_interest"], “category”: ["PLACE"], “context”: “dengan pemikiran Mulla Sadra filosof Iran terkemuka walaupun istilah-istilah yang Bapak”, “metaData”: { “geoArea”: “1.62305e+06″, “geoCountry”: “Iran”, “geoIsoCountryCode”: “IR”, “geoLocation”: “(53.682362, 32.42065)”, “geoName”: “Iran”, “geoPlaceType”: “Country”, “type”: “shortcuts:/us/instance/place/ir/country” } }, “lw_1198035080_11″: { “text”: “Yahoo! Search”, “extended”: 0, “startchar”: 9694, “endchar”: 9706, “start”: 9694, “end”: 9706, “extendedFrom”: “”, “predictedCategory”: “ORGANIZATION”, “predictionProbability”: “0.402845″, “weight”: 0.35, “type”: ["shortcuts:/us/instance/organization/company/yahoo_property"], “category”: ["ORGANIZATION"], “context”: “deals Find them fast with Yahoo Search http://tools.search.yahoo.com/newsearch/category.php?category=shopping Be a better friend”, “metaData”: { “yprop_name”: “Yahoo! Search”, “yprop_url”: “http://search.yahoo.com/&#8221; } }, “lw_1198035080_12″: { “text”: “http://tools.search.yahoo.com/newsearch/category.php?category=shopping&#8221;, “extended”: 0, “startchar”: 9711, “endchar”: 9780, “start”: 9711, “end”: 9780, “extendedFrom”: “”, “predictedCategory”: “”, “predictionProbability”: “0″, “weight”: 1, “type”: ["shortcuts:/us/instance/identifier/URL"], “category”: ["IDENTIFIER"], “context”: “them fast with Yahoo Search http://tools.search.yahoo.com/newsearch/category.php?category=shopping Be a better friend newshound” }, “lw_1198035080_13″: { “text”: “Yahoo! Mobile”, “extended”: 0, “startchar”: 9883, “endchar”: 9895, “start”: 9883, “end”: 9895, “extendedFrom”: “”, “predictedCategory”: “ORGANIZATION”, “predictionProbability”: “0.679211″, “weight”: 0.35, “type”: ["shortcuts:/us/instance/organization/company/yahoo_property"], “category”: ["ORGANIZATION"], “context”: “friend newshound and know-it-all with Yahoo Mobile Try it now”, “metaData”: { “yprop_name”: “Yahoo! Mobile”, “yprop_url”: “http://mobile.yahoo.com/&#8221; } } }; YAHOO.Shortcuts.overlaySpaceId = “97546169″; YAHOO.Shortcuts.hostSpaceId = “97546168″; Alhamdulillahi Rabb al’Alamin

Assalamu alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh,

Senang sekali saya mendapat balasan email dari Bapak secara japri, padahal saya tulis surat ke Bapak via milist.

Terus terang saya agak emosi/tersinggung Pak, ketika Bapak, sebagai guru saya tercinta dihujat oleh Vincent Liong yang diklaim atau mengklaim diri sebagai manusia indigo??? Padahal apa yang Bapak lakukan selama ini bukan sekedar asyik-masyuk berteori, tapi Bapak telah banyak mencerahkan pemikiran dan jiwa banyak orang, termasuk saya. Vincent Liong rupanya belum sadar bahwa pikiran/filsafat seseorang itu memandu pandangan dunia (world view) dan ideologi seseorang. Dan pada gilirannya akan mengerakkan seseorang dan sekelompok manusia/bangsa untuk beramal sholeh dan berjuang secara total (fisik & mental). Aneh juga cara berfikir sinisme anarkis si Vincent Liong itu.

Pak Armahedi, saya sekarang kerja di ICAS Jakarta, mengelola website ICAS dan Manajemen Publikasi-Penerbitan ICAS. Sebelumnya 2 tahun lebih saya mengelola aktifitas kemahasiswaan dan program S-1 Islamic Studies (sekarang sudah 3 angkatan).

Saat ini rektor ICAS adalah Dr. Seyyed Mohsen Tabatabaei Yazdi, menggantikan Dr. Seyyed Mohsen Miri. Dan pak Husein Heriyanto tidak lagi menjadi Wakil Rektor /PR 1, tapi beliau kini Kepala bagian Riset ICAS.

Mohon Doakan saya Pak, agar saya bisa segera menyelesaikan Thesis saya yang tertunda lama, karena urusan pekerjaan teknis saya di ICAS, saya sudah dapat warning untuk segera menyelesaikan Thesis saya paling lambat April 2008, kalau tidak harus bayar SPP 3,5 juta persemester tambahannya. Padahal justru problem saya adalah problem krisis ekonomi keluarga, (sebagaimana problem rakyat indonesia kebanyakan). Kalau saya hanya berkonsentrasi menulis thesis tanpa bekerja yang lain, keluarga saya ngak bisa makan dan anak-anak sulit sekolah.

Oh.. ya Pak, Alhamdulillah anak saya yang pertama: Maulana Ahmad Husain Khomeini, sekarang kuliah di FSRD ITB Bandung, masih semester 1 mau ke smt 2. Dia mau ambil jurusan/program studi Desain Komunikasi Visual. Mohon doa dan bimbingannya Pak. Nanti saya suruh dia untuk silaturahmi dan ngaji kepada Bapak di Bandung. Alamat rumah Bapak masih yang dulu? Saya lupa lagi dimana catatannya.

Mengenai Ide Bapak dan Mulla Sadra ternyata sama-sama menafsirkan idenya Ibn Arabi, pantesan agak mirip. Tapi saya pikir keberatan Bapak terhadap Transsubstansial movement (al-harakat al-Jawhariyah)-nya Mulla Sadra, masih perlu didiskusikan lebih lanjut. Karena Bapak pun pernah menjelaskan kepada kami di kelas di ICAS 3-4 tahun lalu, tentang proses evolusi dan involusi, yang mirip seperti konsep transsubtantial movementnya dan al-Asfra al Arbaah-nya Mulla Sadra.

Sebenarnya menurut pemahaman saya yang masih belajar ini, Ide Bapak dan Mulla sadra hampir mirip. Tapi dari surat Bapak ini, kok kayaknya Bapak masih menganut/terpengaruh teori kekalan materi/energi ala Newtonian. Maaf, bukankah pada perkembangan Fisika elementer saat ini, beberapa fisikawan dunia sudah menemukan bahwa pada tingkat subatomik itu ternyata the buliding block penyusun alam semesta itu bukanlah materi elektron-atau proton atau nukleus, Quark, dll. yang bedimensi materi, tapi sudah menyingkap realitas alam substansi spiritual/ ruhaniyah, yang menjadi hakikat segala sesuatu. Wallahu ‘alam. Saya lupa siapa yang bilang hal ini? Tapi seingat saya Pak Prof. Dr. Mulyadhi Kartanegara pernah beberapa kali menjelaskan kepada kami tentang hal ini, dengan merujuk kepada beberapa pemikir yang juga menjadi rujukan Bapak, seperti Fritcof Capra, Schuon, Ken Wilber. dll. Dan bukankan di dalam skema-skema Bapak sendiri (di buku Revolusi Integralisme Islam, misalnya), Bapak juga menggambarkan kesejatian Ruh/Wujud Mutlak Tuhan, sebagai Sumber dari segala sumber realitas (inna lillahi wa inna ilaihi rojiun).

Mohon penjelasannya Pak. Karena saya tadinya ingin menulis Thesis tentang komparasi Ide Bapak dengan ide Mulla Sadra dalam penyusunan paradigma baru sains Tauhidi, tapi proposal thesis saya ditolak dewan penguji ICAS karena katanya terlalu luas temanya, kurang fokus, dan bandingan refensinya tokohnya kurang seimbang??? Akhirnya saya ubah proposal thesis saya menjadi berjudul: “Kepemimpinan Hikmah Ilahiyah dalam Demokrasi berdasakan Filsafat Ideologi Pancasila dan Islam.” Thesis ini tentang Kritik dan Saran Solusi filosofis terhadap Problem-Krisis IPOLEKSOSBUD HANKAMNAS Indonesia kontemporer. Tapi proposal ini pun belum sepenuhnya bisa diterima/diapprove oleh Pak Husain Heriyanto, M.Hum, sehingga belum bisa disidangkan ulang dan ditentukan siapa pembimbing/ supervisor penulisan thesisnya. Namun tampaknya proposal thesis saya yang kedua ini, tetap akan banyak merujuk kepada pemikiran Mulla Sadra dan Bapak Armahedi Mahzar, serta Pak Dr. Abdul Hadi WM, serta para ulama/pemikir Islam lainnya (Seperti Hamzah Fanshuri, Jalaluddin Rumi, dll.) yang muaranya kepada pemikiran Ibn ‘Arabi juga, serta Plato.

Bagaimana menurut Bapak? Mohon saran dan bimbingan serta doa Bapak. Kalau selesai MA saya tahun ini, saya ingin ambil S-3 di Qom Iran atau di UIN Syahid Jakarta. Kemarin saya 2 bulan sudah mengikuti shortcourse Hermeneutik, Logika, Filsafat Isyraqiyah dan Komparasi Filsafat Barat dan Timur-Islam, sekaligus pendaftaran dan proses seleksi untuk S-3 di Qom Iran.

Saya masih bingung bagaimana cara/metode riset filosofis yang sebenarnya, bikin kerangka dulu baru nulis atau nulis dulu (tumpahkan dulu idenya) baru kemudian disistemasi???. Terus terang sekarang saya lagi stres Pak memikirkan bagaimana menyelesaikan thesis saya? Maaf saya jadi curhat sama Bapak. Saya punya foto lagi berdua dengan Bapak tahun 1984 di mesjid Salman ITB, saya jadi kangen ama Bapak nih.

Wassalam

Al Faqir: Ahmad Y Samantho
http://www.ahmadsamantho.wordpress.com


2 comments on “Korespondensi Armahedi Mahzar dengan Ahmad Y Samantho

  1. Pak Armahedi Mahzar YTh.

    Salam kenal…saya tertarik dengan psikologi integral, karena ilmu psikologi sekarang yang ada parsial dan terfragmentasi….dan para akademisi pun dalam mengembangkan tidak integral.

    Saya sangat kesulitan mendiskusikan ttg psikologi integral, karena sedikit sekali yang tertarik membahas ini. bulan lalu saya tergugah untuk kembali mengkaji psi integral setelah menghadiri pengukuhan Prof Dicky di UGM…pidatonya sangan menarik…topiknya: Mengintegrasikan Psikologi: peluang atau mimpi?

    Menurut saya membahas/mendiskusikan psikologi transpersonal maupun psikologi integral akan sangat baik jika memahami secara teoritis dan melakukan secara praktis…berapa banyak yang melakukan?

    Sementara demikian dulu….perkenalan ini.

    Salam,
    Laila

  2. Alhamdulillah di UPI Bandung saya dapat rezeki diajar sama Pak Armahedi Mahzar. Walaupun mata kuliah yang Bapak ajarkan itu mata kuliah pilihan. Tapi, manfaatnya sangat terasa. Terutama, proses perkuliahan yang sangat saya nikmati. Banyak hal-hal baru yang membuat saya ‘tergelitik’ untuk memahaminya terus-menerus. Justru yang ironisnya wacana tentang Psikologi Integral cenderung ‘tenggelam’ di dunia psikologi sendiri. n saya. Ada kalanya, dalam pandangan saya, orang-orang psikologi mesti belajar rendah hati untuk mau terbuka dengan masukan yang bermanfaat seperti ini. Ini disayangkan sekali jarang terjadi.

    Mudah-mudahan, Psikologi Integral terus menggeliat. Amin. ^^

    -Mahasiswi Psikologi UPI 2008

Tinggalkan Balasan

Catatan Safari ANS

Terlambat Satu Detik Kerugian Satu Milyar

Women Terrace

to say something that i never talk before

Kanzunqalam's Blog

AKAL tanpa WAHYU, akan berbuah, IMAN tanpa ILMU

Cahayapelangi

Cakrawala, menapaki kehidupan nusantara & dunia

religiku

hacking the religion

SANGKAN PARANING DUMADI

Just another WordPress.com site

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.977 pengikut lainnya.

